Cara Melihat Koin TikTok

5 Cara Melihat Koin TikTok, Begini Trik Mendapatkan Koin dan Gift

GEMATOS.ID | TikTok tidak hanya jadi platform hiburan semata. Tapi di dalamnya kamu dapat bertransaksi dengan uang virtualnya berbentuk koin. Tidakkah kamu penasaran dengan cara melihat koin TikTok dan berapa jumlahnya? Semakin banyak koin yang dimiliki, kamu bisa beli berbagai reward

Hingga saat ini masih banyak yang salah paham mengenai koin di TikTok. Kebanyakan pengguna beranggapan kalau koin itu dapat dicairkan menjadi uang tunai. Padahal, yang bisa ditarik ke rekening pribadi itu poin bukanlah koin. 

Antara poin dan koin di TikTok jelas berbeda. Selain dijelaskan bagaimana cara mengecek saldo koin yang kamu miliki, akan diterangkan pula apa perbedaannya dengan poin. Di samping itu, kamu juga perlu tahu bagaimana saja cara untuk mendapatkan koin TikTok. Berikut ini keterangannya. 

Apa Itu Koin TikTok? 

Sebelum menjelaskan cara melihat koin TikTok, penting untuk kamu ketahui hal ini dulu. Agar tidak salah paham lagi, kenali apa yang dimaksud dengan koin di aplikasi TikTok? Jadi, koin merupakan mata uang virtual yang digunakan di dalam platform TikTok. 

Koin tersebut dibuat untuk menunjukkan dukungan pengguna kepada content creator favoritnya secara finansial. Perlu kamu ingat bahwa koin secara khusus digunakan dan dirancang dalam ekosistem TikTok saja. Jadi, tidak dapat dicairkan menjadi  uang tunai seperti yang sering dikabar-kabarkan. 

Fungsi utama dari koin yaitu sebagai alat pembayaran. Di mana kamu dapat membeli dan mengirimkan berbagai item virtual kepada kreator favorit pakai saldo koin tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendukung kreator kesukaanmu agar terus berkembang dan mendapatkan penghasilan dari koin yang kamu kirim. 

Related  Cara Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok (dengan Gambar)

Cara Melihat Koin TikTok

Cara Melihat Koin TikTok
Melihat Koin TikTok – Youtube.com/Bawean TV

Sekarang kamu sudah paham, bukan, apa yang dimaksud dengan koin dalam aplikasi TikTok? Berikutnya akan dijelaskan bagaimana cara melihat koin TikTok dan cek berapa sisa saldonya. Karena dengan saldo tersebut, kamu bisa beli item virtual untuk dihadiahkan kepada kreator. 

Mengecek saldo koin di aplikasi TikTok sangat mudah. Ingat, ya, jangan keliru lagi malah melihat perolehan poin, karena keduanya itu berbeda. Untuk melihat sisa saldonya, ikuti saja langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Profil ✔️

Terlebih dahulu buka aplikasi TikTok yang kamu gunakan di perangkat. Disarankan untuk pakai versi aplikasi paling baru agar lancar dan tidak ada eror maupun bug. Kalaupun belum login ke akun yang hendak kamu cek koinnya, masuk dulu dengan kredensial akun tersebut. 

  • Setelah berhasil buka dan login ke aplikasi TikTok, yang muncul pertama kali adalah halaman Beranda. 
  • Buka saja menu Profil untuk melihat koin TikTok. 

  • Menu tersebut bertanda ikon orang dan terletak di daftar menu yang ada di bawah, tepatnya di sebelah pojok kanan. 

Langkah 2. Buka Menu Pengaturan ✔️

Setelah masuk ke halaman Profil, lanjutkan cara melihat koin TikTok dengan membuka menu Pengaturan. Caranya yaitu dengan klik ikon burger, yakni tanda garis tiga sejajar horizontal. Menu tersebut ada di sebelah pojok kanan atas di halaman Profil. Klik ikon tersebut untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 3. Pilih Menu Pengaturan dan Privasi ✔️

Berikut ini langkah ketiga dari cara melihat koin TikTok. Setelah kamu akses ikon burger, akan muncul berbagai daftar menu. Sedangkan untuk melihat saldo koin yang kamu miliki saat ini, masuk ke bagian menu Pengaturan dan Privasi. 

Related  4 Cara Masuk ke Akun TikTok Orang Lain: Beralih Akun Semudah Itu!

Langkah 4. Masuk ke Menu Saldo ✔️

Sebenarnya cara untuk mengecek saldo koin TikTok itu sama dengan cara melihat penghasilan dari gift selama melakukan live. Di mana keduanya bisa kamu lihat di menu Saldo. Karena itulah, pilih menu tersebut dan lihat berapa koin yang kamu miliki saat ini. 

Langkah 5. Lihat Jumlah Koin TikTok ✔️

Berikut ini cara melihat koin TikTok yang terakhir. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa akan ada dua opsi yang bisa kamu cek di halaman Saldo. Berikut rinciannya:

  • Untuk mengecek saldo koin TikTok, lihat dashboard bagian atas dengan tulisan Koin. Kamu bisa lihat berapa saldonya untuk nanti dibelikan item virtual untuk kreator konten favoritmu. Contohnya memberikan gift saat mereka melakukan live. 

Cara Melihat Koin TikTok

  • Sedangkan di bawahnya adalah Penghargaan LIVE. Ini merupakan hadiah yang didapatkan dari penonton saat melakukan siaran langsung. Beda dari koin, kalau reward dapat kamu cairkan ke rekening pribadi menjadi uang tunai. 

Cara Mendapatkan Koin TikTok ✔️

Saldo koin TikTok akan bertambah jika kamu melakukan top up. Koin tidak bisa didapatkan secara gratis, melainkan dengan cara pembelian. Kamu bisa langsung beli di aplikasi TikTok dan gunakan untuk membayar item virtual sebagai gift. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan koin TikTok dengan cara membelinya:

  • Pada dashboard saldo TikTok, ketuk menu Dapatkan Koin yang ada di sebelah kanan. 
  • Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan isi ulang. 
  • Di halaman ini, tentukan berapa jumlah koin yang ingin kamu beli. Cek juga harga yang ada di sampingnya. 
  • Setelah itu, tentukan metode pembayarannya. Pembayaran untuk isi ulang koin TikTok sesuai dengan metode yang digunakan di Google Play. Kamu bisa pilih pakai dompet digital, transfer bank, kartu kredit dan debit, maupun bayar lewat Indomaret. 
  • Jika sudah melakukan pembayaran, maka jumlah koinmu akan bertambah. 
Related  3 Cara Mempercepat Video di TikTok: Tonton Part Penting Saja!

Sebenarnya selain membeli, ada cara lain untuk menambah jumlah koin. Yang pertama yaitu dengan menukarkan gift yang dihasilkan dari siaran langsung. Kemudian yang kedua dengan menukarkan reward aktivitas, yakni poin TikTok. 

Kegunaan Koin TikTok ✔️

Memang koin TikTok punya fungsi utama sebagai mata uang virtual dalam ekosistem aplikasi TikTok. Tapi, apa saja yang dapat kamu lakukan dengan koin tersebut? Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari koin di TikTok:

  • Koin digunakan untuk memberikan hadiah kepada content creator favorit. Hadiah tersebut bisa berupa stiker atau item virtual lain sebagai bentuk apresiasi terhadap konten yang dinikmati. 
  • Digunakan untuk membeli stiker dan emoji khusus yang biasanya digunakan saat memberikan komentar atau mengirimkan pesan di TikTok.
  • Koin TikTok menambah opsi baru dalam meningkatkan pengalaman menonton dan berinteraksi di platform TikTok. Hal tersebut tentunya lebih menarik dan personal.
  • Dipakai beli gift atau hadiah untuk diberikan kepada kreator saat live. Contohnya hadiah mawar dengan harga satu koin. 
  • Dalam kondisi tertentu, ada kreator yang menawarkan konten dan akses eksklusif kepada penggemarnya. Sebagai penikmat, kamu bisa mendapatkan akses dengan membayar pakai saldo koin. 

Perbedaan Koin dan Poin TikTok ✔️

Kamu sudah paham tentang koin TikTok dan apa saja kegunaan serta cara mendapatkannya. Sekarang, bagaimana jika dibandingkan dengan poin TikTok? Keduanya jelas berbeda. Kalau koin jadi uang virtual, sedangkan poin adalah reward yang didapatkan karena menjalankan misi tertentu. 

Untuk menambah jumlah koin dengan cara diisi ulang. Kalau poin, bisa diperoleh dengan menyelesaikan tugas menonton video dan membagikan kode referral. Yang paling utama, poin TikTok dapat diuangkan, sedangkan koin tidak bisa. 

Seperti itulah cara melihat koin TikTok dan hal penting lainnya. Koin ini sangat berguna ketika kamu nonton live kreator dan ingin memberikan hadiah. Koin harus diisi ulang dan tidak bisa dicairkan jadi uang tunai. 

error:
Scroll to Top