Cara Jualan Online di Facebook

Posted on 715 views

Berbisnis secara online, sudah menjadi suatu hal yang umum di kalangan masyarakat. Kalian mungkin salah satu orang yang sedang menjalani kegiatan tersebut. Tidak mudah memang saat mengawali usahanya. Banyak ilmu yang harus dipelajari dan diaplikasikan langsung ke bisnismu. Buat Kamu yang masih pemula. Yuk, simak cara jualan online di Facebook!

Sosial media kian bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Dahulu, di era tahun 1990-an kehadiran dari email sudah membuat masyarakat merasa sangat senang. Kini, setelah melalui tahun 2000-an bahkan aplikasi-aplikasi bisa diakses dengan mudah dan gratis. Selain itu, beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mencari cuan. Salah satunya, Facebook.

Facebook yang dikenal sebagai perusahaan sosial media paling populer, kini berganti nama menjadi perusahaan Meta. Hanya nama perusahaannya saja yang berubah, tidak dengan nama dari aplikasinya. Semua aplikasi yang berada di bawah naungan kepemilikan dari Mark ini, sudah sangat dikenal akan kemunculan sebuah iklan. Ada yang berbayar, bisa gratis juga.

Iklan yang sering kalian lihat di kolom khusus dari beranda Facebook, umumnya kampanye akan dijalankan oleh sistem. Berbeda dengan posting, yang harus diunggah secara berkala oleh pemilik akun. Harga yang ditawarkan oleh perusahaan Meta tersebut cukup beragam. Mulai dari harga terendah di Rp 30.000,- sampai dengan puluhan juta rupiah. Kamu bisa pilih.

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Jualan Online di Facebook
Cara Jualan Online di Facebook

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

Penayangan iklan di Facebook, dapat kalian atur sendiri jadwalnya. Pastinya, hal tersebut disesuaikan juga dengan anggaran yang dimiliki. Semakin lama jangka waktu iklannya tampil di kolom khusus, rupiah yang dikeluarkan juga akan makin besar. Akan tetapi, sebelumnya penjual harus memastikan video atau gambar untuk promosinya sudah bagus. Maksimal 60 s.

Related  Cara Cek KTP yang Benar

Cara jualan online di Facebook bagi pemula, bisa kalian mulai dengan membuat video demo berdurasi 15 sampai dengan 60 detik. Kurang dari waktu 1 menit, hasilnya akan lebih baik. Karena, pada dasarnya iklan yang ditampilkan ke masyarakat tampak berkesan kalau tayang dalam jangka waktu yang singkat. Tapi, videonya tidak panjang. Biar penonton penasaran.

Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris

1. Gabung dengan Grup Lapak Online

Forum jual-beli yang terdapat di Facebook, dapat kalian temukan dalam menu Group. Bisa juga, ditemukan melalui kolom pencarian. Seringkali pengguna yang ingin bergabung dalam kelompok tersebut, harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak admin. Akan tetapi, ada beberapa grupnya yang dirancang agar siapapun dapat langsung menjadi member.

Istilah lainnya, open group. Dimana, setelah kalian menekan tombol yang bertuliskan gabung ke grup atau join group secara otomatis akan menjadi anggota. Cara jualan online di Facebook ini, Kamu tinggal bagikan atau posting langsung saja di grup agar iklannya dapat dilihat oleh semua member. Siapa tahu, dari sekian banyak anggotanya ada yang tertarik.

2. Sampaikan Tanggapan Baik

Cara jualan online di Facebook berikutnya, yaitu dengan menyampaikan tanggapan baik. Hal ini, dapat kalian pelajari dari platform belanja yang kerap membalas komentar atau penilaian dari pembeli. Apapun keluhan atau ulasan yang disampaikan oleh para pembeli, penjual harus bisa memberikan balasan dengan kalimat sopan. Bagaimanapun, customer adalah raja.

Berikan kesan ramah agar orang yang menjadi pembeli merasa nyaman dan dihargai. Supaya, mereka juga tidak kapok untuk membeli produk dari toko kalian saat kesekian kalinya. Ada tata karma yang harus dijunjung tinggi bagi para seller. Bentuk teguran atau penolakan ke customer, pastikan menggunakan kalimat yang sopan. Jangan sampai ikut terpancing amarah.

3. Mempelajari Ilmu Copywriting

Ilmu copywriting ini, sangat bagus untuk membantu kalian para pemilik toko menyampaikan produk yang ingin ditawarkan. Dalam arti lain, tulisan tersebut akan berperan layaknya sales yang sedang menawarkan kepada para calon pembeli. Kalimat yang disampaikan di kolom deskrpsi, juga harus menampilkan rincian produk sesuai fakta. Agar, meminimalisir keluhan.

Related  Cara Cek Saldo ATM Mandiri yang Benar

Ajang promosi juga biasanya menerapkan ilmu copywriting. Dimana, tulisan kali ini bersifat mengajak. Buat para pembaca merasa penasaran dan terdorong untuk membeli produk dari toko kalian. Setelah itu, buat mereka yakin kalau barang ataupun jasa yang ditawarkan sudah pasti berkualitas dan sesuai dengan apa yang tertera di deskripsi. Bisa kalian pelajari online.

4. Perbanyak Menambah Teman di Facebook

Cara jualan online di Facebook, agar mudah melakukan penyebar luasan informasi. Kalian harus memiliki teman dalam jumlah yang sangat banyak. Semakin tinggi angka pertemanan yang dimiliki oleh akun bisnis tokomu, dampaknya akan makin baik. Teman yang sudah di tambahkan atau yang sudah menerima pertemanan, dapat menjadi kandidat calon customer.

Jalin hubungan yang baik dengan teman yang sudah masuk ke daftar pertemanan kalian. Ajak komunikasi melalui postingan yang sudah dibagikan, atau bisa juga membalas komentar yang masuk ke konten Kamu. Cara lainnya, bisa dilakukan dengan memperhatikan menu teman. Ikonnya, berbentuk seperti dua orang. Disitu, pemilik akun dapat melihat rekomendasi teman.

5. Tampilkan Produk yang Berkualitas

Pelayanan yang diberikan oleh penjual, tidak hanya sebatas dalam mengiklankan tokonya ke masyarakat. Melainkan, memastikan produk yang kalian tawarkan semuanya memang benar-benar berkualitas. Ada izin BPOM dan lain sebagainya yang bersifat legal. Sehingga, produk yang tersedia di toko sudah pasti aman untuk digunakan dan diperjual belikan. Check before!

Barang berkualitas, umumnya memiliki ciri khasnya tersendiri yang sangat special. Supaya, para pembeli dapat membedakannya antara yang asli dengan produk tiruan. Bisa dalam bentuk barcode atau mudahnya dilihat dari stiker hologram. Cara lainnya, kalian dapat coba cari tulisan timbul yang biasanya melekat di kemasan. Pastikan, Kamu jual produk yang asli.

6. Pahami Target Pemasaran

Cara jualan online di Facebook lainnya, yakni dengan memahami target pemasaran. Kalian dapat memulainya setelah menentukan produk apa yang akan dijual ke masyarakat luas. Iklan, nanti akan dikemas sesuai rentang usia yang pas dengan pengguna produk tersebut. Hal ini dilakukan, agar targetnya tepat sasaran. Kategori kosmetik, umumnya untuk wanita muda.

Related  Cara Cek Pengiriman JNE

Usia yang mengincar produk tersebut, mulai dari umur 18 sampai dengan 35 tahunan ke atas kalau di Indonesia. Kecuali, produk-produk tertentu yang memang diformulasikan untuk membantu mengembalikan kekencangan pada kulit. Baru lah, kebanyakan pembelinya adalah mereka yang sudah memasuki usia 30 hingga 50 tahun. Biar terlihat tetap awet muda.

7. Lakukan Analisis Pasar

Riset pasar menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam berjualan. Baik secara online maupun offline. Pelajari alurnya dari toko kompetitor yang bergerak di bidang bisnis yang sama dengan kalian. Kamu dapat melihatnya, melalui pergerakan cara mempromosikan produk ataupun potongan harga yang ditawarkan kepada para pembeli. Termasuk voucher.

Strategi penjualan antara satu toko dengan toko lainnya walaupun dalam bidang yang sama, pasti memiliki perbedaan. Masing-masing. ingin memberikan tanda yang membuatnya lebih unggul dari bisnis saingannya. Oleh sebab itu, setiap usaha pasti memiliki tips rahasia sukses. Disamping itu, kalian harus terus fokus untuk belajar dan mengaplikasikan ilmunya di bisnis.

Itulah penjelasan mengenai cara jualan online di Facebook pada kesempatan kali ini. Tersedia juga informasi terkait, seputar cara jualan online di Facebook bagi pemula, dan cara jualan online di Facebook agar laris. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Love your days, and don’t forget to take a rest. Bye bye!

Gravatar Image
Someone who always read manhwa and imagine. One day, she hopes can create her own stories. Of course, that's not impossible think