Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Sebagai sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel memiliki banyak pengguna. Sebagian orang memilih untuk menggunakan kartu Telkomsel karena dikenal memiliki sinyal paling baik dan stabil diantara provider-provider lainnya. Apabila kamu mengalami kendala sinyal lambat maka kamu perlu melakukan cara memperkuat sinyal Telkomsel.

Telkomsel merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan telekomunikasi seluler berbasis GSM dan memiliki berbagai produk kartu provider seperti kartu HALO, simPATI, dan kartu AS. Jika kamu menggunakan layanan Telkomsel kamu bisa menggunakan salah satu dari produk layanan Telkomsel tersebut.

Meskipun Telkomsel dikenal memilliki jaringan internet yang paing bagus diantara provider lainnya bukan berarti pengguna Telkomsel akan terbebas dari permasalahan sinyal lambat atau ganguan-ganguan jaringan lainnya.

Selain itu Telkomsel juga memiliki harga yang lebih mahal dibanding provider lainnya, namun tentunya hampir sebanding antara harga yang ditawarkan dan layanan kekuatan sinyal yang didapatkan oleh penggunanya. Selain itu Telkomsel dijuga dikenal memiliki sinyal yang baik meskipun kamu berada didaerah pelosok sekalipun.

Seperti yang kita tahu jika sinyal internet buruk atau lambat akan menggangu aktifitas kamu saat menggunakan internet seperti saat menggunakan media sosial, mengakses Youtube, ataupun saat kamu sedang melakukan browsing. Jadi jika sinyal Telkomsel kamu lambat atau buruk kamu bisa mencoba melakukan cara memperkuat sinyal.

Ada beberapa hal yang bisa kamu coba supaya sinyal internet Telkomsel kamu menjadi lebih cepat dan stabil. Jadi jangan hanya menunggu sampai sinyal internet kamu menjadi kuat lagi, kamu bisa mencoba melakukan cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini untuk membuat sinyal kamu menjadi lebih kuat.

Jika kamu pengguna kartu Smartfren, kamu bisa menyimak cara memperkuat sinyal Smartfren yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel
Memperkuat Sinyal Telkomsel

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika pada pembahasan artikel kali ini yaitu cara memperkuat sinyal Telkomsel. Apabila kamu pengguna Telkomsel dan sedang mengalami kendala jaringan lemah, maka kamu bisa mencoba cara-cara yang akan dibahas berikut ini. Cara melakukannya juga mudah dan cepat untuk kamu lakukan sendiri.

Related  4+ Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang Tanpa ke GraPARI

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan sinyal lemah dengan cara memperkuat sinyal :

1. Dengan Memulai Ulang Handphone

Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat mengalami permasalahan sinyal adalah dengan melakukan restart (mulai ulang) handphone kamu. Dengan melakukan restart pada handphone maka akan membantu handphone untuk menghentikan terjadinya eror yang menjadi penyebab sinyal handphone kamu menjadi lemah dan lambat.

2. Dengan Mematikan Layanan Data Seluler Pada Handphone

Cara berikutnya yang bisa kamu coba selain cara diatas adalah dengan cara mematikan layanan data seluler di handphone kamu selama beberapa saat. Jika sudah kamu bisa menghidupkan kembali layanan data seluler tersebut.

Dengan mematikan data seluler ini memiliki tujuan agar handphone kamu bisa menjadi jaringan sinyal yang lebih baik dari jaringan sebelumnya. Selain dengan mematikan layanan data seluler kamu juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat.

3. Dengan Mengunci di Satu Jaringan

Selanjutnya jika kamu melihat sinyal Telkomsel di handphone kamu berpindah-pindah dari 3G ke 4G secara dalam waktu yang tidak lama maka itu berarti sinyal handphone kamu sedang tidak stabil. Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur agar sinyal kamu menjadi stabil adalah dengan melaukan pengaturan kunci di satu jaringan, seperti mengatur sinyal 4G Only.

Ada beberapa handphone yang memberikan pengaturan ini pada paengaturan jaringannya, namun ada pula yang tidak memiliki pengaturan ini sehingga kamu perlu menginstal aplikasi lain. Cara bekerja dari setting ini adalah dengan memaksa handphone hanya menerima jaringan 4G only saja, jadi jaringan internet kamu akan stabil dan tidak akan beralih ke jaringan lain.

Namun cara ini memiliki kelemahan yaitu baterai handphone kamu akan lebih cepat habis dan mungkin akan ada gangguan saat ada telepon masuk.

Related  2 Cara Cek Pulsa di by U Telkomsel yang Paling Baru

4. Dengan Menggunakan Antena Penguat Sinyal

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu coba adalah dengan menggunakan antena penguat sinyal. Pada umumnya antena penguat hanya bisa dipasangkan pada modem, namun kamu juga bisa menemukan antena penguat untuk handphone di toko online. Cara kerja dari antena penguat ini kamu hanya perlu meletakan kabelnya didekat handphone kamu.

Jika cara ini berhasil maka handphone kamu akan mendapatkan jaringan yang lebih kuat lagi, dan sebaiknya kamu mengunakan antena outdoor yang kabelnya bisa mencapai kedalam rumah kamu. Cara ini bisa menjadi alternatif jika tempat tinggal kamu susah mendapatkan sinyal.

5. Dengan Pindah Lokasi

Berikutnya untuk bisa membuat sinyal kamu menjadi kuat kamu bisa berpindah lokasi. Karena lokasi bisa menjadi penyebab sinyal Telkomsel menjadi lemah juga, jadi kamu bisa mencoba untuk pindah lokasi yang lebih terbuka untuk memperkuat sinyal Telkomsel kamu.

6. Dengan Melakukan Upgrade ke Jaringan 4G

Jika ternyata kartu Telkomsel yang kamu gunakan belum ditingkatkan ke jaringan 4G maka kamu bisa menghubungi Customer Service Telkomsel untuk melakukan Upgrade kartu ke 4G. Selain itu kamu juga bisa membeli kartu Telkomsel baru yang menggunakan jaringan 4G di counter terdekat atau kamu juga bisa membelinya melalui e-commerce.

7. Dengan Memeriksa Pengaturan Jaringan Seluler

Kamu juga bisa memeriksa pengaturan jaringan di handphone kamu, dan pastikan kamu sudah mengaktifkan jaringan seluler dan tidak ada permasalahan yang terdapat dalam pengaturan jaringan seluler di handphone kamu.

8. Dengan Memeriksa Ulang Aplikasi atau Situs Web

Cara berikutnya kamu juga bisa memeriksa lagi aplikasi atau situs web yang sedang kamu kunjungi. Bisa jadi penyebab sinyal lemah adalah karena aplikasi atau situs web yang sedang eror sehingga menyebabkan kamu kesulitan mengaksesnya.

Related  Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel yang Mudah (Dengan Gambar)

9. Dengan Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal 

Apabila jaringan internet Telkomsel di handphone kamu sedang bermasalah dan sangat lambat, kamu bisa mencoba menggunakan apliaksi penguat sinyal. Karena faktor yang bisa menyebabkan jaringan internet menjadi buruk adalah karena ganguan operator atau bisa jadi karena faktor lokasi. Oleh karena itu kamu bisa mecoba menggunakan aplikasi untuk menguatkan sinyal jaringan internet kamu.

Ada beragam aplikasi yang bisa kamu coba untuk menguatkan sinyal Telkomsel di handphone kamu seperti aplikasi Jaringan Info Signal, 4G LTE Signal Booster Network, Internet Booster & Optimizer, Signal Guard Pro, dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa kamu pilih supaya jaringan internet kamu menjadi semakin cepat.

10. Dengan Menghubungi Pihak Telkomsel

Jika kamu sudah mencoba semua cara diatas namun sinyal Telkomsel kamu tetap lambat dan buruk maka kamu bisa mencoba menghubungi pihak Telkomsel. Kamu bisa menghubungi Telkomsel melalui Layanan Panggilan atau melalui Customer Service Telkomsel yang bisa kamu hubungi melalui media sosial.

Apabila sinyal Telkomsel kamu tiba-tiba hilang atau jaringan kamu terasa sangat berat saat mengakses internet maka kamu bisa mencoba cara ini. Setelah kamu menghubungi pihak Telkomsel kamu akan dipandu untuk menyampaikan permasalahan yang sedang kamu alami, namun penyelesaian permasalahan yang sudah kamu sampaikan tadi mungkin akan memerlukan waktu untuk diselesaikan oleh pihak Telkomsel.

Demikianlah cara memperkuat sinyal Telkomsel yang bisa kamu coba secara mandiri, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top