Cara Melihat ID TikTok

Cara Melihat ID TikTok (User ID bukan Username)

GEMATOS.ID | Pasti ada banyak pengguna yang belum tahu cara melihat ID TikTok. Apakah kamu termasuk salah satunya? ID adalah identitas unik dari masing-masing user TikTok. Karena unik, pasti di antara pengguna yang satu dengan lainnya tidak sama. 

Salah satu kesalahpahaman yang masih sering terjadi yaitu menganggap kalau ID TikTok itu sama dengan username. Padahal, antara keduanya itu berbeda dan punya fungsi masing-masing. Apakah kamu tidak penasaran apa itu ID TikTok dan bagaimana perbedaannya dengan nama pengguna? 

Daripada penasaran, berikut ini akan diterangkan bagaimana cara melihat user ID TikTok yang kamu miliki. Selain itu, akan sedikit dijelaskan tentang apa itu ID di aplikasi TikTok dan perbedaannya dengan username. Langsung saja cek penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu ID TikTok ❓

ID atau Identitas Diri adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap pengguna dan berbeda di antara user yang lain. Karena di sini pembahasannya ID TikTok, maka kombinasi nomor tersebut menjadi identitas masing-masing user di aplikasi TikTok. Semua pengguna pasti memiliki ID dengan nomor unik sendiri. 

Meskipun penting dan unik, ternyata masih banyak pengguna TikTok yang belum tahu di mana letak nomor ID-nya. Bahkan banyak yang salah kira bahwa itu sama saja dengan username. Lantas, di mana letak nomor ID TikTok itu? Daripada penasaran, kamu dapat menyimak penjelasan cara melihat ID TikTok di bawah ini. 

Related  3 Cara Mendapat Gratis Ongkir di TikTok Shop: Belanja Makin Murah

Cara Melihat ID TikTok

Cara Melihat ID TikTok
Melihat ID TikTok

ID TikTok punya kegunaan penting, tapi masih banyak yang belum mengetahuinya. Sebuah kombinasi nomor unik berjumlah 19 digit angka yang berbeda di setiap pengguna aplikasi TikTok. Karena jumlah digit angkanya banyak, tentu bukanlah hal yang mudah untuk menghalalkannya. 

Kalau sewaktu-waktu diperlukan, kamu dapat menyalin user ID TikTok dan menempelkannya di tempat tujuan. Cara melihat ID TikTok sangat mudah dan beberapa klik saja akan langsung kamu temukan. Cara yang akan diterangkan ini work untuk aplikasi TikTok versi mobile, bukan versi situs webnya. Untuk panduan lengkapnya, dapat kamu lihat pada penjelasan di bawah ini:

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok ✔️

Langkah awal dari cara melihat ID TikTok yaitu buka aplikasi TikTok yang kamu miliki. Akan lebih baik jika menggunakan aplikasi versi terbaru. Karena versi upgrade lebih lancar dan minim bug maupun eror. 

Apabila kamu belum login ke aplikasi TikTok, terlebih dahulu masuk ke akunmu. Seperti biasanya, tulis nomor telepon untuk mendapatkan kode login. Bisa juga menggunakan nama pengguna atau alamat email terdaftar jika kamu ingat dengan kata sandinya. 

Langkah 2. Buka Menu Profil di Aplikasi TikTok ✔️

  • Setelah login ke akun TikTok, akan terbuka halaman Beranda aplikasi TikTok. 
  • Untuk melanjutkan langkah melihat user ID TikTok milikmu, masuk ke bagian menu Profil

  • Menu tersebut ditandai dengan ikon orang. Terletak di sudut kanan bawah layar aplikasi TikTok. 

Langkah 3. Masuk ke Menu Pengaturan ✔️

Apa langkah selanjutnya dari cara melihat ID TikTok? Yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan. Menu ini diberi tanda ikon burger, yakni tiga garis sejajar secara horizontal. Letaknya berada di sudut kanan atas halaman profil TikTok. 

Related  Cara Dapat Uang dari TikTok dengan Menonton Video: Pasti Cuan

Langkah 4. Buka Menu Pengaturan dan Privasi ✔️

  • Ada beberapa opsi menu yang ditampilkan seterusnya kamu mengetuk ikon burger pada langkah ketiga. 
  • Dari daftar menu yang diberikan, pilih saja opsi Pengaturan dan Privasi. 

  • Di sanalah nanti kamu dapat melihat user ID yang kamu miliki. 

Langkah 5. Ketuk Versi TikTok Beberapa Kali ✔️

Cara melihat ID TikTok itu bisa dikatakan unik. Mengapa demikian? Karena kamu tidak mengaksesnya lewat menu atau fitur seperti biasanya. Identitas Diri pengguna ini tersimpan di bagian versi TikTok yang tentunya jarang diperhatikan oleh kebanyakan user. Agar kamu tidak bingung, ikuti saja panduannya di bawah ini:

  • Setelah masuk ke halaman Pengaturan dan Privasi, gulir layar sampai paling bawah. 
  • Di sini kamu bisa lihat versi aplikasi TikTok yang kamu gunakan. Contohnya di bawah ini adalah v30.7.4(300704). 

Cara Melihat ID TikTok

  • Apabila kamu sudah menemukan versi tersebut, ketuk tepat di angkanya beberapa kali. 

Langkah 6. User ID TikTok Berhasil Disalin ✔️

Cara Melihat ID TikTok

  • Tanpa membuka atau mengakses menu apa pun lagi, user ID secara otomatis akan muncul di tempat versi aplikasi TikTok tersebut. 
  • Selain itu, informasi yang ditampilkan juga otomatis disalin. Jadi, kamu tidak perlu copy ulang. 
  • Kamu bisa lihat berapa user ID TikTok yang kamu miliki dengan jumlah 19 digit angka. Di sana juga termuat informasi device ID, kode update versi aplikasi TikTok, dan dari mana sumber aplikasinya. 

Jadi, sangat mudah bukan, cara melihat ID TikTok itu? Kamu tinggal ketuk versi aplikasi beberapa kali sampai muncul informasi baru. Untuk keperluan selanjutnya, sebaiknya screenshot atau catat nomor ID tersebut agar tidak lupa. 

Fungsi ID TikTok Itu Untuk Apa? 

Kamu sekalian pasti punya yang namanya ID atau Identitas Diri. Seusai nama tersebut, user ID di TikTok pun memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai tanda pengenal. Oleh sebab itu, tiap-tiap pengguna TikTok mempunyai identitas yang berbeda-beda dan bersifat unik. 

Related  10 Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok dan Mengatasinya

Mungkin tidak banyak yang memerlukan user ID akun TikTok. Tapi terkadang nomor identitas diminta ketika kamu mengikuti sebuah program TikTok Shop. Karenanya, mengetahui nomor ID TikTok pun perlu untuk kepentingan yang mungkin saja dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Apakah User ID TikTok Sama dengan Username

Yang jadi pertanyaannya sekarang, apakah antara username dan user ID di aplikasi TikTok itu sama? Tentunya sangat berbeda. Keduanya memang bersifat unik dan tidak mungkin sama di masing-masing pengguna. Seperti kamu yang tidak bisa memakai username yang telah digunakan pengguna lain. 

Meski sama-sama unik, antara user ID dan username itu tidak sama. Seperti penjelasan di atas kalau user ID itu jadi nomor identitas dan hanya dapat dilihat sendiri. Sedangkan username adalah nama pengguna yang digunakan ketika mencari akun seseorang. 

Username itu bisa dibilang sebagai tanda pengenal. Apabila kamu ingin follow akun TikTok teman atau keluarga, pasti yang ditanyakan nama pengguna tersebut. Username pula yang muncul ketika ditandai oleh pengguna lain di konten maupun komentar. 

Untuk username, kamu dapat melihatnya dari menu Profil. Nama pengguna terletak di bawah foto profil dan di atas rincian following serta followers. Kamu pun dapat menemukan username milik pengguna lain. Sedangkan untuk nomor ID tidak bisa dilihat oleh user lain. 

Demikianlah cara melihat ID TikTok untuk keperluan seperti daftar program TikTok Shop atau lainnya. Kamu dapat mengecek kombinasi angka tersebut dengan sangat mudah lewat menu Pengaturan. Bukan mengakses menu tertentu, tapi dilihat dengan cara mengetuk versi aplikasi TikTok beberapa kali. 

Sekali lagi, ID pengguna tidak sama dengan username. Kalau nama pengguna itu yang kamu tulis ketika menelusuri akun seseorang. Username pun lebih mudah ditemukan, karena tinggal membuka menu Profil dari Beranda aplikasi TikTok. 

error:
Scroll to Top