Cara Cek Layar Samsung

Bagaimana cara cek layar samsung? Selaku pengguna smartphone, tentunya kita selalu ingin mendapatkan ponsel dengan harga yang murah, namun memiliki kualitas yang baik.

Mulai dari fitur yang didapatkan, kemudian fungsi dari software atau aplikasi ponsel, dan juga hardware pada ponsel itu sendiri.

Maka dari itu, penting banget buat kita selaku pengguna smartphone untuk melakukan pengecekan pada tiap tiap hardware yang ada di smartphone.

Mulai dari fungsi speaker, kamera depan dan belakang, tombol back, home, dan recent, dan juga layar smartphone itu sendiri.

Karena, biasanya kerusakan pada layar lcd atau layar ponsel akan terlihat jelas ketika digunakan. Mulai dari munculnya garis-garis, burn in, dan lain sebagainya.

Terlebih jika kamu membeli ponsel dalam kondisi second atau bekas, kadang ada saja kerusakan atau minus dari ponsel tersebut yang menyebabkan pemiliknya menjual ponsel tersebut dengan harga murah.

Karena hal tersebutlah, pengecekan secara berkala dan detail menjadi hal penting untuk kamu yang ingin membeli ponsel dalam kondisi second.

Nah, salah satu merk ponsel yang cukup laku di pasaran jual beli ponsel bekas, adalah Samsung. Karena, selain harganya yang cukup terjangkau, Samsung sendiri memiliki banyak fitur dan juga kualitas kamera yang cukup baik.

Cara Cek Layar Samsung

Cara Cek Layar Samsung
Cek Layar Samsung

Tetapi, kembali seperti yang mimin ungkapkan tadi. Kamu penting banget buat tau tentang cara cek layar samsung yang mana masih berfungsi atau tidak, atau masih benar atau tidak.

Sekiranya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan layar, seperti

Related  Cara Cek Samsung Asli

Cara Cek Layar Samsung lewat Dial Code

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan layar, adalah dengan menggunakan dial code atau USSD Code atau kerap dikenal dengan kode rahasia pada ponsel samsung.

Nah, kode yang mimin maksud disini biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan apakah ponsel kalian terkena burn in atau tidak.

Cara ini terbilang simple, karena kamu tidak membutuhkan aplikasi apapun untuk melakukannya. Caranya

  • Buka aplikasi telpon atau panggilan di ponsel kalian
  • Setelah itu langsung saja ketikkan kode *#0*# dan tekan call atau panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu menemukan menu untuk pengecekan samsung
  • Nah, disini kamu akan melihat banyak tombol pilihan seperti Red untuk merubah layar kalian menjadi warna merah
  • Green untuk merubah tampilan layar kalian menjadi warna hijau
  • Dan Blue untuk merubah tampilan layar kalian menjadi warna biru

Jika pada saat pengecekan layar kalian mengeluarkan atau menampilkan warna yang sama dengan tombol yang kalian pilih, maka bisa dikatakan layar kalian aman dan masih normal.

Tetapi, apabila ketika menekan tombol Red dan muncul warna selain merah walaupun sedikit, maka bisa dikatakan jika layar kalian mengalami burn in.

Cara Cek Layar Samsung lewat Cara Manual

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pengecekan layar samsung masih normal atau tidak dengan metode manual.

Cara ini sendiri sebenarnya bisa kamu gunakan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi, pada layar ponsel kalian.

Kamu bisa melakukan penegecekan dengan mencoba mengetik pada keypad smartphone kalian.

Untuk layar LCD yang mungkin bermasalah, biasanya ketika kamu mengetikkan keypad pada huruf tertentu, justru yang tertekan adalah huruf lain.

Selain itu, untuk layar atau lcd yang bermasalah juga biasanya tidak responsif ketika ingin menarik statusbar ke bawah untuk melihat notifikasi.

Related  Cara Cek Stalker IG

Atau juga, biasanya warna yang dihasilkan akan berbeda. Hal ini akan terlihat jelas ketika kamu memotret sebuah objek dengan kamera ponsel, dan kemudian mengirimkan foto tersebut ke pengguna lain.

Jika warna yang terlihat tidak sama, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada layar ponsel samsung kalian.

Cara Cek Layar Samsung lewat Aplikasi

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan pengecekan layar dengan menggunakan bantuan aplikasi. Disini, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang mimin sarankan. Seperti

Multi Touch

Aplikasi ini terbilang banyak digunakan pengguna ponsel, untuk melakukan pengecekan layar dan juga pengecekan apakah layar mereka mengalami ghost touch atau tidak.

Untuk cara penggunannya pun juga mudah.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Multi Touch di play store dan kemudian install seperti biasa hingga selesai
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut, dan kamu bisa melakukan tap untuk melakukan pngecekan

Nah, tap yang dimaksud disini adalah ketika kamu menekan layar dengan 1 sentuhan, maka akan terdeteksi di layar.

Begitupun jika kamu menekan dengan 3 atau 5 jari. Jika semua sentuhan terdeteksi dan sesuai, maka bisa dipastikan layar kamu tidak bermasalah.

Tetapi, apabila ketika melakukan pengecekan dengan menyetuh layar menggunakan 5 jari, ternyata tidak terdeteksi dengan baik, maka bisa dikatakan jika layar kamu mengalami ghost touch dan harus diganti.

Burn In Screen Tools

Kemudian untuk aplikasi yang kedua adalah Burn In Screen Tools. Biasanya, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk pengguna samsung saja. Melainkan untuk semua jenis ponsel yang mengalami burn in atau layar berbayang pada ponsel mereka.

Cara penggunannya pun juga mudah.

  • Kamu bisa mendownload Aplikasi Burn In Screen Tools yang ada di Play Store secara gratis
  • Kemudian install seperti biasa aplikasinya hingga selesai
  • Jika sudah, buka aplikasi burn in screen tools tadi dan lakukan diagnosa layar sampai selesai
Related  Cara Hapus Foto di Facebook

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya kamu akan diminta untuk menaikkan brightnes atau kecerahan layar sampai penuh pada saat melakukan diagnosa yang kadang dilakukan selama 10 menit atau lebih.

Jika sudah, kamu akan diminta untuk melakukan restart dan kamu akan melihat perubahan dari tampilan atau layar ponsel kamu dari sebelum dan sesudah di diagnosa.

Partial Screen

Untuk aplikasi yang ketiga, kamu bisa menggunakan Aplikasi Partial Screen. Aplikasi ini sebenarnya mirip dengan Burn in screen tools, namun untuk fitur yang dimiliki partial screen ini terbilang lengkap.

Cara penggunannya pun juga sama kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi partial screen di google play store
  • Install seperti biasa hingga selesai
  • Jalankan aplikasi Partial Screen
  • Atur brightness ponsel ke paling tinggi atau maksimal
  • Pilih menu diagnosa yang diingkan
  • Tunggu prosess diagnosa selesai

Kamu dapat memilih opsi diagnosa yang tersedia. Mulai dari multi color, black and white color, atau bahkan screen blink color.

Sehingga setelah melakukan diagnosa, kamu juga sudah melakukan kalibrasi warna pada layar agar warna yang ditampilkan sesuai dengan semestinya.

Dengan melakukan pengecekan layar pada ponsel samsung, tentunya hal ini bisa menjadi alternatif dan juga cara terbaik, ketika ingin membeli ponsel samsung dalam kondisi second.

Tapi gak cuma untuk itu aja kok. Pengguna samsung lama juga bisa melakukan hal ini agar dapat melakukan kalibrasi warna ataupun penyesuaian warna pada layar ponsel mereka.

Dan itulah tadi beberapa cara cek layar samsung yang patut kamu coba. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas, dan memilih cara yang menurutmu paling mudah.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts