Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Menggunakan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, kerabat atau rekan kerja sudah menjadi hal yang biasa bagi pengguna handphone pada masa sekarang ini, WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu fitur dari WhatsApp yang cukup bermanfaat bagi penggunanya adalah fitur tarik pesan atau hapus pesan, jadi kamu perlu mengetahui cara menarik pesan di WhatsApp jika kamu ingin menarik pesan yang sudah terlanjur kamu kirim.

Kejadian salah ketik atau salah kirim merupakan hal biasa saat mengirimkan pesan menggunakan aplikasi WhatsApp, jika dulu saat kamu mengalami kejadian salah ketik atau salah kirim tidak akan bisa kamu tarik kembali atau hapus pesan tersebut karena memang belum terdapat fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim.

WhatsApp banyak digunakan oleh pengguna handphone karena memiliki banyak fitur perpesanan yang memberikan kemudahan dan bisa memenuhi kebutuhan untuk berkomunikasi dengan kontak yang kamu miliki. Kontak di telepon kamu akan secara otomatis tersinkronisasi dengan kontak WhatsApp sehingga jika kamu ingin mengirimkan pesan ke kontak kamu, kamu tinggal membuka aplikasi WhatsApp untuk melakukannya.

Fitur-fitur dari WhatsApp yang sering digunakan adalah untuk mengirim pesan, melakukan panggilan, membuat status, dan ada juga fitur stiker. Pada fitur stiker kamu juga bisa membuat stiker sendiri sesuai dengan gambar yang kamu inginkan.

Seperti halnya aplikasi-aplikasi lainnya yang terus melakukan pembaruan dan pengembangan aplikasi, WhatsApp juga terus melakukan pembaruan aplikasi dan menambah fitur-fitur yang lebih menarik lagi. Salah satu fitur WhatsApp tersebut adalah menarik pesan atau membatalkan pesan WhatsApp yang sudah terlanjur dikirim.

Dulu satu-satunya fitur yang dimiliki oleh WhatsApp untuk menghapus pesan adalah Hapus untuk Saya selama 7 menit setelah pesan tersebut terkirim, namun hal ini sudah tidak berlaku lagi.

Related  Cara Kirim Aplikasi Lewat WA

Dan sekarang muncul opsi Hapus untuk Semua Orang yang bisa kamu lakukan pada pesan yang sudah terkirim dalam waktu 1 jam, jika terlewat waktu tersebut maka opsi Hapus untyuk Semua Orang akan hilang jadi lebih dari 1 jam kamu tidak akan bisa menarik pesan tersebut.

Jika kamu masih menggunakan WhatsApp versi lama di handphone kamu sebaiknya kamu segera melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, untuk mecegah aplikasi WhatsApp kadaluarsa yang bisa menyebabkan kamu tidak bisa mengakses aplikasi WhatsApp. Selain itu dengan melakukan pembaruan aplikasi kamu juga bisa mendapatkan perbaikan bug dan fitur-fitur terbaru dari WhatsApp.

Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Cara Menarik Pesan di WhatsApp
Menarik Pesan di WhatsApp

Cara menarik pesan di WhatsApp adalah satu hal yang banyak dicari oleh pengguna aplikasi perpesanan instan ini. Karena kejadian salah ketik atau salah kirim pesan bisa saja terjadi saat kamu hendak mengirimkan pesan.

Salah mengirim pesan kepada orang lain tidak akan menjadi masalah jika pesan yang kamu kirim tidak bersifat private, namun jika pesan yang kamu kirim bersifat private dan tertanya terkirim ke kontak yang bukan kamu tuju tentu bisa saja menjadi masalah.

Jadi fitur menarik pesan di WhatsApp adalah salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna WhatsApp. Umumnya fitur Hapus Pesan untuk Semua Orang bisa kamu gunakan saat 7 menit setelah pesan terkirim, namun apabila pesan yang kamu kirim sudah lama atau sudah dari 7 menit dan kamu ingin menariknya kembali masih ada cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini akan dibahas mengenai cara menarik pesan WhatsApp, simak penjelasannya dari awal hingga selesai.

Related  Cara Kirim Aplikasi Lewat Whatsapp

1. Cara Menarik Pesan di WhatsApp Dalam Kurun Waktu 7 Menit

Cara pertama ini bisa kamu lakukan untuk pesan yang ingin kamu hapus, yang sudah terkirim dalam kurung waktu 7 menit. Saat kamu sedang mengirim pesan ternyata salah ketik dan kamu ingin mengulangi pesan tersebut atau kamu ingin mengirim pesan ternyata salah kontak saat kamu sudah mengirimnya, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk menarik kembali pesan yang sudah kamu kirim supaya tidak dilihat atau dibaca.

Jika kamu sudah mengetahui pesan yang kamu kirim salah, kamu bisa buru-buru menarik pesan tersebut supaya tidak sempat terbaca oleh orang yang kamu kirimi pesan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghapus pesan di WhatsApp :

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp di handphone kamu.
  • Setelah itu buka pesan yang ingin kamu tarik baik itu pesan pribadi atau pesan di grup yang salah kirim atau salah ketik.
  • Berikutnya pilih pesan chat tersebut dan tekan tahan beberapa detik sampai muncul Hapus dengan ikon tempat sampah.
  • Jika pesan yang kamu kirim kurang dari 7 menit maka akan ada dua pilihan yaitu Hapus untuk Saya dan Hapus untuk Semua Orang.
  • Kamu bisa opsi memilih Hapus untuk Semua Orang.
  • Maka ada ada keterangan Anda mengapus pesan ini. Pesan yang terkirim akan terhapus baik sudah dibaca atau belum oleh penerima pesan.
  • Kamu sudah berhasil menarik pesan yang sudah terlanjur kamu kirim.

Itulah cara pertama yang bisa kamu lakukan saat kamu salah mengirim pesan dan ingin menarik kembali pesan yang telah kamu kirim. Namun yang perlu kamu ingin jika melakukan cara pertama ini kamu harus melakukannya dalam kurun waktu 7 menit karena jika lebih dari 7 menit opsi Hapus untuk Semua Orang akan secara otomatis hilang. Dan hanya aka tersedia opsi Hapus untuk Saya.

Related  Cara Download Whatsapp di Laptop

Namun jika kamu ingin menghapus pesan yang sudah lama kamu kirim, kamu bisa mencoba cara kedua yang akan dibahas di artikel ini.

2. Cara Menarik Pesan di WhatsApp yang Sudah Lama

Berikutnya jika ternyata pesan yang ingin kamu tarik sudah melebihi batas waktu 7 menit. Atau bahkan sudah beberapa hari sejak pesan tersebut terkirim, maka kamu masih bisa menarik pesan itu dengan mencoba cara kedua ini. Caranya cukup mudah untuk kamu ikuti.

Dengan mengikuti cara kedua ini kamu bisa menghapus pesan yang sudah lama terkirim tanpa khawatir opsi Hapus Pesan untuk Semua Orang sudah menghilang. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama matikan sambungan internet di handphone kamu baik itu data seluler ataupun WiFi.
  • Setelah itu tutup aplikasi WhatsApp dengan cara menutup jendela aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah buka menu Pengaturan (Setting) pada handphone kamu, lalu buka opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian pilih Tanggal dan Waktu. Sekarang ubah tanggal menjadi hari sebelum hari pengiriman pesan yang ingin kamu tarik. (Contoh ubah tanggal menjadi tanggal kemarin).
  • Berikutnya buka aplikasi WhatsApp dan buka pesan yang ingin kamu tarik.
  • Lalu lakukan seperti cara pertama yaitu tekan selama beberapa detik pada pesan yang ingin kamu hapus. Lalu pilih ikon tempat sampah dan akan muncul kembali opsi Hapus untuk Semua Orang.
  • Jika sudah selesai menghapus kamu bisa mengembalikan pengaturan Tanggal dan Waktu di handphone kamu.
  • Lalu nyalakan kembali sambungan internet.
  • Kamu sudah berhasil menarik pesan WhatsApp yang sudah lama terkirim.

Jika kamu menggunakan cara kedua ini untuk menarik pesan yang sudah lama terkirim maka pesan tersebut akan tetap terhapus meskipun kamu sudah mengembalikan setting tanggal di handphone kamu.

Demikianlah cara menarik pesan WhatsApp yang bisa kamu coba dan praktekan pada pesan WhatsApp di handphone kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top