Cara Membuat Video Tiktok

Cara Membuat Video Tiktok

Salah satu aplikasi yang banyak dipakai oleh masyarakat saat ini khususnya kalangan anak muda adalah aplikasi Tiktok. Aplikasi Tiktok merupakan platform video music yang mana penggunanya bisa membuat video pendek dengan durasi maksimal satu menit, kamu juga bisa mengedit, memberi filter dan musik sebagai pendukung. Setelah itu video yang telah dibuat bisa dibagikan dengan teman dan ke seluruh pengguna aplikasi Tiktok. Cara membuat video Tiktok juga cukup mudah.

Aplikasi Tiktok sendiri telah dibuat pada tahun 2016 dan sempat viral juga saat itu, namun seiring berjalannya waktu semakin tengelam dengan adanya aplikasi-aplikasi lain yang lebih menarik. Akan tetapi menjadi viral lagi dan lebih banyak orang yang menggunakan aplikasi ini lagi sekitar tahun 2021 hingga saat ini. Selain itu aplikasi Tiktok ini juga terus memperbarui aplikasinya dengan menambah banyak fitur menarik.

Salah satu fitur yang sekarang ini banyak digunakan oleh pengguna aplikasi Tiktok adalah fitur Tiktok Shop, fitur ini hampir mirip dengan aplikasi marketplace lainnya seperti Shopee, Lazada, Toko Pedia, dan lain-lain. Dengan fitur ini disediakan untuk pengguna Tiktok yang melakukan promosi melalui aplikasi ini, namun fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis. Jadi selain kamu bisa mempromosikan produkmu dengan aplikasi kamu juga bisa langsung menjualnya melalui aplikasi Tiktok yang akan memudahkan pembeli untuk membeli produk yang kamu jual.

Selain itu masih banyak fitur-fitur yang bisa kamu nikmati saat menggunakan aplikasi Tiktok, jika kamu ingin mengunggah video di Tiktok untuk promosi produk, atau hanya untuk hiburan kamu harus bisa membuat video Tiktok terlebih dahulu.

Fitur-Fitur Tiktok

Sebelum kamu mengetahui cara membuat video Tiktok, kamu harus tahu fitur-fitur apa saja yang ada di Tiktok yang bisa kamu nikmati di dalam aplikasi Tiktok. Adan banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan, selain itu untuk meningkatkan daya saing dengan aplikasi-aplikasi serupa Tiktok juga terus berupaya untuk menambahkan fitur-fiturnya agar penggunanya menjadi betah untuk memakai aplikasi Tiktok dan tidak beralih ke aplikasi lain. Berikut beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Tiktok :

Related  Cara Jualan di TikTok Tanpa Stok Barang: Siapa Aja Bisa!

1. Menambah Musik

Karena Tiktok merupakan aplikasi video music tentunya salah satu fitur utamanya yaitu kamu bisa menambahkan music pada video yang kamu buat secara langsung tanpa aplikasi tambahan lagi, selain itu ada banyak pilihan musik yang bisa kamu gunakan yang tersedia di aplikasi. Dan music yang telah tersedia tersebut bebas dari copyright jadi kamu tidak perlu khawatir videomu di blokir.

2. Fitur Filter

Fitur selanjutnya yaitu fitur filter pada video, disini kamu bisa mengubah filter pada video yang kamu buat untuk menjadikan konten yang kamu buat semakin menarik. Kamu bisa menyesuaikan warna tone pada video seperti yang kamu inginkan.

3. Fitur Voice Changer

Fitur selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu fitur voice changer, pada fitur ini kamu bisa mengubah suara dengan berbagai efek suara yang berbeda. Fitur ini akan membuat video yang kamu buat menjadi lebih menarik untuk ditonton pengguna Tiktok lainnya.

4. Fitur Filter Beautify

Untuk menambah rasa percaya diri kamu bisa menggunakan fitur ini, dengan fitur beautify bisa merubah wajah penggunanya menjadi tampak lebih baik, bisa membuat semakin tampan ataupun semakin cantik. Fitur ini juga bisa mengatur warna mata, bentuk wajah, dan bisa memper halus wajah juga.

5. Fitur Live

Fitur selanjutnya adalah fitur Live, Tiktok juga memiliki fitur Live seperti media sosial Instagram, Facebook, atau Youtube. Namun tidak semua pengguna Tiktok bisa menggunakan fitur ini, fitur Live bisa diakses jika pengguna memiliki minimal 1000 followers. Fitur ini sangat berguna untuk mempromosikan produk yang kamu jual, selain itu penonton Live Tiktokmu juga bisa langsung cek out produk yang kamu promosikan tersebut.

Related  Cara Centang Biru di Tiktok [Gratis] Tanpa Minimal Followers

Itulah beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi Tiktok, selain itu masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa kamu gunakan di Tiktok.

Cara Membuat Video Tiktok

Cara Membuat Video Tiktok
Membuat Video Tiktok

Setelah kamu mengetahui fitur apa saja yang terdapat dalam aplikasi Tiktok, kin saatnya kamu membuat video Tiktok. Sebelum kamu membuat video Tiktok kamu harus menyiapkan ide terlebih dahulu, ingin membuat video apa yang menarik untuk ditonton oleh pengguna Tiktok lain. Cara membuat video Tiktok juga mudah untuk kamu lakukan, kamu bisa membuat video langsung di aplikasinya ataupun menggunakan aplikasi tambahan lain untuk membuat video terlebih dahulu setelah itu baru kamu uploud di aplikasi Tiktok.

Cara Membuat Video Tiktok Dengan Aplikasi Tambahan

Jika kamu tidak ingin membuat video Tiktok langsung di aplikasinya kamu bisa membuat dan mengedit video yang akan kamu unggah di Tiktok dengan aplikasi edit video terlebih dahulu. Setelah videonya jadi kamu bisa langsung mengunggahnya di aplikasi Tiktok. Berikut cara membuat video Tiktok dengan aplikasi Inshot :

  • Buka aplikasi Inshot yang ada di smartphone-mu.
  • Setelah itu pilih video atau foto yang ingin kamu buat konten di Tiktok.
  • Jika sudah pilih menu “Kanvas” dan pilih rasio khusus Tiktok yaitu 9:16.
  • Kemudian kamu bisa mengeditnya sesuai apa yang kamu mau seperti menambah teks, mengubah filter, dan bisa juga menambahkan musik di dalam video yang kamu buat.
  • Lalu tekan “Simpan” dan pilih resolusi videonya.
  • Selesai setelah itu kamu bisa uploud di aplikasi Tiktok.
  • Buka aplikasi Tiktok dan pilih ikon (+).
  • Pilih video yang kamu edit tadi.
  • Jika sudah kamu bisa langsung mengunggahnya.
  • Selesai

Cara Membuat Video Tiktok Tanpa Aplikasi Tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah kamu tahu cara membuat video Tiktok dengan aplikasi lain, kamu juga bisa memilih membuat video Tiktok langsung di aplikasinya. Jadi kamu tidak perlu aplikasi lain untuk mengedit video yang kamu buat. Kamu juga bisa langsung membuat video dengan kameramu langsung di Tiktok ataupun memakai video yang telah kamu buat kemudian kamu edit di Tiktok. Cara membuat video Tiktok langsung di aplikasinya juga cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Tiktok di smartphone kamu.
  • Jika sudah kamu bisa merekam video secara langsung ataupun pilih video yang sudah ada di galeri kamu.
  • Kamu harus memastikan bahwa video yang kamu pilih berdurasi kurang dari satu menit. Setelah itu tekan “Next”.
  • Selanjutnya kamu bisa mengedit videomu seperti mengatur efek video, menambah teks, dan mengatur durasinya.
  • Kamu bisa menambahkan musik di menu “Sounds” dan pilih musik yang kamu inginkan, disitu terdapat banyak jenis musik yang bisa kamu pilih.
  • Setelah itu unggah videonya langsung di Tiktok.
  • Selesai
Related  Cara Agar Tiktok FYP dan Banyak Like, Langsung Work 100%!

Demikianlah cara membuat video Tiktok yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya, cukup mudah untuk kamu lakukan bukan. Kamu bisa memilih untuk membuat video langsung di aplikasi Tiktok ataupun membuat video di aplikasi lain terlebih dahulu setelah itu baru kamu unggah di Tiktok. Semoga Bermanfaat!

error:
Scroll to Top