Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Posted on 110 views

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube ? untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan hanya dengan menguploud video, maka artikel ini cocok untuk kamu. Sudah ada banyak sekali Youtuber yang sukes mendapatkan penghasilan dari Youtube seperti artis Rafi Ahmad dan masih banyak lagi.

Youtube sendiri merupakan platform yang memberikan layanan berupa video, dimana penggunanya bisa menonton, mendownload, maupun menguploud video mereka secara gratis. Selain memiliki layanan gratis Youtube juga menyediakan layanan berbayar yaitu youtube premium.

Dengan adanya Youtube kamu bisa mendapatkan informasi terkini diberbagai belahan dunia dengan lebih mudah dengan media video. Selain itu kamu juga bisa menonton video-video hiburan lainnya seperti tutorial, daily vlog. dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat untuk menonton video kamu juga bisa menjadikan Youtube sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Cara menghasilkan uang menggunakan Youtube adalah dengan cara membuat konten di Youtube lalu kamu akan mendapatkan pengasilan dari iklan yang ada di Youtube.

Namun ada beberapa persyaratan supaya kamu bisa mendapatkan yang dari konten Youtube yang kamu unggah di channel Youtube kamu, jadi tidak semua video yang diunggah oleh pengguna Youtube akan dapat mengasilkan uang. Salah satu persyaratannya adalah jumlah subscribe chanel Youtube kamu harus memiliki minimal subscribe dan juga dari jumlah penonton video yang kamu uploud di chanel Youtube kamu.

Jika kamu ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari Youtube ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa menghasilkan uang dari chanel Yuotube kamu, ikuti artikel ini dari awal hingga selesai.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube 

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube
Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Pada pembahasan artikel ini akan membahas mengenai cara mendapatkan uang dari Youtube, ada banyak orang ingin menghasilkan uang dari Youtube namun belum mengetahui caranya. Untuk itu kamu bisa mencoba cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini supaya kamu bisa memanfaatkan layanan Youtube dengan lebih maksimal lagi, tidak hanya untuk menonton video-video dari Youtuber lain namun kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Related  Cara Mendownload Video dari Youtube

Sebelum kamu bisa memperoleh uang dari Youtube tentu saja kamu perlu membuat akun Youtube terlebih dahulu, setelah itu baru kamu bisa mencoba cara mendapatkan uang dari Youtube. Berikut cara-cara yang bisa kamu coba untuk memperoleh uang dari Youtube, simak penjelasannya.

1. Dengan Melakukan Riset Keyword

Langkah pertama supaya kamu bisa menghasilkan uang dari Youtube adalah kamu harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Karena dengan melakukan riset keyword kamu akan tahu konten-konten apa yang biasanya dicari oleh pengguna Youtube dan akhirnya kamu bisa membuat konten tentang hal itu.

Jika konten kamu termasuk konten yang paling dicari oleh banyak orang tentu saja akan menonton video di channel kamu. Untuk melakukan riset keyword kamu bisa memanfaatkan Google Trends. Cara melakukannya hampir sama dengan kamu melakukan roset keyword untuk blog atau website jika kamu memilikinya. Kamu hanya perlu menulis Youtube Search pada bagian kategori pencarian.

Selain menggunakan Google Trends, kamu juga bisa langsung melakukan riset keyword di aplikasi Youtube, caranya adalah dengan menulis keyword di kolom pencarian Youtube dan Youtube akan memberikan banyak prediksi kata kunci.

2. Dengan Membuat High Retention Video

Selanjutnya selain kamu perlu melakukan riset keyword sebelum membuat konten video di Youtube kamu juga perlu memperhatikan high retentionn video. Jika kamu belum tahu apa itu high retention video, istilah ini berarti rata-rata persentasi vieo yang ditonton. Contohnya apabila kamu menguploud video yang memiliki durasi 10 menit dan retensi video kamu adalah 50%. Maka artinya orang-orang hanya menonton 5 menit pertama dari video kamu.

Semakin lama penonton kamu menonton video yang kamu uploud maka semakin tinggi rata-rata retensi video kamu. Dan tentunya Youtube sendiri lebih mengutamakan video yang memiliki retensi tinggi untuk muncul di hasil pencarian teratas Youtube.

Cara membuat high retention video adalah dengan mengunggah video yang menarik, berkualitas, dan sesuai dengan apa yang diinginkan penonton. Oleh karena itu mulailah memperhatikan video yang akan kamu uploud di chanel Youtube kamu.

Related  Cara Membuat Akun Youtube yang Benar

3. Dengan Melakukan Optimasi Judul dan Deskripsi Video

Langkah selanjutkan kamu juga perlu melakukan optimasi judul dan deskripsi dari video yang kamu uploud. Judul merupakan kesan pertama yang akan dilihat oleh calon penonton video kamu oleh karena itu kamu perlu lebih memperhatikannya.

Dengan judul yang singkat, jelas, dan padat dan mengandung fokus keyword dari konten kamu. Kamu harus bisa merangkam secara keseluruhan isi konten kamu dari judul tersebut. Jika judul video kamu menarik tentu saja penonton akan lebih tertarik dan penasaran untuk mengetahui isi dari video kamu.

Selain memperhatikan judul hal yang perlu kamu perhatikan adalah deskripsi. Karena deskripsi dari video bisa membantu Youtube dan Google untuk memahami video kamu masuk ke konteks apa. Cara mengoptimasi deskripsi video adalah dengan membuat deskripsi minimal 250 kata dan memasukan fokus keyword kedalam deskripsi tersebut. Ulangi fokus keyword sebanyak tiga atau empat kali pada bagian deskripsi.

3. Dengan Memanfaatkan Tag

Berikutnya sama halnya dengan kamu memanfaatkan tag untuk mengunggah konten-konten di media sosial maupun di blog atau website, kamu juga bisa menambahkan tag pada bagian deskripsi video yang kamu unggah di Youtube.

Dengan adanya tag video maka Youtube dan Google akan lebih memahami konteks video yang kamu unggah. Caranya adalah dengan menambahkan kata kunci yang berkaitan dengan konten kamu pada bagian tag ini.

Langkah-langkahnya adalah pertama buat tag untuk fokus keyword kamu, setelah itu tambahkan variasi dari kata kunci, dan terakhir tambahkan keyword lainnya yang berkaitan dengan fokus keyword video kamu.

4. Melakukan Promosi Video Youtube di Akun Media Sosial

Kamu juga bisa melakukan promosi video Youtube kamu di akun media sosial supaya banyak orang lebih mengetahui Youtube kamu dan akhirnya akan ada yang menontoh bahkan memberikan like, maupun subcribe chanel Youtube milik kamu.

Dengan melakukan share video di media sosial merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap rangking video kamu di pencarian Youtube. Oleh karena itu mulailah membagikan link video kamu di akun media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Related  Cara Membuat Channel Youtube di Android yang Benar

5. Dengan Bekerja Sama dengan Brand

Cara selanjutnya adalah dengan cara bekerja sama dengan brand sebuah perusahaan, hal ini sering disebut dengan istilah endorsment. Brand tersebut akan memberikan kamu sebuah produk untuk kamu lakukan review di chanel Youtube kamu, Dengan adanya endorsement ini kamu bisa memperoleh produk gratis dan perusahaan akan memperoleh konsumen baru.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan bekerja sama dengan sebuah brand cukup beragam seperti sample produk, kupon diskon, sampai uang tunai. Hal tersebut tergantu kontrak yang kamu tanda tangani dengan perusahaan, biasanya semakin  banyak subcriber di chanel Youtube kamu biasanya akan semakin tinggi biaya dari endorsment yang akan ditawarkan oleh perusahaan.

Pertama kamu harus membangun personal branding terlebih dahulu supaya banyak perusahana yang mau bekerja sama dengan kamu, untuk membangun personal branding tidak hanya harus mengumpulkan banyak subacriber namun juvga harus memiliki portofolio online yang bisa diakses oleh perusahaan. Selain menggu perusahaan menghubungi kamu tamu juga bisa menghubungi perusahaan untuk menawarkan kerja sama.

6. Melakukan Monetasi Channel Youtube

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan monetasi channel Youtube, dan penonton video kamu akan melihat iklan di video kamu. Dengan iklan inilah kamu bisa mendapatkan uang dari Youtube. Sebelum melakukan monetesi kamu harus memenuhi syarat seperti memiliki lebih dari 1000 subsriber, memiliki lebih dari 400 jam waktu penonton, memiliki akun AdSense yang ditautkan. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan monetisasi dan Youtube akan melakukan peninjauan.

Demikianlah cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa kamu ikuti, lakukan cara-cara diatas supaya kamu berhasil memperoleh uang dari Youtube. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.