Cara Cek Tipe HP Oppo

4 Cara Cek Tipe HP Oppo Sendiri yang Paling Benar

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu ditanyai teman tipe HP Oppo yang digunakan sekarang tapi tidak tahu atau lupa? Kalau kamu benar-benar tidak ingat, cobalah beberapa cara cek tipe HP Oppo yang akan dijelaskan. Kamu dapat melihatnya dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. 

Mengetahui tipe HP Oppo merupakan hal yang sangat penting. Tipe-tipe tersebut kamu perlukan jika ingin download aplikasi dan mencari yang kompatibel dengan perangkat. Atau kalau tidak saat ingin beli pelindung ponsel dan harus menyebutkan tipenya kepada penjual. 

Tipe HP Oppo sendiri memang beragam. Bahkan jika masih satu series, kemungkinan tampilan fisiknya tidak jauh berbeda. Namun tidak usah khawatir dan bingung membedakannya, berikut akan diterangkan berbagai cara untuk melihat tipe ponsel Oppo yang digunakan saat ini. 

Cara Cek Tipe HP Oppo

Cara Cek Tipe HP Oppo
Cek Tipe HP Oppo

Kalau ingin memastikan tipe HP Oppo itu tidak perlu aplikasi tambahan. Informasi ini dapat kamu cek dengan sangat mudah. Cara cek tipe HP Oppo ada yang lewat menu Pengaturan, kode tertentu, melihatnya di dusbook maupun casing belakang perangkat. Langsung saja perhatikan penjelasan masing-masing cara berikut ini:

Cara 1. Cek Lewat Menu Pengaturan ✔️

Cara cek tipe HP Oppo yang pertama dan paling mudah yaitu melalui menu Pengaturan. Bahkan tidak hanya tipe ponsel saja, tapi kamu juga bisa melihat informasi penting lainnya terkait perangkat tersebut. Cara melihatnya seperti panduan di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan di HP Oppo yang kamu gunakan. 
Related  Cara Cek Saldo ATM BRI yang Benar

Cara Cek Tipe HP Oppo

  • Gulir layar ke bawah dan temukan menu Tentang Ponsel. Pilihlah menu tersebut untuk melihat informasi HP Oppo. 

  • Selanjutnya, kamu bisa langsung cek informasinya di bagian paling atas, tepatnya di menu Nama Perangkat. Di sana tertulis merek HP, seriesnya, tipe, dan tahun produksi. Contohnya di sini adalah Oppo A71 yang diproduksi tahun 2018.

  • Untuk informasi lebih lengkap, klik tanda panah yang ada di sebelah kanan menu tersebut. 

Selain informasi tipe perangkat, kamu bisa tahu model HP, versi android, dan versi ColorOS-nya. Informasi ini sama pentingnya karena berpengaruh pada aplikasi yang ingin kamu unduh apakah kompatibel atau tidak. Di samping itu juga ada informasi mengenai jumlah RAM, kapasitas total memori internal dan sisanya. 

Cara 2. Cek Menggunakan Kode Khusus ✔️

Cara cek tipe HP Oppo yang kedua menggunakan kode rahasia. Di mana saat kamu input kode tersebut, akan muncul informasi software, termasuk versi androidnya berapa. Mungkin masih banyak pengguna HP Oppo yang tidak tahu dengan kode satu ini. 

  • Seperti sebelumnya, cara ini juga tidak memerlukan aplikasi tambahan. Seperti inilah langkah-langkahnya:
  • Buka menu Panggilan di HP Oppo yang ditandai dengan ikon telepon. 
  • Setelah itu, input kode *#6776#
  • Tunggu dan cek informasi perangkat yang muncul pada layar. 

Cara Cek Tipe HP Oppo

Cara 3. Lihat pada Dusbook ✔️

Cara cek tipe HP Oppo selanjutnya ini jauh lebih mudah dan praktis. Kamu tidak perlu buka menu apa pun atau input kode rahasia. Sebab tipe perangkat bisa dilihat langsung pada bungkus kemasannya atau yang sering disebut dengan dusbook. 

Kalau kamu beli HP Oppo secara resmi di counter, pasti akan mendapatkan dusbook. Di luar kemasan tersebut tercetak tipe HP dengan ukuran font yang cukup besar dan terlihat jelas. Jadi, tidak perlu kebingungan lagi. 

Related  Cara Cek Tipe HP Oppo yang Benar

Keberadaan dusbook sebenarnya bukan hanya sebagai perlindungan atau tempat saat beli HP Oppo baru. Melainkan di sisi luar dusbook tercatat berbagai informasi penting mengenai ponsel tersebut. Selain tipenya, kamu bisa lihat model, nomor seri, maupun kapasitas penyimpanan. 

Lewat dusbook pula kamu dapat mencocokkan nomor seri dan IMEI yang ada untuk membuktikannya asli atau tidak. Karena itulah, sebaiknya tidak membuang dusbook setelah membelinya. Apalagi ada tidaknya dusbook akan mempengaruhi harga jika sewaktu-waktu ingin menjualnya. 

Cara 4. Lihat di Belakang HP Oppo ✔️

Cara Cek Tipe HP Oppo

Terakhir adalah cara cek tipe HP Oppo yang sama-sama mudahnya. Ini bisa jadi solusi cepat ketika lupa dusbook diletakkan di mana. Untuk perangkat baru, biasanya ada stiker yang ditempelkan di bagian belakang ponsel. 

Dalam stiker tersebut tercantum informasi nomor seri perangkat. Ada juga catatan nomor IMEI untuk membuktikan jika smartphone Oppo yang kamu pakai asli. Sebaiknya tidak membuang stiker tersebut. Kalau ingin menutupinya, tinggal gunakan pelindung HP saja. 

Macam-Macam Tipe HP Oppo

Banyak sekali tipe HP Oppo yang dijual di pasaran. Umumnya, tipe-tipe tersebut dikelompokkan ke dalam series tertentu. Berikut ini beberapa macam series dan tipe dari HP Oppo yang pernah diproduksi:

1. Find X Series

Yang pertama adalah HP Oppo Find X Series. Di mana smartphone tersebut mengusung konsep The Art of Technology. Kelebihan dari tipe HP Oppo yang satu ini menawarkan keyboard tambahan dan kemampuan kamera yang terbukti mumpuni. 

Dari segi dapur pacu tidak kalah bagus, sebab prosesornya menggunakan Snapdragon atau Qualcomm. Tapi sayang, untuk baterai lebih boros penggunaannya. Find X Series ini bisa kamu beli mulai Rp4,7 juta sampai dengan Rp16,5 juta. 

Related  3+ Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome, Melihat FUP & Tagihan

2. Reno Series

Oppo Reno adalah tipe selanjutnya yang banyak disukai dengan segala kelebihannya. Mulai dari desain yang lebih eyecatching dan cocok untuk anak muda. Apalagi kameranya sangat mumpuni, contohnya tipe Oppo Reno 3 Pro yang punya kamera utama 48 MP. 

Performa perangkat termasuk stabil, sebab memakai prosesor MediaTek atau Qualcomm. Kekurangannya ada pada kapasitas baterai, contohnya Oppo Reno 5 dengan baterai 4500 mAh. Harganya kisaran Rp3,5 juta sampai Rp18 juta. 

3. A Series

Oppo A series mungkin jadi salah satu tipe yang paling banyak digunakan. Pasalnya, berbagai tipe Oppo A series didukung oleh kamera canggih dan kapasitas baterai hingga 500 mAh. Terlebih lagi untuk urusan harga cukup ramah di kantong, kisaran satu sampai tiga jutaan saja. 

4. K Series

Tipe Oppo selanjutnya dari seri K. Bisa dibilang, series ini jadi salah satu model terbaru milik Oppo. Oppo tipe K series, seperti K10 dan lainnya punya performa yang stabil. Layarnya sudah AMOLED dan super AMOLED, sehingga benar-benar menarik dari segi tampilannya. Kebanyakan didukung kapasitas baterai hingga 5000 mAh. 

5. Neo Series

Kalau ingin cari HP Oppo yang murah, tipe dari Neo series bisa jadi pilihan. Pasalnya, tipe ini dijual mulai dari satu jutaan saja. Namun sayang, dari segi performa masih kalah dengan seri-seri Oppo yang lain. 

6. Mirror Series

Tipe HP Oppo selanjutnya yang pernah diproduksi datang dari Mirror series. Di mana beberapa tipenya didesain glossy, sehingga tampak mewah. Keunggulan lainnya dari segi harga yang dijual mulai dari satu sampai dua jutaan saja. Tapi sayang, prosesor dan kameranya kurang maksimal. 

Demikian penjelasan cara cek tipe HP Oppo dengan mudah. Paling praktis memang memastikan tipe ponsel dari menu Pengaturan. Di sana pun kamu bisa melihat spesifikasi lain, seperti versi android, colorOS, maupun kapasitas penyimpanan. 

error:
Scroll to Top