Cara Cek Touchscreen HP Oppo

3 Cara Cek Touchscreen HP Oppo Tidak Berfungsi dengan Benar

GEMATOS.ID | Apakah kamu ingin beli HP Oppo second? Sebelum memutuskan untuk pilih yang mana, pastikan dulu kondisinya dengan cara cek touchscreen HP Oppo. Meskipun banyak komponen penting lain untuk dicek, sentuhan juga tak kalah krusial. Pasalnya, semua perintah untuk perangkat diberikan lewat sentuhan tersebut. 

Sebenarnya pengecekan seperti ini tidak hanya saat ingin membeli ponsel bekas. Kamu juga dapat melakukannya pada HP-mu sendiri. Terutama ketika dirasa ada sensitivitas yang mulai turun dan beberapa titik tidak dapat merespon sentuhan yang diberikan. 

Selain menjelaskan cara untuk mengecek touchscreen HP Oppo, akan dijelaskan beberapa orang hal penting lainnya. Mulai dari penyebab touchscreen mengalami penurunan fungsi hingga solusi yang bisa kamu lakukan. Tujuannya agar hal serupa tidak terjadi lagi dan malam memperparah kerusakan. 

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

Cara Cek Touchscreen HP Oppo
Cek Touchscreen HP Oppo

Ada beberapa cara cek touchscreen HP Oppo untuk kamu coba. Secara khusus HP Oppo punya kode rahasia yang berfungsi untuk melakukan berbagai pengecekan komponen. Termasuk melihat kondisi touchscreen masih normal atau tidak. 

Selain itu, kamu dapat melakukan diagnostik untuk melihat ada tidaknya dead pixel pada layar. Sebab ketika LCD rusak, maka akan ikut berpengaruh pada touchscreen. Satu cara lainnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi. Perhatikan panduannya di bawah ini. 

Cara 1. Cek Touchscreen Lewat Engineer Mode ✔️

Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh penggunaan HP Oppo dalam melakukan berbagai yaitu lewat engineer mode. Dalam mode tersebut tersedia banyak pengecekan komponen, salah satunya touchscreen. Kamu bisa mengikuti pengujian sederhana untuk memastikan sentuhan layar masih normal atau tidak. 

Related  Cara Cek Pulsa Tri yang Benar

Seperti yang telah disinggung bahwa sentuhan ini jadi komponen paling penting. Ketika touchscreen rusak, otomatis kamu tidak bisa memberikan perintah pada perangkat. Apalagi jika hampir semua titik di layar tidak merespon sentuhan dan sensitivitasnya menurun. 

Engineer mode dapat kamu akses dengan menggunakan kode khusus. Berikut ini cara cek touchscreen HP Oppo dengan metode pertama ini:

  • Buka menu Telepon di HP Oppo. 
  • Kemudian input kode *#899# tanpa mendialnya untuk membuka engineer mode. 
  • Setelah terbuka, kamu pilih opsi manual test. 

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

  • Selanjutnya arahkan ke tab Device debugging. 
  • Di sini, kamu pilih Touchscreen

  • Selanjutnya akan muncul tiga macam pilihan pengetesan. 

  • Jika kamu pilih Handwriting, maka tinggi corat-coret layar untuk mengecek responsivitas layar. Kalau garis biru putus padahal jari tidak diangkat sama sekali dari layar, maka bagian tersebut bermasalah. Kalau garis terus mengikuti, artinya touchscreen masih bagus. 
  • Kemudian dalam mode Verification, akan muncul koordinat area layar yang berhasil disentuh. 
  • Kamu juga bisa memilih Touch screen auto test untuk melakukan pengecekan secara otomatis. Jika hasilnya Pass berwarna hijau, maka berfungsi dengan baik. Tapi kamu harus waspada jika yang muncul kode error. 

Cara 2. Cek Touchscreen dengan Melihat Dead Pixel ✔️

Cara cek touchscreen HP Oppo selanjutnya dengan memastikan baik tidaknya kondisi layar. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan diagnostik untuk melihat ada tidaknya dead pixel. Kondisi tersebut adalah ketidakmampuan layar dalam menghasilkan warna secara benar. 

Mengapa pengecekan ini diperlukan? Karena ketika kondisi layar tidak normal, sedikit banyak akan berpengaruh pada touchscreen. Untuk melihat dead pixel tergantung pada seri Oppo yang kamu pakai. Tapi secara umum, caranya sebagai berikut:

  • Buka folder Alat Bantu dari homescreen
  • Kemudian pilih aplikasi Pengelola Telepon. 
  • Selanjutnya kamu masuk ke menu Diagnostik
  • Hapus semua ceklis dan sisakan untuk bagian Screen saja. 
Related  4 Cara Cek Tipe HP Oppo Sendiri yang Paling Benar

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

  • Jalankan pengetesan dengan klik tombol Check

  • Setelah selesai pengecekan, coba lihat apakah layar menampilkan bagian yang berbeda atau tidak. 
  • Tergantung ada tidaknya dead pixel, kamu bisa pilih No, Yes, atau Check Again. 

  • Setelah itu lihat hasil deteksi. Kalau screen pixel dan screen grayscale error, maka harus segera dibawa ke tempat servis. 

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

  • Kamu juga bisa melihat apakah ponselmu sudah mendukung multi touchscreen atau belum.

Cara 3. Tes Menggunakan Aplikasi Screen Test Pro ✔️

Cara cek touchscreen HP Oppo yang selanjutnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi bernama Screen Test Pro. Aplikasi ringan tersebut ternyata banyak kegunaannya. Ada berbagai fitur pengecekan layar yang bisa kamu coba. Berikut caranya jika ingin melihat normal tidaknya touchscreen:

  • Download dulu aplikasi Screen Test Pro dari Google Play Store. 
  • Instal dan buka aplikasinya. 

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

  • Untuk pengecekan touchscreen, pertama kamu bisa pilih fitur Multi touch test. 
  • Dalam menu tersebut kamu dapat melihat berapa jari yang dapat menyentuh layar secara bersamaan. Apakah layar sensitif dengan semua sentuhan tersebut. 

  • Selanjutnya cek juga di menu Touch Test. 
  • Caranya yaitu dengan usap semua layar dan perhatikan adakah bagian yang tidak merespon sentuhan yang diberikan. 

Cara Cek Touchscreen HP Oppo

Penyebab Touchscreen HP Bermasalah

Kalau dari hasil pengecekan ada titik layar yang mengalami masalah, maka kamu harus mencari penyebabnya. Untuk kemudian bisa dicari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Berikut ini beberapa penyebab touchscreen HP eror yang paling sering terjadi:

1. Terbentur atau Jatuh

Penyebab pertama yaitu HP mengalami benturan atau tidak sengaja terjatuh. Hal ini bisa membuat layar rusak dan mengakibatkan touchscreen tidak lagi berfungsi. Apalagi ketika jatuh itu posisi layar yang lebih dulu mengenai lantai. 

Related  4 Cara Cek Touchscreen Samsung Ori yang Benar

2. Layar LCD Rusak

Ketika layar LCD rusak, sudah pasti kamu tidak dapat memberikan sentuhan. Di mana perintah diberikan dan ditampilkan pada layar tersebut. Penyebab kerusakan ini beragam. Selain karena terjatuh, bisa disebabkan juga panas berlebih atau overheating

3. Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebab selanjutnya karena adanya bug pada sistem perangkat. Salah satu yang menjadi faktor pemicu adalah banyaknya aplikasi, baik berjalan di belakang layar maupun tidak. Ketika banyak aplikasi dan memori penuh, maka HP terpaksa harus bekerja lebih keras. Hal tersebut bisa jadi menimbulkan masalah pada touchscreen

4. HP Kemasukan Air

Sensitivitas layar dapat berkurang ketika disentuh karena ada faktor dari luar yang mengganggu. Contohnya HP kemasukan air dan membuat sentuhan tidak berfungsi lagi. Ini sering terjadi ketika kamu hujan-hujanan. 

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi

Ketika kamu mendapati touchscreen HP Oppo tidak berfungsi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Jadi, tidak harus langsung datang ke tempat servis kalau masih tergolong kerusakan ringan. Berikut ini berbagai cara untuk mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi:

  • Cobalah untuk restart HP untuk memperbaiki eror dan bug yang mungkin saja terjadi. 
  • Masuk ke safe mode untuk mendeteksi apakah masalah datang dari aplikasi ketiga atau tidak. 
  • Coba lepas pelindung layar. 
  • Meningkatkan latensi layar. 
  • Segera keringkan HP jika baru saja kehujanan. 
  • Jika HP sedang dicas, sebaiknya lepas charger-nya. Kemudian lepas kartu SIM dan memori dari HP. 
  • Kalau masih saja eror, bisa melakukan flash atau langsung bawa ke tempat servis. 
Masih ingin tahu lebih detail tentang HP Oppo milikmu? Cobain cara cek HP Oppo sekarang.

Itulah beberapa cara cek touchscreen HP Oppo. Kamu bisa menggunakan kode rahasia untuk masuk ke engineer mode. Selain itu dapat melakukan diagnostik layar dan memanfaatkan fitur pengecekan dari aplikasi tambahan. 

error:
Scroll to Top