cara cek nomor rekening bni

Cara Cek Nomor Rekening BNI

Bagaimana cara cek nomor rekening BNI yang paling mudah? Apa yang harus dilakukan ketika nasabah lupa nomor rekening bni mereka? Apa ada metode yang mudah untuk mengetahui nomor rekening BNI sendiri?

Ngomongin tentang dunia perbankan, terkhusus BNI mungkin sebagian dari kita udah gak lagi asing dengan hal yang satu ini. Ditengah berkembangnya teknologi, kegiatan apapun sudah mulai dilakukan secara mobile. Mulai dari melakukan pembelanjaan secara online, pesan kendaraan secara online, ataupun makanan secara online.

Itulah mengapa, hal ini tak lepas dari bagiamana perkemabangan zaman mempermudah siapapun dalam melakukan beragam hal dan aktivitas mereka. Sama seperti dunia perbankan. Tentunya, kita gak lagi asing dengan transaksi keuangan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Jika dahulu kita harus repot repot mengunjungi seseorang untuk memberikan uang, saat ini kita hanya perlu melakukan transfer ke rekening mereka, untuk kemudian uang tersebut akan diterima dalam hitungan menit saja.

Salah satu bank di Indonesia yang memiliki banyak nasabah adalah BNI atau Bank Negara Indonesia. Bank yang berdiri sejak tahun 46 ini memang dikenal memberikan banyak sekali kemudahan untuk para nasabahnya.

Mulai dari melakukan transaksi keuangan seperti transfer, dan juga melakukan pembayaran lain lewat Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking, BNI tak hentinya melayani para nasabah untuk memudahkan mereka dalam beragam hal.

Itulah mengapa, sampai saat ini pun masih banyak para nasabah memilih untuk membuka rekening BNI untuk kebutuhan mereka. Mulai dari sekedar membuat tabungan, transfer ke sesama atau antar bank, dan membuat tabungan untuk masa depan ataupun deposito dan lain hal.

Untuk pembukaan rekening BNI sendiri terbilang mudah kok. Kamu hanya perlu membawa KTP dan juga uang setoran awal minimal 500 ribu, dan kamu bisa langsung mendapatkan kartu ATM beserta buku tabungan.

Gak cuma itu aja kok, kalau kamu pengguna smartphone atau ponsel, kamu bisa melakukan pendaftaran dan juga melakukan aktivasi untuk Mobile Banking, Internet Banking, dan juga SMS Banking dari BNI.

Related  Cara Cek Nomor Telkomsel

Dengan begitu, semua kebutuhan kamu akan transaksi keuangan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sayangnya, karena memang nomor rekening sendiri terdiri dari sektiar lebih dari 10 digit, ada saja para pengguna yang mungkin lupa dan tidak menghafal nomor rekening mereka. Hal ini sendiri sebenarnya terbilang wajar kok, namun untuk beberapa orang, mereka lebih memilih untuk menghafal ataupun menyimpan nomor rekening mereka untuk kebutuhan lain.

Cara Cek Nomor Rekening BNI

cara cek nomor rekening bni

Nah, jika mungkin kamu belum tau cara cek nomor rekening BNI yang kamu punya atau mungkin kamu ingin mengetahui nomor rekening BNI yang kamu gunakan, kamu boleh nih ikuti cara yang akan mimin bagikan. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba, seperti.

Cara Cek Nomor Rekening BNI lewat Buku Tabungan

Pertama tama, kamu bisa kok melakukan pengecekan nomor rekening dengan melihat atau mengecek buku tabungan BNI yang biasanya akan kamu dapatkan setelah berhasil membuka rekening BNI untuk pertama kali.

Biasanya, nomor rekening akan tertera pada halaman awal buku tabungan. Nah, untuk memudahkan kamu menghafalnya kamu bisa memfoto bagian nomor rekening yang tertera pada buku tabungan, ataupun membuat daftar kontak baru yang berisi nomor rekening tersebut dan memberikan nama dengan Rekening BNI Saya.

Setelah itu, kamu bisa menyimpan kembali buku tabungan BNI yang kamu punya, dan jangan sampai hilang. Namun, bagaimana jika buku tabungan BNI yang dimiliki ternyata hilang atau lupa menaruhnya? Tenang, kamu bisa ikuti cara kedua.

Cara Cek Nomor Rekning BNI lewat Kantor Cabang

Menyambung dari pertanyaan pada poin sebelumnya, jika mungkin kamu kehilangan buku tabungan BNI yang kamu punya, kamu bisa kok mengunjungi kantor cabang dengan membawa beberapa dokumen sebagai persyaratan. Seperti

  • KTP Asli dan Fotocopy
  • ATM BNI yang masih aktif
  • Struk transaksi terakhir (jika ada)
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian
Related  Cara Melihat Nomor GoPay (Penting) Untuk Top Up dan Minta Saldo

Nah, setelah semua persyaratan tadi sudah terpenuhi maka selanjutnya kamu tinggal datang ke kantor cabang dan meminta bantuan kepada pihak security jika kamu ingin menemui pihak customer service atau teller, dan ingin mengurus buku tabungan BNI yang hilang.

Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian dan tunggu sampai nomor antrian kalian dipanggil. Jika sudah, kamu bisa langsung mengatakan pada pegawai yang bertugas, jika kamu ingin mengurus kehilangan buku tabungan BNI yang kamu miliki.

Serahkan juga dokumen pendukung tadi seperti KTP dan ATM. Nantinya, pihak bank akan melakukan validasi dan mencocokkan data antara KTP dan ATM yang kamu miliki, dan kemudian membuatkan kamu buku tabungan BNI baru, beserta nomor rekening yang tertera didalam buku tabungan tersebut.

Biasanya, dengan menggunakan cara ini kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk penerbitan atau pencetakan buku tabungan BNI baru. Biasanya, biaya yang dibutuhkan yakni antara 15 rb – 50 rb (sesuai dengan ketentuan) 

Jika sudah, maka langkah terakhir adalah kamu bisa menyimpan baik baik buku rekening yang baru saja dicetak tadi, dan mencatat baik baik nomor rekening BNI yang tertera pada buku tabungan baru tersebut.

Cara Cek Nomor Rekening BNI lewat Resi Transfer

Kemudian yang selanjutnya adalah kamu bisa mengetahui nomor rekeningmu dengan cara melakukan transaksi berupa transfer baik ke antar bank BNI ataupun ke Bank lain dalam negeri.

Cara ini terbilang mudah, karena kamu bisa melakukannya bersama temanmu sebagai percobaan agar uangmu bisa dikembalikan dengan tarik tunai. Caranya

  1. Kunjungi mesin ATM BNI terdekat disekitarmu
  2. Setelah itu masukkan kartu ATM, pilih bahasa, dan masukkan PIN ATM
  3. Tunggu beberapa saat dan kamu bisa memilih menu transfer
  4. Pilih Transfer antar bank, lalu masukkan nomor Rekening BNI teman kamu
  5. Jangan lupa untuk memasukkan nominal transfer, kamu bisa menggunakan minimal 20 rb, ataupun 50 rb
  6. Jika semua sudah benar, lanjut untuk mengklik pada tombol Lanjut untuk melanjutkan transaksi
  7. Nantinya akan ada pilihan untuk mencetak struk transaksi
  8. Pilih saja YA dan nantinya secara otomatis struk / bukti transfer akan keluar
Related  Cara Membuat Rekening BNI

Nah, karena sistem transfer ini  tidak mengharuskan kamu tau nomor rekeningmu sendiri, kamu bisa dengan mudah melakukannya untuk mengetahui nomor rekening BNI yang kamu punya. Karena, pada struk atau bukti transfer tadi, biasanya akan tertera nomor rekening mu sebagai sumber dana atau pengirim, dan nomor rekening temanmu sebagai penerima dana.

Kamu bisa memfoto struk tadi ataupun menyimpannya baik baik agar tidak lagi lupa nomor rekening sendiri. Gampang banget kan?

Cara Cek Nomor Rekening BNI lewat Internet Banking / Mobile Banking

Terakhir, jika kamu sudah memiliki layanan internet banking atau mobile banking BNI, kamu bisa banget nih melakukan pengecekan nomor rekening BNI jika kamu tiba tiba lupa nomor rekeningmu sendiri.

Cara ini hampir mirip dengan menggunakan struk atau bukti transfer, tetapi disini kamu tidak perlu melakukan transaksi sungguhan. Karena, kamu hanya perlu login kedalam internet banking BNI ataupun Mobile Banking BNI, kemudian pilih menu Transfer dan pilih Antar Bank atau Bank Lain, klik saja salah satu diantaranya.

Nah, ketika kamu sudah memilih, nantinya kamu akan melihat kolom menu yang berisikan data penerima transfer yang harus kamu isi. Perhatikan bagian paling atas dari aplikasi Mobile Banking ataupun Internet Banking. Sebab biasanya, dibagian tersebut akan teretera nomor rekeningmu dan juga sisa saldo tabungan yang kamu miliki.

Kamu bisa mencatat nomor rekeningmu sendiri, atau melakukan screenshoot untuk menyimpan nomor rekening BNI yang kamu miliki. Gampang banget kan

Dan itulah tadi beberapa cara cek nomor rekening BNI yang bisa kamu coba. Silahkan pilih cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top