Cara Mempercepat Video di TikTok

3 Cara Mempercepat Video di TikTok: Tonton Part Penting Saja!

GEMATLOS.ID | Cara mempercepat video di TikTok ternyata sangat mudah. Kamu tidak perlu lagi menunggu lama pemutaran video untuk tahu akhirnya. Karena bisa mengatur kecepatan pemutaran, sehingga video yang panjang pun dapat kamu tonton dengan durasi penuh. 

Pasti kamu sering menemukan video-video panjang saat scroll TikTok. Mau lihat sampai selesai, tapi durasinya terlalu lama. Tidak dilihat pun akan menambah penasaran saja. Karena itulah, sebaiknya tingkatkan pemutaran kecepatan agar tidak penasaran lagi apa akhir dari video tersebut. 

Untuk mengatur kecepatan dari sebuah video sangat mudah. Kamu tidak perlu aplikasi tambahan, karena di aplikasi TikTok sudah tersedia fitur tersebut. Sangat cocok untuk kamu coba ada video-video yang punya durasi panjang. 

Cara Mempercepat Video di TikTok

Cara Mempercepat Video di TikTok
Mempercepat Video di TikTok by Youtube.com/Hendri L.A

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mempercepat video di TikTok. Ada tiga metode yang dapat kamu coba dan semuanya tidak perlu aplikasi tambahan. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur kecepatan pemutaran yang telah disediakan. 

Lalu yang kedua bisa menggeser video ke durasi yang diinginkan pakai menu tertentu. Cara yang ketiga dengan menyimpan dulu video tersebut ke Galeri, sehingga dapat kamu tonton kapan sana di lain waktu. Langsung saja cek masing-masing caranya di bawa ini:

Cara 1. Mempercepat Video di TikTok dengan Mengatur Kecepatan Pemutarannya ✔️

Berikut ini cara mempercepat video di TikTok yang pertama dan paling mudah. Di mana kamu tidak perlu aplikasi lain lagi, cukup tonton dan nikmati di aplikasi TikTok. Kamu pun bisa menonton konten apa saja yang telah diunggah di dalamnya. 

Related  Cara Mendapatkan Stream Key TikTok untuk Live di Komputer

Misalkan konten tersebut berupa video yang punya durasi panjang, apa kamu sabar untuk menontonnya sampai selesai? Kalau isi video penting mungkin bisa saja ditonton penuh. Namun terkadang ada video yang terlalu lama intronya dan malah melewatkan bagian inti. 

Tapi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Pasalnya, di aplikasi TikTok telah disediakan fitur untuk mengatur kecepatan penayangan video. Jadi, yang awalnya diputar secara normal, bisa ditingkatkan sedikit kecepatannya hingga akhir. 

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Kamu bisa lihat panduan yang diberikan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok dan Cari Videonya

  • Langkah pertama, pastikan kamu sudah login ke aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan.
  • Untuk selanjutnya, ketuk ikon pencarian yang ada di atas. 

  • Kemudian tuliskan video yang hendak kamu tonton, misalkan video klip sebuah lagu yang durasinya pasti lama. 
  • Kalau sudah muncul hasilnya, lalu ketuk salah satu. 

Selain lewat menu Pencarian, cara ini sebenarnya juga dapat kamu praktekkan saat nonton video di halaman For You. Misalkan sedang scroll TikTok, lalu menemukan konten yang bagus. Tapi sayang, durasinya terlalu lama, sehingga bosan kalau menonton sampai akhir. 

Langkah 2. Atur Tingkat Kecepatan Video

Setelah dapat videonya, kamu bisa atur kecepatan pemutarannya. Fitur ini jadi solusi buat kamu yang malas nonton video panjang, tapi tidak mau ketinggalan isi penting di dalamnya. Itulah kenapa, coba percepat dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Untuk meningkatkan kecepatan video tanpa harus skip bagian tertentu, caranya ketuk ikon share bertanda panah yang ada di samping kanan. 

  • Setelah itu, geser deretan menu yang ada di bawah ke arah kanan. 
  • Pasti kamu akan melihat fitur Kecepatan Pemutaran. 
Related  Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop (yang Benar) Paling Baru

Cara Mempercepat Video di TikTok

  • Klik menu tersebut, lalu atur seberapa cepat video ingin diputar. Di situ ada beberapa pilihan kecepatan pemutaran, mulai dari 0.5x, normal, 1.5x, dan 2.0x.
  • Tapi karena ingin mempercepat, tingkatkan jadi 1.5x atau 2.0x. Kalau isi konten tersebut cukup penting, disarankan untuk mempercepatnya menjadi 1.5x saja. Tujuannya agar part yang penting tidak terlewat karena terlalu cepat. 

Cara 2. Mempercepat Video di TikTok dengan Skip Bagian Tidak Penting ✔️

Cara mempercepat video di TikTok bukanlah hal yang sulit. Kalau metode yang pertama, bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur pengatur kecepatan pemutaran. Jadi, video diputar dengan lebih cepat dari biasanya. Sehingga yang awalnya berdurasi dua menit, dapat ditonton satu menit. 

Sedangkan untuk cara kedua ini, yang kamu lakukan adalah melakukan skip. Skip atau melompati bagian tertentu akan membuat durasi video menjadi lebih pendek. Tapi dengan risiko ada beberapa part yang mungkin terlewat, bahkan bisa jadi itu titik fokus pembahasan yang ternyata cukup penting. 

Mempercepat konten video di TikTok dengan cara skip ini sebaiknya kamu lakukan untuk melewati bagian intro. Jadi, nantinya akan langsung menonton intinya saja sampai akhir. Berikut penjelasan cara mempercepatnya dengan skip:

  • Pertama, cari atau tonton video yang muncul di beranda aplikasi TikTok. 
  • Kemudian, lihat tanda seperti di bawah ini. Tanda tersebut bisa kamu geser ke kanan untuk mempercepat video. Tapi terkadang tidak semua video ada tanda tersebut. Biasanya hanya untuk video berdurasi panjang lebih dari 30 detik. 

  • Setelah itu, geser tanda itu ke menit yang kamu inginkan. Sebaiknya jangan lewati inti pembahasan video agar kamu tidak melewatkan bagian yang penting. 
Related  Cara Dapat Komisi dari Tiktok Affiliate (Tanpa Followers) Gaperlu FYP

Cara Mempercepat Video di TikTok

Cara 3. Menyimpan Video TikTok ke Galeri ✔️

Adakah cara mempercepat video di TikTok lainnya yang bisa kamu coba? Tentu saja ada. Selain pakai dua fitur yang sudah diterangkan di atas, kamu dapat mencoba satu fitur lainnya. Percepat pemutaran video setelah disimpan ke Galeri. 

Fitur penyimpanan atau download video di TikTok sudah ada sejak dulu. Hanya saja, jika diunduh langsung akan ada watermark nama kreator dalam video. Apabila tidak ingin ada watermark, maka mengunduhnya dari situs ketiga. 

Cara ini pun jadi solusi semisal kamu menemukan video penting dan ingin menontonnya ulang kapan saja. Langsung saja cek langkah-langkahnya di bawah ini. 

Langkah 1. Simpan Video dari TikTok

Terlebih dahulu kamu harus menyimpan video yang kamu lihat dari TikTok. Tidak perlu aplikasi lain, karena sudah ada fitur unduhan di TikTok. Meskipun nanti ada watermark-nya. Cara men-download konten yang ada di TikTok seperti di bawah ini:

  • Cari video panjang yang hendak kamu tonton. 
  • Setelah itu, buka videonya dan klik tanda bagikan berupa panah yang ada di deretan menu sebelah kanan. 

  • Kemudian pilih menu Simpan Video. 

  • Tinggal tunggu proses unduhan selesai 100 persen. 

Langkah 2. Tonton Video di Galeri

Video yang kamu unduh tadi secara otomatis akan tersimpan di Galeri. Selanjutnya, bisa ditonton kapan saja dipercepat durasinya. Seperti inilah caranya:

  • Buka dan putar video dari TikTok tersebut. 
  • Kamu bisa skip ke menit yang diinginkan. Geser saja menit pemutaran ke part yang ingin ditonton. 
  • Selain itu, bisa dengan ketuk tanda titik tiga. 

  • Pada bagian Kecepatan pemutaran, pilih opsi yang diinginkan. Jika ingin mempercepat dari normal, pilih antara kecepatan 1.25x, 1.5x, atau 2.0x.

Cara Mempercepat Video di TikTok

Jadi, seperti itulah cara mempercepat video di TikTok. Sebenarnya kamu dapat atur kecepatan atau skip video secara langsung lewat aplikasi TikTok. Tapi bisa juga dengan menyimpannya dulu ke Galeri perangkat untuk ditonton kapan saja. 

error:
Scroll to Top