Cara Melacak Akun TikTok

4 Cara Melacak Akun TikTok Orang Lain yang Paling Mudah

GEMATOS.ID | Tidaklah kamu penasaran di mana lokasi seseorang atau bahkan pasangan saat ini? Bertanya tidak mendapatkan jawaban, diam pun akan semakin bertambah kecurigaan. Tenang saja, ini ada cara melacak akun TikTok seseorang dan mengetahui di mana lokasinya. Berbekal akun TikTok tersebut, kamu akan tahu dari mana orang tersebut mengaksesnya saat ini. Sangat cocok jika kamu punya pasangan yang gelagatnya aneh dan tidak mau berkata jujur. Cara melacak lokasi seperti ini pun sudah dilakukan sejak dulu. 

Biasanya untuk melacak lokasi itu pakai aplikasi yang dipasang di masing-masing HP pengguna. Tapi, bagaimana jika orang tersebut berada jauh darimu dan tidak sempat instal aplikasi pengintai sebelumnya? Sebaiknya, perhatikan penjelasan yang diberikan di bawah ini. 

Apa yang Dibutuhkan Untuk Melacak Akun TikTok? 

Dengan cara melacak akun TikTok, kamu akan tahu di manakah orang tersebut sekarang berada. Tidak hanya untuk mengintai keberadaan pasangan saja. Kamu pun bisa mencari tahu lokasi orang-orang yang suka mengganggumu pakai akun fake TikTok. 

TikTok memang jadi platform yang populer sampai saat ini. Jadi tidak heran kalau banyak bermunculan second account hingga akun-akun palsu yang suka mengganggu. Daripada penasaran, kamu dapat mencari tahu di manakah lokasi pemilik akun tersebut. 

Sebelum menerangkan cara melacak akun TikTok, ada satu hal yang harus disiapkan. Bagi kamu yang tidak ada keahlian teknologi sama sekali, bisa banget coba cara ini karena semudah itu. Hanya saja, perlu menyiapkan IP address untuk mengetahui lokasi seseorang. 

Related  3 Cara Membuat Suara Google di TikTok, Sangat Gampang

Alamat IP adalah deretan angka yang menjadi identitas sebuah perangkat ketika terhubung ke internet. Lewat IP address, kamu akan mendapatkan beberapa informasi mengenai data yang penting. Contohnya dari perangkat apa akun TikTok diakses, di mana lokasinya, dan kapan waktunya. 

Mendapatkan alamat IP sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Bahkan sangat mudah tanpa perlu instal aplikasi maupun program khusus. Agar lebih jelas, sebaiknya lihat penjelasan selanjutnya ini. 

Cara Melacak Akun TikTok

Cara Melacak Akun TikTok
Cara Melacak Akun TikTok

Berikut ini penjelasan mengenai cara melacak akun TikTok dengan cara yang mudah dan cepat. Tidak perlu punya keahlian khusus, karena tinggal lakukan beberapa tahapan saja, kamu sudah tahu di mana lokasi seseorang. Begitu pula pemilik akun fake yang senang sekali mengganggumu. 

Tahapan melacak akun TikTok seseorang dimulai dengan menyalin link profil akun tersebut. Setelah itu, generate link di sebuah situs bernama Grabify. Nantinya kamu akan mendapatkan alamat IP yang bisa digunakan untuk mendeteksi lokasi seseorang. Seperti inilah cara lengkapnya. 

Tahapan 1. Salin Link Akun TikTok Target ✔️

Tahapan pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat link pancingan. Sebenarnya link ini bisa kamu dapatkan dari mana saja, semisal website, akun TikTok, dan lainnya. Tapi karena di sini terfokus pada TikTok, salinlah link dari profil pemilik akun. 

Link ini nantinya akan di-generate di Grabify sebagai sebuah tautan pancingan. Di mana saat diklik oleh target akan membuka situs Grabify sebentar untuk selanjutnya langsung dialihkan ke halaman profil tersebut. Jadi, seolah-olah orang tersebut membuka akunnya sendiri padahal alamat IP-nya sedang dicatat. 

Untuk menyalin link akun TikTok target caranya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang kamu gunakan. 
  • Kemudian carilah akun pasangan atau fake account yang akan jadi targetmu. 
  • Setelah halaman profil akun TikTok itu terbuka, klik tanda panah yang ada di kanan atas. 
Related  8 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark - Recommended!

  • Selanjutnya pilih opsi Salin Tautan.

  • Kalau sudah dapat link pancingannya, sekarang tutup aplikasi TikTok dan ikuti tahapan kedua. 

Tahapan 2. Mendapatkan IP Address di Website Grabify ✔️

Cara melacak akun TikTok sangat mudah untuk kamu lakukan. Tidak perlu keahlian khusus maupun instal aplikasi tambahan. Karena di sini kamu bisa langsung mengakses Grabify melalui situs webnya. 

Pada dasarnya Grabify adalah halaman pemendekan URL berbasis web yang dapat diakses secara gratis. Tapi Grabify punya kemampuan tersirat untuk merebut atau mengambil alamat IP seseorang. Jadi, Grabify akan memberikan sebuah tautan pelacakan agar tahu dari alamat IP mana tautan tersebut diakses. 

Cara kerjanya dengan mencocokkan alamat IP dan ISP. Sehingga Grabify bisa menyimpulkan lokasi yang kurang lebih tepat, tergantung bagaimana ISP memberikan IP address. Untuk mendapatkan alamat IP lewat Grabify, caranya sebagai berikut:

  • Gunakan browser apa saja di perangkat. 
  • Kemudian buka alamat situs web grabify.link.
  • Pada halaman awal situs, langsung tempel tautan akun TikTok target yang sudah disalin. 
  • Kalau sudah, tekan tombol Create URL. 

Cara Melacak Akun TikTok

  • Untuk lanjut ke langkah berikutnya, klik opsi I Agree & Create URL. 

  • Tunggu beberapa saat dan lihat tautan yang diberikan oleh Grabify. Cek di bagian New URL. 
  • Di sana ada sebuah link baru yang sudah diperpendek. 
  • Tekan Copy pada link tersebut. 

  • Kamu juga bisa melakukan custom dan mengubah domain agar tautan terlihat lebih natural dan tidak mencurigakan. 
  • Selanjutnya, berikan link tersebut kepada target yang akan kamu lacak. Kirimkan tautan via fitur pesan TikTok. 
  • Berikan caption yang unik dan kemungkinan besar akan diklik oleh target. Contohnya, “kamu ingin tahu tips dapat banyak followers di TikTok? Coba deh lihat tutorialnya di sini.” 
  • Setelah target mengakses tautan tersebut, kamu akan mendapatkan beberapa informasi dari Grabify. Mulai dari nama negara, waktu akses, dan tentunya alamat IP pengguna. 
Related  4 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop dan Menggunakannya

Tahapan 3. Cek Lokasi Berdasarkan IP Address ✔️

Inilah cara melacak akun TikTok yang paling penting. Memang di Grabify kamu sudah tahu gambaran umum di mana orang tersebut mengakses TikTok. Tapi jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, coba cek di situs IP Location. 

Lewat situs web IP Location, kamu tidak hanya tahu lokasinya. Namun lengkap dengan jenis perangkat yang digunakan target, ISP, hingga browser yang dipakai. Cek dengan cara di bawah ini:

  • Buka browser dan akses situs web iplocation.net.
  • Setelah terbuka, tempel alamat IP yang kamu dapatkan dari Grabify
  • Kemudian klik tombol IP Lookup. 

  • Nanti di bawahnya akan ditampilkan IP Address Details. 
  • Cek informasi yang ditampilkan. 
  • Untuk mendapatkan data lebih lengkap, lihat informasi IP LOCATION dan klik Details

Cara Melacak Akun TikTok

  • Selanjutnya cek bagian Latitude dan Longitude

Tahapan 4. Lacak Lokasi di Google Maps ✔️

Sekarang kamu sudah pegang data latitude dan longitude yang menunjukkan di mana lokasi target saat akses akun TikTok. Seperti yang diketahui jika dalam titik koordinat itu ada dua pertemuan garis khayal yang membagi bumi di sebuah peta. Garis yang dimaksud yaitu latitude (garis lintang) dan longitude (garis bujur). 

Dengan titik tersebut, kamu bisa melacak lokasi seseorang lewat Google Maps. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps. 
  • Kemudian masukkan pencarian “latitude (spasi) longitude.”
  • Nantinya akan ditampilkan sebuah lokasi sesuai titik yang dimasukkan. 

Cara Melacak Akun TikTok

  • Dari sinilah kamu mendapatkan lokasi pasti target saat mengakses akun TikTok. 

Jadi, seperti itulah cara melacak akun TikTok secara mudah dan sederhana. Di sini kamu hanya perlu buat link pancingan dari situs Grabify. Selanjutnya melacak alamat IP di IP Location. Terakhir, melacak lokasi pastinya di Google Maps. 

error:
Scroll to Top