Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store

Google Play Store adalah salah satu aplikasi bawaan dari setiap handphone Android, dan aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk mendukung kinerja dari handphone Android yang kamu miliki. Untuk itu perlu rasanya untuk mengetahui cara memperbarui Play Store.

Dengan adanya aplikasi ini kamu bisa mengakses banyak sekali fitur-fitur yang sangat bermanfaat, seperti halnya sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi, game, film yang sedang populer, buku dan lain sebagainya. Aplikasi Google Play Store ini bisa dikatakan sebagai toko aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Biasanya Google Play Store memiliki fungsi bisa memperbarui secara otomatis, yaitu setiap ada pembaruan aplikasi Google Play Store baru dan handphone kamu terhubung dengan internet maka secara otomatis akan memperbarui atau mengunduh versi baru dari aplikasi Google Play Store ini.

Namun ada kalanya aplikasi Google Play Store milik kamu tidak bisa melakukan pembaruan secara otomatis yang membuat kamu harus memikirkan cara untuk memperbarui aplikasi ini. Jika aplikasi Play Store kamu sedang bermasalah dan tidak bisa memperbarui secara otomatis kamu bisa melakukan beberapa cara untuk memperbarui aplikasi tersebut.

Dengan melakukan pembaruan versi dari aplikasi Google Play Store kamu bisa mendapatkan fitur-fitur baru, tampilan baru dari aplikasi, ataupun perbaikan-perbaikan bug yang ada dalam aplikasi versi sebelumnya.

Fitur-fitur Play Store

Pada penjelasan diatas sudah dibahas mengenai pengertian dan fungsi utama dari aplikasi Google Play Store atau bisa disebut juga dengan Play Store. Selanjutnya akan dibahas mengenai fitur-fitur yang akan kamu temui saat menggunakan aplikasi Play Store ini. Berikut penjelasannya, simak !.

Related  Cara Ganti Wallpaper WA

1. Informasi Hiburan Terbaru

Fitur utama yang akan kamu temua saat pertama kali membuka aplikasi Play Store adalah tanpilan informasi mengenai rekomendasi aplikasi terpopuler, rekomendasi game terpopuler, rekomendasi buku, rekomendasi film dan acara TV, dan tentunya masih banyak lagi. Tampilan tersebut akan muncul pada halaman utama aplikasi Google Play Store.

2. Metode Pembayaran

Berikutnya seperti yang kamu tahu bahwa ada beberapa layanan pada aplikasi Google Play Store yang berbayar seperti buku, aplikasi, film, ataupun game yang berbayar. Jadi tentunya akan ada fitur untuk metode pembayaran saat kamu membeli layanan yang berbayar tersebut. Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan seperti dari Kartu Kredit, Kartu Debit, Kode Redeem, dan kamu juga bisa menggunakan dompet digital seperti GoPay.

3. Wishlisht

Jika kamu ingin mendownload atau membeli layanan yang ada didalam aplikasi Play Store namun ingin dimasukan dalam wishlist dulu, kamu bisa memasukan layanan atau item yang kamu inginkan kedalam fitur wishlist yang sudah tersedia.

Aplikasi ini akan memantau mengenai detail dari layanan atau item tersebut dan kamu hanya tinggal memasukannya kedalam bookmark aplikasi.

Itulah beberapa fitur yang akan kamu temui saat menggunakan aplikasi Play Store, sebenarnya masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa kamu dapatkan di aplikasi ini khususnya untuk kamu yang menggunakan Google Play Store versi terbaru.

Cara Memperbarui Play Store

Cara Memperbarui Play Store
Cara Memperbarui Play Store

Jika sebelumnya kamu sudah tahu beragam fitur yang terdapat dalam Google Play Store, sekarang kembali ke pembahasan utama dari artikel ini yaitu cara memperbarui Play Store. Apabila aplikasi Play Store kamu tidak bisa melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis kamu bisa mencoba cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Related  Cara Menang Giveaway

Memperbarui aplikasi Google Play Store sangat penting karena jika Google Play Store dihandphone kamu memakai versi terlalu lama yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka kamu tentu akan mengalami masalah saat akan memperbarui aplikasi-aplikasi lainnya di handphone kamu.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbarui aplikasi Play Store di handphone Android yang kamu gunakan, simak sampai selesai.

1. Cara Memperbarui Play Store Melalui Hapus Data (Clear Data)

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melakukan pembaruan aplikasi Play Store adalah dengan cara mengapus data (clear data). Dengan melakukan penghapusan data aplikasi Gooogle Play Store pada handphone kamu, maka aplikasi ini akan memeriksa secara otomatis pembaruan aplikasi.

Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan atau mengaous data aplikasi Play Store :

  • Pertama kamu harus membuka handphone kamu dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Aplikasi atau Apps & Notification, tampilan menu ini berbeda tiap tipe handphone jadi kamu bisa menyesuaikan dengan handphone kamu.
  • Selanjutnya cari ikon aplikasi Google Play Store atau kamu bisa langsung mengetik kata Google Play Store dikolom yang sudah tersedia biasanya terletak dibagian atas tampilan pengaturan aplikasi.
  • Setelah itu jika sudah ketemu kamu bisa menekan aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi aplikasi.
  • Lalu akan ada informasi mengenai aplikasi Google Play Store, kamu bisa memilih opsi Clear Data.
  • Berikutnya lakukan restart pada handphone kamu, lalu tunggu 2-3 menitan untuk memberi waktu aplikasi Google Play Store melakukan pembaruan otomatis.
  • Selesai.

2. Cara Memperbarui Play Store Melalui Pengaturan Play Store

Selanjutnya kamu juga bisa langsung melakukan pembaruan aplikasi Play Store secara langsung di aplikasi Google Play Store itu sendiri, jika aplikasi Google Play Store kamu tidak bisa memperbarui secara otomatis. Kamu tentu harus melakukan pembaruan secara manual. Berikut ini cara memperbarui Play Store secara langsung melalui menu pengaturan, simak !.

  • Pertama kamu perlu membuka handphone kamu dan buka aplikasi Google Play Store yang ada dihandphone kamu.
  • Jika sudah kamu bisa menekan bagian profil (biasanya menggunakan ikon foto profil akun Google milikmu).
  • Selanjutnya cara opsi Setelan atau Pengaturan.
  • Lalu pilih opsi Tentang.
  • Disitu akan ada beberapa opsi dan tekan opsi Versi Play Store.
  • Apabila ada versi terbaru dari aplikasi Google Play Store maka Play Store akan memperbarui secara otomatis setelah kamu menekannya, namun jika aplikasi Play Store yang kamu miliki sudah versi terbaru maka akan ada notifikasi bahwa versi Play Store yang sedang kamu gunakan adalah versi terbaru.
  • Selesai.
Related  Cara Membuka Blokir Instagram

3. Cara Memperbarui Play Store Melalui APK

Jika kedua cara diatas sudah kamu terapkan namun masih belum berhasil memperbarui aplikasi Play Store milik kamu, berikut ini cara yang juga bisa kamu coba lakukan untuk melakukan pembaruan aplikasi Google Play Store. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka browser pada handphone kamu.
  • Setelah itu masuk ke situr APKMirror.
  • Jika sudah kamu bisa mencari Google Play Store versi terbaru.
  • Unduh aplikasi tersebut dan tunggu hingga proses mengunduh selesai.
  • Dan jika kamu belum pernah melakukan instalasi aplikasi selain di Google Play Store. Maka kamu harus memberikan izin instal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.
  • Jika sudah buka file aplikasi yang sudah kamu unduh tadi dan tekan install.
  • Lalu tunggu hingga proses install selesai.
  • Dan selesai aplikasi Google Play Store kamu sudah diperbarui ke versi terbaru.

Itu dia beberapa cara memperbarui Play Store yang bisa kamu coba supaya aplikasi Play Store kamu menggunakan versi terbaru dan kamu bisa menggunakan kembali fitur-fitur yang ada didalamnya dengan lebih optimal lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top