Cara Cek Nomor Kartu 3

Cara Cek Nomor Kartu 3 yang Benar

Apa saja langkah dan cara cek nomor kartu 3? Sebagai pengguna ponsel, mungkin kita sudah gak lagi asing dengan yang namanya nomor telpon. Sebagai salah satu sarana ataupun jalur untuk berkomunikasi, nomor telpon sangat penting untuk diketahui. Selain untuk mengindetifikasikan siapa saja yang memiliki nomor tersebut, dengan adanya nomor telpon juga, kita bisa dengan mudah terhubung dengan satu sama lain, melalui smartphone atau ponsel kita.

Ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini. Selain munculnya smartphone, mulai lagi muncul beragam jenis aplikasi sosial media, yang menggantikan peran telpon menggunakan pulsa, dan sms yang menggunakan pulsa juga. Mulai dari Whatsapp, Instagram, Facebook, LINE, Twitter, dan masih banyak lagi.

Tentu tak cuma untuk perihal seperti itu saja, nomor telpon sendiri menjadi hal yang sangat penting untuk beragam urusan. Mulai dari mengurus semua jenis layanan sosial di dalam kehidupan kita, dan lain sebagainya. Ditambah dengan munculnya peraturan baru dari Menkominfo, yang mana saat ini ketika kamu memiliki nomor telpon lama ataupun baru, nomor tersebut sudah harus teregistrasi dengan NIK dan juga KK yang kamu punya.

Kenapa demikian? Sebab, saat ini marak sekali penipuan yang biasanya dikirimkan melalui SMS ataupun telpon. Dengan adanya pendaftaran NIK dan KK ini, tentunya akan mencegah mengingkatnya kasus penipuan lewat digital, karena jika nomor tidak didaftarkan dengan NIK dan KK yang benar, maka nomor tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan telpon ataupun SMS. Sehingga, nomor tersebut masuk dalam kategori blokir, ataupun spam untuk beberapa aplikasi.

Cara Cek Nomor Kartu 3

Cara Cek Nomor Kartu 3
Cek Nomor Kartu 3

Tapi dari beberapa bahasan yang baru aja mimin bagikan tadi, poin paling penting dalam artikel ini adalah mimin akan membagikan beberapa cara cek nomor kartu 3, terlebih untuk pengguna baru ataupun lama, karena memang biasanya ada saja pengguna yang kadang lupa atau mungkin tidak hafal nomor kartu 3 mereka. Setidaknya, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Seperti

Related  Cara Cek Pajak Motor yang Benar

Cara Cek Nomor Kartu 3 lewat Dial Code

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah Dengan dial up code. Cara ini bisa dilakukan di semua jenis ponsel, mulai dari ponsel jadul, ataupun ponsel dengan kategori smartphone seperti Android ataupun iOS. Dan tentunya, cara ini tidak memakan biaya pulsa reguler, ataupun paket data internet. Caranya:

  1. Buka Aplikasi telpon atau panggilan di ponsel kamu
  2. Setelah itu langsung saja ketikkan kode *998# dan tekan Panggil / OK
  3. Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya kamu akan mendapatkan balasan berupa pop up yang berisikan nomor 3 dan juga masa aktif dari kartu kalian
  4. Atau, kamu juga bisa menggunakan dial code atau kode ussd lain di *111# dan tekan OK / Panggil
  5. Tunggu beberapa saat hingga permintaanmu selesai di prosess, dan nantinya kamu akan langsung melihat pop up yang berisikan nomor kartu 3 kamu, dan juga masa aktif, jumlah pulsa, dan pilihan paket internet yang dapat kamu beli lewat pulsa

Baik dari dial code yang pertama ataupun kedua, kedua kode tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, untuk beberapa ponsel mungkin akan mengalami kendala ketika jaringan merka sedang buruk atau tidak mendapatkan sinyal yang baik. Jadi, pastikan kamu melakukan cara ini ketika sinyalmu bagus ya.

Cara Cek Nomor Kartu 3 lewat *123*10#

Sama saja, masih seputar pengecekan nomor tri sendiri melalui kode dial panggilan. Begini langkahnya:

  1. Langsung saja, buka menu Panggilan
  2. Input dan tekan *123*10#
  3. Lanjutkan dengan tekan Panggil atau Call
  4. Kemudian, akan muncul nomor 3 yang kamu pakai.

Cara Cek Nomor Kartu 3 lewat SMS

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan layanan perpesanan ataupun SMS. Cara ini juga sama seperti cara sebelumnya, yakni bisa dilakukan di semua jenis ponsel. Dan tentunya, cara ini bisa dilakukan tanpa terhubung dengan internet, namun akan dikenakan biaya pulsa yang sesuai dengan ketentuan dari pihak 3. Caranya

  1. Buka aplikasi perpesanan atau SMS di ponsel kamu
  2. Setelah itu, buatlah sebuah pesan baru dengan isi pesan Info Data
  3. Jika sudah, kirim pesan tersebut ke nomor 234
  4. Tunggu beberapa saat, sampai pesanmu terkrim
Related  4 Cara Cek Sisa Kuota IndiHome yang Paling Baru

Tak perlu menunggu lama, setelah pesan berhasil terkirim biasanya kamu akan menerima balasan dari pihak 3 yang mana didalam pesan tersebut akan berisikan informasi seputar kartu 3 yang kamu gunakan. Mulai dari nomor kartu 3, masa aktif kartu, dan juga sisa pulsa yang mash dapat digunakan.

Cara Cek Nomor Kartu 3 lewat Email

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menghubungi pihak customer care dari 3,  untuk mengetahui nomor telpon yang kamu punya. Disini, kita hanya perlu mengirimkan email kepada pihak customer care di alamat [email protected]

Adapun untuk isi pesannya, kamu bisa menuliskan isi pesan jika kamu ingin mengetahui nomor kartu 3 yang kamu gunakan, dengan menyertakan nama, NIK dan juga KK yang terdaftar pada kartu yang kamu gunakan. Hal in bertujuan agar memudahkan pihak 3 untuk memberikan informasi seputar nomor kartu yang kamu gunakan.

Jika kamu belum melakukan pendaftaran, saran mimin lakukan segera pendaftaran agar memudahkan kamu untuk menghubungi pihak customer care, ataupun sekedar untuk melakukan panggilan ke nomor pengguna lain.

Setelah pesan email tersebut dikirimkan, maka kamu akan menerima balasan paling lama 1 x 24 jam, tergantung dari hari dan jam kerja. Untuk mendapatkan balasan yang lebih cepat, mimin menyarankan kamu untuk mengrim email pada hari dan jam kerja yang efektif ya.

Cara Cek Nomor Kartu 3 lewat Customer Care

Terakhir, cara yang mimin sarankan selanjutnya adalah kamu bisa melakukan panggilan telpon ke pihak customer care dari 3, untuk mengetahui nomor kartu 3 yang kamu punya. Disini, kamu bisa melakukan panggilan dengan dibebankan biaya sekitar 300 rupiah untuk sekali panggilan. Jadi, pastikan dulu kamu memiliki pulsa yang aktif ya. Caranya

  1. Buka aplikasi telpon atau panggilan di ponsel kamu
  2. Setelah itu ketikka nomor 123 dan tekan Panggil / Call / OK
  3. Tunggu beberapa saat sampai kamu terhubung dengan customer service
  4. Biasanya, kamu akan diarahkan dengan instruksi yang diberikan oleh pihak customer service
  5. Pastikan kamu memilh menu untuk disambungkan ke pihak customer service, untuk berbicara kepada customer care, bukan robot.
Related  Cara Cek Saldo E Money di HP untuk Semua Kartu e-Toll

Nah, setelah kamu terhubung dengan customer care, maka selanjutnya kamu bisa menceritakan maksud dan tujuan kamu menghubungi mereka. Dan jangan lupa ya, ketika pihak customer care meminta validasi data, pastikan data yang kamu sebutkan sudah valid dengan nomor kartu yang kamu gunakan. Hal ini bertujuan agar memudahkan kamu dalam mendapatkan informasi mengenai kartu yang kamu gunakan.

Karena, tidak hanya nomor kartu 3 saja, melainkan juga nantinya kamu akan diinfokan untuk sisa pulsa, dan juga masa aktif ataupun sisa paket internet yang masih bisa kamu pakai.

Dengan menggunakan cara ini, tentunya kamu dapat mudah ketika harus mendaftarkan nomor tersebut kedalam aplikasi Whatsapp, ataupun sekedar menyimpannya kedalam daftar kontak jika sewaktu waktu ada orang yang meminta nomor telfon mu untuk urusan penting.

Dan itulah tadi beberapa cara cek nomor kartu 3 yang dapat kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top