Cara Membatalkan Orderan Maxim

Cara Membatalkan Orderan Maxim Untuk Pelanggan dan Driver

GEMATOS.ID | Maxim adalah salah satu layanan transportasi online dan delivery yang ada di Indonesia. Pesan layanan tersebut sangat mudah karena dapat diselesaikan di satu halaman. Sekarang pertanyaannya, adakah cara membatalkan orderan Maxim jika diperlukan? 

Terkadang karena alasan tertentu, order yang sudah dibuat mendadak ingin dibatalkan. Namun masih banyak pengguna Maxim yang bingung apakah pesanan tersebut benar-benar bisa dibatalkan. Selain untuk pengguna, pembatalan order ternyata juga mungkin terjadi dari pihak mitra pengemudi. 

Pembatalan order kerap kali dinilai sebagai hal yang riskan, terutama dari sisi driver. Mengapa demikian? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini. Termasuk cara membatalkan pesanan di aplikasi Maxim, baik untuk pelanggan dan pengemudi. 

Bisakah Membatalkan Orderan Maxim? 

Bagi pengguna baru mungkin bertanya-tanya, adakah cara membatalkan order Maxim itu? Ternyata, aplikasi Maxim menyediakan opsi pembatalan jika diperlukan pada saat-saat tertentu. Menu ini tersedia baik di aplikasi Maxim untuk pengguna maupun mitra pengemudi. 

Bagi pengguna, fitur pembatalan order sangat diperlukan pada kondisi tertentu. Contohnya dengan alasan salah pilih layanan dan ingin menggantinya. Sedangkan bagi driver, bisa membatalkan pesanan yang terindikasi sebagai orderan fiktif atau memang dibatalkan sendiri oleh pengguna. 

Related  Cara Mengirim Barang Lewat Maxim Delivery yang Mudah

Meskipun mungkin, membatalkan pesanan kadang dinilai kurang bagus, terutama dari sisi mitra pengemudi. Karena jika sampai cancel hanya karena alasan yang tidak masuk akal, akan mempengaruhi rating. Kalau rating turun, bukankah itu berdampak pada kredibilitas dan tingkat kepercayaan pengguna kepada driver

Karena hal tersebut, manfaatkanlah fitur pembatalan orderan secara bijak. Lakukan jika punya alasan yang kuat dan memang harus segera membatalkan pesanan. Begitu pula dari pihak mitra pengemudi yang harus menghargai order masuk. Karena jika berhasil menyelesaikannya, akan menaikkan rating dan penilaian bagus. 

Cara Membatalkan Orderan Maxim

Cara Membatalkan Orderan Maxim
Cara Membatalkan Orderan Maxim

Kalau memang punya alasan kuat, kamu sekalian bisa membatalkan pesanan yang sudah dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membatalkan orderan Maxim untuk pengguna dan mitra pengemudi. Akan diterangkan pula cara yang tidak sampai menurunkan rating driver. 

Membatalkan Orderan Maxim Untuk Pelanggan

Penjelasan pertama adalah cara membatalkan orderan Maxim untuk pengguna. Di sini ada beberapa hal yang perlu dibahas. Selain caranya, akan menerangkan juga apa saja alasan penting sampai harus membatalkannya, syarat, dan pengembalian biaya. Perhatikan penjelasan berikut ini. 

Syarat Membatalkan Orderan Maxim Untuk Pelanggan

Apakah semua pesanan yang dibuat di aplikasi Maxim bisa dibatalkan? Jawabannya belum tentu. Ada syarat penting agar orderan dapat di-cancel. Syaratnya yaitu pesanan belum diproses dan diselesaikan oleh mitra pengemudi Maxim. 

Kalau driver sudah mulai bergerak untuk menyelesaikan orderan, sebaiknya tidak dibatalkan. Hal ini untuk mempertimbangkan bagaimana kesiapan mitra pengemudi tersebut. Bukankah akan sangat mengecewakan jika sudah berangkat setengah jalan, lalu tiba-tiba pelanggan membatalkannya? Jadi, sebaiknya pikirkan benar sebelum cancel

Cara Membatalkan Orderan Maxim Untuk Pelanggan ✅

Cara membatalkan orderan Maxim mungkin saja dilakukan oleh pelanggan. Pasalnya, menu tersebut memang tersedia di aplikasi. Kamu bicara cek caranya di bawah ini:

Related  8 Cara Order Maxim Motor yang Paling Mudah dan Benar

Langkah 1. Masuk ke Menu Order dan Pilih Pesanan ✔️

  • Pertama, buka aplikasi Maxim
  • Kemudian masuk ke menu Order yang ada di bawah. Di menu tersebut kamu bisa melihat riwayat pesanan yang baru saja dibuat. 
  • Pilih orderan yang hendak dibatalkan. 

Langkah 2. Pilih Menu Batal ✔️

Cara Membatalkan Orderan Maxim

  • Saat kamu buka, akan muncul peta perjalanan orderan. Di sana akan muncul sejauh mana driver memproses pesanan. 
  • Kalau posisi driver masih jauh dan diperkirakan baru saja bergerak, bisa cancel pesanan dengan mengetuk opsi Batal
  • Apabila daftar menu tersebut tidak muncul, coba tarik layar ke atas untuk memunculkannya. 
  • Selain langsung membatalkan, kamu juga dapat menghubungi driver untuk melakukan komunikasi dengan baik. 

Langkah 3. Pilih Alasan ✔️

Cara membatalkan orderan Maxim untuk pelanggan berikutnya yaitu memilih alasan. Ada beberapa alasan yang disediakan oleh aplikasi, yaitu:

  • Ingin mengubah order yang salah. 
  • Rute perjalanan yang dimasukkan salah dan ingin mengubahnya. 
  • Terlalu lama mencari mitra pengemudi. 
  • Terjadi konflik dengan driver
  • Mitra pengemudi meminta pesanan di-cancel

Tapi jika tidak ada alasan yang tepat dari pilihan tersebut, kamu bisa klik Lainnya. Setelah itu, jelaskan kenapa pesanan mendadak harus dibatalkan. 

Langkah 4. Pembatalan Sudah Berhasil ✔️

Cara Membatalkan Orderan Maxim

Selanjutnya akan muncul notifikasi jika pembatalan order sudah diterima dan berhasil. Tekan OKE untuk mengonfirmasinya. 

Sistem Refund

Aplikasi Maxim memang hanya mendukung pembayaran secara tunai dan saldo akun. Jika bayar tunai, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat melakukan cancel orderan. Tapi ketika kamu bayar menggunakan saldo akun, maka akan dilakukan refund setelah proses pembatalan disetujui. 

Membatalkan Orderan Maxim Untuk Driver

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membatalkan orderan Maxim untuk driver. Menu pembatalan tidak hanya tersedia di aplikasi pengguna saja. Tapi juga bisa dilakukan lewat aplikasi Maxim milik driver atau Taxee Driver. 

Related  Cara Mengirim Barang Lewat Maxim Delivery yang Mudah

Banyak yang khawatir kalau membatalkan orderan itu akan berdampak pada rating dan parameter negatif. Padahal hal seperti ini sah-sah saja dilakukan, namun dengan alasan yang masuk akal. Perhatikan saja penjelasan di bawah ini. 

Cara Membatalkan Orderan Maxim Untuk Driver 

Berikut akan dijelaskan cara membatalkan orderan Maxim untuk driver yang tidak mempengaruhi PBO, PTO, dan ulasan negatif. Kamu bisa langsung membatalkannya lewat aplikasi driver Maxim atau Taxsee Driver. 

Langkah 1. Buka Orderan yang Akan Dibatalkan ✔️

  • Pertama, buka aplikasi Taxsee Driver. 
  • Kemudian masuk ke bagian menu Diproses atau Peta
  • Di situ akan muncul rute perjalanan untuk menyelesaikan orderan. 

Langkah 2. Masuk ke Menu Tindakan ✔️

  • Setelah memilih orderan mana yang akan dibatalkan, klik menu TINDAKAN

Cara Membatalkan Orderan Maxim

  • Untuk membatalkannya, pilih opsi Batalkan Order. 

  • Sebelum itu kamu juga bisa memilih Pesan untuk Pelanggan atau Kontak dengan Pelanggan. Ini perlu dilakukan untuk mengonfirmasi bahwa sebagai driver kamu ingin membatalkan orderan tersebut. Jika pihak pelanggan bersedia, prosesnya akan jauh lebih mudah. 

Langkah 3. Berikan Alasan yang Jelas ✔️

Cara Membatalkan Orderan Maxim

  • Langkah selanjutnya adalah memberikan alasan. Biasanya opsi sudah disediakan di aplikasi Maxim. Kamu tinggal pilih alasan mana yang tepat untuk kondisi saat ini hingga akhirnya harus cancel orderan. 
  • Tekan tombol KIRIM untuk konfirmasi pembatalan. 
  • Kalau percobaan pertama belum berhasil, kamu bisa mengulanginya sampai orderan dibatalkan. 
  • Sekarang coba cek rating sebagai driver. Biasanya, hal ini tidak berpengaruh pada rating. Hanya saja jumlah order yang terselesaikan akan berkurang. 

Alasan Membatalkan Orderan Maxim dari Driver 🔎

Agar rating tidak turun, kamu harus menunjukkan alasan yang jelas. Berikut ini beberapa alasan yang biasanya membuat para driver membatalkan pesanan:

  • Pelanggan melakukan cancel orderan. Untuk hal ini, rating sebesar driver akan tetap bagus. 
  • Tidak bisa menghubungi pelanggan, padahal sudah sampai di tempat tujuan. 
  • Memiliki dua akun driver Maxim dan mendapatkan orderan di waktu yang sama, sehingga memilih yang lebih dekat. 
  • Mendapatkan pesanan fiktif atau dari orang jahil saja. 
  • Pelanggan tidak pasti. 
Mungkin ada yang belum tahu bagaimana cara mengirim barang lewat Maxim yang benar?

Jadi, demikianlah cara membatalkan orderan Maxim untuk pelanggan dan driver. Menu pembatalan tersedia di aplikasi, sehingga lebih mudah dilakukan. Tapi ingatlah untuk memberikan alasan yang jelas dan tidak merugikan kedua pihak. 

error:
Scroll to Top