Cara Mengaktifkan Google Asisten

Posted on 301 views

Google memiliki beragam layanan yang terntunya sangat bermanfaat dan memberi kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, layanan banyak dipakai oleh pengguna smartphone dari Google seperti Google Drive, Google Search, Google Maps dan masih banyak lagi. Salah satu layanan Google yang cukup banyak digunakan adalah Google Asisten. Cara mengaktifkan Google Asisten juga cukup mudah.

Untuk kamu pengguna smartphone Android pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan Google Asisten, akrena Google Asisten adalah layanan bawaan dari semua jenis smartphone Android yang bsia kamu akses menggunakan jaringan internet.

Jika kamu belum mengenal Asisten Google, Google Asisten adalah asisten virtual yang dioperasikan menggunakan perintah suara dan sudah didukung oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

Untuk menggunakan layanan ini smartphone yang kamu gunakan harus memenuhi syarat seperti sudah menggunakan sistem operasi Android verisi 5.0 dan menggunakan RAM 1 GB keatas. Namun layanan ini tidak semua pengguna Android merasa membutuhkannya, dan memilih untuk mematikan layanan Google Asisten.

Banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dari layanan Google yang satu ini, kamu bisa menyakan informasi tanpa harus mengetik di Google Search. Atau kamu juga bisa menghidupkan  TV ata AC menggunakan fitur Google Asisten ini.

Selain itu kamu bisa memberi perintah untuk melakukan berbagai hal dengan atau membuka apliaksi yang ada di smartphone kamu. Untuk mengaktifkan layanan Google Asisten juga cukup mudah untuk kamu coba sendiri pada smartphone kamu.

Tidak seperti Google Now, fitur Google Asisten ini memungkinkan kamu terlibat percakapan dua arah. Dan dengan menggunakan layanan ini kamu bisa melakukan pekerjaan di smartphone dengan lebih mudah dan efisien.

Google Asisten tidak hanya bisa kamu akses menggunakan smartphone namun juga bisa kamu akses menggunakan perangkat lain seperti speaker. Dan layanan ini bisa kamu hidupkan atau kamu matikan seperti kemauanmu.

Jika kamu sedang mencari cara untuk mengaktifkan layanan Google Asisten, simak penjelasan artikel ini dari awal hingga selesai. Dan sebelumnya kamu juga bisa membuat akun Google terlebih dahulu supaya bisa menggunakan berbagai layanan Google lainnya dengan lebih mudah lagi.

Fungsi Google Asisten

Jika kamu masih belum tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh Google Asisten, maka berikut ini beberapa fungsi Google Asisten yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan layanan Google yang satu ini :

1. Mengirimkan Pesan, Email, dan Telepon

Pertama jika kamu menggunakan Google Asisten, kamu bisa meminta tolong untuk mengirim pesan, menelepon, atau bahkan mengirim email kepada siapa saja yang sudah ada dalam daftar kontak di smartphone kamu.

Caranya juga cukup mudah kamu tingga mengucapkan “OK Google “, setelah itu ucapkan perintah apa yang harus dilakukan Google Asisten seperti “hubungi (kontak yang kamu tuju). Jika kamu ingin mengirim pesan kamu hanya perlu mengganti perintah dengan “text”.

Dan jika ingin mengirim email tinggal memberi perintah “email” atau “send email (email penerima). Setelah itu Google Asisten akan melakukan perintah yang kamu ucapkan. Dengan mengunakan Google Asisten ini kamu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efisien.

2. Membuat Pengingat

Jika kamu termasuk pelupa, fungsi dari Google Asisten yang satu ini mungkin akan sangat membantu, yaitu membuat pengingat. Dengan Google Asisten kamu bisa mengatur pengingat seperti acara apa tanggal berapa jam berapa.

Kamu bisa mengatur jadwal juga, caranya hanya dengan ucapkan “OK Google” lalu membuat perintah “set a reminder” atau bisa juga “reminder me to” lanjutkan nama acaranya, setelah itu Google Asisten akan meminta kamu untuk melengkapi tanggal dan waktu.

3. Melakukan Navigasi

Selain itu kamu juga bisa melakukan navigasi menggunakan aplikasi ini. Seperti jika kamu sedang mencari alamat tertentu, ucapkan saja “OK Google” diteruskan dengan perintah yang akmu inginkan seperti “cara ke…”. Setelah itu Google Asisten akan memberikan informasi berdasarkan perintah yang kamu ucapkan.

Related  Cara Menambah Lokasi di Google Maps

Jika kamu sedang mencari tahu lokasi kamu saat ini kamu hanya harus mengganti perintah dengan “dimana aku sekarang ?”, selain itu kamu juga bisa mencari transportasi umum dan jadwal keberangkatan transportasi umum.

4. Menerjemahkan Bahasa

Berikutnya jika kamu ingin menerjemahkan suatu bahasa kamu tidak perlu pergi ke halaman Google Translate lagi, tingga mengakses Google Asisten dengan ucapkan “OK Google” dan diikuti perintah “translate to” dan diikuti dengan bahasa yang kamu ingin terjemahkan.

Google Asisten juga akan membantu kamu untuk mengucapkan kata atau kalimat yang sudah kamu terjemahkan ke frasa yang terkain. Namun sebelumnya kamu harus memasang aplikasi Google Transalate terlebih dahulu.

Mungkin itu beberapa fungsi dari Google Asisten dari sekian banyak fungsi dari Google Asisten yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan aktifitas sehari-hari kamu menggunakan smartphone. 

Cara Mengaktifkan Google Asisten

Cara Mengaktifkan Google Asisten
Cara Mengaktifkan Google Asisten

Setelah kamu mengetahui fungsi-fungsi dari Google Asisten dan kamu tertarik untuk mencoba menggunakan layanan ini, kamu bisa mengaktifkan Google Asisten di smartphone kamu terlebih dahulu. Setelah layanan Google Asisten aktif, baru kamu bisa menggunakannya untuk memberi perintah.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengaktfikan layanan Google Asisten. Berikut ini akan dibahas beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan Google Asisten.

Cara Mengaktifkan Google Asisten Melalui Tombol Home

Pertama supaya kamu bisa menggunakan Google Asisten adalah mengaktifkan layanan Google Asisten melalui tombol Home di smartphone yang kamu gunakan, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka smartphone kamu dan ketuk tombol home.
  • Lalu tekan tombol Home beberapa detik sampai muncul jendela Google Asisten.
  • Jika sudah muncul buka Assistent Settings dan kamu bsia melakukannya dengan cara mengucapkan “OK Google, open Assistant Setting”.
  • Setelah itu aktifkan Google Asisten dengan dara klik General.
  • Kemudian ubah Pengaturan Google Asisten menjadi ON.
  • Setelah itu ubah pengaturan agar Google Asisten bisa mengenali suara kamu. Yaitu dengan cara masuk ke Assistant Settings lalu scroll kebawah dan tekan Voice Match.
  • Jika sudah pada menu Popular Setting, kamu harus memastikan bahwa “Hey Google” di smartphone kamu sudah aktif.
  • Selanjutnya Tap Voice Mode dan terapkan beberapa kali dengan beberapa model suara.
  • Berikutnya kamu bisa merekam suara kamu dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditampilkan di Assistant Settings.
  • Selesai. Sekarang Google Asisten sudah aktif dan kamu bisa menggunakannya dengan membuat perintah suara.
Related  Cara Download Stiker Whatsapp

Itulah cara untuk mengaktifkan Google Asisten, selain itu jika kamu sudah mengaktifkan Google Asisten namun mengalami beberapa kendala penggunaan layanan. Kamu bisa menyimak cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Google Asisten yang Bermasalah

Jika kamu sedang menggunakan Google Asisten dan ternyata layanan ini mengalami beberapa kendala kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya :

1. Cek Pengaturan Bahasa

Hal pertama yang bisa menyebabkan layanan Google Asisten bermasalah adalah karena pengaturan bahasanya. Bahasa ingris merupakan bahasa default dari Google Asisten. Oleh karena itu kamu bisa mengantinya dengan bahasa yang kamu inginkan.

Cara mengganti bahasa adalah dengan cara buka Google Apps dan tekan Settings pada menu utama. Kemudian tekan Voice, dan pilih bahasa.

2. Pastikan Terhubung Jaringan Internet

Kemudian kamu juga harus terhubung dengan jaringan internet untuk bisa mengakses layanan Google Asisten ini, jadi periksa dulu jaringan internet di smartphone kamu.

Demikianlah cara mengaktifka Google Asisten yang bisa kamu lakukan. Dengan menggunakan layanan Google Asisten ini akan memberi kemudahan untuk kamu yang sangat sibuk supaya efisien waktu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

5/5 - (1 vote)