Cara Cek Mutasi BRI

4 Cara Cek Mutasi BRI yang Baru Update Januari 2024

Apa saja langkah untuk mengetahui cara cek mutasi bri? Apa kita bisa melakukannya sendiri? Ngomongin tentang mutasi rekening, tentunya hal ini tak lepas dari bagaimana pengguna memiliki akun rekening yang mereka gunakan.

Mulai dari untuk menabung, investasi, atau bahkan untuk kebutuhan lain, saat ini banyak banget orang yang sudah memiliki rekening di bank yang memang menyediakan layanan buka rekening, dan juga melayani pembuatan tabungan untuk perencanaan masa depan mereka.

Gak cuma itu aja sebenarnya. Dengan adanya rekening atau akun bank yang kita miliki, kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran untuk berbagai hal. Mulai dari melakukan pengisian ulang saldo e-toll, pembelian pulsa, pembayaran belanja di toko online, transfer atau kirim uang ke antar bank atau ke berbeda bank, dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan kemudahan inilah, yang pada akhirnya banyak banget para pengguna yang mulai untuk membuka rekening demi kemudahan transaksi, dan juga keuangan mereka.

Cara Cek Mutasi BRI

Cara Cek Mutasi BRI
Cek Mutasi BRI

Tapi meskipun demikian, ternyata masih banyak banget pengguna yang belum mengerti tentang cara cek mutasi bri mereka. Padahal, mutasi rekening ini sangat penting untuk mengetahui tentang aktivitas keuangan mereka.

Mulai dari uang masuk dan uang keluar yang dilakukan pada rekening bri mereka, untuk mengetahui aktivitas keuangan apa saja yang sudah dilakukan. Maka dari itu, sekiranya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pengecekan mutasi BRI, seperti

Related  Cara Cek Resi Pos

Cara 1. Cek Mutasi BRI lewat BRImo

Kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi dari bank BRI yang bernama BRImo atau BRI Mobile. Yaps, aplikasi ini memang dikhususkan untuk nasabah BRI yang menggunakan Android ataupun iOS, karena aplikasi ini dapat di gunakan untuk melakukan transaksi keuangan seperti transfer, pembayaran, dll hanya lewat smartphone.

Dan untuk mengecek mutasi rekening lewat Aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi BRImo di ponsel android ataupun iOS kalian, link downloadnya:
    BRImo untuk Android
    BRImo untuk iPhone
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi BRImo nya
  3. Kemudian silahkan Login dengan akun yang sudah terdaftar, pastikan juga kamu sudah mengaktifkan fitur BRImo ketika melakukan pembukaan rekening ya
  4. Jika sudah nantinya kamu akan diarahkan ke halaman utama aplikasi BRImo
  5. Untuk melakukan pengecekan mutasi rekening, kamu bisa mengklik pada menu Mutasi
  6. Selanjutnya kamu akan melihat banyak sekali mutasi rekening dari transaksi yang kamu lakukan
  7. Untuk mengetahui mutasi rekening tertentu, kamu dapat mengklik pada icon kalender, dan pilih Tanggal untuk menentukan waktu yang diinginkan

Nah, setelah menemukan mutasi rekening tersebut, kamu dapat menunjukkannya sebagai bukti transaksi atau kamu juga bisa melakukan Screenshoot dan menyimpan bukti mutasi rekening yang sudah dimiliki tadi.

Cara 2. Cek Mutasi BRI di ATM BRI

Cara pertama yang paling mudah adalah lewat ATM. Nah, cara ini sendiri dapat kamu lakukan di semua ATM BRI terdekat yang ada disekitar kalian. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ketika harus melakukan pengecekan mutasi BRI untuk mengetahui jumlah pengeluaran dan juga pemasukan yang terjadi di rekening kalian. Caranya

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat yang ada disekitar kalian
    ATM BRI
  2. Setelah itu masukkan Kartu ATM BRI kalian dan pilih bahasa Indonesia
  3. Masukkan PIN ATM BRI kamu
  4. Jika sudah, kamu akan melihat banyak pilihan menu.

  5. Disini kamu bisa langsung memilih menu MENU LAINNYA
  6. Pilih REGISTRASI DAN INFO LAIN

  7. Lalu pilih MUTASI REKENING
  8. Lanjut pilih DARI REKENING TABUNGAN
  9. Tunggu beberapa saat, ada struk keluar dari mesin ATM yang berisi informasi mutasi transaksi rekening BRI kamu.

Nah, dalam struk yang berupa kertas kecil tersebut, kamu dapat mengetahui informasi detail transaksi terakhir dari rekening BRI yang pernah kamu lakukan beberapa pekan lalu.

Cara 3. Cek Mutasi BRI lewat Kantor Cabang

Untuk cara yang ketiga, kamu bisa melakukan pengecekan mutasi rekening dengan mudah lewat kantor cabang atau teller yang mana akan mencetak mutasi rekening kalian di buku tabungan BRI kalian.

Caranya juga gampang banget kok.

  1. Siapkan beberapa hal penting yang harus dibawa, seperti KTP, Buku Tabungan BRI, dan ATM Bri (opsional)
  2. Kemudian kunjungilah kantor cabang bank BRI terdekat di lokasi kalian, tidak harus sesuai dengan kantor cabang tidak masalah
  3. Datanglah dan temui satpam bank BRI, dan katakan jika kamu ingin melakukan cetak buku atau mutasi rekening
  4. Tunggu beberapa saat dan ambil nomor antrian, dan tunggu sampai nomor antrian kalian dipanggil
  5. Setelah sampai teller, kamu bisa mengatakan jika kamu ingin mencetak mutasi rekening secara keseluruhan (dari awal pembuatan tabungan sampai saat ini)
  6. Serahkan buku tabungan beserta ATM dan KTP jika diminta, dan kamu tinggal menunggu beberapa saat.
  7. Informasi detail mutasi transaksi terakhir ATM BRI kamu dapat dilihat di buku tabungan yang sudah dicetak mutasinya tadi.

Biasanya, untuk pencetakan mutasi rekening di buku tabungan ini tidak akan dikenakan biaya, namun ada beberapa hal juga yang kadang mengharuskan kamu untuk dibebani biaya atas pencetakan mutasi rekening di buku tabungan BRI kalian. Namun, cara ini sangat mudah menurut mimin.

Cara 4. Cek Mutasi BRI via SMS Banking BRI

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu dapat memanfaatkan fitur SMS Banking dari BRI, untuk melakukan pengecekan mutasi rekening. Disini, pastikan dulu ya kamu sudah mengaktifkan dan juga mendaftarkan nomor kalian ke SMS Banking BRI, agar bisa dilakukan tanpa kendala. Caranya

  1. Buka aplikasi perpesanan atau SMS di ponsel kalian
  2. Kemudian buat sebuah pesan baru dan ketikkan pesan dengan format INFO (spasi) MUTASI (spasi) PIN SMS BANKING
  3. Kirim pesan tersebut ke nomor 3300
  4. Tunggu beberapa saat dan nantinya kamu akan menerima balasan dari pihak BRI mengenai riwayat transaksi yang kamu lakukan (mutasi rekening).

Walaupun cara ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, untuk menggunakan layanan SMS Banking BRI, biasanya kamu akan dikenakan biaya pulsa untuk tiap pesan sms yang kamu kirimkan. Jadi, pastikan kamu memiliki pulsa yang aktif dan dapat digunakan ya.

Dengan melakukan pengecekan mutasi rekening, kamu dapat melakukan perhitungan dan juga kalkulasi antara pengeluaran dan pemasukkan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu dapat menghitung kira-kira berapa uang yang harus kamu tabung dan harus kamu gunakan untuk keperluan.

Jangan lupa untuk menyimpan bukti baik dalam bentuk struk, screenshoot, dan juga buku tabungan ketika selesai melakukan pengecekan mutasi rekening. Karena hal tersebut dapat digunakan sebagai bukti, ketika mungkin kamu mengalami kendala ataupun permasalahan dalam hal pembayaran di suatu tempat.

Dan itulah tadi beberapa cara cek mutasi bri yang dapat kamu gunakan. Silahkan coba salah satu yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related  Cara Cek Type HP Vivo yang Benar
error:
Scroll to Top