Cara Cek Saldo SMS Banking BNI

Bagaimana cara cek saldo sms banking BNI? Bicara tentang dunia perbankan, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing dan juga bingung ketika mendengar kalimat ini. Yaps, di era digital saat ini, banyak sekali orang-orang yang mulai menggunakan metode cashless atau tanpa membawa uang cash, dan memanfaatkan pembayaran digital dengan menggunakan ATM ataupun Mobile Banking untuk membeli produk ataupun membayar kebutuhan.

Salah satu pihak bank yang saat ini banyak memliki nasabah adalah BNI. BNI atau Bank Negara Indonesia ini sendiri memang sudah berdiri lama dan banyak membantu kebutuhan nasabah dalam urusan keuangan. Mulai dari menabung, kebutuhan ATM, Kartu Kredit, atau bahkan tabungan masa tua.

Read More

Dan gak cuma itu aja kok. BNI juga memiliki fitur yang tak kalah penting untuk para pengguna Smartphone pada saat ini. Seperti misalnya, BNI Internet Banking, BNI Mobile Banking, dan juga BNI SMS Banking. Adapun dari beberapa fitur ini, masing-masingnya tentu memberikan kemudahan untuk para pengguna BNI.

Mulai dari melakukan transfer secara mobile tanpa harus ke ATM, melakukan pengecekan saldo, melakukan transaksi secara mobile, dan masih banyak lagi.

Tapi dari semua layanan fitur mobile yang disediakan BNI, salah satu yang paling memudahkan adalah BNI SMS Banking. Karena fitur yang satu ini tidak hanya berguna untuk pengguna Smartphone modern saja. Melainkan untuk pengguan Ponsel jadul pun bisa dengan mudah menggunakan fitur ini tanpa tambahan aplikasi.

Cara Cek Saldo SMS Banking BNI

Cara Cek Saldo SMS Banking BNI
Cek Saldo SMS Banking BNI

 

Namun untuk melakukan pengecekan saldo BNI SMS Banking, pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah

  1. Memiliki / Sudah membuka tabungan BNI
  2. Mendaftarkan nomor ponsel aktif
  3. Mengaktifkan ftur SMS Banking di Cabang BNI Terdekat

Jika sudah memenuhi beberapa persyaratan diatas, maka barulah kamu bisa melakukan pengecekan saldo BNI kalian melalui SMS. Dengan cara

Cara Cek Saldo SMS Banking BNI lewat SMS

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian.
  2. Setelah itu, buat sebuah pesan baru, dan isikan dengan format seperti berikut
    ketik SAL dan kirim ke 3346.
  3. Terakhir, kamu tinggal menunggu balasan dari BNI mengenai informasi saldo yang kalian miliki.

Nah, biasanya pada saat menggunakan fitur SMS Banking BNI untuk mengecek saldo, kamu akan dikenakan biaya sekitar 300 – 500 rupiah untuk sekali SMS. Namun, tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak BNI itu sendiri.

Cara Cek Saldo SMS Banking BNI lewat Dial Code

Kemudian untuk cara kedua, kamu juga bisa menggunakan dial code atau USSD code yang mana berguna juga untuk mengecek saldo BNI kamu. Hanya saja, kamu tidak perlu mengirimkan pesan SMS. Melainkan dengan cara

  1. Buka aplikasi telpon yang ada di ponsel kalian
  2. Setelah itu, ketikkan kode *141# kemudian tekan Call / Panggil
  3. Tunggu beberapa saat, dan pilih menu nomor 2 untuk masuk kedalam menu BNI
  4. Kemudian tekan 1 untuk masuk ke menu Inquiry
  5. Dan terakhir pilih menu 1 lagi, untuk menampilkan informasi saldo BNI kalian

Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan menerima pesan SMS dari BNI, yang mana berisikan informasi saldo rekening kalian. Tapi perlu diingat ya, baik melalui SMS ataupun dial code USSD, fitur SMS banking ini akan dikenakan tarif sesuai dengan yang sudah ditentukan. Maka dari itu, pastikan pulsa kalian cukup.

Related  Cara Download Stiker Whatsapp

Jika mungkin terjadi error pada saat menggunakan SMS Banking BNI untuk pengecekan saldo, mungkin ada beberapa hal yang mempengaruhi hal ini. Seperti misalnya

  • Nomor telfon yang digunakan belum terdaftar
  • Pulsa tidak mencukupi
  • Terjadi error pada jaringan provider kartu yang digunakan
  • Maintenance pada server BNI
  • Belum melakukan aktivtasi SMS Banking BNI
  • dll

Tetapi, apabila hal hal diatas tidak ada pada kasus error pada BNI SMS Banking, kamu bisa mengunjungi kantor cabang BNI terdekat dan menceritakan keluhan yang kalian alami.

Cara Daftar SMS Banking BNI

Jika mungkin kamu adalah pengguna BNI lama yang belum mengaktifkan BNI SMS Banking, kamu jangan sedih. Karena kamu bisa kok menggunakan beberapa cara untuk mengaktifkan BNI SMS Banking dengan mudah. Seperti

Cara Daftar SMS Banking BNI lewat Kantor Cabang BNI

Cara yang paling mudah adalah dengan mendatangi kantor Cabang BNI. Terlebih, jika kamu adalah nasabah lama yang baru saja ingin mengaktifkan fitur SMS Banking dari BNI. Caranya juga gampang kok. Tapi ada beberapa hal yang harus dilengkapi, seperti

  1. Buku Tabungan BNI
  2. KTP terdaftar
  3. Nomor Telpon yang masih aktif
  4. Memiliki pulsa minimal 5.000 rupiah

Jika sudah, maka selanjutnya kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang BNI terdekat di sekitarmu. Mintalah kepada pihak security atau satpam untuk diarahkan ke bagian teller / CS untuk melakukan pendaftaran SMS Banking BNI.

Tunggu beberapa saat sampai nomor antrian kalian tiba, lalu datangi teller sesuai dengan yang tertera di struk antiran tadi. Nantinya, pihak teller / cs akan memprosess pendaftaran SMS Banking BNI kalian dan lanjut untuk prosess aktivasi, sebelum akhirnya bisa digunakan.

Cara Daftar SMS Banking BNI lewat ATM BNI

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa kok melakukan pendaftaran serta aktivasi SMS Banking BNI melalui mesin ATM BNI itu sendiri. Tentunya cara ini lebih mudah, terlebih jika kamu tak bisa mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Caranya

  1. Masukkan ATM BNI dan juga PIN yang terdaftar
  2. Setelah itu, pilih bahasa dan masuk ke menu Registrasi e-Channel
  3. Setelah itu, kamu bisa memilh menu BNI SMS Banking
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi untuk pendaftaran yang dilakukan, tak usah menunggu lama, pilih saja Setuju
  5. Akan muncul notifikasi lagi, pilh saja Setuju seperti yang sebelumnya
  6. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telpon yang kamu gunakan. Pastikan nomor tersebut aktif dan memiliki pulsa minimal 5.000
  7. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telpon lagi (yang sama) dan jika sudah, lanjut untuk memilih Tekan Jika Benar
  8. Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan PIN SMS Banking BNI (Ingat, PIN SMS Banking ya, bukan PIN ATM kalian, boleh disamakan, boleh juga dibedakan)
  9. Jika sudah, tekan pada pilihan Tekan Jika Benar
  10. Tunggu sampai muncul notifikasi yang berisi konfirmasi, dan plih saja Setuju
  11. Nantinya, kamu akan menerima SMS berupa kode OTP berupa aktivasi finansial yang menandakan jika pendaftaran yang kamu lakukan berhasil.
Related  Cara Cek Saldo BNI

Jika semua step sudah dilakukan, maka nantinya mesin ATM akan mengeluarkan struk aktivasi dan juga mengirimkan SMS dari 3346 sebagai bukti bahwa pendaftaran SMS Banking BNI melalui mesin ATM sudah berhasil dilakukan.

Dengan menggunakan fitur SMS Banking BNI, tentunya hal ini sangat memudahkan siapapun dalam melakukan transaksi atau sekedar mengecek saldo rekening BNI yang dimilik. Terlebih, jika mungkin pengguna tidak memiliki paket data internet yang aktif, atau tidak memilik jaringan yang stabil. Semoga bermanfaat..

Related posts