Cara Mengambil Uang di ATM BRI

2 Cara Mengambil Uang di ATM BRI Beserta Gambar

Tahukah Kalian bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI yang benar? tentu saja bagi nasabah bank BRI lama Kalian sudah tidak memerlukan tutorial ini, tapi ini berguna sekali bagi nasabah baru BRI.

Untuk mempermudah nasabah bertransaksi keuangan, entah itu transaksi tarik tunai ataupun transfer uang, Bank BRI telah menawarkan fasilitas berbentuk mesin ATM dan kartu ATM itu sendiri.

Mesin ATM BRI sudah banyak tersebar di banyak tempat di Indonesia, seperti di stasiun, terminal bandar hingga fasilitas umum lainnya. Karenanya membuat nasabah BRI bisa bertransaksi dengan mudah kapan saja.

Pemakaian kartu ATM dari setiap bank sendiri mempunyai cara dan susunan menu bervariasi, namun untuk bertransaksi memakai ATM BRI terutama untuk pengambilan atau tarik tunai uang lewat ATM caranya amat mudah.

Tarik Tunai Via ATM BRI

Hal terpenting agar Kalian bisa melakukan tarik tunai atau mengambil uang lewat mesin ATM BRI ialah memiliki rekening tabungan BRI dan kartu ATM BRI, dan tentu saja harus terdapat saldo di dalamnya. Selain itu, nasabah pun bisa mengakses layanan di mesin ATM Bank BRI dimana pun.

Sekarang bahkan ada sebanyak 18.000 gerai ATM BRI tersebar di seluruh Indonesia, dengan jumlah gerai ATM yang banyak inilah para nasabah bisa melakukan transaksi perbankan kapan saja, sebab ATM melayani para nasabahnya hingga 24 jam penuh.

Dengan fasilitas mesin dan kartu ATM, para nasabah BRI tidak harus membawa dana tunai terlalu banyak saat sedang berbelanja atau bepergian.

Nasabah BRI bahkan bisa melakukan pembayaran menggunakan mesin ATM, sebab sudah terssedia fitur transfer, pembayaran tagihan hingga tarik tunai. Selain itu, sebagian nasabah bank BRI juga ada yang merasa ragu saat hendak mengambil uang di mesin ATM BRI, khususnya bagi nasabah baru.

Related  Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Mengambil Uang di ATM BRI

Cara 1. Mengambil Uang di ATM BRI dengan Kartu

Penarikan uang tunai melalui ATM BRI dengan menggunakan kartu ATM BRI sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan hampir setiap bank sering kali memakai metode satu ini. Kamu belum bisa mengambil uang di ATM BRI menggunakan kartu ATM? Ikuti saja langkah-langkah ini:

  • Pertama, tentu kamu harus pergi dulu ke ATM BRI terdekat dari lokasimu saat ini
  • Kedua, masuklah ke ruang ATM
  • Ketiga, ambil kartu ATM kamu dan masukkan ke mesin ATM BRI (posisikan kartunya sesuai petunjuk yang ada di mesin ATM ya)
    masukkan kartu atm bri
  • Keempat, pilih dulu Bahasa Indonesia (jika ATM tidak bisa dipencet layarnya, pencet saja tombol yang ada disamping menunya ya)
  • Kelima, barulah masukkan PIN ATM BRI kamu, dilanjutkan pencet BENAR

  • Keenam, pilih nominal uang yang ingin ditarik. Jika ingin mengambil uang dengan nominal tertentu bisa pencet menu Jumlah Lain
    jumlah lain
  • Ketujuh, masukkan jumlah uang yang ingin ditarik/diambil ya! Misal: Rp. 400.000

  • Kedelapan,  tekan BENAR untuk memproses pengambilan uang senilai Rp. 400.000 (sesuai contoh)
  • Kesembilan, lanjut pilih DARI REKENING TABUNGAN

  • Kesepuluh, tunggu sampai beberapa waktu hingga mesin ATM mengeluarkan uang
  • Kesebelas, ambil uangnya beserta struk transaksi kamu
  • Kedua belas, tekan tombol TIDAK atau CANCEL di mesin ATM untuk mengeluarkan kartu ATM BRI kamu.
  • Ketiga belas, keluar dari ruang ATM dan pulanglah serta harus hati-hati di jalan ya!

Cara 2. Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu

Bagi yang tidak suka ribet gesek-gesek kartu, dan mungkin kartu ATM BRI nya ketinggalan dirumah, kamu juga tetap dapat mengambil uang di ATM BRI bahkan tanpa kartu sekalipun. Adapun cara tarik tunai ATM BRI tanpa kartu adalah sebagai berikut:

  • Datangi dulu mesin ATM BRI terdekat
    mesin ATM BRI terdekat
  • Masuk ke ruang ATM BRI
  • Ambil HP, buka aplikasi BRImo
  • Login ke aplikasi BRImo dulu
  • Di halaman utama BRImo, pilih Tarik Tunai
    tanpa kartu
  • Lanjut pilih Rekening Sumber Dana
  • Pilih dan tentukan jumlah uang yang ingin kamu ambil
  • Masukkan password BRImo, lalu tap Lanjut
    kode penarikan
  • Kamu akan diberikan kode unik untuk tarik tunai di ATM BRI tanpa kartu
  • Lihat layar ATM BRI, pencet menu Transaksi Tanpa Kartu
    transaksi tanpa kartu
  • Pilih BAHASA INDONESIA
  • Lanjut tekan PENARIKAN TUNAI
    penarikan tunai
  • Masukkan kode unik yang ada di aplikasi BRImo tadi, lalu tekan BENAR di layar mesin ATM
  • Masukkan juga nomor HP yang terdaftar di BRImo, lanjut tekan BENAR juga
  • Tunggu dulu, ATM BRI sedang memproses transaksi tarik tunai tanpa kartu
  • Setelah uang muncul, ambil uang tunai yang keluar dari mesin ATM
    uang keluar
  • Selesai, tinggalkan mesin ATM dan pulanglah serta hati-hati di jalan!
Related  Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Itulah cara mengambil uang di ATM BRI dengan mudah dan cepat. Selain tutorial di atas, Kami juga akan membagikan beberapa hal yang bisa Kalian lakukan saat bertransaksi di mesin ATM.

Transaksi di Mesin ATM BRI

Kalian bisa pergi ke gerai ATM BRI yang terdekat atau bisa juga menggunakan mesin ATM Bank lain berlogo link atau Himbara, tanpa potongan biaya penarikan memakai ATM tersebut.

Selain itu, saat di ATM Kalian harus tetap berhati-hati dan jangan langsung menerima tawaran dari orang lain yang meminta bantuan atau ingin membantu.

Ketika Kalian memasukkan kartu pada mesin ATM, pastikan sudah memasukkannya dengan benar. Caranya yaitu strip pita hitam terletak di bagian bawah kanan, jika Kalian salah memasukkannya tentu tidak dapat bertransaksi.

Ketika Kalian memasukkan PIN ATM BRI, pastikan pula terjaga kerahasiaannya. Caranya dengan menutupnya menggunakan tangan.

Lalu masukkan PIN kartu ATM dengan tepat, jangan sampai Kalian sala menginputkannya sampai 3 kali jika tidak ingin kartu ATM Kalian terblokir begitu saja.

Adapun nominal uang yang bisa diambil di ATM paling kecil sebesar Rp. 50.000 jika Kalian memakai mesin ATM dengan pecahan Rp. 50.000, dan ada pula yang RP 100.000 jika Kalian memakai ATM dengan pecahan uang Rp. 100.000.

Kalian bisa tekan tombol di samping jumlah nominal uang yang ingin ditarik. Misalnya, jika Kalian ingin menarik uang sebesar RP. 1000.000, jadi silahkan pencet tombol ATM yang terletak di samping nominal Rp. 1000.000 yang ada di layar ATM.

Biasanya ATM BRI tak akan langsung mencetak struk atau resi transaksi, sebab Kalian melakukan penarikan uang dengan memilih jumlah nominal yang sudah tertera.

Related  Cara Menabung di Bank BRI

Tapi jika Kalian ingin mengambil uang dengan resi atau struk, Kalian bisa memilih tombol disamping opsi “Transaksi Lain”.

Jika Kalian mengalami kesulitan saat bertransaksi di mesin ATM, sebaiknya tidak meminta bantuan orang lain di ATM demi menjaga keamanan agar rekening tbaungan Kalian tetap aman dari pihak yang tak bertanggung jawab.

Kalaupun mau, Kalian bisa meminta bantuan satpam bank BRI untuk membantu Kalian melakukan transaksi secara bertahap.

Penarikan dana tunai melalui ATM BRI sebenarna ada batas atau limit maksimal transaksi sesuai kartu ATM BRI yang digunakan.

Jika Kalian memakai kartu ATM berjenis classic, maka Kalian hanya dapat melakukan pembambilan uang maksimal sebesar Rp. 5.000.000 setiap harinya.

Itulah beberapa hal yang perlu Kalian ketahui dalam cara mengambil uang di ATM BRI. Melakukan transaksi penarikan uang tunai di ATM BRI memiliki banyak keuntungan, salah satunya ialah Kalian tidak perlu lagi mengambil nomor untuk antrian. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya kak!

error:
Scroll to Top