Cara Daftar Tiktok Shop

Cara Daftar Tiktok Shop Biar Langsung ACC + Strategi Penjualan

GEMATOS.ID | Salah satu cara cari cuan di Tiktok adalah dengan cara daftar Tiktok Shop. Kamu bisa berbelanja di Tiktok dengan memanfaatkan fitur Shop yang tersedia di platform ini. Berjualan di Tiktok memang sangat menguntungkan, apalagi platform konten video berdurasi pendek ini memiliki banyak pengguna. Bahkan di waktu-waktu senggang, kebanyakan pengguna ponsel kini lebih memilih untuk mengakses aplikasi ini.

Popularitas Tiktok memang kian meningkat bahkan hampir setiap tahun. Aplikasi ini juga sudah merambah sebagai social commerce yang memungkinkan Kamu bisa menjalin komunikasi dan juga berbelanja di Tiktok.

Mengenal Tiktok Shop

Sebelum lanjut ke cara daftar Tiktok Shop, bagi pemula yang belum tahu fitur ini simak baik-baik ya!

Aplikasi Tiktok bukan hanya membagikan meme, berita atau video semata. Tetapi platform media sosial ini kini telah dilengkapi oleh fitur berbelanja. Nah, fitur inilah yang dinamakan sebagai Tiktok Shop, sehingga para penggunanya tidak perlu membuka aplikasi lain saat berbelanja.

Tiktok Shop termasuk social commerce, yang menjadi lapak bagi seller, content creator atau merchant untuk mempromosikan produknya. Social commerce dari Tiktok ini telah mengizinkan para seller untuk langsung berjualan lewat Tiktok dengan mudah.

Related  3 Cara Mendapat Gratis Ongkir di TikTok Shop: Belanja Makin Murah

Untuk mulai berjualan, Kamu harus mendaftar ke akun Tiktok Seller Center terlebih dahulu. Tahapan cara daftar Tiktok Shop juga sangat mudah dilakukan.

Cara Daftar Tiktok Shop

Cara Daftar Tiktok Shop
Daftar Tiktok Shop by Youtube.com/Suparno My Id

Untuk berjualan di akun Tiktok, langsung saja berikut tahapan-tahapan cara daftar Tiktok Shop dengan mudah yang bisa Kamu coba!

  • Pertama, install aplikasi Tiktok Shop Seller Center.
  • Jika sudah, buka aplikasi Seller Center Tiktok dan klik Daftar dengan No. Hp dan Email.

  • Lanjutkan dengan memasukkan Nomor Hp yang akan didaftarkan lalu tekan Kirim Kode dan tekan Konfirmasi. Jika Kamu diminta untuk memilih 2 objek berbentuk sama untuk konfirmasi, silahkan pilih saja dan tekan lagi Konfirmasikan. 

  • Setelah itu, kode verifikasi akan langsung dikirimkan ke nomor ponsel Kamu. Silahkan Masukkan Kode verifikasi yang telah dikirim tadi.

  • Jika sudah, Buat Kata Sandi. dan selanjutnya tekan Mulai Bisnis Anda. 

  • Sekarang, Kamu telah berhasil membuat akun Tiktok Seller Center. Untuk selanjutnya lakukan Verifikasi Dokumen. Isi semua data-data yang diminta dengan lengka berikut upload KTP/Paspor.

  • Jangan lupa Masukkan Alamat Email dan Kode Verifikasi yang dikirim ke alamat email. Setelah mendapat kode verifikasi Masukkan Kode dan klik Simpan.
  • Lakukan konfirmasi dengan mengecek kembali data-data yang sudah Kamu kirim, kemudian tekan Konfirmasi.

  • Jika ada keterangan Dokumen Anda sedang ditinjau, artinya Kamu tinggal menunggu peninjauan dari pihak Tiktok.

  • Setelah selesai peninjauan,biasanya pihak Tiktok akan segera mengabarinya lewat email bahwa pendaftaran akun Tiktok Shop sudah di ACC.
  • Selamat, Kamu sudah punya akun Tiktok Shop dan tinggal upload produk jualanmu atau ikut affiliate Tiktok dengan cara daftar affiliate Tiktok tanpa followers.

Strategi Berjualan di Tiktok Shop Bagi Pemula ✔️

Jika Kamu ingin sukses berbisnis atau berjualan di Tiktok Shop, ada beberapa strategi berjualan di Tiktok yang bisa Kamu ikuti di bawah ini :

Related  9 Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

1. Posting Produk

Setelah mengikuti cara daftar Tiktok Shop di atas, langkah berikutnya jangan lupa posting produk. Silahkan tambahkan produk yang mau Kamu jual. Ketika mengupload foto produk, sebaiknya lampirkan nama produk, deskripsi produk, pilih brand dan kategori produk ke Tiktok Shop.

Sebelum Kamu membuat brand yang baru, pastikan untuk posting dokumen hak penjualan atau dokumen kepemilikan. Tapi jika Kamu tidak mempunyai dokumen kepemilikan, Kamu bisa memilih No Brand. 

2. Hubungkan ke Akun Rekening Bank

Jangan lupa pula untuk menghubungkan akun Seller Center Tiktok Kamu ke rekening bank. Adapun caranya yaitu kembali menuju Homepage dan tekan Tautan Bank Account lalu ketuk Link Account. 

Jika sudah, tinggal klik Lanjut dan setelah Kamu menautkan akun rekening bank, kini sudah bisa berjualan dengan membuat konten di Tiktok Shop.

3. Membuat Konten Tiktok yang Menarik

Pastikan buat konten menarik untuk memposting produk. Tujuannya agar para pelanggan tertarik membeli produk jualanmu.

4. Buat Katalog Produk Menarik

Pastikan pula Kamu membuat katalog menarik supaya customer atau pelanggan bisa melihat katalog tanpa rasa bosan. Maka dari itu, pastikan membuat katalog menarik dan harus dibuat berbeda dengan produk pesaing supaya bisa memikat minat para pembeli.

5. Buat Judul Produk dengan 34 Karakter

Langkah selanjutnya, tulis atau buat judul produk sebanyak 34 karakter. Tujuannya supaya nama produk dapat terlihat dengan jelas tanpa terpotong ketika ditampilkan pada aplikasi. Agar daya tarik pelanggan meningkat, Kamu bisa menambahkan copywriting menarik supaya pembeli lebih tertarik melakukan pembelian produk Kamu.

Sesudah membuat judul menarik, Kamu juga harus menambahkan informasi produk dengan jelas dan detail.

Related  4 Cara Mendapatkan Koin di TikTok (GRATIS) dan Berbayar

6. Tulis Caption Menarik dan Unik

Kamu juga harus menulis caption yang berbeda, unik dan juga menarik pada aplikasi Tiktok. Dengan caption yang semakin unik, tentu saja peluang pelanggan untuk melirik produk jualanmu semakin besar.

7. Pakai Hashtag yang Sedang Trend

Strategi berikutnya supaya jualanmu di Tiktok Shop laris adalah dengan cara menambahkan hashtag relevan sesuai produk jualan dan juga memilih hasthtag yang sedang tren.

Hashtag mempunyai pengaruh cukup besar sebab dapat membuat konten pemasaran produk semakin cepat tersebar, banyak dikenal orang, serta dapat menjangkau calon pembeli sesuai dengan target market.

8. Mencantumkan Tautan Pembelian Pada Bio Tiktok

Pastikan pula untuk mencantumkan tautan pada bio TIktok. Tujuan tautan atau link ini yaitu untuk dapat mempermudah pembeli dalam mengakses dan melihat katalog produk jualanmu.

9. Tambahkan Diskon atau Promo Menarik

Supaya produk yang ditawarkan gampang laris, pastikan Kamu menawarkan produk dengan cara menambahkan promo atau diskon. Potongan harga tersebut dapat dibuat dengan cara buy one get one atau gratis ongkir.

10. Bekerja Sama dengan Endorsement

Kamu juga harus menjalin kerja sama bersama endorsement atau influencer. Endorsement ini biasanya menjalin kerja sama antara pemilik produk atau penjual dengan influencer yang populer, dipercaya, diakui dan juga disegani banyak orang. Nantinya influencer akan memprmosikan produk lewat sosial media.

11. Pasang Iklan

Biasanya aplikasi Tiktok menawarkan jasa promosi dalam bentuk Tiktok Ads. Dimana cara yang satu ini dapat dilakukan untuk membantu jualan lewat Tiktok Shop supaya Kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial.

Selain itu, fitur yang satu ini juga dapat membuat produk jualanmu semakin dikenal luas. Jenis-jenis dari model iklan yang bisa Kamu pilih di Tiktok Ads yaitu pre roll ads, branded effects, promoted hashtag challenges, dan in feed ads.

Dengan mengikuti cara daftar Tiktok Shop di atas dan melakukan strategi penjualan yang tepat, maka bukan tidak mungkin Kamu bisa sukses berjualan di Tiktok Shop dan meraup keuntungan yang besar karena banyaknya jumlah penjualan di Tiktok Shop!

 

error:
Scroll to Top