4+ Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang Tanpa ke GraPARI

GEMATOS.ID | Kehilangan ponsel pasti akan membuatmu kerepotan. Karena bukan hanya data saja yang hilang, tapi juga SIM card Telkomsel yang sudah kamu gunakan sejak lama. Untuk alasan keamanan, cara blokir nomor Telkomsel yang hilang harus dilakukan supaya tidak disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab. 

Nomor yang hilang memang merepotkan. Pasalnya, ada banyak kontak yang sudah terhubung dengan nomor tersebut. Bagaimana jika saat hilang itu ada panggilan masuk dari atasan atau rekan kerja?

Buka hanya karena alasan tersebut, memblokir nomor Telkomsel yang hilang memang sangat perlu dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Untuk panduannya, kamu dapat cek di penjelasan berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Nomor Telkomsel Hilang

Cara blokir nomor Telkomsel yang hilang bisa kamu lakukan dengan mudah, tapi perlu proses verifikasi. Karena itulah, tidak bisa langsung disetujui dalam beberapa menit. Lantas, apa yang harus kamu lakukan sembari memblokir nomor tersebut? Ada baiknya perhatikan dulu hal-hal di bawah ini:

1. Mengabari Orang Terdekat Jika Nomormu Hilang

Memang tidak mungkin bagimu menghafal nomor-nomor yang ada di daftar kontak. Tapi sangat disarankan untuk menghafal setidaknya satu nomor milik orang dekat. Karena kontak tersebut sangat penting dalam kondisi seperti saat ini. 

Setelah nomor Telkomsel milikmu hilang, segera kabarkan kepada orang terdekat bahwa kartumu hilang. Dengan begitu makin cepat pula informasi tersebar ke orang lain . Hal ini akan mencegah tindak kejahatan dari orang tak dikenal. 

Related  2 Cara Berbagi Kuota Internet Telkomsel: Mudah (dengan Gambar)

2. Memblokir Nomor Telkomsel yang Hilang

Kamu harus mengambil tindakan cepat ketika nomor Telkomsel hilang. Salah satunya yaitu dengan memblokir nomor tersebut. Tujuannya untuk menghindari risiko penyalahgunaan dari pihak tidak bertanggung jawab. Terlebih jika kamu adalah seorang influencer maupun public figure. 

3. Menggantinya dengan Nomor yang Sama

Bagaimana jika kamu sayang dengan nomor tersebut karena sudah lama digunakan? Tidak perlu khawatir, sebab Telkomsel menyediakan layanan ganti kartu. Di mana nomor kamu yang hilang akan dinonaktifkan, kemudian membeli SIM card baru dengan nomor yang sama. 

Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang

Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang
Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang

Ada berbagai cara blokir nomor Telkomsel yang hilang dengan mudah. Bahkan kamu tidak perlu keluar rumah, karena ada cara memblokirnya secara online. Kamu dapat blokir dengan menelepon customer service atau menghubungi tim CS via email. Langsung saja cek panduannya di bawah ini. 

Cara 1. Blokir Nomor Telkomsel dengan Menghubungi Call Center

Cara yang pertama dan paling mudah yaitu dengan menghubungi customer service via call center yang disediakan. Cara ini dikatakan mudah karena dengan menghubungi call center, kamu akan mendapatkan panduan secara langsung. Kamu juga tidak perlu pergi ke GraPARI, sehingga lebih hemat waktu. Untuk langkah-langkahnya, simak panduan di bawah ini:

  • Buka menu Telepon yang ada di ponsel milikmu. 
  • Lalu masukkan nomor 188 untuk menghubungi call center Telkomsel.

  • Selanjutnya ikuti saja instruksi dari CS tentang bagaimana memblokir nomor yang hilang.
  • Biasanya CS akan mengarahkanmu  pada pemblokiran nomor pribadi. Tulis nomor Telkomsel yang hilang dan ingin kamu blokir. 
  • Setelah itu  tunggu beberapa saat hingga menerima notifikasi jika nomormu sedang diproses. 
Bagi pengguna iPhone, kamu juga harus tahu bagaimana cara blokir nomor HP di iPhone ya!
Related  5 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Telkomsel dengan Benar

Cara 2. Mengajukan Pemblokiran Via Email

Cara blokir nomor Telkomsel yang hilang selanjutnya yaitu lewat email. Secara umum sebenarnya tidak jauh beda. Di mana kamu harus mengajukan permintaan blokir nomor, lalu sekaligus meminta pergantian kartu dengan nomor yang sama. Secara rinci, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka email melalui aplikasi yang telah terpasang di HP-mu yang lain. 
  • Untuk alamat tujuan, isi email [email protected].

  • Selanjutnya, untuk bagian subjek bisa kamu isi dengan “Blokir dan Ganti Kartu (nomor Telkomsel yang hilang)”
  • Lalu pada badan email jelaskan kembali bahwa kamu ingin mengajukan pemblokiran atas kartu Telkomsel yang hilang. 
  • Sampaikan pula bahwa setelah nomor berhasil diblokir, kamu ingin mengganti dengan SIM card yang baru tapi menggunakan nomor lama. 
  • Jangan lupa sertakan beberapa dokumen yang diperlukan, contohnya foto KTP dan selfie memegang KTP. Ini dapat menjadi bukti kepada pihak Telkomsel. 
  • Kirimkan email yang sudah kamu tulis. 
  • Tunggu proses verifikasi dan validasi oleh tim Telkomsel. Biasanya ini memakan waktu hingga beberapa hari. 

Cara 3. Memblokir Nomor Telkomsel di GraPARI

Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang

Mungkin bagi kebanyakan orang, cara blokir nomor Telkomsel yang hilang satu ini cukup menyita waktu. Tapi kalau melihat sisi keuntungannya, malah lebih mudah dibandingkan cara lain. Karena dengan datang ke GraPARI, ada customer service yang memberikan pengarahan secara langsung. 

Namun sebelum pergi ke GraPARI terdekat, persiapkan dulu dokumen apa saja yang harus dibawa. Paling penting yaitu membawa KTP dan KK asli, yang mana keduanya diperlukan  saat pendaftaran nomor baru nantinya. Berikutnya bisa simak panduan di bawah ini. 

  • Bawa semua dokumen yang sudah kamu siapkan untuk datang ke GraPARI terdekat. 
  • Saat tiba di sana, langsung saja ambil nomor antrean. 
  • Tunggu nomormu dipanggil oleh petugas. 
  • Setelah tiba saatnya dilayani oleh CS, sampaikan jika kartu Telkomsel milikmu hilang dan ingin memblokirnya saja. 
  • Berikutnya ikuti panduan dan proses verifikasi yang dilakukan oleh CS. 
  • Setelah semua selesai, kamu akan mendapatkan kartu Telkomsel baru yang nomornya sama. 
Related  Cara Kirim Kuota Telkomsel

Cara 4. Blokir dan Ganti Nomor di GraPARI Online

Apakah layanan dari GraPARI hanya tersedia secara online saja? Jangan salah sangka, karena ada layanan GraPARI online yang dapat kamu akses dengan mudah. Di GraPARI online, kamu dapat mengajukan penggantian kartu dikarenakan hilang maupun rusak. Persyaratannya sebagai berikut:

  • Layanan ini hanya untuk pelanggan Telkomsel PraBayar dan Halo. 
  • Kartu yang baru akan dikirim dari kantor GraPARI terdekat dengan lokasi yang sudah ditentukan. 
  • Kamu juga harus membayar biaya pengiriman. 
  • Wajib menyiapkan KTP atau paspor, nomor Kartu Keluarga, alamat email, serta foto selfie sembari memegang kartu identitas tersebut.
  • Ukuran dokumen yang dapat diunggah di sistem itu tidak lebih dari 10 MB setiap file. 

Setelah semua siap, kamu dapat mengajukan pemblokiran nomor Telkomsel terlebih dahulu. Langsung saja lihat di bawah ini:

  • Lewat peramban yang kamu gunakan. Buka layanan GraPARI online
  • Kemudian masukkan alamat email dan nomor HP di kolom. 
  • Setelah itu, ketuk tombol Lanjutkan

  • Lalu pilih alasan kenapa kamu ingin mengganti kartu tersebut. 

  • Tekan tombol Lanjutkan dan ikuti instruksinya sampai selesai. 

Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang

Nantinya, pihak Telkomsel akan mengirimkan kartu ke GraPARI terdekat rumahmu. Untuk selanjutnya, kartu dikirimkan ke alamat yang kamu cantumkan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi kalau nomor hilang atau rusak. 

Sebagai bahan acuan selanjutnya, kamu mungkin ingin tahu cara cek nomor Telkomsel bukan?

Demikian adalah beberapa cara blokir nomor Telkomsel yang hilang. Pemblokiran ini sangat penting karena bertujuan untuk mengamankannya dari pihak tidak bertanggung jawab. Kamu dapat membuat pengajuan  dengan mudah lewat email maupun layanan GraPARI online. Kalau nomor sudah diblokir, dapat memakainya lagi untuk kartu yang baru. 

error:
Scroll to Top