Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

4 Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek, Melihat History Order ID Setahun

GEMATOS.ID | Di media sosial, khususnya X (Twitter), sempat viral postingan membagikan total transaksi yang dilakukan di aplikasi Gojek. Apakah kamu juga penasaran, sebenarnya seberapa banyak mengeluarkan uang di Gojek? Ada cara cek riwayat transaksi Gojek, bahkan sampai satu tahun. 

Mengecek riwayat transaksi sebenarnya bukan hanya untuk seru-seruan saja. Tapi ini bisa jadi langkah bagimu mengatur pengeluaran, terutama di aplikasi online seperti Gojek. Penjelasan ini akan diterangkan lebih lanjut di bawah. 

Kemudian untuk melihat riwayat transaksi di Gojek, kamu bisa menggunakan beberapa cara. Baik untuk cek detail setiap transaksi, bahkan sampai satu tahun sekaligus. Langsung saja perhatikan cara-cara di bawah ini. 

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek
Cek Riwayat Transaksi Gojek

Untuk melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan di aplikasi Gojek sangatlah mudah. Histori yang disajikan pun tidak terbatas waktu. Jika kamu ingin melihat pembelian dari bulan-bulan sebelumnya, tinggal gulir layar ke bawah dan cek satu per satu. 

Di aplikasi Gojek kamu juga bisa melihat riwayat transaksi, baik untuk GoCar, GoRide, maupun GoFood. Selain itu dapat mengecek pula pembayaran yang secara khusus dilakukan pakai GoPay. Seperti yang disinggung di atas, ada fitur download total transaksi selama setahun. Langsung cek panduan di bawah ini:

Cara 1. Cek Transaksi Orderan di Gojek ✔️

Cara cek riwayat transaksi Gojek yang pertama yaitu untuk melihat orderan apa saja yang pernah kamu lakukan. Ini tidak terbatas hanya pada satu transaksi. Namun kamu bisa melihat semua pesanan, baik GoFood, GoCar, maupun GoRide. 

Related  Cara Cek Tagihan Listrik yang Baru Update Januari 2024

Berdasarkan panduan dari situs resmi Gojek, riwayat yang ditampilkan tidak dibatasi untuk periode tertentu. Misalkan kamu dapat melihat pesanan makanan di GoFood yang pernah dibuat beberapa bulan lalu. Cara mengeceknya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek yang biasa kamu gunakan. 
  • Kemudian pilih menu Pesanan yang ada di bagian bawah. 

  • Selanjutnya, kamu pilih filter menu Riwayat. Selain itu, di halaman Pesanan kamu juga dapat melihat orderan yang masih dalam proses dan terjadwal. 

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

  • Cek setiap riwayat transaksi yang tercatat. Kalau ingin khusus melihat histori pembelian makanan, filter lagi dengan menu GoFood. Demikian untuk GoCar dan GoRide. 

Cara 2. Cek Transaksi Pembayaran Via Gopay ✔️

Penggunaan dompet digital memang tengah ramai, terutama bagi pengguna yang tidak punya rekening bank. Meskipun tanpa rekening, tetap bisa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel. Aplikasi Gojek pun turut mengeluarkan layanan dompet digital bernama Gopay. 

Kamu bisa melakukan berbagai pembayaran menggunakan saldo Gopay. Entah itu transaksi yang dilakukan di aplikasi Gojek sendiri ataupun platform online lainnya. Lantas, bagaimana cara cek riwayat transaksi Gojek yang dibayarkan dengan Gopay? Perhatikan saja langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini:

  • Buka aplikasi Gojek milikmu. 
  • Kemudian cek dashboard Gopay yang ada di bagian atas. 
  • Pada menu tersebut, ketuk opsi Klik & Cek Riwayat yang ada di bawah jumlah saldo. 

  • Selanjutnya kamu akan langsung melihat daftar semua histori transaksi yang pembayarannya menggunakan Gojek. 
  • Kamu juga dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan tanggal, layanan, dan metode. 
  • Transaksi dengan warna hijau menandakan penambahan saldo Gopay. Sedangkan yang berwarna hitam itu berarti uang keluar. 

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

  • Bukan hanya cek histori, tapi kamu juga dapat membagikan bukti pembayaran. 
  • Caranya klik transaksi yang ingin dibagikan. 
  • Kemudian klik tombol Bagiin Bukti Bayar yang ada di bawah. 
Related  Cara Pakai GoFood Plus dengan 8 Langkah Mudah

Selain dengan langkah-langkah tersebut, transaksi pembayaran dengan Gopay juga dapat diakses dengan cara lain. Caranya dengan ketuk Eksplor yang ada di menu Gopay. Selanjutnya masuk ke bagian Riwayat

Cara 3. Download Laporan Transaksi Satu Tahun ✔️

Kalau kamu ingin melihat histori transaksi yang lebih lengkap, bisa mengunduh laporan transaksi yang pernah dilakukan selama satu tahun. Laporan tersebut dihadirkan dalam bentuk file, sehingga bisa kamu buka dari perangkat apa saja. Riwayat transaksi inilah yang sedang viral di media sosial dan banyak diposting oleh influencer

Untuk mengunduh laporan tersebut, pastikan sudah update aplikasi Gojek yang paling baru. Kemudian ikuti cara cek riwayat transaksi Gojek satu tahun berikut ini:

  • Pertama, kamu buka aplikasi Gojek yang sudah di-update
  • Kemudian klik ikon profil yang berada di sudut kanan atas. 

  • Langkah selanjutnya, pilih menu Pesanan yang ada di bagian Akun. 

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

  • Setelah itu, ketuk tanda download yang ada di sebelah atas kanan. 
  • Lalu tentukan tanggal mulai dan sampai kapan transaksi di Gojek yang hendak kamu cek. Ingat, maksimal hanya sampai satu tahun. Contohnya dari tanggal 3/10/22 sampai dengan 3/10/23.
  • Klik tombol Download yang ada di bawah. 

  • Tunggu proses unduhan berjalan. 
  • Jika file sudah terunduh, sekarang kamu buka aplikasi File Manager yang ada di perangkat. Temukan berkas tersebut di dalam folder Download. 
  • Di sini kamu bisa lihat berapa banyak uang yang dihabiskan untuk transaksi di Gojek selama periode yang ditentukan. 

  • Selain itu, ada rincian lengkap setiap transaksi. Contohnya orderan di GoCar yang dimulai dari tempat mana dan tujuannya. 

Melihat riwayat selama satu tahun ini bukan hanya untuk tahu histori transaksi yang ada di Gojek saja. Bahkan mungkin riwayat yang tidak tercatat dalam aplikasi. Sekarang, kamu bisa ikutan trend viral yang membagikan total transaksi Gojek. 

Related  Cara Cek iPhone Asli

Cara 4. Lihat Riwayat Transaksi di GoTagihan ✔️

Cara cek riwayat transaksi Gojek yang selanjutnya ini khusus untuk penggunaan GoTagihan. Layanan tersebut berfungsi untuk membayar berbagai tagihan secara online, contohnya token listrik, IndiHome, Telkomsel Halo, dan lainnya. Adanya layanan GoTagihan pastinya memberikan kemudahan, karena cukup bayar dari rumah. 

Khusus untuk transaksi di GoTagihan, juga bisa kamu cek sendiri. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek. 
  • Kemudian masuk ke menu GoTagihan
  • Setelah ada di halaman beranda GoTagihan, klik logo struk dan jam yang ada di pojok kanan atas. 

Cara Cek Riwayat Transaksi Gojek

  • Selanjutnya kamu bisa melihat semua histori pembayaran tagihan yang pernah dilakukan melalui Gojek. 

  • Kamu juga dapat melihat riwayat transaksi berdasarkan kategori tertentu dengan klik logo filter di pojok kanan atas. 
  • Bila ingin melihat informasi lebih detail, klik salah satu transaksi. 
  • Di sana ada fitur Kirim Bukti jika merasa belum mendapatkan bukti pembayaran melalui email

Pentingnya Cek Riwayat Transaksi Gojek

Dari berbagai cara di atas tidak hanya berguna untuk mengetahui transaksi yang pernah dilakukan saja. Namun bisa jadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Mengapa demikian? Karena dari data tersebut, kamu akan tahu bahwa terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk transaksi online di Gojek. 

Terlebih lagi riwayat transaksi yang di-download untuk satu tahun. Dari sana akan langsung muncul total transaksi di periode yang dipilih. Selanjutnya dapat kamu jadikan acuan untuk mengatur keuangan agar lebih bijak dan tidak asal order di Gojek bila tidak diperlukan. 

Itulah beberapa cara cek riwayat transaksi Gojek untuk orderan, pembayaran, maupun pembelian. Histori yang ditampilkan tidak dibatasi, sehingga tinggal scroll untuk melihat transaksi lebih lama. Namun jika ingin download laporan transaksi, maksimal satu tahun. 

error:
Scroll to Top