Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee? Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk bisa membatalkan pesanan di shopee? Berapa lama prosess pembatalan pesanan di shopee?

Bicara tentang pembatalan pesanan, biasanya hal ini sudah tak lagi asing untuk para pengguna e-commerce atau layanan toko online yang saat ini sudah banyak ditemukan, dan bisa diaksess dengan mudah di beragam perangkat. Baik itu dari smartphone, komputer, ataupun laptop mereka masing-masing.

Yaps, pembatalan pesanan biasanya tak lepas dari bagaimana para pengguna melakukan kesalahan ketika mereka membeli produk di e-commerce. Biasanya, hal ini dikarenakan ketika pengguna sudah menambahkan produk yang diinginkan, kemudian mereka tak sengaja menambahkan produk yang sama kedalam keranjang.

Alhasil, produk yang tadinya ingin dibeli atau dipesan dengan jumlah 1 barang, menjadi 2 barang. Alhasil, ketika melakukan pembayaran bisa saja pembeli bingung karena harga yang muncul tetiba menjadi 2 kali lipat dari harga sebelumnya.

Tapi gak cuma itu aja, kadang ada beberapa e-commerce yang memang mengizinkan pengguna menambahkan alamat penerima lebih dari satu. Sehingga, ketika mereka ingin memesan barang ke alamat rumah, justru alamat yang digunakan adalah alamat kantor. Alhasil, mereka harus melakukan pembatalan pesanan mereka.

Dan tentunya masih banyak lagi hal hal yang mempengaruhi pembeli untuk membatalkan pesanan mereka. Ntah mengganti metode pembayaran, lupa menggunakan kupon diskon, dan masih banyak lagi.

Dan biasanya, hal ini sendiri terjadi untuk beberapa layanan e-commerce di Indonesia. Salah satunya adalah Shopee. Siapa yang gak tau shopee? Salah satu e-commerce dari Singapore yang melebarkan sayap sampai ke Indonesia ini, memang cukup menjadi pilihan para penggila belanja online.

Selain karena lengkapnya produk yang ditawarkan penjual di Shopee, harga yang ditawarkanpun cukup terjangkau. Sehingga, gak heran banyak pengguna lebih memilih Shopee sebagai layanan e-commerce favorit mereka.

Related  2+ Cara Bayar Shopee via Indomaret dengan Gambar

Belum lagi dengan adanya diskon atau kupon gratis ongkir dan juga layanan potongan harga yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Shopeepay, membuat para pengguna shopee lebih betah dalam memasukkan barang barang yang ada di shopee kedalam wishlist mereka, untuk dibeli dikemudian hari.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Membatalkan Pesanan di Shopee

Tapi sayangnya, ada saja pengguan shopee yang kadang suka bingung tentang cara membatalkan pesanan di shopee. Seperti yang sudah mimin jelaskan tadi, biasanya hal ini terjadi akibat kekeliruan pembeli, dalam melakukan pembayaran atau pemilih jasa pengiriman, lupa menggunakan kupon diskon, dan lain sebagainya.

Padahal, untuk cara pembatalan pesanannya sendiri terbilang mudah kok. Disini, kamu bisa mencoba beberapa cara yang sudah mimin rangkum untuk kalian semua. Seperti

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee lewat Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi shopee yang ada di Smartphone kalian masing-masing. Disini, mimin anggap kalian sudah mengerti dan memiliki aplikasi Shopee di smartphone kalian ya.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Shopee yang ada di Smartphone Android ataupun iOS kalian.
  2. Setelah itu, pastikan kamu sudah login atau masuk kedalam Shopee dengan akun yang ada pesanan yang ingin dibatalkan.
  3. Kemudian klik pada bagian profile yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.
  4. Lihat ke bagian bawah profile, dan nantinya kamu akan menemukan tab ‘Pesanan saya‘.
  5. Dibawah tab pesanan saya, ada 4 menu yang bisa kamu temukan, mulai dari sedang di prosess, sedang dikemas, dalam pengiriman, telah tiba.
  6. Klik pada menu sedang di prosess atau sedang dikemas, tergantung dari status produk yang kamu pesan.
  7. Klik pada menu tersebut, dan nantinya kamu akan melihat produk yang sudah kamu beli tadi.
  8. Klik pada produk tersebut, lalu scroll kebagian bawah sampai kamu menemukan tombol Batalkan Pesanan.
Related  10 Cara Menggunakan Voucher Shopee Food Agar Dapat Diskon

Setelah mengklik pada opsi batalkan pesanan, kamu akan diminta untuk memilih alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan. Isi sesuai dengan alasan kamu, lalu klik pada tombol ‘batalkan pesanan’

Setelah itu, pesananmu akan langsung dibatalkan oleh pihak Shopee, dan penjual tidak perlu memprosess pesanan kamu. Tapi dengan catatan, jangan sampai pesanan yang ingin kamu batalkan sudah melebihi waktu yang ditentukan. Biasanya, ketika pesanan sudah masuk dalam status sedang dikemas atau sedang dalam pengataran, maka secara otomatis pembatalanmu harus menunggu persetujuan dari pihak penjual.

Jika penjual tidak menyetujuinya, maka pesanan akan tetap dikirimkan ke alamat yang terdaftar.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee lewat Website

Untuk cara yang kedua juga masih sama seperti lewat aplikasi. Hanya saja, kamu bisa mengaksess nya melalui perangkat selain smartphone. Ntah itu komputer, ataupun laptop. Dan untuk cara nya juga gak jauh beda seperti sebelumnya. Yaitu

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian.
  2. Setelah itu kunjungi situs https://shopee.co.id.
  3. Lanjut untuk login dengan menggunakan akun shopee yang kamu miliki.
  4. Klik pada bagian profile yang tertera di tampilan Shopee.
  5. Lalu masuk ke menu pesanan saya.
  6. Klik pada pesanan yang masih dalam prosess sedang dikemas.
  7. Lalu klik pada produk yang akan kamu batalkan.
  8. Scroll kebagian bawah, lalu klik pada batalkan pesanan.

Sama seperti sebelumnya, kamu harus mengisi alasan mengapa ingin melakukan pembatalan, dan pastikan juga kamu membatalkan pesanan yang baru saja kamu buat. Sebab, apabila sudah melebihi batas waktu, maka pembatalan tidak bisa dilakukan secara otomatis. Melainkan, pihak shopee harus mengajukan pembatalan terlebih dahulu kepada pihak penjual.

Apabila pihak penjual atau seller menyetujui, maka kamu bisa membatalkan pesanan tersebut. Tetapi, jika penjual tidak menyetujuinya, maka prosess pembatalan akan ditolak dan produk akan tetap dikirimkan.

Related  Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee lewat Chat

Untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa melakukan pembatalan pesanan melalui fitur chat penjual, ketika kamu ingin membatalkan produk yang sudah kamu beli. Tetapi, kadang gak jarang juga kok cara ini juga dipakai seller untuk mengkonfirmasi kepada kamu selaku pembeli, apabila mungkin produk yang dibeli sedang kosong atau tidak ada stocknya. Caranya

  1. Buka aplikasi shopee baik di smartphone ataupun websitenya langsung.
  2. Setelah itu langsung saja login dengan menggunakan akun shopee kamu.
  3. Jika sudah, langsung saja masuk ke bagian profile shopee kamu dan klik pada pesanan yang ingin kamu batalkan (biasanya ada di tab pesanan saya).
  4. Lalu, klik produk yang ingin dibatalkan.
  5. Kemudian di bagian bawah kamu bisa mengklik pada opsi chat dengan penjual
  6. Nantinya kamu akan diarahkan ke laman chat dengan penjual dan kamu bisa mengatakan jika kamu ingin mengajukan pembatalan pesanan karena suatu hal.
  7. Tunggu sampai mendapatkan balasan dari pihak seller, dan kamu akan diarahkan untuk prosess pembatalan.

Nah, sebenarnya cara ini bisa digunakan jika mungkin pesanan kamu sudah melebihi batas waktu pembatalan pesanan. Untuk itu, kamu bisa melakukan chat terlebih dahulu dengan memastikan apakah produkmu sudah dikemas atau belum atau sudah diantar ke pihak ekspedisi atau belum.

Dan nantinya, jika prosess pembalasan sudah berhasil dilakukan maka saldo pembelian kamu akan dikembalikan ke dana shopeepay kamu. Maka dari itu, pastikan dulu kamu sudah mengaktifkan shopeepay kamu ya.

Dan itulah tadi beberapa cara membatalkan pesanan di shopee. Silahkan coba cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top