Cara Memperbarui TikTok

2 Cara Memperbarui TikTok: Update ke Versi Paling Baru!

GEMATOS.ID | Pernahkah saat sedang pakai aplikasi TikTok tapi tiba-tiba mengalami force close? Ini merupakan salah satu tanda bahwa versi aplikasi mulai usang dan perlu upgrade. Kamu dapat mengatasinya dengan cara memperbarui TikTok ke versi paling baru. 

Meng-update aplikasi TikTok adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bukan hanya sekedar mengatasi eror dan gangguan yang ada di aplikasi saja. Tapi kamu juga mendapatkan fitur terbaru maupun perbaikan lain terhadap aplikasi, sehingga lebih meningkatkan pengalaman. 

Cara melakukan pembaruan versi aplikasi TikTok sangat mudah. Tidak perlu download ulang, tapi cukup di-update di market aplikasi masing-masing perangkat. Langsung saja cek panduannya di bawah ini, termasuk solusi kalau gagal melakukan pembaruan. 

Cara Melihat Versi Aplikasi TikTok

Sebelum memperbaiki masalah di aplikasi dengan cara memperbarui TikTok, ada baiknya untuk melihat versi yang sedang kamu gunakan saat ini. Kemudian cocokkan apakah versi tersebut merupakan update terbaru dari TikTok. Kalau belum, maka bisa memperbaruinya untuk menikmati fitur yang ditambahkan. 

Kamu dapat melihat versi TikTok secara langsung lewat aplikasi. Jika belum tahu, ikuti saja langkah-langkah yang dirinci di bawah ini:

  • Pertama, buka dulu aplikasi TikTok yang kamu gunakan. 
  • Setelah itu, masuk ke halaman Profil yang menunya ada di sudut kanan bawah. 
  • Selanjutnya, tekan ikon burger yang berupa tiga garis horizontal. 
  • Lalu, masuk ke bagian Pengaturan dan Privasi. 
  • Di halaman ini, scroll layar sampai bawah. Nanti di bagian paling bawah ada versi aplikasi TikTok yang sedang kamu gunakan saat ini. 
Related  4 Cara Masuk ke Akun TikTok Orang Lain: Beralih Akun Semudah Itu!

Selanjutnya, coba cari informasi berapakah versi TikTok paling baru lewat internet. Kamu pun dapat melihat versi terbarunya via Google Play Store atau App Store. Kalau memang pakai yang usang dan banyak timbul crash, sebaiknya segera diperbarui. 

Untuk yang baru hingga saat ini, TikTok ter-update adalah versi 33.9.4. Terakhir kali diperbarui pada 15 Maret 2024 sejak pertama kali rilis di tanggal 7 Mei 2017. Jadi coba lihat dan pastikan apakah kamu sudah pakai TikTok dengan versi tersebut? 

Cara Memperbarui TikTok

Cara Memperbarui TikTok
Cara Memperbarui TikTok

Berikut ini akan diterangkan bagaimana cara memperbarui TikTok agar bisa menggunakan versi paling anyar. Melakukan update aplikasi itu sangat mudah. Kamu pun tidak perlu mengunduh ulang, karena bisa langsung diperbarui. 

Tanda aplikasi TikTok perlu diperbarui itu ketika banyak eror dan bug yang muncul. Contohnya tiba-tiba aplikasi menutup sendiri, tidak bisa menggunakan fitur tertentu, atau belum dapat fitur terbaru. Daripada menghapus aplikasi dan menginstal ulang, lebih baik diperbarui saja. 

Cara memperbarui TikTok yang akan diterangkan ini untuk pengguna android dan iPhone. Bagi user android, bisa update lewat Google Play Store yang merupakan tempat download aplikasi secara resmi. Sedangkan untuk iPhone via App Store. Caranya seperti di bawah ini. 

Cara 1. Memperbarui TikTok di Android ✔️

Cara memperbarui TikTok bagi pengguna android yaitu lewat aplikasi Google Play Store. Market tersebut umumnya sudah terinstal secara otomatis karena terintegrasi dengan layanan Google. Di sanalah kamu bisa donwload dan instal aplikasi secara resmi, bukan apk buatan pihak ketiga atau MOD. 

Memperbarui aplikasi TikTok via Google Play Store dapat kamu lakukan dengan dua cara. Metode yang pertama akan diterangkan dalam rincian berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store terlebih dahulu. 
  • Setelah terbuka, ketuk foto profil akun Google-mu yang ada di pojok kanan atas.
Related  5+ Cara Membuat Akun TikTok Baru di HP yang Sama (Lebih Gampang)

  • Selanjutnya, pilih menu Kelola aplikasi & perangkat. 

  • Tunggu loading beberapa saat untuk kemudian memilih Update tersedia. Di menu tersebut biasanya muncul jumlah aplikasi terinstal yang harus kamu perbarui. 

Cara Memperbarui TikTok

  • Pada halaman selanjutnya, cari apakah ada aplikasi TikTok. Jika memang perlu melakukan update, maka akan mungkin aplikasinya dalam daftar. 

  • Perbarui dengan tekan tombol Update
  • Tunggu prosesnya hingga selesai 100 persen. 
  • Lalu buka aplikasi TikTok kembali dan lihat apakah versinya sudah berganti atau belum. 

Kemudian cara memperbarui TikTok yang kedua itu dengan cara membuka aplikasinya secara langsung. Ini bisa jadi solusi misal versi aplikasi sudah update, tapi belum muncul dengan cara yang pertama itu. Jadi, lakukan dengan cara seperti di bawah ini:

  • Dari halaman awal Google Play Store, ketuk menu pencarian. 

  • Kemudian tulis dan telusuri TikTok
  • Buka aplikasinya yang muncul di hasil pencarian. 
  • Kalau ada versi terbaru, klik tombol Update

Cara Memperbarui TikTok

  • Tunggu proses pembaruan hingga selesai. Jika koneksi internet lancar, biasanya tidak perlu waktu lama. 

Cara 2. Memperbarui TikTok di iPhone ✔️

Beda perangkat, tentu berbeda pula cara memperbarui TikTok. Khusus bagi pengguna HP iPhone, update aplikasi dilakukan lewat App Store. Di market itulah tersedia semua aplikasi resmi untuk perangkat iPhone. 

Memperbarui aplikasi TikTok di iPhone memang sama mudahnya. Tapi ternyata, ada beberapa yang tidak tahu caranya. Karena itulah, langsung saja simak cara memperbarui TikTok yang diberikan di bawah ini:

  • Langkah pertama, buka aplikasi App Store yang ada ponselmu. 
  • Setelah itu, masukkan nama TikTok pada kolom pencarian. 

  • Tunggu hasilnya muncul.
  • Kamu bisa lihat kalau di hasil pencarian ini yang ada adalah tombol OPEN bukan Update. Di sinilah banyak yang beranggapan jika dirinya sudah pakai TikTok versi terbaru karena tidak menemukan pembaruan. Padahal, ternyata keliru. 
  • Jangan klik tombol OPEN karena ini hanya akan membuka aplikasi TikTok yang sudah terinstal. 
  • Tapi klik tepat di logo TikTok. 
Related  4 Cara Mendapatkan Koin di TikTok (GRATIS) dan Berbayar

  • Saat kamu buka, maka akan muncul informasi pembaruan aplikasi dan sekarang sudah diperbarui ke versi berapa. 
  • Ketika saja tombol UPDATE

Cara Memperbarui TikTok

  • Setelah itu tunggu proses pembaruan berjalan dan tekan OPEN untuk langsung membuka aplikasi TikTok versi paling anyar. 

Gagal Memperbarui TikTok❓

Permasalahan lain mungkin muncul ketika memperbarui versi aplikasi TikTok, contohnya seperti terus gagal setelah coba berkali-kali. Ternyata, permasalahan itu ada pemicunya. Berikut akan diterangkan beberapa sebab gagalnya update aplikasi TikTok dan solusinya. 

1. Koneksi Internet Buruk

Sebab pertama gagal melakukan update aplikasi TikTok yaitu koneksi internet buruk. Perlu diketahui kalau ingin memperbarui aplikasi itu perlu jaringan yang stabil dan kuat. Jika kurang bagus pakai data seluler, sebaiknya beralih ke koneksi WiFi. 

2. Versi HP Tidak Mendukung

TikTok memang bisa digunakan di semua perangkat, baik android maupun iPhone. Tapi ternyata ada syarat versi perangkat yang wajib dipenuhi. Contohnya aplikasi TikTok hanya berjalan di HP android versi 5.0 ke atas. Agar kompatibel, maka kamu harus upgrade sistem android terlebih dahulu atau pakai perangkat yang didukung. 

3. Ruang Penyimpanan Penuh

Setiap kali melakukan update, itu membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak, sebab ukuran aplikasi bertambah. Kalau ini penyebab gagal memperbarui TikTok, sebaiknya hapus file yang tidak penting. Kamu juga bisa mencadangkan berkas ke media penyimpanan lain untuk menambah ruang penyimpanan internal. 

Demikianlah cara memperbarui TikTok di HP android dan iPhone. Tidak perlu mengunduh aplikasi baru, tapi cukup update lewat Google Play Store atau App Store. Saat memperbarui, pastikan berada di jaringan internet yang lancar dan stabil. 

error:
Scroll to Top