Cara Membuka Rekening Mandiri

Cara Membuka Rekening Mandiri

Menabung dan bertransaksi melalui perbankan sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarat sekarang ini. Dengan menabung dibank ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain itu setiap bank memiliki penawaran fasilitas yang berbeda-beda untuk menarik minat calon nasabahnya. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara membuka rekening Mandiri, jika kamu memilih untuk menjadi calon nasabah bank Mandiri karena ada banyak jenis tabungan yang bisa kamu pilih pada bank Mandiri ini.

Bank Mandiri merupakan bank miliki pemerintah Indonesia yang berdiri sejak tahun 1998. Sudah banyak masyarakat yang memilih menjadi nasabah dari bank Mandiri dan memilih sebagai tempat untuk menyimpan uang, deposito, dan lain sebagainya. Ada banyak produk-produk tabungan atau jenis-jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank Mandiri yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dan sekarang kamu bisa membuka rekening Mandiri secara online melalui aplikasi Livin’ by Mandiri atau melalui situs web Mandiri, kamu juga bisa memilih untuk membuka rekening tabungan secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dari tempat tinggal kamu. Apalagi sekarang ini kamu juga bisa membuka rekening Mandiri melalui LinkAja.

Untuk membuka rekening baru Mandiri kamu harus mempersiapkan semua syarat-syarat yang diperlukan, dan uang untuk setoran awal. Syarat dan jumlah minimum setoran awal berbeda untuk tiap jenis tabungan yang ditawarkan.

Jenis-jenis Tabungan Mandiri

Sebelum langsung ke pokok pembahasan utama pada artikel ini yaitu cara membuka rekening Mandiri, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank Mandiri. Semua jenis tabungan ini memiliki keunggulannya tersendiri, kamu bisa memilih tabungan mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut jenis-jenis tabungan bank Mandiri beserta biaya dan syarat pembukaan rekeningnya :

Related  5+ Cara Membuka Handphone yang Terkunci beserta Gambar

1. Tabungan Mandiri

Jenis tabungan pertama yang bisa kamu pilih adalah Tabungan Mandiri, Tabungan Mandiri ini memiliki sasaran untuk nasabah yang ingin menabung atau menyimpan uang di Bank Mandiri. Jenis tabungan ini memiliki beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti bisa meyetorkan dan menarik yang di semya cabang Bank Mandiri, di Mesin ATM berlogo Link, berlogo ATM Bersama, berlogo Visa, dan berlogo Plus.

Syarat Tabungan Mandiri adalah sebagai berikut :

  • Kartu identitas seperti KTP untuk WNI, dan Paspor/KITAS/KITAP/KIMS untuk WNA. Jika kamu membuka rekening di luar domisili pada KTP kamu harus menyertakan surat keterangan domisili dari RT/RW dan Surat Keterangan Kerja.
  • Menyiapkan Uang untuk setoran awal minimum sebesar Rp. 500.000.
  • Nasabah akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

2. Tabungan Rencana Mandiri

Jenis tabungan berikutnya adalah Tabungan Rencana Mandiri. Untuk jenis tabungan ini sangat cocok untuk kamu yang mengalami kesulitan menabung, karena Tabungan Rencana Mandiri ini memiliki fungsi autodebit yang akan secara otomatis memotong uang dari rekening kamu untuk dimasukan kedalam rekening Tabungan Rencana Mandiri.

Selain adanya fasilitas autodebit, jenis tabungan ini juga memiliki beberapa keungulan lain seperti kamu bisa menentukan jangka waktu tabungan, menabung selain yang sudah diatur pada autodebit, dan kamu juga bisa memilih jenis valuta yang kamu pakai. Selain itu Tabungan Rencana Mandiri ini bebas biaya admin.

Syarat Tabungan Rencana Mandiri adalah sebagai berikut :

  • Usia nasabah minimal beusia 18 tahun
  • Nasabah sudah memiliki tabungan Mandiri atau Mandiri Giro
  • Mengisi formulir untuk membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri

3. Tabungan Bisnis Mandiri

Jenis tabungan ketiga yang bisa kamu pilih khususnya untuk para pebisnis adalah Tabungan Bisnis Mandiri. Tabungan ini memang dibuat khusus untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha karena sudah memiliki banyak fasilitas yang bisa memperlancar bisnis kamu seperti kartu debit Mandiri, layanan Internet Banking, M-Banking, SMS Banking, serta Mandiri Call. Dan buku tabungannya memilikii deskripsi dan keterangan transaksi yang lebih rinci.

Related  Cara Membuat ATM Mandiri yang Benar

Syarat Tabungan Bisnis Mandiri adalah sebabagi berikut :

  • Perorangan atau pribadi adalah Kartu identitas KTP untuk WNI, Paspor/KITAS/KITAP/KIMS untuk WNA.
  • Sedangkan untuk Usaha perorangan adalah Kartu identitas pemilik usaha, dan Surat Izin Usaha.
  • Dan untuk Non Perorangan yaitu Nomor NPWP, Akta pendirian usaha, Surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening, Bukti identitas pemberi dan penerima kuasa, Anggaran dasar dan perubahan terakhir dari usaha.
  • Setoran awal minimum sebesar Rp. 1.000.000.
  • Saldo minimum akhir bulan adalah sebesar Rp. 10.000.000.
  • Biaya administrasi bulanan Rp. 11.500.

Itu dia beberapa jenis tabungan Mandiri yang bisa kamu pilih, kamu bisa menyesuaikan dengan keperluan kamu.

Syarat Umum Membuka Rekening Mandiri

Syarat-syarat membuka rekening Mandiri sendiri berbeda tiap jenis tabungannya, namun berikut merupakan persyaratan umum yang harus kamu persiapkan sebelum membuka rekening Mandiri :

  • Pertama kartu identitas berupa KTP untuk WNI, Paspor/KITAS/KIMS/KITAP bagi WNA, dan untuk pelajar perlu menyertakan surat persetujuan orang tua selain kartu pelajarnya.
  • NPWP jika ada.
  • Uang untuk setoran awal.
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi.

Cara Membuka Rekening Mandiri

Cara Membuka Rekening Mandiri
Membuka Rekening Mandiri

Jika kamun sudah memilih jenis tabungan mana yang ingin kamu buka rekeningnya, sekarang kamu bisa mulai untuk membuka rekening Mandiri. Caranya juga cukup mudah asalkan kamu sudah mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Kamu bisa memilih untuk membuka rekening secara online maupun secara offline.

Cara Membuka Rekening Mandiri Secara Offline (Datang Ke Kantor Cabang)

Cara pertama yang bisa kamu ikuti adalah membuka rekening Mandiri secara offline yaitu kamu bisa langsung datang ke kantor cabang Mandiri terdekat, jika kamu membuka rekening mandiri secara langsung di kantor cabang kamu tidak perlu ribet karena akan dipandu secara langsung oleh customer service bank Mandiri dan setelah proses pembukaan rekening baru berhasil kamu bisa langsung mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM Mandiri.

Related  Cara Bayar Tiktok Shop Lewat Livin Mandiri Lengkap dengan Gambar

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuka rekening Mandiri secara offline :

  • Pertama kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat.
  • Setelah itu ambil nomor antrian untuk bagian customer service.
  • Jika kamu sudah dipanggil, langsung menuju meja customer service dan katakan jika kamu ingin membuka rekening baru.
  • Selanjutnya serahkan dokumen yang perlukan apabila diminta.
  • Pilih jenis tabungan yang akan kamu buka rekeningnya.
  • Kemudian isi formulir pembukaan rekening baru.
  • Jika sudah selesai maka kamu akan diminta untuk membayar setoran awal yang jumlahnya sesuai jenis tabungan yang kamu pilih.
  • Apabila prosesnya sudah selesai semua kamu akan diberikan buku tabungan dan kartu ATM.
  • Selesai.

Cara Membuka Rekening Mandiri Secara Online 

Jika kamu memilih untuk membuka rekening Mandiri secara online maka kamu bisa mengikuti cara yang kedua ini, ingatlah untuk menyiapkan semua persyaratannya terlebih dahulu seperti kartu identitas baik KTP untuk WNI atau Paspor/KITAP/KITAS untuk WNA, NPWP jika ada, uang setoran awal, dan Tanda tangan.

Jika sudah kamu siapkan semua syaratnya, sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka browser kamu dan kunjungi situs web https://join.bankmandiri.co.id.
  • Setelah itu kamu harus melengkapi data diri dengan mengisi dan mengikuti panduan yang sudah ada.
  • Selanjutnya melakukan verifikasi data.
  • Kemudian customer service Bank Mandiri akan melakukan verifikasi melalui panggilan video.
  • Lalu kamu diminta membubuhkan tanda tangan digital Rekening otomatis akan aktif setelah kamu melakukan verifikasi dengan customer service dan melakukan tanda tangan elektronik.
  • Selanjutnya Nasabah kamu bisa membuat PIN SMS banking sampai dengan nomor rekening muncul di layar handphone kamu.
  • Jika sudah lakukan setoran melalui transfer m-Banking, atau melalui ATM, atau juga bisa melalui teller di cabang Bank Mandiri. Apabila kamu tidak melakukan setor tunai dalam periode yang sudah diatur maka rekening ditutup otomatis.
  • Terakhir kamu akan mendapatkan kartu debit setelah membuka rekening Bank Mandiri online dan kamu bisa mengambilnya di cabang Mandiri terdekat.
  • Selesai.

Demikianlah cara membuka rekening Mandiri, pilih cara yang paling nyaman untuk kamu lakukan saat akan membuat rekening baru Mandiri. Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top