Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Mesin cuci sebagai salah satu alat rumah tangga yang penting dan sering digunakan di rumah, jika tiba-tiba rusak dan tidak mau berputar sama sekali tentunya akan menggangu aktifitas mencuci pakaian kamu. Ada beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang bisa coba kamu lakukan sendiri ataupun oleh profesional.

Banyak orang memilih menggunakan mesin cuci untuk membantu proses mencuci pakaian mereka, karena dengan adanya mesin cuci proses mencuci pakaian menjadi jauh lebih mudah dan efisien dibandingkan dengan mencuci secara manual yaitu dengan tangan.

Mesin cuci yang dipakai secara terus menerus atau sudah lama dipakai tentu akan mengalami permasahan seperti terjadi kerusakan, namun sebelum kamu memutuskan untuk membeli mesin cuci baru, ada baiknya kamu mencoba memperbaiki mesin cuci milik kamu dulu.

Sebelum kamu memperbaiki mesin cuci milikmu, kamu harus mengetahui penyebab mesin cuci rusak terlebih dahulu. Supaya bisa memudahkan kamu saat mencari cara untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mesin cuci tersebut.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Mesin Cuci
Cara Memperbaiki Mesin Cuci

Ada beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada mesin cuci, dan jika kamu ingin memperbaiki mesin cuci kamu harus mengetahui penyebab kerusakan pada mesin cuci sehingga kamu bisa melakukan perbaikan dengan benar. Pada pembahasan artikel kali ini adalah tentang cara memperbaiki mesin cuci, simak !.

Related  Cara Memperbaiki Kipas Angin

1. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Bisa Membersihkan Pakaian

Permasalahan pertama yang bisa terjadi pada mesin cuci adalah mesin cuci tidak bisa membersihka pakaian dengan baik, penyebab hal ini terjadi bisa jadi karena adanya penyumbatan pada saluran deterjen.

Logikanya jika deterjen dan pelembut pakaian tidak bisa membersihkan pakaian, bagaimana mesin cuci daoat melakukan tugasnya untuk membersihkan pakaian. Dan penyumbatan pada saluran deterjen bisa menyebabkan penumpukan deterjen, jamur, dan bahkan kuman bisa berpindah ke pakaian yang akan kamu cuci.

Untuk mengatasi permasalahan mesin cuci yang satu ini cukup mudah, yaitu dengan membersihkan deterjen dan laci penyaringan sebelum kamu memulai proses mencuci. Mudah bukan ?.

2. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Berikutnya permasalahan yang sering terjadi adalah mesin cuci tidak bisa berputar sama sekali, padahal jika mesin cuci tidak bisa berputar pakaian tidak akan bisa kering. Jadi jika permasalahan ini terjadi pada mesin cucimu, kamu bisa mencoba memperbaikinya dengan beberapa cara berikut ini :

  • Mengatur  Ulang Pakaian

Yang pertama bisa kamu lakukan adalah mengatur kembali pakaian yang sudah kamu tempatkan dimesin cuci, karena jika mesin cuci tidak seimbang dia akan secara otomatis mati sampai pakaian seimbang kembali. Jika sudah kamu atur ulang tutup kembali pintu mesin cuci dan mesin cuci akan secara otomatis berputar lagi.

  • Pastikan Mesin Cuci Tidak Miring

Selanjutnya kamu juga harus memastikan bahwa mesin cuci kamu tidak miring, karena jika mesin cuci miring biasanya akan secara otomatis berhenti untuk keselamatan. Jadi kamu harus memastikan apakah kaki mesin cuci sudah sesuai apa belum. Apabila masih belum berhasil, kamu bisa mencoba mertakan lantai atau menambahkan alas datar dibagian bawah mesin cuci.

Related  Cara Memperbaiki Lampu LED

3. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tiba-tiba Berhenti

Mesin cuci modern memiliki fitur berbunyi atau tanda lain apabila mesin cuci gagal melakukan proses pencucian, apabila hal ini terjadi kamu bisa membaca buku panduan yang sudah disediakan saat kamu membeli mesin cuci. Namun apabila tidak ada sinyal kerusakan namun mesin cuci kamu tiba-tiba berhenti bisa jadi karena beberapa permasalahan berikut ini :

  • Karena Mesin Panas

Apabila mesin cuci kamu tiba-tiba mati setengah jam pertama saat siklus mesin cuci dimulai hal ini mungkin terjadi karena mesin tidak panas dengan benar, jadi mesin cuci akan secara otomatis berhenti ditengah proses pencucian.

Namun apabila berhenti tiba-tiba lebih dari 30 menit siklus pertama mungkin hal ini terjadi karena mesin cuci terlalu panas sehingga mesin akan terpaksa berhenti ditenggah proses pencucian. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena adanya kerusakan pada termistor.

  • Drainase

Yang kedua kamu bisa memeriksa apakah ada penyumbatan pada filter pompa atau tidak, karena mesin cuci tiba-tiba masi bisa disebabkan karena mesin tidak bisa mengalirkan air diantara setiap siklus sehingga mesin cuci kamu tiba-tiba berhenti.

  • Adanya Kebocoran

Mesin cuci juga bisa tiba-tiba berhenti disebabkan karena adanya kebocoran, jika hal ini terjadi pada mesin cucimu kamu bisa segera memeriksa selang, pompa, dan segera tutup pintu mesin cuci.

4. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Mengeluarkan Suara 

Berikutnya permasalahan mesin cuci mengeluarkan suara yang berisik dan sangat menggangu juga bisa saja terjadi pada mesin cuci kamu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hal tersebut :

  • Melakukan Pelumasan atau Mengganti Bantalan Tabung Mesin Cuci

Pertama bantalan tabung merupakan komponen yang terletak dibawah tabung mesin cuci, dan jika mesin cuci sering dipakai atau mesin cuci sudah lama bagian ini bisa aus dan jika sudah aus bantalan tabung ini perlu diganti. Jadi apabila mesin cuci kamu mengeluarkan suara bisa saja karena bantalan tabung mesin cuci sudah aus.

  • Periksa Sabuk Penggerak Motor Mesin Cuci

Yang kedua mesin cuci mengeluarkan suara juga bisa disebakan karena sabuk atau katrol penggerak mesin cuci sudah aus. Jika permasalahan ini yang terjadi pada mesin cuci kamu, sebaiknya kamu memanggil jasa service mesin cuci daripada kamu memperbaiki sendiri.

Related  Cara Memperbaiki Lampu LED

5. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Terus Bergetar

Selanjutnya jika mesin cuci kamu terus bergetar saat sedang melakukan proses pencucian bisa saja hal ini terjadi karena posisi mesin cuci yang tidak datar. Karena mesin cuci harus berdiri dengan sejajar dengan permukaan akan bisa bekerja dengan baik.

Jika tidak mesin cuci kamu akan terus bergetar saat siklus pemutaran cucian. Berikut langkah-langkah untuk mengatai permasalahan mesin cuci terus bergetar :

  • Pertama kamu harus mengatur ulang beban cucian dan memastikan bahwa semua cucian termuat dalam tabung dengan benar agar tidak bergeser.
  • Yang kedua pastikan pakaian memiliki ruang untuk bergerak bebas dan patikan tidak dikemas terlalu rapat.
  • Selanjutnya periksa lantai tempat mesin cuci apakah rata atau tidak, jika tidak kamu bisa menambahkan potongan katu dibawah mesin cuci.
  • Lalu lihat juga apakah kaki mesin cuci menyentuh lantai dengan kuat dan sesuaikan setiap kaki pada ketinggian yang pas.

6. Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Mengeluarkan Bau

Permasalahan mesin cuci mengeluarkan bau merupakan suatu hal yang sering terjadi. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi hal ini, simak penjelasannya !.

  • Pertama kamu harus memastikan bahwa jumlah deterjen sudah tepat karena busa yang berlebihan pada mesin cuci akan meninggalkan residu kotor dan bisa menimbulkan bau.
  • Selanjutnya bersihkan mesin cuci setiap bulannya supaya bisa mencegah terjadinya bau sisa-sisa dari deterjen.
  • Terakhir kamu juga bisa memeriksa apakah ada jamur disekitar mesin cuci yang disebabkan karena kelembapan.

Demikianlah cara memperbaiki mesin cuci, kamu bisa mencari penyebab permasalahan pada mesin cuci kamu terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah memperbaikinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

error:
Scroll to Top