Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

2 Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok Lewat Aplikasi dan Web

GEMATOS.ID | Setiap kali mendaftar akun TikTok, pasti kamu diminta untuk memasukkan tanggal lahir. Sebuah kebijakan dari TikTok bahwa hanya usia 14 tahun ke atas saja yang dapat menggunakannya. Bagaimana jika tanggal yang diinput keliru? Berikut ini akan dijelaskan cara melihat tanggal lahir di TikTok dan mengubahnya jika salah. 

TikTok sendiri masih jadi platform media sosial dan berbagi konten yang populer di semua kalangan. Tidak jarang pula banyak anak kecil yang ingin membuat akun TikTok. Padahal, ada kebijakan pembatasan usia guna memberikan pengalaman yang sesuai. 

Tanggal lahir yang dimasukkan saat daftar akun TikTok dulu ternyata dapat diganti. Kamu mendapatkan kesempatan tersebut, asal mematuhi kebijakan yang ada. Daripada berlama-lama, berikut penjelasan cara melihat tanggal lahir yang didaftarkan di TikTok sekaligus cara menggantinya. 

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok
Melihat Tanggal Lahir di TikTok – by Youtube.com/Fix369

Banyak sekali pengguna akun TikTok yang asal menginput tanggal lahir saat melakukan pendaftaran awal dulu. Terlebih anak kecil yang memanipulasi tanggal lahirnya agar bisa mendaftar TikTok. Sebagaimana diketahui kalau di Indonesia dibatasi untuk usia 14 tahun ke atas. 

Related  Cara Membuat Nada Dering dari TikTok (dengan) dan Tanpa Aplikasi

Perihal cara melihat tanggal lahir di TikTok, ternyata sangat mudah. Kamu dapat mengaksesnya lewat aplikasi TikTok tanpa perlu platform ketiga. Di samping itu ada alternatif cara untuk kamu yang mengakses TikTok via website di laptop atau komputer. Seperti inilah cara-caranya. 

1. Melihat Tanggal Lahir di TikTok Lewat Aplikasi ✅

Cara melihat tanggal lahir di TikTok yang pertama dilakukan lewat aplikasi. Metode tersebut yang paling mudah dan praktis. Selain tidak memerlukan aplikasi tambahan, tanggal lahir juga ditampilkan langsung di profil akun TikTok milikmu. Tanpa berlama-lama, ikuti saja panduan yang dijelaskan berikut ini:

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Menu Profil ✔️

Seperti yang disebutkan jika cara melihat tanggal lahir di TikTok dapat kamu coba lewat aplikasi. Langkah pertamanya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok milikmu dan pastikan sudah login ke akun TikTok yang ingin dicek tanggal lahirnya. 
  • Kemudian kunjungi menu Profil

  • Menu tersebut terletak di bagian bawah kanan. 

Langkah 2. Buka Menu Pengaturan ✔️

Informasi tanggal lahir yang terdaftar di akun TikTok itu tersimpan dalam menu Pengaturan. Cara mengaksesnya sebagai berikut:

  • Apabila halaman Profil sudah terbuka, klik ikon burger yang ada di kanan atas. Ikon ini ditandai dengan tiga garis sejajar horizontal.

  • Nantinya ada beberapa menu yang ditampilkan. 
  • Pilih saja Pengaturan dan Privasi. 

Langkah 3. Akses Informasi Akun ✔️

Langkah yang ketiga yaitu masuk ke bagian informasi akun. Di sinilah nanti biodata atau identitas yang kamu daftarkan di TikTok akan disimpan. Kamu dapat melihatnya kapan saja dengan cara seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Dalam menu Pengaturan, masuk ke bagian Akun

  • Setelah itu, akses menu Informasi Akun. 

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

  • Di sinilah nanti kamu dapat melihat informasi data terkait akun TikTok milikmu. 
Related  7 Cara Membuat Video TikTok dengan Tulisan, Tanpa Aplikasi Lain

Langkah 4. Lihat Tanggal Lahir di TikTok ✔️

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

Setelah membuka Informasi Akun, kamu bisa melihat langsung bagian Tanggal Lahir. Cek apakah tanggal lahir yang terdaftar itu sudah benar atau belum. 

2. Melihat Tanggal Lahir di TikTok Lewat Web ✅

Adakah di antara kamu sekalian yang tidak punya aplikasi TikTok dan biasa mengaksesnya via Web? Terutama jika membukanya dari perangkat komputer atau laptop. Yang jadi masalah, informasi akun yang ditampilkan tidak lengkap seperti di aplikasi. 

Cara melihat tanggal lahir di TikTok Web tidak sama. Karena saat kamu membuka Informasi Akun, yang ditampilkan hanya wilayah. Sedangkan jika ingin tahu identitas yang terdaftar, ada alternatif dengan men-download data TikTok. 

Sejatinya fitur untuk download informasi akun juga tersedia di aplikasi TikTok. Tapi terkadang tidak merespons saat kamu klik. Jadi, coba akses TikTok Web dan cek cara melihat tanggal lahirnya berikut ini. 

Langkah 1. Buka TikTok Web dan Klik Profil ✔️

Buka tiktok.com dari browser apa saja. Kalau kamu membuka TikTok Web dari perangkat seluler, disarankan untuk mengubahnya ke tampilan desktop untuk pengalaman lebih baik. Pastikan pula sudah login ke akun yang hendak dicek tanggal lahirnya. Apabila berhasil mengaksesnya, klik foto profil pengguna yang ada di pojok kanan atas. 

Langkah 2. Masuk ke Pengaturan ✔️

Saat foto profil tersebut kamu klik, akan memunculkan berbagai daftar menu. Langsung saja pilih menu Pengaturan. Umumnya ditandai dengan ikon berupa roda gerigi. 

Langkah 3. Pilih Unduh Data TikTok ✔️

Pada bagian Informasi Akun, yang muncul hanyalah wilayah. Kamu tidak bisa melihat tanggal lahir secara langsung seperti ketika mengeceknya lewat aplikasi. Jadi, cara melihat tanggal lahir di TikTok yang dapat dijadikan sebagai alternatif yaitu men-download data akun. Karenanya, pilih opsi Unduh data Anda. 

Related  3 Cara Melihat Pesanan di TikTok: Lewat Shop, Profil, dan Pengaturan

Langkah 4. Kirim Permintaan Download Data TikTok ✔️

Di halaman selanjutnya ini kamu dapat mengirimkan permintaan untuk mengunduh data akun TikTok. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Baca informasi apa saja yang akan kamu terima apabila mengunduh data akun TikTok. Di halaman ini dijelaskan bahwa kamu bisa melihat informasi Profil, Aktivitas Anda, dan Pengaturan Aplikasi. Untuk Profil, akan diberikan username, foto profil, biodata, dan informasi kontak. 
  • Kemudian pilih ingin file unduhan berformat TXT atau JSON. Untuk file format JSON itu hanya dapat dibaca di komputer. 
  • Setelah memilih format file, klik Minta Data. 

Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok

Langkah 5. Tunggu Permintaan Diproses ✔️

Satu hal yang harus kamu tahu, bahwa untuk memproses permintaan tersebut memerlukan waktu beberapa hari. Jadi, tunggu saja sampai datanya siap. Kalau sudah siap, file akan tersedia selama empat hari untuk diunduh. Bila kadaluwarsa dan lewat empat hari, maka harus mengajukan permintaan lagi. 

Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok ✅

Apakah tanggal lahir di TikTok itu bisa diganti? Jawabannya tentu saja bisa. Kamu bebas mengubahnya jika ternyata yang diinput saat pendaftaran akun dulu keliru. Mengubah tanggal lahir di TikTok dilakukan lewat aplikasi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik tanggal lahir yang kamu lihat di halaman Informasi Akun seperti penjelasan di atas. 
  • Kemudian geser ke tanggal lain yang sesuai. 
  • Jika sudah benar, tekan Konfirmasi. 
  • Kamu diminta sekali lagi untuk memastikan bahwa tanggal tersebut sudah tepat. Jadi, klik lagi tombol Konfirmasi
  • Kamu dapat mengubah tanggal lahir kapan saja, asal beri jeda dari penggantian terakhir. 

Untuk Apa Melihat Tanggal Lahir di TikTok? 

Memastikan tanggal lahir sudah benar adalah hal yang penting. Ini untuk melihat apakah kamu sudah memenuhi kebijakan dari TikTok atau belum. Biasanya akun yang dibuat dengan tanggal lahir di bawah 14 tahun akan di-banned

Selain itu, menggunakan tanggal lahir yang benar berguna untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan usia. Aplikasi TikTok akan menampilkan konten yang tepat. Di samping itu, memastikan bahwa kamu berhak menggunakan fitur TikTok yang dibatasi untuk usia 18 tahun ke atas. Contohnya melakukan live jika punya followers minimal seribu atau mendaftar program TikTok Affiliate. 

Begitulah cara melihat tanggal lahir di TikTok lewat aplikasi dan web. Pastikan kamu sudah memasukkan tanggal lahir yang benar. Karena ini digunakan oleh pihak TikTok dalam memberikan pengalaman dan fitur-fitur yang sesuai dengan umur pengguna. 

error:
Scroll to Top