Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir (via App & Web)

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu memblokir akun seseorang di Facebook karena terlalu mengganggu? Lantas, bagaimana cara berteman kembali di FB setelah diblokir? Ternyata meskipun sudah pernah kamu blokir, kemudian hari bisa menambahkan pertemanan lagi. 

Facebook sendiri masih jadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan. Bahkan kamu dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang yang jauh tempat tinggalnya hingga luar negeri. Tapi yang jadi masalah ketika orang tersebut cukup mengganggu, hingga kamu memutuskan untuk memblokirnya. 

Namun bukanlah hal yang sulit jika sewaktu-waktu ingin menjadikannya sebagai teman lagi. Kamu tetap bisa berteman walaupun pernah diblokir. Untuk caranya, bisa cek penjelasan di bawah ini. Selain itu akan diterangkan apa dampaknya jika kamu memblokir akun Facebook seseorang. 

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir
Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

Memblokir orang yang mengganggu di Facebook merupakan tindakan yang wajar. Tapi tidak menutup kemungkinan jika kemudian hari berubah pikiran dan ingin menjalin pertemanan lagi. Apakah hal tersebut dapat dilakukan? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bisa. Ada cara berteman kembali di FB setelah diblokir yang perlu kamu ketahui. Dua tahapannya yaitu membuka blokiran akun terlebih dahulu, kemudian mengajukan pertemanan kembali. Secara lengkap, caranya sebagai berikut. 

Tahap 1: Membuka Akun yang Diblokir

Cara berteman kembali di FB setelah diblokir yaitu dengan membuka blokirannya terlebih dahulu. Kamu dapat memeriksa siapa saja yang pernah kamu blokir di menu Pengaturan. Setelah dibuka atau unblock, maka kamu dapat mengakses beberapa informasi terkait akun tersebut. 

Related  Cara Membuat Akun Facebook

Cara membuka blokiran akun Facebook sangat mudah. Berikut dijelaskan caranya lewat aplikasi Facebook dan versi webnya jika kamu mengakses lewat komputer atau laptop. 

1. Membuka Akun yang Diblokir Lewat Aplikasi

Jika kamu biasa membuka Facebook lewat aplikasi, bisa mengikuti cara berikut. Ini dapat kamu terapkan untuk aplikasi FB di android maupun iOS. Buka akun yang pernah kamu blokir agar bisa berteman kembali dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Facebook yang kamu gunakan. 
  • Kemudian tekan tanda garis tiga yang ada di kanan atas. 

  • Gulir layar dan masuk ke menu Pengaturan & Privasi, lalu pilih Pengaturan. 

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

  • Selanjutnya, pilih sub menu Pemblokiran

  • Pada halaman ini akan ditampilkan akun-akun FB yang pernah kamu blokir. 
  • Untuk membukanya (unblock), cari nama akunnya dari daftar. 
  • Lalu, tekan tombol Batalkan Blokir yang ada di samping nama akun. 

  • Konfirmasi permintaan dengan klik Batalkan Blokir. 

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

2. Membuka Akun yang Diblokir Lewat Web

Kunci utama dari cara berteman kembali di FB setelah diblokir adalah unblock. Apabila kamu mengakses Facebook lewat komputer atau laptop, bisa melakukan unblock via web. Caranya sebagai berikut:

  • Buka browser yang kamu gunakan di komputer atau laptop. 
  • Kemudian akses Facebook web dengan memasukkan alamat web.facebook.com.
  • Pada halaman login, masukkan email/nomor telepon dan kata sandi akun Facebook. 
  • Klik tombol Masuk

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

  • Setelah berhasil login, klik foto profil yang ada di sebelah kanan atas. 

  • Selanjutnya kamu pilih menu Setelan & Privasi.

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

  • Lanjutkan dengan memilih Pengaturan

  • Dari daftar menu yang ada di sebelah kiri layar, klik Privasi

  • Masih dari menu yang sama, masuk ke bagian Pemblokiran

  • Pada bagian ini, klik tombol Edit yang ada di sebelah Blokir Pengguna. 
Related  Cara Membuat Facebook

  • Buka akses dengan mengklik Lihat Daftar Blokir Anda. 

  • Berikutnya akan muncul akun-akun yang pernah kamu blokir. 
  • Jadi, langsung cari nama akun dari daftar tersebut. 
  • Lalu ketuk Buka Blokir yang ada di samping kanan nama akun FB. 


  • Klik Konfirmasi untuk menyetujui permintaan. 

Tahap 2: Meminta Pertemanan Kembali

Berikut ini cara berteman kembali di FB setelah diblokir yang kedua. Jika kamu sudah unblock akun tersebut, maka bisa mengajukan pertemanan lagi atau istilah yang sering diucapkan yaitu “add.” Karena ketika kamu memblokir seseorang, otomatis juga membatalkan pertemanannya. 

Baik di aplikasi Facebook maupun versi webnya, cara untuk menambahkan teman itu sama saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari akun Facebook yang baru saja kamu buka blokir. Temukan lewat menu pencarian. 
  • Klik akun yang muncul pada hasil pencarian. 
  • Setelah profil tersebut terbuka, klik tombol Tambah Teman. 

Cara Berteman Kembali di FB Setelah Diblokir

Sekarang kamu tinggal menunggu permintaanmu dikonfirmasi oleh pemilik akun. Biasanya notifikasi akan muncul pada halaman Pemberitahuan. Apabila dikonfirmasi, kamu bisa menjalin komunikasi kembali seperti sebelum diblokir. 

Apa yang Terjadi Jika Memblokir Orang Lain? 

Facebook memang menyediakan fitur blokir jika ada kemungkinan akun-akun tersebut spam dan mengganggu. Meskipun biasa dilakukan, tapi ada beberapa hal yang akan terjadi. Berikut ini adalah dampak atau akibat jika kamu memblokir akun FB seseorang:

1. Membatalkan Pertemanan

Seperti yang sudah disinggung di atas jika memblokir seseorang, berarti turut membatalkan pertemanan juga. Bahkan bisa saja saat melakukan pencarian, akun tersebut tidak akan muncul di hasilnya. Itulah kenapa, setelah diblokir harus unblock, baru membuat permintaan pertemanan kembali seperti awal. 

2. Tidak Dapat Melihat Linimasa

Apabila kamu memblokir akun Facebook seseorang, maka tidak dapat melihat linimasanya. Kamu tidak akan tahu foto, status, maupun video yang dibagikan oleh pemilik akun tersebut. Hal ini bisa membuatmu ketinggalan informasi update dan penting dari akun yang diblokir. 

Related  Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Benar (Terbaru)

3. Tidak Bisa Menandai Akun

Bukan hanya tidak bisa melihat postingannya saja. Tapi kamu juga tidak dapat menandai akun yang dimaksud. Contohnya menandainya dalam foto atau video yang kamu unggah ke Facebook. Begitu pula saat membuat tag untuk menyebutnya di kolom komentar. 

4. Tercegah dari Mengundang ke Acara atau Grup

Akibat selanjutnya setelah memblokir akun orang lain yaitu tidak dapat mengundangnya ke sebuah acara. Seperti yang diketahui jika di FB ada fitur untuk membuat acara tertentu dan menambahkan peserta ke dalamnya. Hal ini pun sama saja saat mengundangnya untuk bergabung ke sebuah grup. 

5. Tidak Bisa Memulai Percakapan

Pertemanan batal, tidak tahu update paling baru, dan tidak bisa kirim pesan merupakan efek dari pemblokiran yang pasti dialami. Itulah kenapa memblokir akun FB seseorang bisa menjauhkan komunikasi. Karena memang kamu tidak mendapatkan akses untuk memulai percakapan kembali. 

Jenis-Jenis Pemblokiran di Facebook

Sebenarnya di Facebook sendiri ada berbagai jenis pemblokiran. Yang paling sering adalah Blokir Pengguna seperti yang kamu lakukan. Di mana untuk berteman kembali harus unblock dan meminta pertemanan ulang. Selain itu ada beberapa pemblokiran lain, yaitu:

  • Blokir Undangan Aplikasi untuk mengabaikan permintaan aplikasi dari akun yang dimaksud. 
  • Blokir Undangan Acara untuk mengabaikan permintaan acara selanjutnya. Misalkan kamu sering ditambahkan ke acara yang tidak penting. 
  • Daftar Dibatasi. Orang yang masuk daftar tidak dapat melihat postinganmu yang dibagikan kepada teman saja. 
  • Blokir Pesan untuk membatasi akun tertentu agar tidak bisa menghubungimu lewat Messenger. 
  • Blokir Halaman. Fitur khusus untuk memblokir fanspage atau halaman. Hal ini membuatmu otomatis berhenti mengikuti dan menyukai halaman tersebut. 

Seperti itulah cara berteman kembali di FB setelah diblokir. Kamu bisa menjalin pertemanan ulang, tapi harus di-unblock terlebih dahulu. Pastikan menggunakan fitur blokir Facebook secara bijak, karena dapat membatasimu berkomunikasi dengannya. 

error:
Scroll to Top