Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel yang Mudah (Dengan Gambar)

GEMATOS.ID | Sudah lama jaringan seluler di Indonesia menggunakan 4G, termasuk Telkomsel. Tapi kemudian muncul layanan baru yang bernama VoLTE (Voice Over Long Term Evolution). Cara aktivasi VoLTE Telkomsel harus kamu pahami untuk mendapatkan layanan tersebut. 

VoLTE merupakan suatu layanan yang membuat panggilan telepon lebih lancar dan jernih. Dulu, jika data seluler aktif, kamu tidak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon di jaringan 4G. Tapi dengan jaringan VoLTE itulah tetap dapat menelepon dengan kualitas yang lebih baik tentunya.

Jika masih belum mengetahuinya, kamu bisa cek penjelasan berikut. Cari tahu apa itu jaringan VoLTE dan apa saja keunggulannya. Pahami juga bagaimana cara mengaktifkannya untuk operator Telkomsel. Cek selengkapnya di sini! 

Apa Itu VoLTE Telkomsel?

Sebelum menerangkan cara aktivasi VoLTE Telkomsel, ada baiknya kamu pahami dulu jaringan satu ini. Jadi, Voice over LTE (VoLTE) adalah sebuah teknologi yang memungkinkanmu untuk membuat panggilan telepon suara maupun video call lewat jaringan 4G LTE. Teknologi tersebut menjamin hasil yang lebih jernih dan lancar daripada 2G maupun 3G.

Telkomsel sendiri sudah lama menyediakan layanan VoLTE hampir di semua wilayah Indonesia. Tentunya ini jadi kabar baik buat kamu yang sering beraktivitas lewat telepon dan menghubungi orang-orang penting. Kamu tetap bisa menelepon dan video call tanpa perlu biaya tambahan. 

Secara spesifik, Telkomsel meluncurkan layanan VoLTE sejak bulan Mei 2020 lalu. Hingga saat ini, semakin luas wilayah di Indonesia yang dapat menikmati teknologi VoLTE, mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat, hingga Surabaya. Untuk selanjutnya, Telkomsel terus berusaha untuk memperluasnya hingga mencakup seluruh daerah, bahkan yang terpencil sekalipun. 

Related  Cara Kirim Kuota Telkomsel

Persyaratan Aktivasi VoLTE Telkomsel

Cara aktivasi VoLTE Telkomsel akan diterangkan pada penjelasan selanjutnya. Tapi sebelum itu, ada persyaratan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Memang layanan tersebut dapat diaktifkan oleh semua pelanggan setia Telkomsel. Namun, perhatikan dulu beberapa syarat di bawah ini:

1. HP Harus Dukung Jaringan VoLTE

Syarat pertama yaitu kamu harus punya ponsel yang sudah mendukung jaringan VoLTE. Biasanya, perangkat yang mendukung fitur VoLTE ini rilis setelah tahun 2016. Jadi, buat kamu yang punya HP keluaran terbaru, sudah pasti mendukung VoLTE. 

Layanan VoLTE tidak terbatas pada merek HP tertentu saja. Melainkan semua tipe smartphone dari brand Apple, Xiaomi, Huawei, Samsung, OPPO, Vivo, Realme, Advan, iQOO, Evercoss, dan lainnya. Kamu bisa cek dengan cara berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan HP. 
  • Cari Jaringan Seluler. 
  • Jika mendukung jaringan VoLTE, makan fiturnya akan muncul. 
  • Kalau belum, kamu harus upgrade perangkat dahulu. 

2. SIM Card Mendukung VoLTE

Bukan hanya dari sisi perangkat saja, tapi juga melihat kartu yang kamu gunakan. Pastikan kamu memakai kartu Telkomsel yang sudah mendukung jaringan VoLTE. USIM adalah kartu yang mendukung konektivitas jaringan di atas 3G. Kalau jaringan yang muncul masih 3G saja, kamu harus melakukan upgrade di sini

3. Ada di Wilayah yang Mendukung VoLTE

Percuma jika HP dan kartu Telkomsel milikmu sudah USIM. Karena untuk menggunakan layanan VoLTE, kamu harus berada di wilayah yang menjangkaunya. Tenang saja, karena Telkomsel juga memperluas wilayah jangkauan jaringan VoLTE hampir di semua daerah Indonesia. 

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel
Aktivasi VoLTE Telkomsel

Kalau kamu sudah memenuhi ketiga syarat di atas, bisa mengaktifkan VoLTE agar panggilan telepon tetap lancar di jaringan 4G. Cara aktivasi VoLTE Telkomsel sangat mudah. Kamu dapat melakukannya lewat menu Pengaturan perangkat maupun kode dial. Seperti inilah langkah-langkahnya:

Related  6 Cara Cek Transaksi Terakhir Telkomsel, Lihat Pemakaian Pulsa

1. Aktivasi VoLTE Telkomsel Lewat Pengaturan

Cara aktivasi VoLTE Telkomsel yang pertama yaitu lewat menu Pengaturan. Ini bisa kamu lakukan jika sudah upgrade kartu ke USIM, ada di wilayah jangkauan, dan HP mendukung VoLTE. Perlu kamu ketahui, bahwa aktivasi VoLTE gratis. 

Pengaturan ini tergantung pada perangkat yang kamu gunakan. Tapi secara umum, bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan yang biasanya ditandai dengan ikon gerigi. 

  • Setelah itu, masuk ke bagian Kartu SIM & Jaringan Seluler. Di beberapa perangkat biasanya hanya Jaringan Seluler saja. 

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel

  • Kemudian pilih kartu Telkomsel yang kamu gunakan. 
  • Padahal menu Setelan kartu SIM, aktifkan fitur VoLTE dengan menggeser slider ke kanan. Selanjutnya kamu bisa melakukan panggilan dengan lebih berkualitas. 

2. Aktivasi VoLTE Telkomsel Lewat Kode Dial

Selain lewat Pengaturan, cara aktivasi VoLTE Telkomsel juga bisa melalui kode dial. Biasanya, ini digunakan untuk mengunci jaringan agar tidak pindah ke jaringan lain. Tapi kamu juga dapat mengaktifkan VoLTE (jika sudah mendukung) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka menu Telepon di perangkat. 
  • Kemudian input kode dial *#*#4636#*#*.
  • Setelah itu, pilih SIM 1 atau SIM 2, di mana kartu Telkomsel berada. 

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel

  • Pada halaman Info telepon, geser toggle yang ada di menu VoLTE Disediakan. 

3. Menghubungi Layanan Pelanggan Telkomsel

Bagaimana jika kamu masih tidak berhasil dengan dua cara aktivasi VoLTE Telkomsel di atas? Maka solusi terakhir untuk kamu coba yaitu menghubungi layanan pelanggan Telkomsel. Kamu bisa menyampaikan keluhan kepada customer service. Panduannya sebagai berikut:

  • Pastikan kamu pulsa yang mencukupi. Biasa menghubungi CS Telkomsel adalah Rp300 untuk pengguna prabayar. 
  • Kemudian buka menu Telepon. 
  • Input nomor layanan 188 dan buat panggilan. 
Related  2 Cara Berbagi Kuota Internet Telkomsel: Mudah (dengan Gambar)

Cara Aktivasi VoLTE Telkomsel

  • Setelah terhubung dengan CS, sampaikan jika kamu ingin aktivasi VoLTE tapi selalu gagal. 
  • Nantinya CS akan memberikan solusi. 
  • Ikuti petunjuk dari CS.

Keunggulan VoLTE Telkomsel

Seperti penjelasan di atas, bahwa layanan ini merupakan pengembangan dari jaringan 4G yang memudahkan kamu melakukan panggilan. Kalau berbicara manfaat, VoLTE punya banyak keunggulan. Inilah beberapa kelebihan dari jaringan VoLTE:

1. Terkoneksi Lebih Cepat

Dengan layanan VoLTE, kamu bisa mengakses halaman website lebih cepat daripada generasi terdahulu. Begitu pula ketika melakukan panggilan, maka jauh lebih mudah terkoneksi dalam waktu pendek. Jeda saat menelepon juga berkurang, sehingga terasa seperti pembicaraan dua arah secara tatap muka. 

2. Kualitas Suara Jernih

Kecepatan transfer data tersebut ternyata juga mempengaruhi kualitas suara. Dengan kapasitas besar VoLTE, kamu bisa menelepon dengan kualitas suara HD yang lebih jernih. Begitu pula ketika melakukan panggilan video. 

3. Lebih Hemat Baterai

VoLTE ini mengandalkan teknologi yang lebih efisien. Hal tersebut tidak hanya memberikan pengalaman berkualitas saat menelepon. Tapi juga hemat daya, sehingga kamu bisa menelepon lebih lama.

4. Bisa Melakukan Dua Aktivitas Bersamaan

Keunggulan teknologi VoLTE itu tidak mengubah mode jaringan meskipun beberapa aktivitas berjalan di waktu yang sama. Contohnya jika kamu sedang menelepon, jaringan tetap berada di 4G-LTE, sehingga statusnya online. Lain hal jika belum VoLTE, karena sinyal akan berubah 2G/3G dan internet berhenti saat menelepon. 

Itulah beberapa cara aktivasi VoLTE Telkomsel untuk mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik. Lewat teknologi ini, kamu bisa telepon dengan hasil lebih jernih. Tapi perhatikan dulu apa saja persyaratannya. 

error:
Scroll to Top