Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA

Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA Beserta Gambar

GEMATOS.ID | Semakin canggihnya teknologi, sekarang opsi pembayaran saat berbelanja di gerai retail seperti Indomaret semakin bervariasi. Salah satunya yang terbaru yaitu cara belanja di Indomaret pakai DANA. Sudahkah kamu tahu bagaimana caranya? 

DANA sendiri jadi satu dari sekian banyak platform dompet digital di Indonesia yang punya banyak pengguna. Karena alasan efisiensi, lebih suka pakai DANA meskipun sudah buat rekening atau bahkan belum. Terlebih lagi banyak yang berbagi pengalamannya saat berbelanja pakai DANA. 

Bagi pengguna baru, mungkin belum tahu bagaimana cara belanja di Indomaret tapi pembayarannya menggunakan DANA. Karena itulah, kamu bisa cek penjelasan lengkapnya di sini. Di samping itu, ada beberapa hal penting terkait transaksi pakai dompet digital satu ini. 

Apa Bisa Belanja di Indomaret Pakai DANA? 

Sebenarnya masih banyak yang meragukan cara belanja di Indomaret pakai DANA. Bukan tanpa alasan, sebab dulu Indomaret belum melayani segala transaksi terkait dompet digital tersebut. Bahkan hanya sekedar top up saldo saja tidak dapat lewat retail Indomaret. 

Tapi kekhawatiran tersebut tidak lagi berlaku. Karena saat ini, antara DANA dan Indomaret sudah saling bekerja sama dalam menyediakan layanan DANA, seperti top up atau isi ulang saldo. Hanya saja belum terdapat layanan untuk menarik tunai saldo di dalam akun DANA. 

Related  Cara Bayar Tiktok Shop di Indomaret Tanpa Biaya Admin 100% Mudah

Karena kerja sama itulah, sekarang kamu pun bisa berbelanja di Indomaret dan membayarnya pakai saldo DANA. Tidak perlu lagi ribet menyiapkan uang tunai atau menunggu kembalian saat belanja di retail tersebut. Lewat aplikasi dompet digital ini, kamu bisa membayarnya dengan jumlah pas. 

Begitu pula kalau ternyata saldomu habis sebelum membayar. Tidak usah pindah tempat, kamu bisa langsung meminta layanan top up saldo kepada petugas kasir Indomaret. Jika saldo sudah terisi, baru kamu gunakan bayar belanjaan sesuai nominal yang disebutkan petugas. 

Hal Penting Saat Belanja di Indomaret Pakai DANA

Sebelum menerangkan cara belanja di Indomaret pakai DANA, ada baiknya kamu perhatikan penjelasan berikut ini. Jadi, ada beberapa hal penting untuk kamu simak jika ingin belanja di Indomaret kemudian pembayarannya menggunakan DANA. Di antaranya sebagai berikut:

  • Saldo harus mencukupi. Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk bayar pakai DANA, kamu cek dulu berapa sisa saldo yang dimiliki. Jangan sampai terlalu senang belanja dan ambil barang lalu ketika penghitungan di kasir Indomaret malah melebihi saldo DANA. Kalaupun saldonya masih kosong, kamu bisa top up dulu di retail tersebut. 
  • Jumlah minimal transaksi. Jangan khawatir kalau ingin belanja di Indomaret di saat saldo DANA tidak banyak. Kamu tetap bisa bayar pakai dompet digital tersebut, asal barang yang dibeli harganya lebih dari Rp10.000. Misalkan ke Indomaret hanya ingin membeli minuman dan camilan, maka lebih baik menggunakan DANA. 
  • Jumlah maksimal transaksi. Selain jumlah minimal transaksi di atas, kamu juga harus tahu berapa batas maksimalnya. Jadi, kamu bisa tenang berapa pun barang belanjaan yang akan dibayar. Karena dengan DANA, dapat berbelanja di Indomaret sampai dengan lima juta rupiah. 
  • Sudah upgrade akun DANA ke premium. Sebenarnya tanpa upgrade ke premium pun sudah bisa belanja. Tapi permasalahannya ketika top up. Karena bagi akun DANA yang belum upgrade, hanya bisa top up lewat OneKlik dan kartu kredit atau debit. Jika tidak ada saldonya, bukankah kamu tidak dapat belanja dan bayar pakai DANA? 
Related  Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA

Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA
Belanja di Indomaret

Fungsi aplikasi DANA sebagai alat pembayaran memang sangat menguntungkan. DANA tentunya jadi platform digital menarik buat kamu yang belum punya rekening. Karena meskipun tidak pegang kartu, tetap bisa bertransaksi secara digital tanpa uang tunai. 

Begitu pula jika kamu ingin berbelanja di Indomaret. Kalau saldo DANA memang mencukupi, bisa memakainya sebagai alat pembayaran. Namun, sudahkah kamu paham bagaimana cara belanja di Indomaret pakai DANA itu? Caranya sangat mudah seperti panduan berikut ini:

Langkah 1: Datang ke Indomaret Terdekat

Buat kamu yang biasa belanja di Indomaret, pasti tidak asing lagi. Kamu bisa datang langsung ke retailnya yang paling dekat. Atau saat kamu bepergian, dapat belanja di Indomaret terdekat. 

Tenang saja, karena sekarang ini sudah ada 22 ribu gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Karena itulah, di mana saja kamu bepergian, akan sangat mudah menemukan Indomaret. Dengan begitu, bisa bertransaksi dengan cara belanja di Indomaret pakai DANA. 

Langkah 2: Sampaikan ke Kasir Jika Bayar Pakai DANA

Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA

Setelah ambil barang yang kamu butuhkan, segera lakukan pembayaran di kasir. Tapi sampaikan kepada petugas kasir bahwa kamu akan membayarnya dengan saldo DANA. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan. 

Langkah 3: Memindai Kode Pembayaran

Di sini ada dua cara belanja di Indomaret pakai DANA. Yang pertama yaitu:

  • Buka aplikasi DANA yang kamu gunakan. 
  • Lalu pilih menu PAY yang ada di bawah. 

  • Selanjutnya pindai kode QR yang diberikan oleh petugas kasir Indomaret. 

  • Kemudian tagihan otomatis akan masuk ke aplikasi DANA. 
  • Kamu tinggal menginput PIN DANA dan belanjaanmu di Indomaret berhasil terbayar. 

Lalu cara yang kedua yaitu dengan menunjukkan kode QR milikmu kepada kasir Indomaret. Caranya sama seperti di bawah ini:

  • Pilih menu PAY di halaman awal aplikasi DANA. 
  • Kemudian geser kode ke sebelah kanan. 
  • Tunjukkan kode QRIS tersebut kepada kasir. 
Related  2 Cara Belanja di Tiktok Shop: COD dan Gratis Ongkir

Cara Belanja di Indomaret Pakai DANA

  • Secara otomatis saldomu akan terpotong untuk membayar tagihan belanja di Indomaret. 
  • Kamu bisa cek notifikasinya di aplikasi DANA. 

Keuntungan Belanja di Indomaret Pakai DANA

Buat kamu yang punya akun DANA, sebaiknya berbelanja di Indomaret dan bayar pakai saldo DANA. Ada banyak keuntungan yang akan kamu terima. Di antaranya sebagai berikut:

1. Lebih Mudah dan Praktis

Lupa bawa uang saat belanja di Indomaret tidak akan jadi masalah lagi. Sebab kamu bisa berbelanja dengan mudah pakai saldo DANA. Tinggal menunjukkan kode QRIS dan otomatis semua belanjaan akan terbayar. Jadi, kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai dalam jumlah pas. 

2. Lebih Aman

Cara belanja di Indomaret pakai DANA juga dinilai lebih aman. Karena semua uang tersimpan di aplikasi dompet digital, maka tidak perlu mengeluarkan uang tunai yang bisa menarik perhatian orang lain. Jadi, kalaupun jumlah saldo besar, tidak ada yang tahu. 

Selain itu, DANA juga menjamin keamanan berlapis. Layanan ini hadir dengan teknologi risk engine guna mitigasi risiko, DANA Visual Identity Authirization, dan teknologi keamanan lainnya. Namun tidak ada salahnya berhati-hati saat menyerahkan kode QRIS. 

3. Dapat Diskon

Sering kali pembayaran di Indomaret dengan DANA itu memberikan voucher belanja. Contohnya dapat diskon untuk jumlah belanja tertentu. Bahkan ada pula promo cashback yang pasti menguntungkan. 

Demikian penjelasan cara belanja di Indomaret pakai DANA. Metode pembayaran dengan dompet digital ini memberikan banyak keuntungan. Caranya juga mudah dan kamu berkesempatan mendapatkan diskon. 

error:
Scroll to Top