cara membuat akun google

Cara Membuat Akun Google yang Benar

Bagaimana cara membuat akun Google? Apakah ada cara mudah untuk membuat akun Google? Apa saja keuntungan dari memiliki akun Google?

Bicara tentang akun google, mungkin penggguna android sudah tak lagi asing dengan hal ini. Karena sebagaimana kita tau, perangkat android sendiri memang tak dapat berjalan ketika pengguna tidak memiliki akun google didalamnya.

Maka dari itu, membaut akun google menjadi salah satu cara yang sangat tepat untuk kamu yang mungkin saja baru membeli perangkat android untuk digunakan. Karena, dengan adanya akun google sendiri, kita bisa mendapatkan aksess ke semua Aplikasi Android. Mulai dari menggunakan Google Play Store, Play Games, Gmail, Youtube, dan lain sebagainya.

Gak cuma itu aja. Dengan adanya akun Google, kita bisa melakukan backup atas data data kita di android. Mulai dari menggunakan Google Drive, sampai backup data ketika kita ingin berpindah perangkat.

Maka dari itu, jika kita tidak memiliki akun google, tentunya hal ini akan sangat menghambat kita dalam berbagai hal. Mulai dari mengoperasikan smartphone Android, ataupun menggunakan beberapa aplikasi Android untuk kebutuhan kerja.

Oleh sebab itulah para pengguna Android sangat disarankan untuk memiliki akun Google. Sebenarnya tidak hanya untuk pengguna Android saja, melainkan semua orang yang mungkin bekerja dengan menggunakan layanan dari Google seperti salah satu nya adalah Gmail.

Hal ini sendiri karena akun Google memang menjadi inti atau core untuk beberapa hal. Selain untuk menggunakan layanan dari Google itu sendiri, memiliki akun google bisa berguna untuk kamu mendaftar akun sosial media, ataupun beberapa hal lain yang mengharuskan kamu untuk menggunakan email dalam pendaftarannya.

Cara Membuat Akun Google

Cara Membuat Akun Google
Membuat Akun Google

Jika kamu belum tau cara membuat akun Google, tenang saja. Disini mimin akan memberikan beberapa metode atau cara yang bisa kamu pakai untuk membuat akun Google dengan mudah dengan beberapa cara. Seperti

Related  Cara Menambah Lokasi di Google Maps

Cara Membuat Akun Google lewat Pengaturan Android

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan Smartphone Android kalian masing-masing. Disini, kamu bisa membuat akun google baru apabila mungkin kamu ingin berpindah perangkat, dengan akun google yang baru. Caranya

  1. Buka pengaturan di smartphone Android kalian
  2. Setelah itu, klik pada pilihan Account / Google dan nantinya kamu akan melihat banyak sekali akun yang ada didalamnya
  3. Scroll kebagian paling bawah, lalu pilih ada + Add Account
  4. Jika sudah, maka nantinya kamu akan diarahkan untuk login menggunakan akun Google, karena kita tidak memiliki akun, maka kamu bisa mengklik pada Sign Up / Create a new Account
  5. Setelah itu kamu akan diarahkan ke laman pendaftaran yang mana kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data yang dibutuhkan, seperti:
    – Nama Depan
    – Nama Belakang
    – Username (akun google)
    – Tanggal Lahir
    – Password
    – Konfirmasi Password
    – Email Pemulihan (opsional)
  6. Dan setelah semua data diisi dengan benar, maka selanjutnya kamu bisa mengklik pada tombol Daftar / Sign Up
  7. Nantinya, akunmu akan langsung login dan masuk kedalam list akun yang ada di pengaturan

Selanjutnya, kamu tinggal mencatat username dan password yang baru saja kamu buat tadi, lalu login ke dalam perangkat Android baru yang mana belum ada akun Google di dalamnya. Dengan begitu, secara otomatis kamu sudah dapat menggunakan akun tersebut untuk menggunakan Layanan dari Google.

Cara Membuat Akun Google lewat Youtube di Android

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa kok melakukan pembuatan atau pendaftaran akun Google dengan menggunakan bantuan aplikasi Youtube. Nah, disini kamu bisa menggunakan salah satu perangkat, baik itu komputer, laptop, ataupun smartphone Android.

Related  Cara Membuka Akses Google Drive

Namun kalau menurut mimin, lebih mudah menggunakan Aplikasi Youtube yang ada di Android. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Youtube yang ada di smartphone kalian
  2. Setelah itu klik pada bagian profile yang ada di dekat kolom pencarian
  3. Nantinya kamu bisa melihat pilihan Masuk / Daftar
  4. Klik pada pilihan tersebut, dan pilih saja Daftar / Buat Akun Youtube
  5. Nantinya kamu juga akan diarahkan ke laman yang sama seperti pembuatan akun Gmail sebelumnya
  6. Isi semua data yang dibutuhkan beserta nomor handphone ataupun email pemulihan untuk memudahkan kamu ketika lupa password
  7. Jika sudah, kamu akan langsung diarahkan kembali ke laman Youtube, dengan nama akun yang sebelumnya sudah di buat tadi.

Nah, dengan cara ini kamu sudah berhasil untuk membuat akun Google baru. Dan secara otomatis juga, akun yang baru saja kamu buat lewat aplikasi Youtube tadi akan masuk kedalam list daftar akun yang ada di pengaturan. Jangan lupa untuk melengkapi profile tersebut, agar google tidak membanned akun kamu sehingga bisa terus digunakan.

Cara Membuat Akun Google lewat iPhone

Kemudian untuk cara yang kedua, jika kamu ingin berpindah dari iPhone ke Android, kamu juga bisa kok membuat akun Google terlebih dahulu lewat iPhone. Caranya juga gak begitu sulit.

  1. Buka browser safari yang ada di iPhone kalian
  2. Setelah itu kunjungi situs https://gmail.com
  3. Lalu klik pada tombol Sign Up dan isi semua data yang diperlukan, seperti yang ada pada cara sebelumnya
  4. Pastikan semua data sudah lengkap dan mimin menyarankan kamu untuk menambahkan nomor ponsel sebagai verifikasi
  5. Tunggu beberapa saat dan nantinya kamu akan mendapatkan kode OTP untuk dimasukkan sebagai langkah lanjutan verifikasi akun
  6. Setelah berhasil, kamu akan langsung diarahkan ke laman Gmail.com
  7. Sampai sini, kamu sudah berhasil membuat akun Google, setelahnya kamu tinggal melakukan login dengan akun tersebut ke perangkat Android yang akan kamu gunakan. Dan kamu bisa melihat informasi jika kamu berhasil login ke perangkat Android dan bisa mulai menggunakan beragam layanan Google.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, karena walaupun iPhone tidak memiliki layanan Google, kamu dapat memanfaatkan fitur browser untuk membuat akun google melalui browser safari. Jadi, cara ini bisa menjadi opsional ketika kamu tidak memiliki ponsel Android untuk membuat akun Google.

Related  Cara Menambahkan Akun Google

Cara Membuat Akun Google lewat PC atau Laptop

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu juga bisa membuat akun Google lewat perangkat komputer ataupun laptop. Disini, kita akan menggunakan bantuan browser Google Chrome, yang mana lebih mudah untuk membuat akun kalian. Caranya

  1. Buka komputer atau laptop kalian
  2. Lalu jalankan Google Chrome yang ada di komputer ataupun laptop kalian
  3. Jika sudah lanjut saja untuk mengunjungi situs https://gmail.com dan klik pada Sign Up / Creat a new Account
  4. Isi semua data yang dibutuhkan seperti Nama depan, belakang, password, konfirmasi password, tanggal lahir, nomor handphone, email pemulihan, dan lanjut untuk menekan tombol Daftar / Sign Up
  5. Apabila semua data sudah terisi dengan benar, maka selanjutnya kamu akan langsung diarahakan ke laman Gmail

Nah, jika sudah diarahkan ke laman Gmail, maka berarti akun kamu sudah berhasil dibuat dan dapat digunakan untuk login ke berbagai perangkat Android ataupun menggunakan akun tersebut untuk mengaksess beberapa layanan Google yang tersedia. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuat akun google yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan metode yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top