Cara DM di Tiktok

Cara DM di Tiktok (Pesan Langsung) Kirim, Unsend, dan Setting

GEMATOS.ID | Bagi pengguna Tiktok pemula, mungkin masih kebingungan bagaimana cara DM di Tiktok.  Setiap platform media sosial sebetulnya sudah dilengkapi oleh fitur pesan atau direct message. Bukan hanya Tiktok, DM juga bisa Kamu temukan pada Instagram.

Direct message atau pesan ini memungkinkan Kamu dapat mengirimkan pesan secara personal tanpa diketahui banyak orang. Jadi fitur ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mengirimkan pesan secara private di Tiktok. Yang artinya, hanya Kamu dan penerima pesan saja yang bisa membacanya.

Cara DM di Tiktok

Cara DM di Tiktok

DM atau pesan langsung membantu para pengguna Tiktok untuk saling berkomunikasi dan terhubung dengan sesama komunitas di aplikasi Tiktok. Dapat bertukar pesan, dengan menerima dan mengirim pesan, dan mengirim video langsung di Titkok.

1. Kirim DM di Tiktok ✔️

Kamu bisa membagikan video atau pesan langsung di aplikasi Tiktok dengan fitur DM. Adapun cara DM di Tiktok adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Akun Tiktok dan cari teman atai akun yang mau Kamu kirimkan pesan di Tiktok.
  • Setelah masuk ke akun Tiktok yang dituju, klik Pesan.

  • Lanjutkan dengan menuliskan pesan lalu klik Kirim yang bertanda pesawat kertas.

  • Selesai!

Gampang banget kan cara DM di Tiktok? Nah, untuk cara menghapus atau mengatur pesan DM, Kamu bisa ikuti panduan di bawah ini ya!

Related  3 Cara Membatalkan Promosi di TikTok yang Benar

2. Menghapus DM di Tiktok ✔️

Untuk menghapus DM di Tiktok, Kamu bisa coba langkah-langkah mudah di bawah ini :

  • Masuk ke salah satu pesan atau DM dengan membuka pesan di Tiktok.
  • Lalu, sentuh lama DM atau Pesan yang dikirimkan.

  • Kemudian klik Hapus.

3. Mengatur DM di Tiktok ✔️

Selain cara DM di Tiktok dan menghapus DM, Kamu juga bisa mengatur DM. Maksudnya ialah Kamu bisa mengatur siapa saja yang boleh mengirim DM. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Masuk ke Produk Akun Tiktok Kamu.
  • Silahkan klik Ikon Menu bertanda Garis Tiga Horizontal di ujung kanan.

  • Setelah itu, klik Pengaturan dan Privasi.

  • Kemudian klik Privasi.

  • Scroll ke bawah lalu tekan Pesan Langsung.

  • Klik lagi Pesan Langsung. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan tentang siapa saja yang bisa mengirimi Kamu pesan.
  • Pilih Semua Orang jika Kamu mengizinkan semua orang untuk mengirimi Kamu pesan, pilih hanya Teman yang Disarankan untuk mengizinkan hanya teman yang disarankan saja yang boleh mengirimimu pesan. Pilih Teman hanya untuk pengikut yang Kamu ikuti balik, dan atau Tidak Seorangpun jika Kamu tidak mau seorang pun mengirimimu pesan.

  • Selesai!

Sekarang, Kamu sudah tahu kan bagaimana cara DM di Tiktok? Mengirim pesan langsung kini tidak perlu sulit dan repot lagi karena Kamu sudah bisa mempraktekkan cara di atas!

Mengenal Fitur DM di Tiktok ✔️

Pengguna Tiktok selama ini hanya dapat mengirimkan DM atau pesan langsung ke akun teman saja atau akun Tiktok yang saling follow di Tiktok.

Namun sejak tahun 2023 kemarin, akhirnya Tiktok telah memperluas fitur pengiriman pesan secara langsung lewat platformnya.

Para pengguna Tiktok saat ini dapat mengirimkan direct message ke semua orang, bahkan tanpa saling mengikuti satu sama lain. Ini artinya, fitur DM di Tiktok mirip dengan DM yang ada di Instagram.

Related  3 Cara Mencari Efek di TikTok dan Menggunakannya ke Video

Berkat adanya fitur privasi yang telah diluncurkan oleh Tiktok secara resmi, dengan nama “Siapa saja yang bisa mengirimi pesan”. Kini Kamu bisa memilih satu dari empat pilihan setelan mengenai siapa saja yang dapat mengirimimu pesan.

Berikut empat pilihan pengaturan tersebut :

  • Semua Orang (Everyone), ini artinya siapa saja bisa mengirimi Kamu DM. Baik itu pesan yang berasal dari mutual friend atau teman bersama dan juga orang yang Kamu ikuti bisa muncul pada inbox Tiktok. Sementara itu, pesan dari akun yang tidak Kamu ikuti akan muncul pada message request atau permintaan pesan. Kamu bisa memilih apakah ingin menghapus, menerima maupun melaporkan pesan tersebut.
  • Teman yang disarankan, maksudnya ialah teman dari Facebook serta kontak yang sudah disinkronkan, bisa mengirimi Kamu DM walaupun tidak saling mengikuti.
  • Teman, siapa saja yang mengikuti Kamu lalu balik diikuti bisa mengirimkan DM.
  • Tidak Seorang pun, Kamu tidak bisa menmerima DM dari siapa saja.

Perbedaan DM di Tiktok dan Instagram ✔️

Melalui adanya pilihan”Suggested friends” dan “Everyone”, maka pengguna di akun Tiktok bisa mengirimkan pesan atau DM ke pengguna yang lainnya dna tidak saling mengikuti, sama seperti fitur DM pada Instagram.

Namun walaupun sama, cara kerja untuk pengiriman direct message Tiktok dengan Instagram tanpa saling mengikuti berbeda. Biasanya di IG para pengguna dapat mengirimkan DM secara default ke setiap orang.

Jadi, Kamu tidak perlu lagi mengatur setelan apapun untuk dapat mengirimkan pesan langsung ke siapa saja walaupun tidak saling mengikuti.

Misalnya, jika Kamu telah mengaktifkan pilihan “Everyone”, tapi orang yang Kamu kirimi DM tidak mengaktifkan pilihan “Everone”, maka pesan tidak dapat terkirim.

Related  3 Cara Menarik Uang di TikTok (Affiliate, Rewards, dan Gift)

Kenapa Tidak Dapat Mengirim DM di Tiktok?

Direct message adalah fitur untuk membantu para pengguna agar terhubung pada komunitas dan teman yang terdapat di platform Tiktok. Kamu bisa menerima dan mengirim pesan sampai berbagi video secara langsung di Tiktok ke pengguna yang lain.

Selain itu, ada beberapa faktor kenapa pengguna Tiktok tidak dapat mengirim pesan langsung pada Tiktok. Pengguna Tiktok yang tidak dapat menerima maupun mengirim pesan Tiktok dapat disebabkan oleh pesan atau konten yang dikirim ditandai sebagai sebuah laporan.

Faktor lainnya juga dapat dikarenakan akun Tiktok yang ditangguhkan. Jika konten melanggar kebijakan komunitas Tiktok, maka pesan yang Kamu kirim ke akun pengguna lain akan diblokir secara otomatis.

Bagaimana Cara Mengatasi Gagal Kirim DM di Tiktok?

Untuk mengatasi masalah gagal kirim DM di Tiktok, ada beberapa panduan yang bisa dicoba, antara lain :

1. Periksa Server Tiktok

Silahkan pastikan dulu server aplikasi Tiktok tidak mengalami down. Perlu diketahui bahwa Tiktok merupakan platform media sosial yang memakai server agar aplikasi tetap stabil. Apabila server-nya sedang down, maka pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi Tiktok secara maksimal.

2. Periksa Koneksi Jaringan

Jaringan internet tidak stabil atau lambat juga dapat menjadi faktor penyebab DM tidak terkirim. Adapun untuk mengecek jaringan Tiktok bermasalah, Kamu dapat mengetes jaringan menggunakan fast.com lewat web peramban untuk menghitung atau melakukan pengukuran kecepatan koneksi.

3. Memulai Ulang Aplikasi

Apabila server tidak bermasalah, koneksi jaringan tidak bermasalah namun Kamu tetap tidak dapat mengirim DM, maka silahkan mulai ulang Tiktok. Biasanya hal tersebut terjadi akibat error atau bug pada aplikasi.

Itulah penjelasan tentang cara DM di Tiktok, baik mengatur pengiriman DM, maupun cara menghapus DM jika terjadi kesalahan pengetikan atau salah kirim. Kamu juga bisa mengatasi beberapa masalah saat tidak dapat mengirimkan DM pada aplikasi Tiktok.

error:
Scroll to Top