Cara Melihat Nomor GoPay

Cara Melihat Nomor GoPay (Penting) Untuk Top Up dan Minta Saldo

GEMATOS.ID | GoPay adalah produk dari aplikasi Gojek berupa dompet digital yang dapat digunakan untuk bayar berbagai transaksi. Dompet tersebut menggunakan akun berupa nomor HP yang terdaftar di aplikasi Gojek. Cara melihat nomor GoPay sangat mudah jika diperlukan. 

Agar bisa menggunakan GoPay sebagai alat pembayaran, syaratnya harus ada saldo yang mencukupi. Kalau belum ada, maka wajib kamu top up terlebih dahulu. Pada saat top up saldo itulah nomor GoPay diperlukan. Jika lupa pakai nomor yang mana, lihat saja penjelasan di bawah ini. 

Apa Itu Nomor GoPay? 

Simak penjelasan ini dulu sebelum menerangkan cara melihat nomor GoPay di aplikasi Gojek. Seperti halnya dompet digital yang lain, GoPay pun punya akun yang ditunjukkan dengan nomor HP. Jadi, nomor itulah yang akan diinput tiap kali melakukan transaksi menggunakan GoPay. 

Produk GoPay akan aktif secara otomatis setelah kamu mendaftar akun Gojek. Karena itulah, nomor yang digunakan GoPay sama dengan nomor HP yang terdaftar di Gojek. Kamu perlu nomor tersebut semisal ingin melakukan top up saldo GoPay maupun melakukan transaksi di platform lain. Contohnya menghubungkan aku Gojek dengan e-commerce rekanan Tokopedia yang harus input nomor GoPay. 

Fungsi Nomor GoPay

Kenapa kamu harus tahu cara melihat nomor GoPay? Bukan hanya sebagai akun, tapi nomor tersebut banyak fungsinya. Jika kamu tidak tahu berapa nomor yang digunakan, pasti akan kesulitan ketika ingin melakukan transaksi. Berikut ini beberapa fungsi penting dari nomor GoPay:

  • Digunakan saat melakukan top up atau isi saldo GoPay. Metode apa pun yang kamu gunakan saat top up, pasti memerlukan nomor HP yang terhubung. 
  • Nomor GoPay juga menjadi nomor virtual account apabila ingin mengisi saldo dengan metode transfer melalui rekening bank. 
  • Nomor diperlukan ketika ingin menerima maupun mengirimkan saldo ke pengguna GoPay lainnya. 
  • Berfungsi sebagai penerima kode OTP saat proses verifikasi. Contohnya saat ingin menghubungkan akun GoPay ke platform lain. Berlaku pula apabila menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran. 
  • Bukan hanya jadi akun GoPay, tapi juga jadi kontak utama yang akan dihubungi driver Gojek ketika perlu informasi terkait orderan.
Related  Cara Cek Nomor Smartfren yang Benar

Cara Melihat Nomor GoPay

Cara Melihat Nomor GoPay
Cara Melihat Nomor GoPay

Berdasarkan beberapa fungsi di atas, pastinya bisa diketahui kalau nomor GoPay itu sangat penting. Kamu akan merasa kesulitan saat melakukan transaksi kalau sampai lupa nomor tersebut. Terlebih ketika hendak melakukan top up saldo lewat transfer bank atau metode lainnya. 

Karena jadi hal yang penting, kamu harus tahu bagaimana cara melihat nomor GoPay. Tenang saja, karena ternyata nomor tersebut bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Bahkan hanya dengan satu klik saja. Simak penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1. Buka Aplikasi Gojek ✔️

Pertama, buka dulu aplikasi Gojek yang biasa kamu gunakan. Pastikan akun masih terhubung di aplikasi tersebut. Karena kalau sudah logout, harus login kembali, yang mana untuk masuk ke akun Gojek perlu nomor HP tersebut. Karena itulah, pastikan masih berada di akun yang sama. 

Langkah 2. Masuk ke Bagian Profil ✔️

Cara Melihat Nomor GoPay

Kamu tidak bisa mendapatkan nomor akun GoPay jika melihatnya langsung di dashboard GoPay. Karena saat kamu masuk ke menu tersebut, yang ada adalah jumlah saldo GoPay dan beberapa fitur yang tersedia. Jadi, untuk cara melihat nomor GoPay, harus membuka menu Profil. Caranya ketuk foto profil akun Gojek yang ada di sebelah pojok kanan atas. 

Langkah 3. Cek Nomor GoPay ✔️

Berikut ini cara melihat nomor GoPay yang terakhir. Tanpa akses apa-apa lagi, kamu bisa langsung cek nomor HP yang terdaftar sebagai akun Gojek sekaligus GoPay. Seperti penjelasan di atas, bahwa GoPay akan aktif dengan nomor yang sama setelah mendaftar akun Gojek. Selain nomor akun, di halaman profil kamu juga dapat melihat alamat email yang terdaftar. 

Related  2 Cara Melihat Barcode Gopay (Kode QR) untuk Terima dan Bayar

Cara Mengganti Nomor GoPay 💯

Ternyata, nomor yang sudah terdaftar sebagai akun Gojek dan GoPay itu bisa kamu ganti kalau diperlukan. Semisal nomor yang lama sudah tidak aktif lagi dan diubah ke nomor yang baru. Cara mengganti nomor tersebut sangat mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Buka halaman utama aplikasi Gojek. 
  • Kemudian masuk ke menu Profil seperti cara melihat nomor Gopay yang sudah dijelaskan. 
  • Lalu di halaman profil ini, ketuk ikon pensil yang ada di sebelah kanan atas. 
  • Baru kamu bisa mengganti nomor HP, nama pengguna, dan alamat email yang terdaftar sebagai akun Gojek. 
  • Pastikan nomor baru yang kamu masukkan itu masih aktif dan dapat menerima SMS atau WhatsApp untuk mendapatkan kode verifikasi OTP. 
  • Kalau sudah selesai, klik tombol SIMPAN
  • Biasanya, setelah ini harus melakukan verifikasi, baik untuk nomor HP dan alamat email. 
  • Dengan mengganti nomor HP di bagian profil akun Gojek, secara otomatis nomor untuk GoPay juga berubah. 

Gagal Melihat Nomor GoPay ❓

Lalu, bagaimana jika dengan cara melihat nomor GoPay di atas masih saja tidak bisa menemukannya? Bisa jadi karena beberapa sebab, nomor tidak ditampilkan di halaman Profil. Hal-hal berikut ini mungkin yang membuat nomor tersebut tersimpan dan kamu tidak dapat melihatnya:

  • Aplikasi Gojek belum update ke versi terbaru. Salah satu penyebab kamu gagal melihat nomor GoPay karena ada masalah bug di aplikasi GO-JEK. Bisa jadi ini dikarenakan kesalahan sistem yang membuat beberapa menu tidak ditampilkan secara sempurna. Atau yang paling sering disebabkan aplikasi GO-JEK belum di-update ke versi terbaru. 
  • Tidak terkoneksi ke jaringan internet. Untuk menggunakan aplikasi Gojek itu perlu tersambung ke jaringan internet. Kalau kamu membukanya ketika dalam posisi offline, maka tidak bisa mengakses menu yang terdapat di aplikasi. 
Related  Cara Sewa Motor Listrik Gojek (VOLTA, Electrum, Charged) Mudah

Kalah kamu menemukan kondisi tersebut, apakah ada solusinya? Pasti ada. Cobalah simak beberapa solusi di bawah ini jika tidak dapat melihat nomor GoPay di aplikasi Gojek:

  • Kalau Gojek tiba-tiba bug, cobalah cek apakah ada update aplikasi versi baru di Google Play Store ataupun App Store. Bila ada, sebaiknya segera diperbarui. 
  • Pastikan sudah terhubung ke jaringan internet yang stabil. 
  • Kalah masih saja tidak bisa, masuk ke Pusat Bantuan aplikasi Gojek.
  • Hubungi call center Gojek untuk mendapatkan bantuan. 

Bagaimana Jika Nomor GoPay Hilang atau Tidak Aktif ❓

Ketika nomor sudah tidak aktif, kamu dapat menggantinya di aplikasi Gojek. Tapi ini dengan syarat kalau akun masih terhubung. Sekarang permasalahan baru muncul jika sudah terlanjur logout. Jika itu yang terjadi, ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi Gojek dan pilih Masuk
  • Karena lupa dengan nomornya, klik Ada kendala dengan no. HP-mu? 
  • Kemudian ikuti langkahnya hingga selesai untuk mengisi formulir. Nantinya akan dicek oleh pihak Gojek dan dibantu mengganti ke nomor yang baru. 

Demikianlah penjelasan cara melihat nomor GoPay. Antara nomor GoPay dan akun Gojek itu sama. Jadi, pastikan nomor selalu aktif. Kalau ingin ganti nomor, bisa dilakukan langsung lewat aplikasi tersebut.

Artikel ini terkait dengan:
Cara Bayar GoFood Pakai GoPay
Cara Bayar Spotify dengan GoPay
Cara Bayar Paylater Gojek
Cara Cek Riwayat Transaksi GoJek
error:
Scroll to Top