Cara Membatalkan Tiket Kereta

Bagaimana cara membatalkan tiket kereta? Apa saja prosedur / persyaratan untuk melakukan pembatalan pesanan tiket kereta yang sudah dibeli? Bagaimana langkah pembatalan tiket kereta bisa dilakukan?

Saat ini, ada banyak sekali jenis transportasi umum yang bisa kita gunakan. Tentunya, tujuan dari adanya transportasi umum itu sendiri jelas mempermudah kita untuk berpergian ke suatu tempat, ataupun tujuan yang kita mau.

Mulai dari transportasi umum roda dua, roda 4, sampai transportasi yang digunakan untuk berpergian antar kota ataupun antar provinsi. Salah satu transportasi umum yang saat ini masih menjadi pilihan pengguna adalah kereta api.

Sebagaimana kita tau, Kereta Api merupakan transportasi umum yang lebih dulu digunakan sebelum adanya busway ataupun KRL. Walaupun KRL juga sama sama kereta, namun jangkauan yang disediakan KRL masih cukup terbatas.

Sedangkan dengan kereta api, kita bisa berpergian ke antar kota, mulai dari jakarta ke surabaya, jakarta bandung, dan wilayah lain. Selain itu, Kereta Api juga memiliki jalur tersendiri dan jarak tempuh yang tidak terlalu memakan waktu.

Dan salah satu penyedia layanan kereta api yang cukup terkenal di Indonesia saat ini adalah PT. KAI atau Kereta Api Indonesia. Berdiri sejak tahun 45 ini, sudah melayani banyak rute untuk para pengguna.

Selain itu, semakin berkembangnya zaman dan teknologi, membuat PT KAI akhirnya bekerja sama dengan beragam pihak untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian tiket. Disini, kamu bisa memesan tiket untuk perjalanan dengan kereta api lewat Aplikasi dari PT. KAI itu sendiri, ataupun melalui beberapa pihak dan layanan e-commerce yang bekerja sama dengan PT. KAI dalam pemesanan tiket.

Dengan begitu, kamu gak perlu lagi pergi ke stasiun untuk melakukan pembelian tiket, karena kamu tinggal menunjukkan bukti pembelian tiket lewat Aplikasi PT.KAI, ataupun e-commerce yang bekerja sama dengan PT. KAI.

Walaupun demikian, dengan beragam kemudahan yang dihadirkan kadang kala ada saja pengguna yang harus melakukan cancel booking ketika mereka sudah membeli tiket. Biasanya, mereka membatalkan pesanan tersebut akibat suatu hal yang cukup urgent.

Mungkin, kamu bisa saja mengabaikan hal tersebut dan tidak pergi dengan tiket yang sudah dibeli. Namun, tentunya uang yang dikeluarkan tidak akan di refund atau dikembalikan dan hangus, akibat kamu tidak mengajukan pembatalan, ataupun membiarkan tiket tetap ada namun kamu tidak pergi dengan kereta api.

Cara Membatalkan Tiket Kereta

Cara Membatalkan Tiket Kereta
Membatalkan Tiket Kereta

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, jika mungkin kamu harus melakukan cancel booking, kamu bisa mengikuti beberapa cara membatalkan tiket kereta api, ketika kamu harus melakukan pembatalan booking, agar saldo yang kamu keluarkan di refund atau dikembalikan. Dengan cara

Cara Membatalkan Tiket Kereta lewat Aplikasi PT. KAI

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan tiket kereta adalah dengan menggunakan aplikasi PT. KAI itu sendiri. Namun disini, pembatalan online yang dilakukan harus sesuai dengan tiket yang dibeli. Jadi, pastikan kamu membatalkan tiket kereta yang memang dibeli secara online, lewat aplikasi PT. KAI ya. Caranya

  • Buka aplikasi PT. KAI yang ada di smartphone kalian
  • Setelah itu silahkan login seperti biasa menggunakan akun yang terdaftar di PT. KAI
  • Jika sudah, kamu bisa melakukan pembatalan dengan memeriksa tiket yang sudah kamu beli dengan status PAID (sudah dibayar) dan belum dicetak
  • Lalu, kamu bisa mengklik pada tombol ‘Batalkan Pesanan’ dan tunggu konfirmasi dari PT. KAI untuk pembatalan kamu
  • Jika pembatalan disetujui, maka saldo akan dikembalikan dengan potongan sekitar 25% dari harga tiket yang sudah dibeli tadi
  • Dan nantinya, saldo akan masuk kedalam rekening terdaftar, yang sesuai dengan data diri kamu.

Perlu diperhatikan, untuk pembatalan tiket lewat aplikasi PT. KAI, kamu harus mengetahui beberapa poin berikut

  • Permohonan pembatalan hanya bisa dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan dan datanya sudah terdaftar di aplikasi PT. KAI
  • Pembatalan online hanya bisa dilakukan 3 jam sebelum jam keberangkatan yang tertera di tiket
  • Jika pembatalan dilakukan kurang dari 3 jam sebelum jam keberangkatan, pembatalan harus dilakukan di loket pembatalan di stasiun terdaftar
  • Jika data tidak sesuai, maka prosess pembatalan tidak dapat di prosess dan akan ada notifikasi dari Aplikasi, ataupun Blast SMS

Jadi, pastikan dulu kamu sudah memenuhi dan mengetahui persyaratan untuk pembatalan tiket kereta lewat aplikasi PT. KAI tadi, ya.

Cara Membatalkan Tiket Kereta lewat Traveloka

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pembatalan tiket kereta yang kamu beli dari aplikasi Traveloka. Caranya juga gak jauh beda dengan poin sebelumnya kok. Seperti

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Traveloka di smartphone kalian
  • Setelah itu login dengan menggunakan akun yang memang didalamnya sudah ada pesanan tiket kereta
  • Jika sudah kamu bisa mengunjungi stasiun kereta api terdekat untuk melakukan pembatalan
  • Sesampainya di stasiun kereta api, kamu bisa mengisi formulir di konter staf PT  KAI
  • Isi semua data yang dibutuhkan dengan benar
  • Setelah formulir terisi, kamu dapat kembali ke petugas PT KAI dan menujukkan bukti tiket kereta yang sudah kamu beli di Traveloka, sebagai bukti yang sah dan juga memudahkan kamu dalam prosess pembatalan tiket kereta
  • Tunggu beberapa saat sampai pihak PT KAI mengkonfirmasi pembatalan kamu
  • Dan kamu akan menerima refund dari dana tiket yang sudah kamu beli tadi.

Loh min, katanya lewat aplikasi Traveloka, kok masih harus mengunjungi stasiun sih?

Traveloka sendiri sebenarnya hanya bekerja sama sebagai pihak ketiga dalam penjualan tiket PT KAI. Sehingga, untuk melakukan pembatalan tiket kereta yang sudah kamu pesan, kamu masih harus mengunjungi stasiun terdekat, untuk melakukan pembatalan.

Lalu, ada syarat yang harus diperhatikan gak?

Yaps. Sama saja, baik dari aplikasi PT KAI, kamu juga harus memperhatikan hal hal penting berikut. Seperti

  • Prosess refund hanya bisa dilakukan oleh pihak terkait yang datanya sama dengan yang ada di tiket kereta
  • Pemohon harus menyiapkan data diri berupa KTP, Paspor, SIM, Kartu Pelajar / Mahasiswa untuk penumpang yang berusia di bawah 17 tahun
  • Prosess refund akan dikenakan potongan biaya sebesar 25% dan hanya bisa dilakukan 60 menit sebelum jam keberangkatan
  • Untuk penumpang yang diwakilkan, harus membawa surat kuasa dengan materai Rp 10.000 dengan identitas asli pemilik kuasa dan foto copynya.

Dengan memenuhi persyaratan tersebut, prosess refund akan diprosess paling lama 30 hari setelah diajukan. Dan nantinya, saldo refund akan masuk ke rekening yang terdaftar.

Cara Membatalkan Tiket Kereta lewat Tokopedia

Kemudian untuk kamu yang membeli tiket kereta lewat Tokopedia, prosess pembatalannya juga sama seperti Traveloka tadi. Dimana, kamu harus membawa data diri sesuai dengan data yang tertera di tiket kereta, dan kemudian mengunjungi stasiun kereta terdekat serta mengisi formulir pembatalan tiket.

Tetapi perbedaan yang cukup signifikan disini adalah jika kamu membatalkan tiket kereta lewat tokopedia, kamu bisa melakukan pembatalan tersebut maksimal 30 menit sebelum jam keberangkatan. Jadi, jika kamu sudah ada di stasiun dan harus melakukan pembatalan, kamu bisa langsung melakukannya ditempat.

Dan untuk persyaratan yang harus diperhatikan juga masih sama kok seperti yang ada di traveloka.

Cara Membatalkan Tiket Kereta lewat Call Center

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu juga bisa kok melakukan pembatalan tiket kereta PT KAI dengan menghubungi layanan call center lewat panggilan suara. Disini, kamu bisa melakukan konfirmasi pembatalan dengan menghubungi mereka di nomor (021) 121 dengan dibebankan biaya pulsa reguler.

Setelah terhubung, kamu bisa langsung mengatakan jika kamu ingin melakukan pembatalan tiket kereta yang kamu miliki. Biasanya, pihak call center akan melakukan validasi data dengan mencocokkan data antara data kamu dan yang tertera di tiket. Jadi, pastikan kamu mengjawabnya dengan benar ya.

Apabila pencocokkan data sudah selesai, maka kamu tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya dari call center tadi, dan seperti biasa saldo akan dikembalikan ke rekening kamu dengan potongan biaya sebesar 25%.