Cara Membuat Grup di LINE yang Benar

Bagaimana cara membuat grup di LINE? Apakah kita bisa membuat grup line sendiri? Bagaimana cara agar pengguna line yang lain bisa masuk kedalam grup line yang kita buat?

Sebagai salah satu pengguna smartphone, mungkin saat ini kita sudah banyak sekali menemukan aplikasi chatting yang bisa kita unduh dan juga gunakan di smartphone baik dari Android sampai smartphone dengan OS iOS yang saat ini banyak digunakan oleh remaja.

Karena seiring berkembangnya zaman dan teknologi, saat ini sudah banyak banget pengguna memilih untuk menggunakan aplikasi chatting daripada harus menggunakan sms ataupun telpon yang mana pengguna harus mengeluarkan pulsa untuk melakukan hal tersebut.

Sebagaimana kita tau, aplikasi chat sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang cukup beragam. Mulai dari untuk sekedar berkirim pesan dengan teman, ataupun kamu juga bisa melakukan penggilan suara dan juga video dengan aplikasi chat tersebut.

Dan gak cuma itu aja kok. Kadang kala ada beberapa aplikasi chat yang memang digunakan untuk kebutuhan mengirim file dalam bentuk foto, video, dokumen, atau bahkan sekedar berbagi lokasi terkini dengan pengguna lain.

Biasanya, untuk beberapa aplikasi chat yang saat ini kita kenal memiliki cara untuk dapat berteman dengan pengguna lainnya. Seperti whatsapp yang menggunakan nomor telpon, dan juga LINE yang mana menggunakan ID LINE ataupun nomor telpon yang terdaftar di LINE.

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan menjelaskan sedikit tentang aplikasi chat LINE, yang mana memang sudah banyak digunakan oleh pemilik smartphone dalam menunjang aktivitas chatting mereka.

Apa itu LINE?

Singkatnya, LINE adalah aplikasi media chat yang berasal dari korea. Berbeda dengan Whatsapp, LINE sendiri memang dikhususkan menjadi salah satu media chat dan juga media sosial yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan.

Related  Cara Membuat Video Tiktok

Kamu bisa menambahkan teman di LINE menggunakan ID yang terdaftar ataupun langsung dengan nomor telpon mereka. Didalam aplikasi LINE sendiri, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan video, dan juga panggilan suara.

Gak cuma itu aja kok. Kamu juga bisa mengaksess beberapa fitur lain seperti Timeline yang mana isinya adalah postingan dari teman-teman LINE kamu, mencari orang disekitar dengan LINE Nearby, Mendapatkan Koin LINE untuk membeli sticker LINE, menggunakan layanan LINE Today, dan masih banyak lagi.

Makannya gak heran, jika LINE sendiri sekilas tak jauh beda dengan Facebook. Karena, kamu bisa juga kok mem-follow akun akun official dari LINE ataupun yang dibuat oleh orang lain, untuk melihat dan mendapatkan update dari postingan yang mereka buat.

Untuk kelebihan dari aplikasi LINE sendiri, sebenarnya terletak di prosess pendaftaran, dan juga kemudahan lain dalam mengaksess fitur-fitur yang ada didalamnya. Sehingga, ketika kamu menggunakna LINE, kamu tidak perlu khawatir mengalami kesulitan.

Salah satu keunggulan lain dari LINE adalah kamu bisa membuat Grup chat ataupun Group Square berdasarkan kesukaan dan minat kamu. Nah, untuk grup ini sendiri sebenarnya gak jauh beda kok dengan yang ada di Whatsapp. Selain kamu bisa menambahkan pengguna lain didalam grup tersebut, kamu juga bisa melakukan group call, ataupun group video call didalam LINE.

Cara Membuat Grup di LINE

Cara Membuat Grup di LINE
Cara Membuat Grup di LINE

Tetapi, kalau kamu mungkin belum mengetahui tentang cara membuat grup di line, kamu bisa mengikuti beberapa cara mudah untuk membuat grup line yang akan mimin bagikan berikut ini. Seperti

Langkah1: Siapkan Akun LINE

Langkah pertama adalah kamu harus terlebih dahulu memiliki akun LINE. Nah, untuk bisa mempunyai akun LINE juga, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mendownload aplikasi LINE yang ada di play store untuk pengguna android, dan juga app store untuk pengguna iOS.

Related  Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Untuk prosess pendaftarannya sendiri, kamu bisa menggunakan 2 metode, yakni dengan menggunakan nomor telpon ataupun menggunakan email aktif. Kamu bisa memilih salah satu cara tersebut, dan kemudian nantinya melakukan pendaftaran seperti biasa.

Langkah2: Verifikasikan Akun LINE

Setelah memilih prosess pendaftaran yang digunakan, maka selanjutnya kamu bisa melakukan verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan baik melalui email ataupun nomor telpon terdaftar yang kamu miliki.

Baik dengan nomor telpon ataupun email, keduanya sama sama membutuhkan kode OTP yang mana nantinya kode OTP tersebut bisa kamu masukkan ke kolom verifikasi di aplikasi LINE untuk melanjutkan prosess pendaftaran.

Apakah kita bisa melakukan pendaftaran tanpa verifikasi?

Jawabnya adalah tidak. Hal ini sendiri bukan tanpa alasan. Melainkan, pihak LINE ingin memastikan jika kamu adalah pengguna yang terdaftar dan merupakan pemilik dari nomor telpon ataupun email yang terdaftar tadi. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan prosess pendaftaran seperti biasa.

Langkah3: Tambahkan Teman

Jika sudah melakukan pendaftaran dan juga verifikasi, maka selanjutnya adalah kamu bisa mulai untuk menambahkan teman di dalam LINE. Tak usah terburu buru untuk langsung membuat grup LINE. Pastikan dulu kamu memiliki setidak nya 10 – 15 teman yang kamu kenal, untuk kemudian dimasukkan kedalam grup LINE yang kamu buat.

Untuk menambahkan teman sendiri, kamu bisa menggunakan ID LINE mereka, ataupun nomor telpon, dan kamu juga bisa kok menambahkan teman dari pengguna LINE di sekitarmu dengan masuk ke bagian more atau lainnya, lalu pilih people nearby.

Nantinya, kamu akan diminta untuk mengaktifkan aksess GPS atau lokasi, dan jika sudah kamu bisa langsung menemukan pengguna LINE disekitar dan mulai menambahkan mereka kedalam pertemanan untuk bisa memulai percakapan awal.

Related  Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Benar (Terbaru)

Langkah4: Buat Grup LINE

Jika sudah memiliki setidaknya 10 – 15 teman, maka selanjutnya kamu bisa langsung untuk membuat grup line. Disini, caranya gampang banget kok. Kamu hanya perlu

  1. Buka aplikasi LINE yang ada di smartphone kalian
  2. Jika sudah, klik pada bagan atau tab Teman / Friends yang ada di bagian bawah layar
  3. Lalu pilih menu Create Group atau Buat Grup
  4. Nantinya, kamu bisa memilih siapa saja yang akan dimasukkan atau berada didalam grup tersebut. Pastikan kamu sudah berkoordinasi dan memberikan kabar kepada pengguna jika kamu ingin menambahkan mereka kedalam grup. Agar tidak terjadi salah faham.
  5. Lalu kamu bisa memberikan detail dari grup yang kamu buat. Kamu bisa memberikan detail seperti Nama Grup, Foto Grup, dan juga Deskripsi Grup
  6. Terakhir, jika semuanya sudah siap maka kamu bisa mengklik pada tombol Save, dan Grup kamu akan muncul pada tab Friends

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk membuat grup pertama kamu di LINE. Kamu bisa memulai untuk membuat chat group dengan member yang ada didalamnya dari teman yang kamu tambahkan tadi.

Langkah5: Bagikan Grup LINE

Selain itu, kamu juga bisa kok membagikan grup LINE yang kamu buat dengan membagikan link dari grup line yang kamu buat. Pastikan juga, untuk mengatur privasi dari grup kamu dari private ke publik agar orang orang bisa masuk dan ikut mengirim pesan didalam kolom chat grup kalian.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat grup di line. Gimana? tertarik untuk mecobanya? Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top