Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

4 Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri, Kirim Pesan WA Yourself

GEMATOS.ID | Sudahkah kamu tahu bagaimana cara chat WhatsApp ke nomor sendiri? Ternyata, WA tidak hanya bisa dipakai untuk menghubungi pengguna lain atau nomor-nomor yang tersimpan dalam kontak. Kamu juga bisa chat diri sendiri kalau diperlukan, contohnya membuat catatan pribadi. 

Tidak jarang juga ada orang yang iseng menghubungi nomornya sendiri dengan alasan gabut. Karena tidak ada chat yang masuk, maka lebih baik curhat ke diri sendiri. Meski begitu, ini juga dapat kamu jadikan sebagai cara untuk seru-seruan. 

Mengirim pesan WA ke diri sendiri dapat dilakukan di HP android maupun iPhone. Tentunya dengan cara yang berbeda. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, kamu bisa cek cara-cara yang akan diterangkan di bawah ini. 

Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri
Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

Perlu kamu ketahui bahwa WhatsApp versi baru itu bisa digunakan untuk chat ke nomor sendiri. Fitur yang dimaksudkan itu bernama Message Yourself. Bukan hanya di HP android saja, tapi fitur tersebut juga tersedia untuk semua pengguna iPhone. 

Namun selain pakai fitur bawaan tersebut, ada cara lain  yang dapat kamu coba. Caranya yaitu dengan menyimpan nomor sendiri terlebih dahulu ke daftar kontak atau pakai link wa.me. Dua cara tersebut bisa digunakan kalau belum ada update fitur Message Yourself pada aplikasi WhatsApp milikmu. Beginilah penjelasan masing-masing caranya. 

Cara 1. Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri di HP Android ✔️

Seperti yang telah diterangkan bahwa WhatsApp memiliki fitur Message Yourself. Di mana fitur tersebut memungkinkanmu untuk mengirimkan pesan ke diri sendiri. Tentunya tanpa harus save nomor terlebih dahulu maupun pakai link tertentu. 

Related  Cara Membuat Status WhatsApp

Fitur Message Yourself ini sebenarnya sangat berguna. Contohnya jika kamu ingin membuat pengingat tanpa harus buka-buka Note atau aplikasi lain. Di samping itu, bisa kamu pakai untuk simpan foto maupun video sebelum dibagikan ke story atau pengguna lain. 

Syarat pakai fitur Message Yourself tentunya harus update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Sebab fitur tersebut hanya tersedia pada aplikasi WA yang telah diperbarui. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara chat WhatsApp ke nomor sendiri pakai fitur Message Yourself di android, simak panduan berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah pakai aplikasi WhatsApp versi terbaru. Kalau ternyata masih pakai yang lama, update dulu di Google Play Store. 
  • Setelah di-update, kemudian buka aplikasinya. 
  • Kemudian kamu klik ikon pesan baru yang ada di pojok kanan bawah. 

Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

  • Karena sudah di-update, kamu akan langsung melihat tampilan nomor sendiri pada urutan paling atas daftar kontak. 

  • Umumnya nomor tersebut tidak ada namanya, bila belum kamu simpan di daftar kontak. Namun di samping nomor ada keterangan Anda di dalam tanda kurung. 
  • Selain itu, di bawah nomor tersebut terdapat keterangan “Kirim pesan ke diri sendiri.”
  • Langsung saja buat chat baru ke nomormu tersebut. Nantinya akan terbuka room chat seperti biasanya. 

Selain membuat chat baru, fitur Message Yourself juga dapat kamu pakai ketika ingin membagikan pesan atau konten tertentu. Tentunya disimpan ke nomor sendiri lebih aman dan menjaga privasi. Tapi yang harus kamu ingat, chat ke nomor sendiri tidak dapat berbalas pesan. Itu artinya hanya terjadi komunikasi satu arah saja. 

Cara 2. Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri di iPhone ✔️

Cara chat WhatsApp ke nomor sendiri yang akan dijelaskan berikut ini khusus untuk pengguna HP iPhone. Sebenarnya sama-sama menggunakan fitur Message Yourself. Tapi karena tampilan WA di android dan iPhone itu berbeda, mungkin ada sedikit kebingungan. Khususnya bagi pengguna baru. 

Related  Cara Memindahkan WhatsApp ke Handphone Lain

Seperti syarat untuk HP android, kamu pun harus melakukan update terlebih dahulu pada aplikasi WhatsApp. Kalau tidak, maka tidak bisa menggunakan fitur Message Yourself atau mengirim pesan ke diri sendiri. Agar lebih jelas, sebaiknya kamu perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  • Kalau kamu masih pakai aplikasi WhatsApp yang lama, update dulu di App Store. 
  • Jika sudah, langsung saja buka WhatsApp yang biasa kamu gunakan. 
  • Kemudian klik ikon pensil yang ada di kanan atas halaman tersebut. Menu tersebut digunakan untuk membuat pesan baru WhatsApp. 

Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

  • Setelah terbuka, kamu bisa lihat kontakmu sendiri yang berada di urutan paling atas. Tentunya dengan keterangan tulisan Anda di samping nomor tersebut. 
  • Di bawah nomor juga ada keterangan “Kirim pesan ke diri sendiri” seperti halnya di android. 
  • Untuk mengirimkan pesan, ketuk nomor tersebut agar room chat terbuka. 

Cara 3. Kirim Chat ke Diri Sendiri dengan Simpan Nomor Dahulu ✔️

Bagaimana kalau ternyata fitur tersebut tidak muncul meskipun sudah kamu update? Hal seperti ini tidak menutup kemungkinan dialami oleh beberapa pengguna WhatsApp. Entah karena memang WA milikmu tidak menerima fitur update atau adanya bug. 

Kalau itu yang terjadi, kamu tidak perlu khawatir. Karena ada cara chat WhatsApp ke nomor sendiri yang masih dapat dilakukan. Caranya yaitu dengan menyimpan nomornya terlebih dahulu ke daftar kontak, kemudian mengirimkan chat seperti biasanya. 

Cara menyimpan nomor ke daftar buku telepon ini tergantung pada perangkat seluler yang kamu gunakan. Untuk pengguna HP android, khususnya Xiaomi dan Redmi, bisa cek caranya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon di HP yang kamu gunakan. 
  • Kemudian input nomormu sendiri. 
  • Pilih opsi Kontak Baru. 
Related  Cara Membuat Emoji di WA yang Benar

Cara Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri

  • Tulis nama yang ingin kamu gunakan dan tekan tanda centang. 

  • Nomor sudah tersimpan ke daftar buku telepon. Sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan. 
  • Biarkan WA mendeteksi nomor baru yang baru saja tersimpan. 
  • Jika sudah, cari nomormu sendiri dengan nama yang kamu berikan. 
  • Klik kontak tersebut dan coba kirimkan chat seperti biasanya. 

Selain menyimpannya lewat menu Telepon, sebenarnya kamu juga dapat save langsung lewat aplikasi WhatsApp. Langkah-langkahnya sebenarnya berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik ikon untuk membuat pesan baru. 
  • Kemudian pilih opsi Kontak Baru. 

  • Berikutnya masukkan nomormu dan nama yang ingin digunakan. 
  • Tekan Simpan dan coba cari di daftar kontak di aplikasi WA. 

Cara ini sebenarnya memberikan kemudahan dibandingkan tanpa save nomor. Karena jika sewaktu-waktu perlu mengirim chat ke diri sendiri, tinggal menuliskan namanya di pencarian. Sedangkan kalau tidak di-save, harus mencarinya satu per satu. 

Cara 4. Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Pakai Link Khusus ✔️

Ada satu cara chat WhatsApp ke nomor sendiri yang jadi solusi jika tidak ada fitur Message Yourself di aplikasi milikmu. Bahkan cara ini sudah digunakan sejak lama. Metode yang dimaksudkan yaitu menggunakan link yang khusus dipakai untuk chat WA tanpa save nomor. Berikut ini caranya:

Gunakanlah link wa.me. Kamu bisa tulis link ini di mana saja. Dapat pula langsung dimasukkan pada mesin pencarian. 

  • Cara membuatnya yaitu wa.me/62(nomormu). Contohnya wa.me/62890044773.
  • Akses link tersebut dan klik tombol Lanjut ke Chat. 

  • Berikutnya kamu akan dialihkan ke aplikasi WhatsApp dan langsung membuka room chat dengan nomormu sendiri. 

Demikian penjelasan cara chat WhatsApp ke nomor sendiri untuk HP android dan iPhone. Kamu dapat menggunakan Message Yourself yang merupakan fitur pada aplikasi WA terbaru. Kalau tidak ada fitur tersebut, bisa save nomor dulu atau pakai link wa.me.

error:
Scroll to Top