Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Bagi yang belum tahu, cara menampilkan notifikasi Whatsapp sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Berkomunikasi menggunakan media sosial merupakan salah satu hal yang sudah menjadi kebiasaan dan bahkan kebutuhan pada masa sekarang ini, salah satu aplikasi media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat sebagai media komunikasi adalah aplikasi WhatsApp.

Selain memiliki beragam fitur aplikasi WhatsApp juga memiliki notifikasi otomatis yang muncul setiap ada pesan, atau panggilan baru yang masuk ke akun WhatsApp kamu. Jika notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul maka kamu perlu mengetahui cara menampilkan notifikasi WhatsApp.

Notifikasi adalah suatu pemberitahuan penting yang ada pada semua handphone tidak hanya untuk aplikasi WhatsApp saja, namun notifikasi akan muncul setiap ada pemberitahuan baru yang masuk ke nomor telepon atau ke smartphone yang kamu gunakan seperti adanya pesan, panggilan telepon, email, dan notifikasi-notifikasi dari aplikasi lainnya di handphone kamu.

Dengan adanya notifikasi WhatsApp maka kamu akan mengetahui pesan baru atau panggilan baru yang masuk ke akun WhatsApp yang kamu gunakan di handphone kamu. Pada bilah notifikasi akan ditampilkan informasi seperti nama atau nomor, dan isi pesan secara singkat jika pemberitahuan yang masuk ada chat WA baru. Serta jika kamu menggunakan smartphone kamu bisa membalas pesan yang muncul dibilah notifikasi tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Oleh sebab itu jika notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul pada bar notifikasi maka kamu tidak akan mengetahui informasi terbaru jika ada pesan ataupun panggilan baru sebelum kamu membuka aplikasi tersebut. Hal tersebut tentu saja akan merepotkan karena jika ada yang mengirim kamu chat atau pesan penting kamu tidak bisa langsung mengetahuinya atau membalasnya secara langsung.

Notifikasi WhatsApp merupakan hal yang bersifat otomatis akan muncul jika ada pemberitahuan baru, jadi jika saat kamu membuka aplikasi WhatsApp dan ternyata ada pesan baru. Namun pesan baru tersebut tidak muncul di bar notifikasi maka ada yang salah dengan pengaturan  notifikasi kamu. Penyebab notifikasi tidak muncul ada beragam dan cara mengatasinya juga ada banyak cara yang bisa kamu lakukan.

Related  Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Maka dari itu jika kamu mengalami permasalahan notifikasi tidak muncul, kamu bisa mengikuti cara menampilkan notifikasi WhatsApp yang akan dibahas pada pembahasan artikel kali ini, simak !.

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp
Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Jika kamu ingin mencari cara menampilkan notifikasi WhatsApp, maka artikel ini cocok untuk kamu karena pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara menampilkan notifikasi WhatsApp. Seperti yang kita tahu bahwa setiap ada notifikasi baru yang masuk ke handphone kamu maka pemberitahuan tersebut akan muncul di layar kunci (Lock Screen) dan di bar notifikasi yang terlebih dibagian paling atas tampilan handphone.

Dan dengan adanya fitur notifikasi inilah yang akan memberi kemudahan untuk pengguna handphone supaya bisa mengetahui pemberitahuan baru. Begitu juga dengan WhatsApp yang telah dilengkapi dengan fitur notifikasi, jadi jika notifikasi dari WhatsApp tidak muncul di layar kunci atau di bar notifikasi muncul karena ada suatu permasalahan pada pengaturan.

Berikut ini beberapa cara menampilkan notifikasi WhatsApp serta penyebab terjadinya notifikasi WhatsApp tidak muncul dan cara mengatasinya. Simak artikel ini dari awal sampai selesai.

Menampilkan Notifikasi WhatsApp Lewat Setting / Pengaturan HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan notifikasi baru dari WhatsApp yaitu melalui menu pengaturan yang ada di handphone kamu. Cara ini merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan jika atau kamu periksa apabila notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka menu Pengaturan (Settings)  di handphone kamu.
  • Berikutnya cari opsi Notifikasi atau Pemberitahuan.
  • Setelah itu pilih opsi Manage Notification.
  • Jika sudah kamu bisa mencari ikon aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya pastikan toogle pada aplikasi WhatsApp dalam kondisi ON yang ditandai dengan berada pada bagian kanan dan berwarna biru.
  • Jika toogle notifikasi WhatsApp dalam keadaan OFF maka akan ditandai dengan warna abu-abu, lalu untuk menaktifkannya kamu bisa geser toogle tersebut sampai muncul warna biru.
  • Selesai.
Related  Cara Membuat Link Grup Whatsapp

Itulah cara pertama yang bisa kamu coba untuk memunculkan notifikasi WhatsApp di handphone kamu, baik pada bagian bar notifikasi maupun pada bagian layar kunci.

Menampilkan Notifikasi WhatsApp Melalui Setelan WhatsApp

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah melalui setelan atau pengaturan aplikasi WhatsApp secara langsung, cara yang kedua ini juga cukup mudah untuk kamu lakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp di handphone kamu.
  • Setelah itu tekan ikon  titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih opsi Setelan.
  • Jika sudah pilih menu Notification (Notifikasi).
  • Kamu harus memastikan bahwa pada bagian Nada percakapan dalam keadaan aktif.
  • Lalu apabila pada pilihannya adalah None maka ubah notifikasi untuk pesan, grup, maupun panggilan dan pilih nada dering. Kamu juga bisa mengatur nada panggilan, nada dering notifikasi, dan getaran saat ada notifikasi dari WhatsApp yang masuk ke handphone kamu.
  • Selesai.

Itu dia cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan notifikasi WhatsApp di handphone kamu.

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Jika kamu sudah melakukan kedua cara diatas namun ternyata notifikasi WhatsApp kamu masih tidak muncul di layar kunci atau di bar notifikasi maka kamu bisa mencoba cara ketiga ini. Ada beberapa penyebab notifikasi WhatsApp kau tidak muncl, dan pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak tampil berdasarkan penyebabnya.

Penyebab umum yang bisa membuat notifikasi WhatsApp tidak tampil di layar adalah seperti jaringan internet terlau lemah, tidak terhubung ke jaringan internet karena kuota habis, atau bahkan pengaturan handphone kamu sendiri. Berikut ini penyebab notifikasi WhatsApp tidak  muncul dan cara mengatasinya :

  • Matikan Mode Pesawat
Related  Cara Membuat Emoji di WA yang Benar

Salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul di layar kunci atau bilah notifikasi adalah karena Mode Pesawat handphone kamu dalam keadaan aktifk. Karena itu kamu harus mematikan Mode Pesawat supaya handphone kamu bisa terhubung kembali dengan jaringan internet dan kamu akan mendapatkan notifikasi WhatsApp apabila ada pemberitahuan baru.

  • Periksa Pengaturan WhatsApp

Berikutnya salah satu penyebab notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul bisa jadi karena pengaturan WhatsApp kamu dalam keadaan off. Oleh karena itu kamu harus memastikan pengeturan notifikasi WhatsApp pada handphone kamu dalam keadaan aktif.

  • Pastikan Jaringan Internet Stabil

Seperti yang sudah dibahas diatas permasalahan utama yang bisa membuat notifikasi WhatsApp kamu tidak muncul adalah karena jaringan internet yang tidak stabil. Karena apabila jaringan internet dalam keadaan tidak stabil maka notifikasi WhatsApp akan terlambat muncul atau bahkan tidak muncul sama sekali di bilah notifikasi.

  • Perbarui Aplikasi WhatsApp

Salah satu penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah karena sistem operasi dari aplikasi belum diperbarui. Oleh sebab itu lakukan pembaruan aplikasi WhatsApp untuk mengatasinya.

Demikianlah cara menampilkan notifikasi WhatsApp, sudah dibahas mengenai cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul juga jadi selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top