Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

6 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok, Mudah Muncul

GEMATOS.ID | Sudahkah kamu tahu bagaimana cara menambahkan link di bio TikTok? Menyematkan tautan lain ke profil TikTok sangat penting, terlebih untuk keperluan bisnis. Karena link tersebut mengarahkan pengguna ke platform lain, seperti akun jualan atau website. 

Sebenarnya di TikTok ada fitur untuk menautkan media sosial, sehingga saat diklik oleh pengguna akan langsung mengarah ke profil. Namun hanya berlaku untuk akun Twitter, Instagram, dan YouTube saja. Sedangkan jika ingin menyematkan tautan lain, harus kamu lakukan sendiri. 

Yang jadi pertanyaan, kenapa fitur untuk menambahkan tautan di bio TikTok itu tidak muncul? Untuk mencari solusi, kamu bisa cek penjelasan di bawah ini. Dan yang paling penting, akan diterangkan pula langkah-langkah menyematkan link tersebut. 

Syarat Menambahkan Link di Bio TikTok

Ingin menambahkan link pada bio TikTok, tapi tidak ada fiturnya? Mungkin kamu belum jadi pengguna yang sudah memenuhi syarat. Pasalnya, fitur tersebut hanya ditunjukkan kepada user TikTok dengan jumlah followers di atas seribu dan pemilik akun bisnis. Cek uraiannya di bawah ini. 

1. Memiliki Pengikut Minimal Seribu

Syarat utama agar bisa menambahkan tautan lain ke dalam bio TikTok yaitu memiliki jumlah followers paling sedikit seribu. Ini seperti halnya fitur Live yang memang hanya ditunjukkan untuk pengguna dengan pengikut 1000 ke atas. Kalau kamu belum mencapai batas tersebut, sebaiknya bersabar dan coba tingkatkan jumlah followers

Related  Cara Melihat Kata Sandi TikTok yang Lupa Agar Bisa Login Lagi

Mungkin bagi kebanyakan pengguna jumlah pengikut dianggap sebagai gaya-gayaan dan popularitas saja. Padahal dengan banyak followers akan mendapatkan fitur-fitur eksklusif dari TikTok. Terlebih jika akun digunakan untuk keperluan bisnis dan komersial. Di mana jumlah followers dapat mempengaruhi kredibilitas akun.  

2. Mengubah Akun TikTok Menjadi Bisnis

Bagaimana jika sudah punya lebih dari seribu pengikut, tapi masih ada tidak bisa menggunakan fitur untuk menambahkan link ke bio? Kalau kamu mengalami kendala ini, berarti perlu beralih ke akun bisnis. Sebab syarat kedua fitur tautan di TikTok harus memiliki akun bisnis. 

Apabila sekarang kamu menggunakan akun pribadi, segera saja ubah ke bisnis. Caranya sangat mudah. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang kamu gunakan. 
  • Setelah terbuka halaman Beranda, ketuk menu Profil yang ada di pojok kanan bawah. 
  • Selanjutnya, ketuk tanda garis tiga di kanan atas. 
  • Kemudian pilih menu Pengaturan dan Privasi. 
  • Kalau sudah, masuk ke bagian Akun
  • Pada halaman ini, langsung saja pilih opsi Alihkan ke Akun Bisnis. 
  • Klik tombol Berikutnya yang muncul pada layar. 
  • Setelah itu, pilih kategori yang sesuai dengan akun dan bisnismu. Di halaman tersebut sudah tersedia banyak pilihan kategori akun bisnis. Mulai dari Seni & Kerajinan, Mesin & Peralatan, Game, Kecantikan, dan lain-lain. 
  • Pilih kategori tersebut dan tekan Berikutnya
  • Ikuti proses selanjutnya sampai berhasil membuat akun jadi pro atau bisnis. 

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
Menambahkan Link di Bio TikTok – Img by: Youtube.com/Indah Wahyuni

Kalau kamu sudah memenuhi dua persyaratan di atas, maka bisa menggunakan fitur untuk menyematkan tautan. Cara menambahkan link di bio TikTok sangat mudah. Kamu tinggal salin tempel saja, maka tautan akan muncul di profil dan dapat diklik oleh pengguna lain. 

Related  Cara Karaoke di TikTok dengan Suara Sendiri Bisa Sambil Live

Langkah 1. Siapkan Link yang Akan Ditambahkan ✔️

Pertama, kamu harus menyiapkan dulu tautan yang hendak dimasukkan ke bio akun TikTok. Ada banyak layanan pembuatan link bio gratis yang bisa kamu gunakan, seperti Linktree. Lewat Linktree, kamu bisa memasukkan berbagai link sosmed atau website menjadi satu, sehingga mudah diakes pengguna lain. Berikut cara membuat link lewat Linktree:

  • Buka halaman linktr.ee dan pilih Sign up free.

  • Masukkan email aktif dan username untuk akun Linktree-mu. Tekan tombol Create account. Username inilah yang nantinya menjadi tautan Linktree-mu, formatnya linktr.ee/username. Contohnya pakai username faizatyy_ maka linknya linktr.ee/faizatyy_

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

  • Buat password dan klik Continue

  • Pilih kategori yang sesuai, lalu Continue

  • Kalau untuk keperluan pribadi, pilih Free saja. Kemudian tekan Join for free di bawah. 

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

  • Pilih template untuk tampilan webmu. 

  • Tambahkan foto profil dan bio, laku tekan Next

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

  • Akun sudah dibuat, tapi masih harus diverifikasi. Tekan Resend Link dan cek email yang masuk. 

  • Setelah verifikasi selesai, kamu bisa menambahkan link ke web. Caranya klik Add Link. 

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

  • Misalkan kamu ingin menambahkan link akun Instagram, maka salin dulu tautan profilnya. Setelahnya tempel pada kolom URL, tekan Add

  • Lakukan hal yang sama untuk link lain. Misalkan ingin menambahkan tautan profil akun TikTok, Twitter, website, WhatsApp, atau toko online
  • Untuk mengubah judul link, tekan ikon pensil dan tulis. 

  • Kalau ingin melihat hasilnya, pilih menu Preview
  • Sekarang kamu sudah punya web yang menghubungkan berbagai link media sosial. Salin tautan web di Linktree dengan memilih Copy URL

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Langkah 2. Buka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Menu Profil ✔️

Inilah cara menambahkan link di bio TikTok selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Terlebih dahulu buka aplikasi TikTok yang kamu pakai. Pastikan sudah login ke akun yang hendak diberi tautan lain. Setelah login dan ada di halaman Beranda aplikasi TikTok, masuk ke bagian Profil. Ketuk menu tersebut yang ada di bagian kanan bawah halaman. 

Related  5 Cara Melihat Gaji TikTok, Cek Penghasilan TikTok Sangat Mudah

Langkah 3. Pilih Menu Edit Profil ✔️

Sekarang kamu sudah berhasil masuk ke halaman Profil. Untuk langkah selanjutnya, ketuk tombol Edit Profil. Menu tersebut dipakai untuk mengelola tampilan profil akun TikTok dan mengatur bagian tertentu. 

Langkah 4. Pilih Fitur Untuk Menambahkan Link ✔️

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Berikut ini langkah keempat dari cara menambahkan link di bio TikTok. Untuk menyematkan tautan tersebut, ketuk opsi Tambah situs web Anda yang ada di menu Situs web.  

Langkah 5. Tulis Link yang Ditambahkan ✔️

Ikuti cara menambahkan link di bio TikTok berikut ini:

  • Di halaman ini, tempelkan tautan Linktree yang sudah kamu salin, yakni Linktr.ee/faizatyy_
  • Terakhir, tekan Simpan di kanan atas. 

Langkah 6. Coba Cek Apakah Link Sudah Berhasil Ditambahkan

Link sudah kamu tambahkan ke  bio TikTok. Sekarang, coba cek apakah benar-benar sudah berhasil. Lihat dengan cara berikut ini:

  • Setelah menyematkan tautan, kembali ke halaman Profil.
  • Jika ada tanda link dengan alamat di sebelahnya, berarti sudah berhasil.

  • Tapi untuk memastikannya, coba klik link tersebut. Apabila diarahkan ke halaman yang sesuai, tandanya tautan sudah benar. 

Untuk Apa Menambahkan Link di Bio TikTok? 

Bagi pemilik akun profesional, fitur untuk menambahkan link di bio TikTok ini sangat berguna. Contohnya ketika kamu punya sebuah website. Dengan menyematkan link, maka menambah peluang untuk diklik oleh pengikut atau pengguna yang mengunjungi profilmu. Tentunya hal ini bisa menaikkan jumlah traffic atau angka kunjungan ke website. 

Manfaat lainnya adalah meningkatkan angka penjualan bagi kamu yang punya toko online. Contohnya melayani pemesanan via WhatsApp agar lebih mudah komunikasi. Daripada hanya menulis nomor di bio, lebih baik membuat link. Dengan cara ini akan lebih menarik pengguna untuk klik, apalagi ditambahkan kalimat call to action pada bio. 

Jadi, begitulah cara menambahkan link di bio TikTok. Memang caranya sangat mudah, tapi dengan syarat sudah punya seribu followers atau lebih. Selain itu, perlu mengubah dari akun pribadi ke bisnis.

error:
Scroll to Top