Cara Memperbaiki Aki Kering

Posted on 264 views

Aki adalah perangkat yang sangat penting untuk keandaraan baik motor maupun mobil, karena aki berfungsi untuk menjadi sumber energi listrik dalam bentuk kimia. Dan listrik yang sudah tersimpan dalam aki berfungsi untuk melakukan sumpai kebutuhan listrik pada kendaraan. Jika aki mobil kamu kering kamu harus mengetahui cara memperbaiki aki kering.

Jika aki mobil kamu tidak sehat maka beberapa komponen dari mobil tidak akan bisa berfungsi secara optimal karena membutuhkan listrik. Dan akibat yang lebih parah lagi mobil kamu tidak akan bisa menyala.

Aki adalah satu-satunya sumber listrik didalam kendaraan, dan didalam dunia otomatif aki dibagi menjadi dua yaitu aki basah dan juga aki kering. Aki basah dan aki kering memiliki memiki perbedaan seperti aki kering memiliki cairan lebih padat dan memiliki bentuk gel. Sedangkan aki basah memiliki cairan yang lebih encer seperti air. Dan aki basah juga memerlukan perawatan lebih dibanding aki kering.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering
Memperbaiki Aki Kering

Jika aki kering kendaraan kamu mulai soak ataupun mati dan kamu ingin mencoba memperbaikinya kamu harus mengetahui langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Dan pada pembahasan artikel ini akan dibahas mengenai cara memperbaiki aki kering. Simak !.

Kenali Jenis Aki Kendaraan Kamu

Sebelum kamu mengetahui cara memperbaiki aki kering kamu perlu mengenali aki yang digunakan kendaraan kamu terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis aki yang memiliki spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan sendiri-sendiri. Berikut penjelasannya :

Related  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

1. Aki Basah

Jenis aki yang pertama yang biasa digunakan oleh kendaraan adalah aki basah, jenis aki ini paling mudah ditemukan. Aki ini dinamakan aki basah karena didalam aki ini terdapat cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat. Dan air aki basah ini mengandung timah antimoni yang akan cepet habis karena menguap.

Serta aki basah dijual dengan harga yang lebih mudah daripada jenis aki lainnya. Namun kelemahan yaitu memerlukan perawatan yang rutin karena cairan aki lebih cepat menguap yang membuat cairan aki cepat habis.

2. Aki Kering

Berikutnya adalah jenis aki kering, memiliki nama aki kering namun masih tetap mengandung cairan elektrolit. Aki kering juga dikenal dengan istilah Maintenace Free yang isinya adalah cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Dibandingkan dengan aki basah timah kalsium ini tidak menguap secepat aki basah.

Kelebihan aki kering adalah tidak perlu dirawat sesering aki basah karena aki kering tidak perlu mengisi ulang cairan elektrolit. Aki kering juga memiliki segel yang kuat sehingga cairan eektrolit didalamnya tidak bisa tumpah.

3. Aki Hybrid

Selanjutnya adalah aki hybrid, aki hybrid ini banyak digunakan oleh berbagai jenis mobil. Disebut dengan aki hybrid karena teknologi yang digunakannta memiliki gabungan antara sifat aki konvensional dan aki kering.

Aki hybrid juga masih memiliki cairan elektrolit seperti aki konvensional akan tetapi memiliki kadar yang minimal. Namun yang perlu diwaspadai aki ini memiliki cairan elektrolit yang berbahaya bagi kulit manusia.

4. Aki Kalsium 

Jenis aki berikutnya adalah aki kalsium, aki ini berbeda dengan aki kering dan aki basah karena kutub aki ini terbuat dari kalsium. Dan tingkat penguapan aki ini lebih sedikit daripada aki jenis lainnya. Selain itu aki kalsium memiliki daya baterai sangat baik untuk menyalurkan listrik.

5. Aki Gel

Jenis aki terakhir adalah aki gel. Jenis aki ini disebut sebagai aki yang memiliki teknologi canggih, karena tidak menggunakan cairan elektrolit karena aki ini menggunakan bentuk gel. Keungulan dari gel ini memiliki lebih sedikit kemungkinaj terjadi tumbah, jadi penggunanya tidak perlu khawatir.

Related  Cara Memperpanjang SIM

Aki gel juga tidak memerlukan perawatan apapun dan memiliki masa pemakaian lebih awet daripada jenis-jenis aki lainnya.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati

Setelah kamu mengenali jenis-jenis aki, selanjutnya kembali ke pembahasan utama kali ini yaitu cara memperbaiki aki kering. Cara memperbaiki aki kering yang sudah mulai soak ataupun mati ini banyak orang yang belum mengetahui caranya padahal ada cara memperbaiki aki kering yang mudah dan ampuh.

Namun yang perlu kamu ingat cara ini bisa kamu lakukan hanya dalam kondisi tertentu atau bersifat semestara saja. Berikut langah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Persiapkan peralatan

Pertama kamu harus menyiapkan peralatan untuk memperbaiki aki kering yang mati terlebih dahulu yaitu obeng, cairan isi ulang aki, kain, alat suntik, dan lem plastik atau solatip.

2. Lepaskan Aki

Jika kamu sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan sekarang kamu harus melepat aki dari kendaraan kamu dengan cara lepas kutup positif (+).

3. Bersihkan Bagian Luar Aki

Langkah selanjutnya kamu harus membersihkan aki tersebut terlebih dahulu sebelum mulai memperbaikinya. Caranya adalah dengan mengusap bagian aki yang kotor menggunakan kain yang sudah kamu persiapkan tadi.

4. Buka Penutup Aki

Selanjutnya kamu bisa memulai untuk membuka penutup aki, lakukan dengan hati-hati agar kotak aki tidak semakin rusak. Caranya yaitu gunakan obeng minus (-) dan arahkan obeng tersebut pada tulisan “Do Not Open”. Kamu bisa melakukan hal yang sama pada semua bagian penutup aki.

5. Isi Aki dengan Air Aki

Berikutnya jika tutup aki sudah terbuka kamu akan menemukan enam lubang, kemudian isi lubang tersebut dengan air aki menggunakan alat suntik, kamu bisa mengisinya hingga 1 cm dibawah lubang aki.

Related  Cara Memperpanjang SKCK

Jika semua lubang sudah terisi kamu bisa menutupnya dengan solatip sampai tidak ada celah udara masuk. Saat mengisi air aki kamu harus melakukannya dengan hati-hati dan jangan sampai terkena kulit.

6. Isi Ulang Daya Listrik Aki

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi listrik pada aki kering. Hal ini biasanya dikenal dengan istilah setrum aki. Langkah ini bisa dilakukan dengan dua metode  yaitu dengan cara oengecasan dan teknik jumper. Berikut penjelasan tiap metodenya :

  • Metode Pengecesan

Metode yang pertama adalah metode pengecesan, jika ditempat service biasanya sudah tersedia sebuah alat yang berfungsi untuk mengisi arus listrik pada aki. Metode ini mirip dengan mengesan handphone, untuk mengeces aki kering kamu bisa mengunakan alat yang memiliki nama Adaptor atau Trafo.

Alat ini sama seperti adaptor pada ces handphone ataupun laptop namun memiliki kapasitas ampera yang besar sehingga bisa melakukan pengecesan dengan cepat.

  • Metode Teknik Jumper

Metode kedua yang bisa dilakukan adalah dengan metode jumper, untuk melakukan proses ini membutuhkan bantuan dari aki lain yang berada dalam keadaan baik. Cara melakukannya adalah dengan menghubungkan antara aki kering yang sedang kamu perbaiki dengan aki lain menggunakan kabel penghubung.

Kabel dari kutub plus (+) dan minus (-) aki lain dihubungkan dengan kutub plus (+) dan minus (-) aki yang akan kamu perbaiki. Selanjutnya hidupkan mesin kendaraanmu yang sudah terdapat aki yang baik tadi, dan diamkan selama kurang lebih 50-60 menit.

Itulah cara memperbaiki aki kering yang bisa kamu coba lakukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rate this post