Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Cara mendaftarkan alamat di Google Maps cukup mudah, dan bisa dilakukan oleh setiap pengguna layanan internet. Untuk mendaftarkan alamat di Google Maps kamu bisa menggunakan handphone maupun laptop dan tentu saja yang dilengkapi atau terhubung dengan jaringan internet.

Sebelum teknologi informasi berkembang dengan pesat, saat orang ingin mencari lokasi atau alamat mereka harus mencari secara manual seperti bertanya pada orang orang atau mungkin dengan menggunakan peta secara manual. Namun saat menggunakan peta manual orang harus memiliki kemampuan untuk membaca arah supaya bisa menentukan arah lokasi yang benar.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang munculkan layanan Google Maps yang memberi kemudahaan untuk pengguna smartphone saat mencari lokasi atau rute alamat yang akan dituju.

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang penting ada di setiap smartphone, Google Maps memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kamu. Jika kamu ingin mencari tempat yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi sebelumnya kamu bisa mencari rutenya di Google Maps kemudian kamu akan dipandu untuk bisa mencapai tempat tersebut.

Selain itu Google Maps juga menyediakan informasi seperti keterangan jam buka tempat yang kamu tuju, website, nomor telepon, dan masih banyak lagi. Google Maps juga memiliki fitur tanpilan panorama 360 derajat yang membuat kamu bisa melihat lokasi secara jelas seperti kondisi lokasi dan kondisi jalan menuju alamat etrsebut.

Mendaftarkan alamat baru di Google Maps juga bisa kamu lakukan khususnya untuk kamu yang memiliki bisnis, dengan mencaftarkan alamat baru konsumen yang akan menuju lokasi bisnis kamu menjadi lebih mudah.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps
Mendaftarkan Alamat di Google Maps

Pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mendaftarkan alamat di Google Maps. Jika kamu ingin mendaftarkan alamat baru yang sebelumnya belum pernah ada di aplikasi Google Maps kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas berikut ini. Kamu dapat menggunakan smartphone ataupun laptop untuk melakukannya. Berikut ini adalah cara-cara mendaftarkan alamat di Google Maps, simak !.

Related  Cara Membuat Lokasi di Google Maps

1. Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps Menggunakan Smartphone

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mendaftarkan alamat baru di Google Maps untuk suatu tempat yang belum ada di Google Maps yaitu dengan menggunakan smartphone. Apabila kamu menggunakan smartphone untuk membuat alamat baru di Google Maps maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya :

  • Pertama buka aplikasi Google Maps yang ada di handphone  yang kamu gunakan (ikon lokasi).
  • Berikutnya jika kamu belum log in kamu bisa melakukan log in terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan menu Kontribusi dengan ikon (+).
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Tambahkan Tempat.
  • Lalu pada kolom Nama Tempat, kamu bisa ketik nama tempat yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah itu tekan Kategori, disitu akan ditampilkan beberapa kategori seperti Makanan & Minuman, Belanja, Layanan, dan masih banyak lagi kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan lokasi yang kamu tambahkan.
  • Selanjutna pada bagian kolom Alamat, ketikan alamat lengkap lokasi yang kamu tambahkan seperti nama kota, procinsi, kode pos dan lain-lain. Semakin lengkap informasi yang kamu sertakan maka semakin cepat juga Google akan memverifikasi alamat yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah itu masukan juga informasi tambahan seperti Jam Buka, informasi Kontak, Situs Website, dan tentunya Foto.
  • Apabila semua data sudah lengkap dan kamu sudah yakin tekan Kirim.
  • Dan Google akan melakukan verifikasi alamat yang kamu tambahkan, kamu akan menerima email terkait permohonan penambahan tempat terkait penerimaan atau penolakan dalam waktu dua minggu.
  • Selesai.

Itulah cara pertama untuk membuat alamat baru di Google Maps melalui smartphone, hal ini bisa kamu lakukan apabila alamat yang ingin kamu cantumkan belum terdaftar di Google Maps.

Related  Cara Ganti Username Gmail

3. Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps Dengan Situs Website Resmi Google Maps di Laptop

Cara yang kedua yang bisa kamu coba adalah dengan membuat alamat baru di Google Maps melalui situs website resmi Google Maps di laptop/PC. Dengan menggunakan cara ini kamu tidak memerlukan aplikasi Google Maps. Jika kamu ingin mencantumkan tempat baru di Google Maps kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama buka browser pada laptop/PC kamu dan kunjungi situs web https://www.google.com/maps.
  • Apabila sudah masuk ke situs web tersebut kamu bisa melakukan log in menggunakan akun Google milikmu terlebih dahulu apabila kamu belum masuk ke akun Google.
  • Selanjutnya tekan tombol garis tiga yang berada pada pojok kiri atas tampilan Google Maps.
  • Berikutnya kamu bisa tekan opsi Add a Missing Place.
  • Kemudian pada kolom Nama Tempat, kamu bisa ketik nama tempat yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah itu tekan Kategori, disitu akan ditampilkan beberapa kategori seperti Makanan & Minuman, Belanja, Layanan, dan masih banyak lagi kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan lokasi yang kamu tambahkan.
  • Lalu pada kolom Alamat, ketikan alamat lengkap lokasi yang kamu tambahkan seperti nama kota, procinsi, kode pos dan lain-lain. Semakin lengkap informasi yang kamu sertakan maka semakin cepat juga Google akan memverifikasi alamat yang ingin kamu tambahkan.
  • Jika sudah masukan juga informasi tambahan seperti Jam Buka, informasi Kontak, Situs Website, dan tentunya Foto.
  • Apabila sudah lengkap semua dan kamu sudah yakin tekan Kirim.
  • Selesai.

Itulah cara mendaftarkan alamat di Google Maps jika kamu menggunakan laptop/PC, kamu bisa langsung membuat tempat baru melalui situs website resmi Google Maps.

Related  Cara Menambah Alamat di Google Maps

3. Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps Dengan Bisnisku

Selain mencoba menggunakan dua cara diatas kamu juga bisa menggunakan layanan Google Bisnisku, mungkin sebagian orang yang belum pernah menggunakan layanan Google Bisnisku ini. Kamu bisa mencoba salah satu layanan Google yaitu Google Bisnisku ini apabila kamu baru merintis bisnis atau usaha online karena aplikasi ini akan sangat membantu  dan bermanfaat bagi kamu serta untuk mendukung kemajuan bisnis.

Seperti halnya layanan Google lainnya kamu bisa mengakses Google Maps di web maupun melalui aplikasi dan melakukan log in menggunakan akun Google, berikut ini langkah-langkah untuk membuat lokasi menggunakan layanan Google Bisnisku :

  • Pertama buka aplikasi Google Bisnisku atau website Google Bisnisku dan log in menggunakan akun Google.
  • Setelah itu pilih menu utama Manage Locations.
  • Jika sudah pilih opsi Add Location, lalu Add Single Location yang terletak disebelah kanan.
  • Lalu kamu bisa mengisi nama bisnis untuk memastikan ada atau belum lokasi bisnis kamu di data base. Jika suah ada maka kamu bisa mengklaim dan melengkapi data-datanya.
  • Jika belum ada kamu bisa memilih opsi Create a Business with This Name. Lalu masukan data-data seperti kategori, alamat, dan lain-lain seperti cara menambahkan lokasi melalui aplikasi Google Maps.
  • Pada saat penetapan lokasi kamu harus memastikan titiknya sesuai dengan lokasi kamu.
  • Berikutnya lanjutkan metode verifikasi.
  • Selesai.

Demikianlah beberapa cara mendaftarkan alamat di Google Maps yang bisa coba kamu praktekan sendiri. Dengan menambah alamat baru di layanan Google Maps maka kamu turut berkontribusi untuk memudahkan pengguna Google Maps lain saat akan menuju lokasi atau alamat yang kamu tambahakan tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

 

 

error:
Scroll to Top