Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Shopee

Bagaimana cara membuat toko di Shopee ? Shopee merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan online shop yang cukup terkenal dan banyak digunakan di Indonesia. Perkembangan teknologi yang sangat pesat salah satunya di bidang online shop disini kamu bisa membeli barang kebutuhanmu apa saja tersedia di aplikasi Shopee ini.

Jika kamu seorang pebisnis, tentu kamu ingin mengembangkan bisnismu supaya memiliki lebih banyak konsumen yang membeli produkmu. Membuka toko di Shopee merupakan pilihan yang tepat, karena Shopee banyak digunakan oleh masyarakat, bisa disangdingkan dengan Marketplace lain seperti Buka Lapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Toko Shopee juga bisa untuk penjual yang sudah memiliki brand besar maupun pemula yang baru memulai bisnisnya sendiri. Dengan membuka toko di Shopee maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen untuk bisnismu lebih besar. Cara membuka toko di Shopee juga mudah untuk kamu lakukan, kamu bisa melakukannya di Handphone maupun di Laptop/PC yang kamu miliki.

Pilih Kategori Penjual di Toko Shopee

Sebelum kamu membuat toko di Shopee kamu harus menentukan terlebih dahulu, kamu ingin menjual produk sebagai apa. Apakah kamu ingin menjual produkmu sendiri, menjadi reseller, ataupun menjadi dropshiper. Ketiga kategori ini memiliki kelebihan dan kekurang tersendiri. Jadi kamu bisa memilih ingin membuka toko di Shopee sebagai apa.

Berikut beberapa kategori penjual toko di Shopee yang bisa kamu pilih, simak.

1. Menjual Produk Sendiri

Apabila kamu memiliki produk kamu sendiri yang ingin kamu jual di toko Shopee, itu lebih baik. Namun sebelum kamu membuat toko Shopee untuk menjual produkmu sendiri kamu harus memastikan bahwa produk kamu bisa beroperasi dengan baik dan bagian produksi juga dapat diandalkan. Karena jika menjual produk di Shopee kamu harus pastikan stok tokomu juga.

Related  Cara Membuat Akun Shopee yang Benar

Jika kamu sudah memiliki toko offline maka itu lebih baik karena sudah faham operasional tokonya. Kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangan produkmu supaya dapat bersaingan di pasar, karena tentunya yang menjual produk yang sama denganmu sangat banyak.

Kelebihan menjual produk sendiri adalah stok barang bisa kamu kelola dengan mudah, kualitas produksi juga bisa kamu pastikan sendiri, dan untuk membantu penjualan kamu bisa merekrut reseller maupun dropshipper.

Selain kelebihan di atas ada juga kekurangan jika kamu menjual produkmu sendiri seperti membutuhkan lebih banyak modal, butuh tenaga kerja, kamu juga harus mempromosikan produkmu agar tidak kalah saing dengan seller lainnya, risiko yang lebih besar.

2. Reseller

Selanjutnya kamu juga bisa memilih untuk menjualkan produk orang lain, atau brand yang sudah terkenal dengan menjadi reseller. Jika kamu ingin menjadi reseller kamu harus membeli produk yang akan kamu jual dari brand tersebut dengan minimal order. Kemudian kamu bisa menjualnya kembali di tokomu.

Jika kamu menjadi reseller kamu akan mendapatkan potongan harga saat membeli produk dari supplier tersebut. Kelebihnan dari reseller kamu tidak perlu memulai dari nol karena produk tersebut sudah memiliki brand yang terkenal, potongan harga yang kamu dapatkan bisa cukup besar. Kekurangan menjadi reseller kamu harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membeli produk dengan jumlah minimal yang ditentukan.

3. Dropshipper

Pilihan selenjutnya kamu bisa menjadi dropshipper. Disini kamu bisa menjual barang milik orang lain tanpa harus memiliki modal seperpun seperti reseller, kamu juga tidak perlu untuk menstok barang yang akan dijual. Kamu hanya bertugas untuk memasarkan produk tersebut, jika ada konsumen yang order kamu hanya perlu mengirim datanya ke supplier, jika sudah maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjual tersebut.

Related  2+ Cara Bayar Shopee via Indomaret dengan Gambar

Kelebihan menjadi dropshipper adalah kamu tidak perlu memiliki stok barang dan tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Kekurangan menjadi dropshipper keuntungan yang kamu dapat tidak sebesar reseller, dan kamu juga tidak bisa mengelola stok barang.

Itulah beberapa kategori yang bisa kamu pilih sebelum membuka toko di Shopee, kamu bisa memilih menjadi penjual yang menjual produkmu sendiri, menjadi reseller, ataupun menjadi dropshipper. Kamu harus memiliki rencana dan memikirkannya dengan matang terlebih dahulu agar tokomu bisa beroperasi secara konsisten.

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Shopee
Membuat Toko di Shopee

Setelah kamu menentukan kategori tokomu, kamu bisa memulai untuk membuat toko di Shopee, kamu bisa membuatnya melalaui handphone atau laptop/PC yang kamu miliki, perbedaanya jika kamu membuat toko Shopee melalui handphone kamu harus download aplikasi Shopee terlebih dahulu, namun jika kamu membuat toko Shopee melalui laptop/PC kamu bisa membuatnya di di wesite Shopee yang bisa kamu buka melalui browser.

Cara Membuat Toko di Shopee Dengan Handphone

Jika kamu ingin membuat toko di Shopee melalui handphone yang kamu miliki maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kamu harus mengunduh aplikasi Shopee terlebih dahulu.
  • Jika sudah buka aplikasi Shopee dan buat akun terlebih dahulu jika kamu belum memiliki akun, caranya ikuti langkah-langkah yang telah tersedia di aplikasi Shopee.
  • Kemudian pilih menu “Saya”.
  • Selanjutnya klik “Toko Saya”.
  • Jika sudah maka lengkapi profil toko kamu seperti nama toko, foto profil, deskripsi toko, dan logo toko.
  • Kamu harus membuatnya seunik mungkin yang menjadi ciri khas toko kamu yang tidak bisa disamakan dengan toko-toko lain.
  • Kamu juga harus mengatur alamat toko, jasa pengiriman, dan rekening bank.
  • Selesai toko Shopee-mu sudah berhasil di buat.
Related  Cara Ajukan Pengembalian Dana Di Shopee, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Toko di Shopee Dengan Laptop/PC

Selanjutnya kamu juga bisa membuat toko di Shopee dengan menggunakan laptop/PC, caranya hampir sama dengan membuat toko dengan hanphone bedanya kamu tidak memerlukan aplikasi Shopee saat membuat toko. Berikut cara membuat toko di Shopee dengan laptop/PC yang kamu miliki :

  • Buka browser menuju halaman Shopee setelah itu buat akun Shopee.
  • Jika sudah masuk ke wesibte Shopee Seller Centre di seller.shopee.co.id.
  • Masukan email, nomor telepo, dan username yang sudah kamu daftarkan tadi.
  • Kemudian klik menu “Profil Toko”.
  • Selanjutnya lengkapi profil toko seperti nama toko, gambar, deskripsi gambar, dan deskripsi toko. Jika sudah klik “Simpan”.
  • Kemudian klik “Jasa Pengirimanku” dan pilih jasa pengiriman yang kamu inginkan, jika sudah klik “Ubah/Simpan”.
  • Lalu pilih menu “Alamat Saya”. Disini isikan nama, nomor telepon, alamat lengkap, dan klik “Simpan”.
  • Kemudian kamu bisa menambahkan rekening Bank dengan cara klik menu “Kartu/Rekening Bank”.
  • Jika sudah klik “Tambah Kartu Kredit Baru/Tambah Rekening Baru”. Selanjutnya isikan data nomor rekeningmu dan klik “Simpan”.
  • Selesai kamu sudah berhasil membuat toko Shopee.

Cara Berjualan di Shopee

Jika kamu sudah membuat toko di Shopee, sekarang saatnya menjual produk yang akan kamu jual di Shopee. Berikut penjelasannya :

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Kemudian tekan “Saya”.
  • Selanjutnya tekan menu “Mulai Jual”. Dan klik “Tambah Produk Baru”.
  • Lalu lengkapi informasi produk yang diperlukan.
  • Jika sudah klik “Simpan”.
  • Selesai

Itulah cara membuat toko di Shopee yang bisa kamu ikuti. Setelah membuat toko di Shopee kamu bisa mulai berjualan produk-produk yang ingin kamu jual di Shopee dan ikuti event-event dalam Shopee supaya bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Semoga Bermanfaat!

error:
Scroll to Top