Cara Cek Tipe HP Xiaomi

5 Cara Cek Tipe HP Xiaomi Sendiri dengan Kode IMEI Semua Tipe

GEMATOS.ID | Apa tipe HP Xiaomi yang kamu gunakan saat ini? Apakah kamu tidak tahu? Kalau tidak tahu atau lupa, bisa memastikannya dengan cara cek tipe HP Xiaomi yang akan dijelaskan berikut ini. Pastikan kamu mengeceknya, terutama saat ingin mengunduh aplikasi tertentu. 

Bagi orang-orang awam mungkin tipe HP tidak terlalu penting. Dipikirnya, asal ponsel tersebut masih normal digunakan. Padahal, mengetahui tipe smartphone sangat penting. Bukan hanya untuk mencari aplikasi yang kompatibel, keperluan lainnya ketika kamu membeli pelindung ponsel. 

Terlebih lagi tipe HP Xiaomi yang ada di pasaran itu beragam. Tidak menutup kemungkinan ada yang penampilan fisiknya hampir sama, padahal tipenya berbeda. Karena itulah, cek tipe perangkat tersebut dengan cara-cara di bawah ini. 

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

Cara Cek Tipe HP Xiaomi
Cek Tipe HP Xiaomi

Ada banyak cara cek tipe HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Mulai dari yang paling mudah dengan melihatnya pada menu Setelan atau pengaturan perangkat. Kamu juga dapat melihatnya pakai IMEI dan aplikasi tambahan. 

Selain cara yang sudah disebutkan, kamu bisa langsung melihat pada dusbook dan stiker yang tertempel di belakang perangkat. Berikut ini penjelasan masing-masing caranya:

Cara 1. Cek Tipe HP Xiaomi Lewat Menu Setelan ✔️

Cara cek tipe HP Xiaomi pertama yang paling mudah dan direkomendasikan yaitu lewat menu Setelan. Di mana kamu bisa melihat semua spesifikasi perangkat dalam satu kali pengecekan. Jadi, tidak hanya tipe HP saja. 

Related  3 Cara Cek Touchscreen Xiaomi yang Paling Mudah

Metode ini juga yang sering digunakan. Pengecekannya sangat gampang seperti panduan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi. Umumnya menu tersebut ditandai dengan shortcut roda gerigi yang bisa kamu akses dari homescreen. Selain itu bisa membukanya juga lewat control center dengan mengusap layar ke bawah. 

  • Setelah masuk ke Setelan, langsung klik menu Tentang Telepon. 

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

  • Berikutnya kamu bisa cek tipenya pada bagian Nama Perangkat. Di bagian tersebut akan tertera tipe HP Xiaomi selama kamu belum pernah mengedit namanya. 

Selain tipe HP, kamu juga dapat mengecek informasi perangkat yang lain. Pada halaman tersebut ada informasi mengenai versi MIUI, android, hingga kapasitas penyimpanan. Jika ingin informasi yang lebih lengkap, lihat di menu Keseluruhan Spesifikasi. 

Cara 2. Cek Tipe HP Xiaomi Pakai IMEI ✔️

Cara cek tipe HP Xiaomi yang kedua ini mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Karena bukan langsung lewat menu Setelan, melainkan pakai IMEI. Ini merupakan nomor yang menunjukkan identitas setiap perangkat. Nomor IMEI itu unik, sehingga setiap HP pasti punya kombinasi nomor yang tidak sama. 

Dari nomor IMEI itulah, kamu bisa melihat tipe HP yang sedang kamu gunakan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Telepon di HP Xiaomi. 
  • Kemudian input kode *#06# untuk melihat nomor IMEI. 
  • Catat salah satu nomor IMEI yang muncul. Perlu kamu ketahui jika setiap slot SIM card memiliki IMEI yang berbeda juga. 
  • Setelah dapat nomor IMEI, sekarang kamu buka browser dan akses situs imei.info.
  • Masukkan nomornya pada kolom yang sudah disediakan. 
  • Klik tombol Check dan tunggu hasilnya. 

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

  • Nantinya akan ditampilkan model HP Xiaomi, brand, dan informasi mengenai IMEI tersebut. 
Related  3 Cara Cek Touchscreen HP Oppo Tidak Berfungsi dengan Benar

Cara 3. Lihat Tipe HP Xiaomi pada Dusbook ✔️

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

Berikutnya adalah cara cek tipe HP Xiaomi tanpa harus akses apa pun. Di sini kamu bisa langsung lihat pada dusbook atau kotak pembungkus HP. Jika kamu beli ponsel baru, pasti mendapatkan kelengkapan berupa dusbook tersebut. 

Di kotak pembungkus sangat jelas tercantum apa tipe HP Xiaomi. Karena sudah pasti saat orang-orang beli ponsel, yang ditanyakan pertama kali seri dan tipenya. Karena itulah, kamu bisa menemukan informasi tipe HP dengan sangat mudah melalui dusbook. 

Selain tipe HP, di dusbook juga dicantumkan informasi perangkat lainnya. Paling utama ada kapasitas memori, baik RAM maupun penyimpanan internal. Di mana informasi tersebut juga diperlukan saat membeli ponsel. 

Cara 4. Lihat Tipe HP Xiaomi Lewat Stiker di HP ✔️

Selain lewat dusbook, ada cara cek tipe HP Xiaomi yang mudah lainnya tanpa akses menu apa pun. Cara yang dimaksudkan yaitu mengecek melalui stiker yang tertempel di belakang perangkat. Pada HP baru, pasti ada stiker tersebut. 

Dalam stiker termuat berbagai informasi. Kamu bisa cek model HP Xiaomi yang ditulis dengan kode tertentu. Ada juga nomor IMEI untuk masing-masing SIM card. Nomor itu nantinya juga bisa kamu pakai untuk lihat tipe ponsel seperti yang sudah diterangkan. Di samping itu ada pula informasi kapasitas ruang penyimpanan. 

Cara 5. Cek Tipe HP Xiaomi Lewat Aplikasi CPU-Z ✔️

Cara cek tipe HP Xiaomi yang terakhir menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z. Sebenarnya ini adalah aplikasi multifungsi. Mengapa demikian? Karena bukan hanya menampilkan informasi mengenai spesifikasi perangkat, tapi juga kesehatan baterai dan lainnya. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Download dulu aplikasi CPU-Z dari Google Play Store. 
  • Kemudian instal dan buka aplikasinya. 
  • Setelah itu, arahkan ke tab menu Device
  • Di sana kamu bisa lihat informasi model HP Xiaomi, RAM, internal storage dan lainnya. Kamu juga dapat cek kesehatan baterai dan memastikannya masih normal digunakan. 
Related  Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau Distributor atau Abal-abal

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

Macam-Macam Seri HP Xiaomi

Kamu harus tahu bahwa tipe HP Xiaomi yang ada di pasaran itu sangat beragam. Di mana tipe-tipe tersebut dikumpulkan ke dalam seri tertentu. Berikut ini beberapa seri yang dimiliki oleh HP Xiaomi:

1. Xiaomi Mi

Mi merupakan seri pertama HP Xiaomi yang pertama kali rilis tahun 2011 dengan tipe Mi 1. Seri Mi lebih ditargetkan untuk pasar kelas atas (flagship) dengan harga yang kompetitif. Beberapa tipe yang ada yaitu Mi 10, 10T, 10T Pro, Mi 4i, dan Mi 8 Lite. 

2. Mi Mix

Seri Xiaomi selanjutnya adalah Mi Mix yang menggunakan desain layar full view. Yang mana pada saat awal perilisannya, ponsel berbezel tipis masih cukup jarang. Salah satu tipe yang pernah diluncurkan adalah Mi Mix 3 dengan desain kamera depan yang pop-up-nya manual.

3. Mi Note

Berikutnya adalah Mi Note yang menjadi salah satu seri flagship berlayar besar dari Xiaomi. Seri Mi Note terkenal dengan chipset kelas atas dan fitur-fitur premiumnya.  Contoh tipe yang pernah dikeluarkan adalah Mi Note 3 dan Mi Note 10 Pro. 

4. Redmi

Seri Redmi pertama kali rilis pada tahun 2013 dengan tipe awalnya Redmi 1. Sasaran dari Redmi adalah pasar menengah ke bawah dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak sekali tipe Redmi yang dikeluarkan hingga saat ini. Namun pada tahun 2019, Redmi menjadi sub-brand Xiaomi, tetapi masih dalam pengawasannya. 

5. POCO

POCO jadi seri Xiaomi yang paling banyak digemari saat ini. Tipe pertama dari seri tersebut rilis tahun 2018 dengan produk Pocophone F1. Kemudian muncul tipe-tipe lain, seperti POCO F2 Pro, X3 NFC, hingga M3. 

Demikian penjelasan berbagai cara cek tipe HP Xiaomi. Kamu bisa mengeceknya dengan mudah dari menu Setelan perangkat. Selain itu juga dapat melihat langsung pada dusbook maupun stiker yang tertempel pada bagian belakang ponsel. 

error:
Scroll to Top