cara cek mutasi di atm bca

Cara Cek Mutasi di ATM BCA yang Benar

Cara cek mutasi di atm bca adalah langkah bagi nasabah bank BCA, untuk dapat mengetahui ringkasan ataupun riwayat transaksi yang dilakukan, selama memiliki rekening. Biasanya, pengguna akan melakukan cetak mutasi, untuk kebutuhan kantor ataupun berkas pelengkap ketika mengajukan kredit rumah ataupun kendaraan.

Di era modern saat ini kebutuhan akan transaksi sepertinya sudah semakin mudah. Mulai dari melakukan pembelian pulsa, paket data, pembayaran tagihan, ataupun hal lain, kini bisa dilakukan tanpa harus mendatangi tempat pembayaran fisik, yang kadang sudah sulit ditemukan.

Hal ini berkaitan erat dengan bagaimana masyarakat yang saat ini sudah memiliki rekening untuk kebutuhan mereka. Karena sebagaimana kita tau, rekening tabungan sendiri awalnya ditujukan untuk para nasabah dapat melakukan setoran tunai, ataupun menabung untuk masa depan mereka.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan akan rekening sendiri sudah menjadi hal primer. Mulai dari untuk syarat penerimaan gaji, hingga melakukan transaksi ke antar bank ataupun bank lain (dengan biaya admin yang berbeda).

Jika pada zaman dahulu sebelum adanya Bank, kita harus selalu menyediakan uang tunai untuk melakukan pembayaran dan juga aktivitas menabung. Namun dengan adanya Bank saat ini, semua kebutuhan akan uang tunai sudah semakin ringkas.

Terlebih jika seseorang menggunakan layanan mobile banking yang bisa diaksess di semua jenis perangkat smartphone, mulai dari Android ataupun iOS. Dengan begitu semua transaksi atau aktivitas keuangan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Terlepas dari itu semua, kadang kala dalam suatu situasi kita harus melakukan pencetakan mutasi rekening, ataupun sekedar melakukan pengecekan berkala. Hal ini sendiri bukan tanpa tujuan loh, melainkan untuk mengetahui aktivitas transfer dan penerimaan uang yang terjadi dalam rekening kita.

Tapi gak cuma itu aja kok, kadang ada beberapa orang yang memilih untuk melakukan pengecekan mutasi rekening mereka dan kemudian memprint laporan mutasi tersebut, untuk melakukan perihitungan ulang atas tabungan yang mereka miliki.

Related  8+ Cara Cek Kondisi iPhone (Penting) Agar Tidak Tertipu

Sehingga ketika nasabah bank BCA mengalami kendala ketika salah transfer ataupun mendapatkan transfer uang dengan jumlah besar dari rekening tak dikenal, mutasi rekening inilah yang menjadi bukti kuat untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Bahkan gak jarang ketika nasabah BCA mengalami kondisi seperti kartu tertelan, pihak CS BCA akan meminta kamu untuk menyebutkan sisa saldo atau nominal saldo terakhir dari mutasi rekening yang kamu miliki.

Cara Cek Mutasi di ATM BCA

cara cek mutasi di atm bca
Cek Mutasi di ATM BCA

Sayangnya, tidak semua nasabah mengerti tentang cara cek mutasi di atm bca. Karena kebanyakan dari nasabah hanya menggunakan rekening BCA untuk sekedar menerima uang ataupun melakukan transaksi keuangan mereka.

Tapi jangan dulu sedih, karena pada artikel ini mimin akan membagikan cara untuk melakukan pengecekan mutasi rekening terlebih untuk nasabah BCA. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Seperti

Cara Cek Mutasi di ATM BCA secara Manual

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan metode manual. Seperti judul yang sudah mimin tulis, disini kamu bisa melakukan pengecekan mutasi rekening lewat mesin ATM BCA yang ada disekitar kalian. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat yang ada di lokasi kalian
  2. Setelah itu masukkan kartu ATM, beserta PIN BCA kalian
  3. Pilih bahasa yang diinginkan
  4. Dan kemudian tunggu sampai kamu diarahkan ke menu utama dari mesin ATM BCA
  5. Jika sudah, maka kamu bisa langsung memilih menu Transaksi Lainnya
  6. Kemudian pilih lagi menu Informasi
  7. Tunggu beberapa saat dan kamu tinggal memilih menu Mutasi Rekening

Terakhir, kamu akan diminta untuk menunggu sampai permintaanmu di prosess. Setelahnya, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisikan 5 transaksi (mutasi) terakhir dari Rekening BCA kalian. Hal ini juga sama kok seperti yang udah mimin jabarkan pada artikel ca    ra cek mutasi bri.

Related  2 Cara Cek Kuota Axis Internet, Beli Paket yang Baru Mudah Pol

Jika pada prosess pengecekan mutasi terjadi kedala, kamu dapat menghubungi call center dari BCA melalui telpon, dan kemudian mengatakan kendala yang kamu alami. Nantinya, pihak BCA akan membantu kamu untuk prosess pengecekan mutasi rekening yang kamu lakukan.

Cara Cek Mutasi BCA lewat BCA Mobile

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi dari Bank BCA yang bernama BCA Mobile. Aplikasi ini terbilang sangat simple dan banyak membantu nasabah bca, untuk melakukan pengecekan saldo ataupun transfer dan pembayaran. Namun, kamu juga bisa loh melakukan pengecekan mutasi rekening lewat Aplikasi. Caranya

  1. Download terlebih dahulu aplikasi BCA Mobile di perangkat Android ataupun iOS
  2. Setelah itu kamu bisa langsung login dengan data rekening yang sudah didaftarkan pada BCA Mobile
  3. Kemudian setelah berhasil login, kamu bisa langsung memilih menu m-info dan pilih mutasi rekening
  4. Selanjutnya pilih rentang waktu atau tanggal mutasi yang diinginkan, dan klik pada tombol kirim

Tunggu beberapa saat dan akhirnya kamu akan melihat daftar mutasi rekening, sesuai dengan rentang waktu yang sudah kamu pilih sebelumnya dan kamu bisa langsung melakukan screenshoot pada mutasi yang muncul, sebagai bukti mutasi yang sudah dilakukan.

Cara Cek Mutasi BCA lewat KlikBCA.com

Cara ketiga ini sebenarnya sama aja kok seperti menggunakan bca mobile. Hanya saja, cara ini dapat dilakukan untuk pengguna yang tidak memiliki aplikasi BCA Mobile dan dapat diaksess di komputer ataupun laptop. Caranya

  1. Buka browser di perangkat komputer atau laptop kalian
  2. Kemudian langsung saja kunjungi situs https://ibank.klikbca.com
  3. Lanjut untuk login dengan menggunakan USER ID dan juga PIN yang sebelumnya sudah didaftarkan
  4. Setelah berhasil masuk maka kamu tinggal memilih menu Informasi Rekening dan pilih Mutasi rekening
  5. Terakhir, kamu bisa memilih opsi mutasi rekening yang ingin ditampilkan. Jika memilih mutasi rekening harian, maka yang muncul hanyalah mutasi dari maksimal tanggal 1 awal bulan hingga 31 akhir bulan.
  6. Sedangkan, jika kamu memilih mutasi bulanan, kamu bisa melihat mutasi rekening maksimal 2 bulan dari tanggal transaksi awal dilakukan.
Related  Cara Cek JNE

Sama seperti menggunakan BCA Mobile, ketika menggunakan klikbca juga kamu diharuskan sudah mendaftarkan user id dan juga pin untuk dapat login. Biasanya, user id dan pin nya ini sama kok dengan yang ada di BCA mobile. Jadi, jangan lupa untuk mengaktifkan dan mengaktivasi fitur banking online dari bca ini ya.

Cara Cek Mutasi BCA lewat Teller

Kemudian untuk cara terakhir, kamu dapat melakukan pengecekan mutasi rekening bca lewat bantuan teller di kantor cabang BCA terdekat. Caranya

  1. Siapkan buku tabungan BCA, ATM dan KTP
  2. Kunjungi kantor cabang bca terdekat di sekitarmu
  3. Setelah itu datanglah dan kamu bisa meminta bantuan kepada security bca jika kamu ingin mencetak mutasi rekening
  4. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian dan menunggu sampai nomormu dipanggil
  5. Setelah sampai teller, maka kamu tinggal menyerahkan buku tabungan bca beserta KTP untuk verifikasi, dan menunggu beberapa saat

Terakhir, setelah menunggu prosess pencetakan mutasi rekening maka kamu akan mendapatkan detail mutasi dari awal pembukaan rekening, hingga transaksi terakhir yang dilakukan. Gimana, gampang banget kan?

Apakah bisa Mengecek Mutasi Bank lain di ATM BCA?

Dalam beberapa kasus, sebenarnya untuk mengecek mutasi sendiri biasanya hanya dapat dilakukan untuk bank tertentu di ATM tertentu. Misalnya, jika kamu pemilik rekening BCA ya kamu harus melakukan pengecekan di ATM BCA saja.

Tapi mimin gak tau juga ya, apakah untuk melakukan mutasi rekening dengan bank dan ATM yang berbeda dapat dilakukan atau tidak. Karena selama yang mimin tau, untuk sekedar melakukan tarik tunai masih dapat dilakukan di ATM yang bahkan bank nya berbeda.

Dan itulah tadi beberapa cara cek mutasi di atm bca yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top