Cara Cek J&T

Cara Cek J&T

Sudahkah kamu tahu bagaimana sih cara cek J&T yang benar saat ini? Bicara tentang layanan antar atau kirim paket, mungkin sebagian dari  kita sudah tak lagi asing mendengar layanan J&T atau JetExpress. Karena memang sebagian besar, banyak para penggun E-Commerce yang saat ini bekerja sama dengan layanan ekspedisi pengiriman paket mereka.

Mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau bahkan Lazada, para seller atau penjual di e-commerce menggunakan layanan J&T untuk jasa pengiriman mereka.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek j&t ketika hendak berbelanja melalui layanan online shope atau e-commerce diatas tadi. Karena baik dari seller ataupun pembeli, keduanya bisa melakukan tracking atau mengetahui sudah sampai mana paket mereka diprosess, sebelum akhirnya sampai ke pembeli.

Sekilas Tentang J&T

Untuk yang belum tau, J&T atau Jet Express ini merupakan salah satu layanan ekspedisi yang bergerak untuk mengirimkan paket dalam bentuk barang, ataupun dokumen.

J&T sendiri sudah berdiri cukup lama, dan bekerja sama dengan beberapa layanan e-commerce untuk membantu para penjual mengirimkan paket kepada pembeli dengan cepat dan aman.

Ada banyak layanan dari J&T yang bisa digunakan. Mulai dari pengiriman menggunakan kendaraan roda 2, ataupun menggunakan mobil van untuk beberapa paket yang cukup banyak.

Service dari J&T sendiri sudah cukup luas. Karena kamu dapat melakukan pengriman baik untuk domestik, ataupun keluar kota. Selain itu, J&T juga memiliki harga yang cukup terjangkau untuk tiap pengirimannya.

Selain untuk pengguna e-commerce, J&T juga melayani pengiriman secara personal yang mana artinya kamu bisa langsung mengunjungi konter j&t terdekat untuk mengirimkan paket secara langsung.

Namun untuk harga e-commerce dan pribadi jelas berbeda. Karena, untuk pengguna pribadi sendiri terbilang reguler, sedangkan untuk e-commerce sudah ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Related  Cara Hapus Akun Facebook Permanen

Dan untuk para penjual atau seller yang bergerak di bidang e-commerce, biasanya paket yang siap di kirim menggunakan J&T akan di pick up oleh driver yang memang di tugaskan untuk mengambil paket yang akan dikirim.

Tentunya, dengan pelayanan yang disediakan oleh j&t ini, sangat memudahkan siapapun ketika ingn mengrimkan paket ataupun dokumen ke antar kota, ataupun antar provinsi dengan harga yang terjangkau.

Lantas, bagaimana cara cek j&t? apakah bisa dilakukan melalui smartphone? apakah caranya sulit?

Cara Cek J&T

Cara Cek J&T
Cek J&T

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan resi ataupun mengecek pengiriman paket. Seperti:

Cara Cek J&T lewat Aplikasi E-Commerce

Cara pertama yang paling mudah menurut mimin adalah melalui aplikasi e-commerce tempat kalian berbelanja. Karena biasanya, kalian bisa melihat progress paket kalian sudah sampai mana. Namun perlu dicatat ya, pastikan dulu jika jasa pengiriman yang kalian pilih adalah J&T. Caranya:

  • Buka Aplikasi e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, atau Lainnya) melalui ponsel kalian ataupun melalui browser di ponsel atau komputer kalian.
  • Kemudian klik pada bagian profile atau notifikasi atau status pemesanan atau pesanan saya (sesuaikan dengan e-commerce yang kalian gunakan).
  • Setelah itu, klik pada produk yang kalian beli atau sedang dalam di proses.
  • Jika sudah, maka kamu bisa mengklik pada tombom ‘Lacak’ atau ‘Track pesanan’.

Nantinya, kamu akan melihat sampai mana pesanan kalian sudah di prosess oleh penjual. Mulai dari sudah di pick up, ataupun sudah masuk dalam sortir pick up point J&T.

Related  5 Cara Cek Umur Kartu Indosat, Mengetahui Usia Pemakaian Nomor

Cara Cek J&T lewat CekResi

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari situs CekResi untuk mengetahui sampai mana paket kalian di prosess. Biasanya, cara ini kerap dipakai untuk pengguna yang memang mengirimkan paket atau dokumen melalui konter J&T secara langsung. Caranya

  • Datanglah ke tempat pick up point J&T dan katakan kepada Admin jika kamu ingin mengirimkan paket
  • Nantinya, Admin akan memvalidasi paket kalian, dan mengeluarkan nomor resi yang tertera pada struk yang diberikan Admin
  • Jika sudah, kamu bisa mengunjung situs https://cekresi.com/tracking/cek-resi-jnt-express.php melalui smartphone ataupun komputer kalian
  • Lalu, masukkan nomor resi yang tertera, dan klik pada tombol CEK RESI.

Nantinya, kamu akan melihat informasi seputar paket yang baru saja kamu kirimkan melalui pick up point J&T tadi.

Cara Cek J&T lewat Resi.id

Selanjutnya, jika mungkin layanan CekResi yang sebelumnya mimin bagikan sedang mengalami masalah, kamu bisa kok menggunakan layanan dari Resi.id yang juga mirip dengan CekResi. Caranya

  • Kunjungi konter J&T Terdekat untuk mengirimkan paket yang ingin dikirim.
  • Setelah itu, tunggu sampai admin selesai memprosess paket yang akan dikirimkan, dan memberikan nomor resi.
  • Apabila sudah, kamu tinggal mengaksess situs https://resi.id/lacak-resi-jnt baik melalui smartphone ataupun komputer kalian.
  • Kemudian, masukkan nomor resi yang tertera pada kolom yang disediakan dan tekan pada tombol Track berwarna merah.

Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan melihat informasi seputar paket yang kamu kirimkan. Biasanya, untuk prosess pengirimannya sendiri tergantung dari jenis services yang kamu gunakan. Bisa antara 2 – 3 hari sampai, atau bahkan lebih.

Cara Cek J&T lewat Situs J&T

Untuk cara terakhir, kamu bisa mengunjungi situs resmi dari J&T untuk melakukan pengecekan nomor resi dan juga prosess paket yang kalian kirimkan. Caranya juga gak jauh beda dengan menggunakan CekResi ataupun Resi.id.

  • Kunjungi konter pengiriman j&t yang ada disekitar kalian
  • Setelah itu, siapkan paket yang akan dikirimkan
  • Temui admin dan katakan jika kamu ingin mengirimkan paket
  • Nantinya, admin akan menanyakan soal service apa yang digunakan, reguler, atau express untuk mengetahui biaya atau ongkos kirim yang harus dibayarkan
  • Lalu, admin akan mendata paket yang akan dikirimkan, serta memberikan kalian nomor resi atas paket yang dikirmikan tadi
  • Setelah itu, kunjungi situs https://www.jet.co.id/track melalui smartphone ataupun komputer kalian
  • Jika sudah, masukkan nomor resi yang tertera di kolom yang disediakan, dan kemudian klik pada tombol ‘Search’
Related  Cara Cek Resi J&T

Tunggu beberapa saat, dan nantinya akan ada informasi mengenai paket yang kamu kirimkan. Dan gak cuma itu aja, melalui situs resmi dari J&T ini, teman-teman bisa melihat pricing atau harga untuk pengiriman yang akan dilakukan, dan juga mencari pickup point terdekat untuk mengrimkan paket kalian.

Video Cara Cek JNT

Dengan melakukan pengecekan nomor resi, baik penjual ataupun pembeli bisa memantau paket yang dikirimkan sudah sampai mana. Dan gak cuma itu aja, cara ini juga bisa menjadi bukti otentik apabila terjadi masalah ketika pengiriman sedang dilakukan.

Karena, tak jarang ada saja pengiriman yang gagal akibat paket hilang ataupun rusak ketika dalam masa pensortiran ketika akan diantar sesuai domisili penerima.

Meskipun begitu, kamu bisa menghubungi layanan bantuan dari j&t apabila mengalami kendala ketika mengirimkan paket. Dan biasanya, untuk seller e-commerce yang menggunakan layanan COD dari j&t, apabila penerima tidak dapat dihubungi lebih dari 3 hari, maka paket yang dibawa akan dikembalikan ke seller.

Dan itulah tadi beberapa cara cek j&t yang bisa kamu coba. Silahkan pilih cara yang menurutmu paling mudah. Dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top