cara membatalkan asuransi manulife danamon

Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Cara membatalkan asuransi manulife danamon sebenarnya tidak begitu sulit kok. Hanya saja, mungkin ada beberapa orang yang tanpa sengaja mendapatkan telpon atau panggilan dari para telemarketing pihak Manulife, yang akhirnya mendaftarkan diri dalam program asuransi manulife danamon.

Sebagaimana kita tau, saat ini program asuransi memang terbilang penting untuk beberapa orang. Terlebih, jika mereka memang sudah merencanakan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Terlebih, untuk para keluarga yang berencana untuk mendapatkan masa tua yang terjamin.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak layanan asuransi yang bisa kita temukan. Mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan, dan juga hari tua untuk kehidupan mereka. Kita dapat melakukan pendaftaran asuransi, melalui pihak terkait dengan target tabungan sesuai tenggang waktu yang sudah ditentukan.

Nantinya, para pemilik asuransi akan melakukan pembayaran rutin tiap bulan untuk memenuhi kebutuhan asuransi mereka. Jadi, kurang lebih untuk asuransi sendiri tak jauh beda dengan menabung pada umumnya.

Tapi kadang kala ada saja pengguna yang tak sengaja mendapatkan telfon atau tawaran dari pihak asuransi, yang menawarkan mereka untuk membuat asuransi. Padahal, mungkin mereka tidak membutuhkan hal tersebut.

Sebenarnya, hal ini tidak begitu mengganggu, hanya saja dalam beberapa kasus sering kali ada pengguna yang tanpa sengaja menjadi anggota asuransi tanpa sepengetahuan mereka, atau mungkin juga mereka ingin membatalkan asuransi mereka karena suatu hal.

Sama seperti salah satu layanan asuransi yang cukup terkenal di Indonesia, yakni Manulife. Buat yang belum tau, Manulife sendiri merupakan layanan asuransi jiwa yang memiliki banyak sekali program jaminan asuransi untuk para penggunanya. Seperti

Proteksi Jiwa

Layanan pertama yang disediakan oleh Manulife adalah Proteksi Jiwa. Layanan asuransi ini bersifat seumur hidup, yang mana melindungi anda dan keluarga dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tentunya, untuk masa pembayarannya pun akan lebih panjang sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Tetapi, jika kamu tidak ingin menggunakan layanan seumur hidup ini, kamu bisa juga kok menggunakan layanan asuransi proteksi jiwa dengan jangka pendek yang mana kamu bisa mengatur masa / waktu pembayaran sesuai dengan pemasukkan yang kamu miliki.

Sehingga, dengan adanya hal ini kamu dapat mengatur keuanganmu lebih bijak lagi, untuk memenuhi kebutuhanmu yang lain.

Asuransi Kesehatan

Kemudian untuk layanan yang kedua, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna Asuransi kesehatan di Manulife dengan 2 opsi. Yang pertama adalah asuransi kesehatan umum yang mirip seperti BPJS, dan juga asuransi kesehatan untuk penyakit kritis dengan tunjangan yang lebih besar.

Nah, baik untuk asuransi kesehatan umum ataupun penyakit kritis, keduanya tentu juga memiliki masa waktu yang berbeda untuk tempo pembayarannya. Tetapi, kamu dapat mengatur sendiri tenggang waktu untuk pembayaran asuransi tersebut.

Perlindungan dan Tabungan

Kemudian, kamu juga bisa kok mendaftarkan diri dalam program Asuransi jaminan hari tua yang mana hal ini bisa kamu gunakan untuk masa pensiunmu setelah masuk usia yang tidak lagi produktif.

Karena, setelah masa tabungan hari tuamu sudah selesai terbayarkan sepenuhnya, kamu bisa mendapatkan pencairan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ntah itu tiap per satu bulan, ataupun per dua bulan.

Bahkan gak sedikit dari mereka yang mendaftarkan diri dalam asuransi perlindungan dan tabungan, memilih untuk menggunakan dana asuransi ini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak anak mereka di masa mendatang.

Proteksi dan Investasi

Selanjutnya, ada juga layanan proteksi dan Investasi yang masuk dalam kategori Premi. Jenis layanan ini merupakan solusi atau pilihan perencanaan keuangan yang mana sudah dilengkapi dengan layanan Investasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Ada banyak program dan layanan yang bisa kamu pilih saat memilih layanan proteksi dan investasi. Sehingga, uang yang kamu tabungkan dalam layanan proteksi dan investasi ini, dapat terus berkembang sesuai dengan nilai investasi yang kamu tabungkan. 

Korporasi

Dan yang terakhir, ada juga layanan asuransi yang biasanya diguankan oleh pemilik perusahaan untuk karyawan atau tenaga kerja yang ada di perusahaan mereka. Kembali lagi, hal ini juga mirip dengan BPJS, karena para pemilik perusahaan bisa mengurus layanan asuransi korporasi untuk menjamin para pekerja yang ada di perusahaan yang mereka kelola.

Sehingga, mereka mendapatkan perlindungan dan juga jaminan kesehatan ataupun kecelakaaan di tempat kerja. Dan untuk pembayarannya sendiri, biasanya para pekerja akan langsung membayarkan asuransi sesuai dengan data diri mereka yang terdaftar, dengan memotong beberapa persen dari gaji mereka tiap bulan. Sehingga, para pekerja tidak perlu lagi melakukan pembayaran secara mandiri untuk hal ini.

Kembali lagi ke topik pembahasan awal. Meskipun memang banyak sekali layanan dari Manulife yang dapat digunakan, nyatanya tak sedikit dari mereka yang ingin membatalkan asuransi manulife mereka, karena suatu hal.

Cara Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

cara membatalkan asuransi manulife danamon
Membatalkan Asuransi Manulife Danamon

Maka dari itulah, gak heran jika banyak para pengguna asuransi manulife yang mencari cara membatalkan asuransi manulife danamon dengan cara yang mudah. Dan disini mimin sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk membatalkan asuransi manulife tersebut. Seperti

Download Formulir Pendaftaran Asuransi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan asuransi manulife danamon adalah dengan mendownload formulir pembatalan asuransi. Untuk mendapatkan formulir ini, kamu dapat mengunduhnya dari situs manulife, ataupun melalui link https://www.manulife.co.id/content/dam/insurance/id/documents/formulir/group/klaim/group-savings/FORMULIR%20PEMBATALAN%20POLIS.pdf

Isi Formulir Pembatalan Asuransi

Kemudian setelah mendownload formulir pembatalan, kamu dapat memprint formulir tersebut, dan juga mengisi data data yang dibutuhkan. Disini, kamu memerlukan beberapa berkas untuk memudahkan kamu dalam mengisi formulir pembatalan.

Setidaknya, ada beberapa data penting yang harus kamu isi. Seperti Nomor Polis, Nama Pemegang Polis, dan Nama Produk (asuransi) yang hendak dibatalkan. Dan tentunya, ada beberapa data lain seperti data diri dan lain hal yang harus diisi dengan benar.

Pastikan juga ketika mengisi data dari formulir pembatalan, kamu mengisi data tersebut dengan benar dan sesuai dengan data yang terdaftar di database Manulife. Hal ini sendiri bertujuan untuk memudahkan kamu dalam prosess pembatalan dan sikronisasi data.

Kunjungi Kantor Cabang Manulife Terdekat

Setelah semua data terisi, kamu bisa mendatangi kantor cabang manulife terdekat sesuai domisilimu. Jangan lupa untuk membawa berkas asuransi dan juga formulir pembatalan yang sudah diisi sebelumnya.

Setibanya di kantor cabang manulife, kamu bisa langsung mengatakan pada pihak security jika kamu ingin melakukan pembatalan asuransi manulife. Nah, nantinya kamu akan diminta untuk mengambil formulir, langsung saja katakan jika kamu sudah mendownload formulir pendaftaran dari situs resmi Manulife.

Nantinya, formulir tadi akan langsung di prosess ke bagian teller ataupun pihak terkait, untuk prosess pembatalan asuransi manulife yang kamu miliki

Tunggu Proses Persetujuan

Terakhir, setelah datamu di prosess maka kamu tinggal menunggu persetujuan atau acc dari pihak Manulife, yang mana biasanya akan memakan waktu sekitar 1 – 2 hari jam kerja. Jadi, pastikan juga ketika kamu mengunjungi kantor cabang Manulife, kamu datang pada hari dan jam kerja yang efektif ya.

Jika prosess pengajuanmu sudah disetujui, maka selanjutnya kamu akan menerima dana tabungan asuransi yang mungkin sudah berjalan dan dana tersebut akan dikembalikan ke rekening terdaftar yang kamu miliki.

Dengan begitu, kamu sudah berhasil untuk melakukan pembatalan asuransi manulife, dan jika berubah fikiran, kamu dapat kembali lagi dalam beberapa bulan untuk melakukan pendaftaran asuransi kembali.

Dan itulah tadi beberapa cara membatalkan asuransi manulife danamon yang dapat kamu coba. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top