Cara Melihat Trending TikTok

3 Cara Melihat Trending TikTok Untuk Ide Konten Video Kreatif

GEMATOS.ID | Tidakkah kamu penasaran tentang bagaimana cara melihat trending TikTok? Seperti yang diketahui jika TikTok adalah platform media sosial yang populer hingga saat ini. Ada banyak kejadian viral dan tren yang bisa ditemukan di aplikasi tersebut. 

Mudah sekali hal-hal yang sedang trending saat ini menyebar di TikTok. Salah satunya karena adanya tagar atau hashtag. Contohnya saja tagar #ramadan dan #takjil yang pasti akan viral ketika memasuki bulan Ramadan. Konten-konten dengan tagar tersebut pun otomatis menjadi trending di kalangan pengguna TikTok. 

Lantas, bagaimana kamu bisa menemukan hal apa yang tengah jadi trending di TikTok saat ini? Ternyata, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Bahkan melihat kejadian tren dan viral sekarang juga bermanfaat bagi perkembangan dunia bisnis.

Cara Melihat Trending TikTok

Cara Melihat Trending TikTok
Cara Melihat Trending TikTok

Kamu mungkin penasaran sebenarnya sekarang ini ada apa di TikTok? Kejadian apa yang tengah ramai menjadi bahan perbincangan dan banyak dicari oleh pengguna? Kejadian seperti itulah yang disebut dengan trending, yakni masih baru, banyak dibincangkan, dan menarik perhatian. 

Cara melihat trending TikTok ternyata sangat mudah. Kamu bisa mencari tahu hal-hal apa yang ramai dibicarakan, sehingga jadi ide konten selanjutnya agar dapat FYP. Daripada penasaran menebak apa yang tengah viral di TikTok, ikuti saja beberapa cara yang dijelaskan di bawah ini. 

Cara 1. Melihat Trending Lewat Situs TikTok Creative Center ✔️

Cara melihat trending TikTok yang pertama yaitu lewat sebuah situs bernama TikTok Creative Center. Ini merupakan situs yang sangat bermanfaat bagi para kreator konten di TikTok. Di mana kamu bisa melihat kejadian yang tengah hangat dibincangkan di semua negara. 

Related  Cara Membuat Nada Dering dari TikTok (dengan) dan Tanpa Aplikasi

TikTok Creative Center merupakan halaman yang tepat diakses oleh para pemilik akun bisnis yang tengah mengembangkan usahanya. Dari sanalah nanti muncul ide-ide kreatif dan menyesuaikan dengan kejadian up-to-date. Tentunya tanpa menghilangkan niche akun TikTok yang dimilikinya. 

Melihat kejadian trending lewat TikTok Creative Center sangat mudah. Tidak perlu daftar maupun aplikasi, cukup mengaksesnya via browser di perangkat. Untuk lebih jelasnya, cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka situs TikTok Creative Center. Kamu dapat menggunakan browser apa saja, contohnya Google Chrome. Bukan hanya untuk pengguna laptop dan komputer, tapi buat kamu yang pakai HP tetap bisa mengaksesnya. 
  • Setelah ada di halaman awal situs tersebut, gulir layar ke bawah sampai kamu menemukan fitur Trend Discovery. Yang mana di situ tertulis  “Checkout What’s hot on TikTok” atau “Lihat yang lagi Trending di TikTok.
  • Di  bagian ini kamu bisa lihat hashtag, lagu, content creator, dan video yang tengah jadi tren di TikTok. 
  • Tapi jika ingin menampilkan hasil yang lebih spesifik hanya di Indonesia saja, klik tombol Explore Now. 

  • Kamu akan dibawa ke sebuah halaman baru yang lebih lengkap. 
  • Untuk memunculkan hasil spesifik, ganti All Region menjadi Indonesia. Tapi biasanya ini terganti otomatis dengan melihat di mana kamu sedang akses situs tersebut. 

Cara Melihat Trending TikTok

  • Setelah itu, akan muncul hal-hal trending di TikTok Indonesia. Contohnya bagian hashtag atau tagar sedang tren #takjil, #takjilramadan, #bukber, #ucl, #mokel, dan lain-lain. Biasanya hal trending itu tergantung pada momen. Seperti tagar tersebut yang tren di bulan Ramadan. 

  • Kamu dapat melihat trending lainnya di kategori Songs, Creators, dan TikTok Videos. 
  • Filter hasil dengan menentukan topik, waktu, dan centang new to top 100.
Related  2 Cara Melihat Tanggal Lahir di TikTok Lewat Aplikasi dan Web

Cara 2. Melihat Trending Tiktok Lewat Kolom Pencarian ✔️

Tidak perlu akses situs tertentu, ternyata ada cara melihat trending TikTok yang lebih praktis dan mudah. Kamu dapat melihat kejadian viral dan tengah jadi perbincangan saat ini hanya lewat aplikasi TikTok itu sendiri. Lebih tepatnya, melalui kolom pencarian. 

Kamu bisa mencari dan melihat apa saja yang tengah jadi tren, sehingga jadi ide konten selanjutnya. Atau hanya sekedar ingin cari tahu agar tidak ketinggalan kejadian yang ramai diperbincangkan saat ini? Tidak usah khawatir, karena kamu dapat mengeceknya dengan sangat mudah. 

Di sini nanti ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk melihat kejadian viral dan tren di TikTok. Sebaiknya, ikuti cara melihat trending TikTok lewat kolom pencarian berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. 
  • Kemudian akses menu pencarian dengan klik ikon kaca pembesar yang terdapat di pojok kanan atas halaman Beranda. 

  • Ada beberapa cara melihat tren yang bisa kamu coba. Pertama, ketuk kolom pencarian dan masukkan kata kunci “trending.” Kamu pun dapat memfilter hasil pencarian dengan menggeser ke menu Video, Pengguna, Suara, LIVE, Tempat, maupun Tagar
  • Contohnya ingin melihat lagu-lagu yang sedang trending di TikTok dan sering digunakan sebagai backsound. Geser hasil pencarian ke Suara. Lihat lagu apa yang berada di urutan atas dan jumlah video yang menggunakannya sebagai backsound. Seperti sekarang tren lagu Kita Bikin Romantis milik MALIQ & D’essentials dengan jumlah video mencapai satu juta. 

  • Lalu cara yang kedua dengan melihat topik trending tanpa melakukan pencarian. Caranya ketuk ikon pencarian di halaman Beranda. Jangan memasukkan kata kunci apa pun, tapi geser halaman ke bawah. 
Related  9 Cara Menaikan Follower TikTok Gratis dan Paling Aman

Cara Melihat Trending TikTok

  • Lihat bagian Anda mungkin suka. Ini merupakan tren yang disesuaikan dengan preferensimu. Biasanya melihat dari pencarian terakhir atau akun yang kamu follow
  • Geser lagi ke bawah dan lihat bagian Pencarian Populer. Inilah trending di TikTok saat ini dan banyak dicari oleh pengguna.

Cara 3. Mengecek Trending TikTok di Halaman Untuk Anda ✔️

Cara melihat trending TikTok yang selanjutnya yaitu lewat halaman Untuk Anda atau For You. Halaman ini digunakan untuk menampilkan konten-konten yang banyak ditonton dan dibahas sekarang. Masuk halaman FYP merupakan salah satu target kreator, karena kontennya menjangkau lebih banyak audiens. 

Kamu pun dapat melihat tren di TikTok lewat halaman FYP. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Saat ada di halaman Beranda, pastikan kamu mengarahkannya ke tab menu Untuk Anda. 

  • Kemudian tinggal scroll dan lihat apa yang sedang viral saat ini. Umumnya video yang ditonton banyak orang dan jadi pembahasan mudah masuk halaman FYP. 

Apa Pentingnya Melihat Trending TikTok? 

Kenapa kamu harus melihat trending di TikTok? Apakah sekedar untuk menjawab rasa penasaran agar tidak ketinggalan informasi semata? Ternyata, tidak hanya demikian. Karena dengan cara melihat trending TikTok, kamu akan mendapatkan ide yang lebih fresh dan disukai pengguna. 

Ini sangat penting buat para kreator, terlebih menjadikan TikTok sebagai salah satu media marketing. Agar bisnis dikenal luas, maka melakukan promosi berdasarkan hal yang trending menjadi solusi tepat. Selain lebih update, juga menjangkau banyak audens. 

Dari melihat trending akan muncul ide-ide baru yang relevan dengan kejadian sekarang. Tentunya dengan membuat konten yang fresh tanpa menghilangkan karakteristik sebelumnya. Ini pun meningkatkan peluang konten muncul di halaman FYP. 

Jadi, seperti itulah cara melihat trending TikTok. Cara paling akurat dengan melihatnya lewat situs TikTok Creative Center. Nantinya bisa filter hasil pencarian sesuai dengan yang diinginkan. Alternatif lain yaitu melakukan pencarian lewat aplikasi. 

error:
Scroll to Top