Cara Cek Samsung

Bagaimana cara cek samsung yang asli atau palsu? Apakah ada ciri-ciri yang bisa kita lihat secara kasat mata? Berbicara tentang gawai samsung, mungkin sebagian dari kita sudah mengenal produk asal korea yang satu ini.

Samsung sendiri memiliki beragam produk yang sebenarnya ada di sekitar kita. Namun, masyarakat lebih mengenal samsung dari produk ponsel pintar atau smartphone yang kian tahun selalu mengeluarkan produk terbarunya.

Read More

Itulah mengapa saat ini pasar ponsel pintar mulai banyak menjual produk ponsel samsung, karena alasan harganya yang terjangkau, namun memiliki fitur yang lengkap dan juga sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sayangnya, ada saja oknum-oknum yang melakukan tindak kecurangan ketika menjual produk smartphone samsung. Mulai dari mengganti sparepart atau komponen dari ponsel samsung dengan yang palsu, dan juga menjual produk ‘kw’ atau imitasi yang sekiranya serupa dengan produk samsung yang asli.

Tentunya, tindakan seperti ini bisa merugikan pembeli akibat ulah nakal oknum tersebut. Mulai dari tidak berfungsinya fitur yang ada pada ponsel, sampai usia ponsel yang tidak tahan lama akibat menggunakan komponen palsu yang tidak sesuai dengan sertifikasi atau standar pabrik dari samsung  sendiri.

Cara Cek Samsung

Cara Cek Samsung
Cara Cek Samsung

Maka dari itulah, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek samsung yang asli ataupun imitasi, agar tidak mendapati kualitas produk samsung yang palsu. Nah, untuk memeriksa keaslian handphone samsung sendiri, teman-teman bisa mengikuti beberapa cara mudah yang sebenarnya bisa dipahami dengan mudah. Yaitu.

Cara Cek Samsung dari Fisik

Cara pertama yang paling mudah, adalah dengan melakukan cek fisik pada ponsel samsung yang kalian miliki. Biasanya, untuk cek fisik sendiri bisa menjadi cara kasat mata untuk melihat kualitas ponsel samsung yang dibeli asli atau tidak. Ada beberapa jenis cek fisik yang bisa kamu lakukan. Seperti

  • Kondisi Kamera – Kamera samsung sendiri dikenal sudah semakin canggih dan semakin modern. Bahkan untuk urusan megapixel dari kamera samsung, sudah tidak diragukan lagi. Nah, jika kamu ingin melakukan cek fisik pada kamera samsung, kamu bisa membuka aplikasi kamera dan kemudian cobalah untuk melakukan pengecekan dengan mengambil gambar / video.
  • Kondisi Socket Charger – Kemudian yang kedua, untuk part fisik yang tak kalah penting adalah socket charger pada smartphone Samsung. Biasanya, socket charger original akan meng-klik ketika kabel charger terhubung ke socket charger. Jika socket terasa longgar dan prosess pengecasan terputus setelah berganti ganti kabel, bisa jadi socket charger nya sudah di ganti atau dipalsukan oleh penjual.
  • Tombol Home – Pada beberapa jenis handphone samsung, kita pasti pernah menemukan seri atau tipe samsung yang masih menggunakan tombol home yang bisa ditekan. Nah, jika mungkin kamu masih memiliki ponsel samsung jenis ini, kamu bisa mengecek kondisi tombol home tersebut. Jika ketika ditekan sudah tidak responsif atau terasa keras, bisa jadi itu adalah ponsel samsung yang tidak asli.
Related  Cara Cek NIK KTP

Sebenarnya ada banyak lagi pengecekan fisik yang bisa kamu lakukan pada hp samsung, namun menurut mimin, yang paling penting dalam pengecekan fisik ponsel samsung ada di 3 poin tersebut.

Cara Cek Samsung lewat IMEI

Kemudian untuk cara yang kedua, tentu kita sudah tak lagi asing mendengar kata IMEI. Yaps, pengecekan IMEI sendiri memang menjadi salah satu hal penting untuk mengetahui apakah hp samsung yang kita guanakan Asli atau tidak. Nah, disini setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu terapkan.

Cek IMEI lewat Telpon

Pertama yang paling mudah, kita akan menggunakan panggilan telpon atau USSD Code yang sudah banyak diketahui. Caranya

  1. Buka Aplikasi Telpon di smartphone samsung kalian
  2. Setelah itu, ketikkan kode *#06#
  3. Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan melihat IMEI yang tertera di Smartphone kalian
Cek IMEI lewat Aplikasi

Kemudian untuk yang kedua, teman-teman juga bisa kok menggunakan Aplikasi IMEI Checker yang bisa kamu download di Play Store secara gratis. Penggunaannya juga mudah. Cukup Download Aplikasi IMEI Checker, dan kamu bisa melihat IMEI yang tertera di Smartphone kalian.

Setelah melihat IMEI yang tertera dengan salah satu cara diatas, kamu bisa kok mencocokkan dengan IMEI yang tertera pada dus atau box dari ponsel samsung yang kalian beli. Jika sesuai, maka bisa dipastikan ponsel samsung kalian original, namun jika berbeda, bisa dipastikan besar kemungkinan ponsel samsung yang kalian beli adalah palsu dan tidak terdaftar sesuai aturan yang ada.

Cara Cek Samsung lewat USSD Code

Untuk cara yang ketiga, masih sama dengan cara cek IMEI sebelumnya, yakni dengan menggunakan USSD Code atau kode rahasia pada Samsung. Hanya saja, disini kita akan menggunakan ragam kode yang memiliki fungsi masing-masing, untuk mengecek keaslian hp samsung yang kalian miliki. Diantaranya

  • *#1234# atau *#9999#
    Kode ini digunakan untuk mengetahui veri SW, PDA, CSC, dan juga Mode pada Smartphone Samsung
  • #12580*369#
    Kode ini digunakan untuk mengetahui informasi seputar HW / Hardware dan juga versi SW / Software pada Smartphone Samsung
  • *#0*#
    Kode ini digunakan untuk masuk kedalam mode test Samsung
  • *#197328640#
    Kode ini digunakan untuk masuk ke Mode Samsung Service Mode
  • *#0228#
    Kode ini digunakan untuk masuk ke Samsung ADC Reading
    *#232331# atau #7828#
    Kode ini digunakan untuk melakukan pengujian Bluetooth atau Test Bluetooth
  • *#232337#
    Kode ini digunakan untuk mengetahui alamat atau IP Bluetooth
  • *#32489#
    Kode ini digunakan untuk mengetahui informasi Chipering Samsung
  • *#9998*246#
    Kode ini digunakan untuk mengetahui kondisi / informasi baterai dan memori
Related  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP

Nah, kamu bisa menggunakan salah satu kode diatas untuk melakukan pengetesan pada ponsel Samsung kalian. Apabila terjadi error atau tidak munculnya menu dari kode yang digunakan, bisa jadi ada masalah pada software atau kemungkinan ponsel kalian tidak asli.

Namun, sebelum mendiagnosanya, usahakan kamu mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada pihak service center Samsung terdekat ya.

Cara Cek Samsung lewat Komponen

Dan yang terakhir, cara ini sebenarnya tidak diharuskan banget sih untuk kamu, terlebih kalau kamu masih awam. Tapi, cara ini juga penting banget terlebih jika kamu mengalami kendala seperti misalnya baterai cepat habis, sinyal yang tidak stabil atau tidak terbaca, ataupun sim card yang mendadak tidak bisa digunakan.

Nah, disini biasanya kita bisa melakukan pengecekan komponen, apabila beberapa hal diatas terjadi. Kamu bisa mengunjungi tempat services ponsel, ataupun ke customer services Samsung untuk melakukan pengecekan komponen. Semisal

  • Mengecek kondisi baterai atau tipe baterai, apakah sesuai dan original dari Samsung
  • Mengecek kondisi Singnal line / kabel sinyal yang biasanya mempengaruhi jaringan internet dan telpon
  • Mengecek kondisi LCD apabila dirasa LCD terlalu redup atau warna yang dikeluarkan tidak sesuai dengan tipenya (AMOLED / OLED)

Dengan melakukan pengecekan seperti ini, maka kamu bisa mengetahui apakah bagian dalam dari komponen ponsel samsung kalian asli atau tidak. Tapi sekali lagi kami ingatkan, cara ini harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman ya.

Dan itulah tadi beberapa cara cek samsung yang bisa kamu coba. Semoga bisa menjadi referensi yang baik, dan semoga bermanfaat.

Related posts