2 Cara Duet di Tiktok, Satu Layar (Karaoke dan Live Streaming)

GEMATOS.ID | Tiktok memang menawarkan fitur yang sangat lengkap. Bukan hanya menyajikan konten video menghibur saja, tapi Kamu juga bisa mencoba duet di Tiktok. Inilah yang membuat aplikasi media sosial ini banyak digandrungi kaum milenial hingga dewasa. Selain itu, banyak orang tertarik untuk mencoba cara duet di Tiktok.

Melalui fitur duet inilah, Kamu bisa memposting video secara berdampingan bersama video kreator konten lain yang ada di Tiktok. Selain itu, duet juga berisi dua buah video pada layar terpisah dan diputar bersamaan. Untuk bisa mencoba cara duet di Tiktok ini, Kamu wajib punya akun publik terlebih dahulu supaya orang lain bisa berduet denganmu lewat konten video.

Fungsi Fitur Duet Pada Tiktok

Di Tiktok Kamu bisa berduet dengan orang lain menggunakan fitur duet. Melalui fitur duet inilah Kamu bisa memposting konten video Kamu berdampingan bersama video yang berasal dari konten kreator lain pada Tiktok.

Biasanya duet berisi 2 buah video pada layar terpisah kemudian diputar dalam waktu bersamaan. Untuk melakukan duet ini, Kamu wajib mempunyai akun publik supaya orang lain bisa membuat duet bersama video Kamu.

Kamu dapat memilih akun yang bisa berduet bersama video Kamu lewat beberapa pengaturan berikut :

  • Teman, apabila memilih teman lalu mengaktifkan fitur duet, artinya hanya teman Kamu yang bisa berduet denganmu di video. Adapun teman di sini yaitu orang-orang yang Kamu ikuti di Tiktok serta yang mengikutimu.
  • Semua orang, apabila Kamu memilih pengaturan semua orang, artinya siapa saja bisa membuat duet bersama video yang Kamu buat.
Related  3 Cara Melihat Pelanggaran TikTok dan Mengajukan Banding

Aktifkan Menu Duet di Tiktok

Sebelum Kamu mencoba cara duet di Tiktok, pastikan terlebih dahulu untuk mengaktifkan menu duet di aplikasi Tiktok. Ada beberapa langkah yang bisa Kamu coba untuk mengaktifkannya, antara lain :

  • Masuk ke aplikasi Tiktok
  • Klik Menu Profil di pojok kanan bawah

  • Pilih Ikon Garis Tiga di ujung kanan atas
  • Pilih Pengaturan dan Privasi
  • Selanjutnya klik Privasi

  • Lalu cari Menu Duet dan pilih untuk Semua Orang. 

+

Cara Duet di TikTok

Cara Duet di Tiktok

Jika Kamu ingin berduet dengan kreator lain, Kamu bisa coba cara duet di Tiktok berikut ini :

Cara 1. Duet di Tiktok Lewat Fitur Duet ✔️

Pertama, Kamu bisa coba cara duet di Tiktok dengan mudah langsung di aplikasi Tiktoknya. Berikut langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka aplikasi Tiktok dan masuk ke Akun Tiktok Kamu.
  • Kemudian cari video Tiktok yang akan Kamu duetkan dengan mengetik di pencarian Karaoke Tiktok Tanpa Vokal
  • Silahkan tap Tanda Panah ke Kanan atau Ikon Share di video tersebut.

  • Lalu tekan tombol Duet.

  • Silahkan tunggu prosesnya.
  • Jika sudah, tampilannya akan berubah dan Kamu bisa menekan tombol Mikrofon jika video yang Kamu duetkan adalah video karaoke.
  • Selanjutnya klik saja tombol Berwarna Merah dan akan langsung mulai merekam.

Di dalam fitur duet ini, Kamu bisa mengatur duet untuk satu layar atau dua layar, kiri kanan, atas bawah atau lainnya. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara 2. Duet di Tiktok Live Streaming ✔️

Untuk melakukan duet live streaming di Tiktok, Kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini :

  • Buka Aplikasi Tiktok
  • Setelah itu, masuk ke Akun Tiktok dan tekan Ikon Tambah (+)
Related  2 Cara Menambahkan Lokasi di TikTok (Postingan dan Bio)

  • Geser ke sebelah kiri dan masuk ke Live.
  • Selanjutnya klik Mulai Siaran Langsung.

  • Klik Ikon Rantai dan tekan lagi Undang untuk mengundang teman duet.

  • Silahkan pilih teman duet Kamu. Selanjutnya silahkan mulai Live.
  • Jika sudah selesai, akhiri Live dengan menekan Akhiri Sekarang.

Itulah dua cara duet di Tiktok dengan mudah, baik untuk karaoke atau untuk live streaming. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Melihat Video Duet di Tiktok ✔️

Jika Kamu ingin melihat konten video duet yang dibuat akun terkenal maupun dari akun sendiri, bisa mencobanya dengan mengakses menu pencarian di aplikasi Tiktok.

  • Silahkan buka Aplikasi Tiktok.
  • Jika sudah, pilih Temukan atau Menu Pencarian Tiktok tepat di samping beranda.
  • Lanjutkan dengan memasukkan keyword “Duet With Nama Pengguna”. Misalnya, Duet With Angelica.
  • Kemudian video Tiktok yang berisi duet bersama akun tersebut langsung terlihat pada hasil pencarian.
  • Kamu bisa menerapkannya dengan nama pengguna TIktok Kamu sendiri.

Melalui cara di atas, Kamu dapat melihat orang-orang atau akun yang duet bersama akun Tiktok Kamu sendiri atau orang lain.

Penyebab Tiktok Tidak Dapat Duet

Tiktok memang tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk membuat konten video berdurasi pendek saja. Tetapi juga bisa membuat Kamu bisa berduet bersama pengguna lainnya.

Hanya saja, dalam prakteknya terkadang kita mengalami masalah ketika hendak berduet. Masalah tersebut adalah fitur duet tidak dapat digunakan.

Sebenarnya, ada beberapa faktor kenapa Tiktok tidak dapat duet. Berikut ini :

1. Masalah Teknis

Mengingat aplikasi Tiktok menawarkan banyak mekanisme dan fitur yang mesti berjalan untuk memudahkan penggunaannya. Seringkali karena alasan pembaruan software atau alasan lain, pengguna mengalami masalah tidak bisa memakai fitur duet.

Related  Cara Mengedit Caption di TikTok yang Salah Itu Begini

2. Koneksi Internet

Selain masalah teknis, penyebab lain kenapa fitur duet di Tiktok tidak dapat dilakukan adalah karena koneksi internet. Masalah koneksi internet yang melemah ini, kita tidak dapat menggunakan fitur duet.

3. Aplikasi Tiktok Belum Update

Masalah lainnya adalah dikarenakan aplikasi Tiktok belum update ke versi terbaru. Sama seperti aplikasi lainnya, Tiktok juga terus melakukan update untuk meningkatkan performa dan juga dapat mengatasi masalah teknis.

Solusi Atasi Masalah Tidak Dapat Berduet

Untuk menyelesaikan masalah tidak bisa duet di Tiktok, ada beberapa hal yang bisa Kamu  lakukan berikut ini :

1. Update Aplikasi Tiktok

Pertama, silahkan cek dulu pembaruan aplikasi Tiktok. Jika ada, silahkan update aplikasi Tiktok ke versi terbaru. Karena jika aplikasi sudah kadaluarsa, Kamu tidak bisa menggunakannya sebagaimana mestinya. Termasuk tidak dapat menggunakan fitur duet.

2. Bersihkan Cache Pada APlikasi Tiktok

Salah satu penyebab fitur duet tidak dapat digunakan di Tiktok adalah cache yang menumpuk. Cache merupakan data yang secara otomatis tersimpan di aplikasi dengan tujuan mempercepat akses atau loading. Sayangnya, jika cache terlalu banyak atau menumpuk bisa menimbulkan berbagai masalah termasuk tidak bisa menggunakan fitur duet di aplikasi Tiktok.

Sebagai solusinya, coba cek dan bersihkan dulu cache di aplikasi Tiktok agar aplikasi Tiktok bisa Kamu gunakan dengan maksimal.

3. Cek Koneksi Internet

Selain kedua cara di atas, Kamu juga bisa mengatasi masalah tidak bisa duet di Tiktok dengan mengecek koneksi internet. Pastikan koneksi internet di tempat atau lokasi Kamu berada baik agar dapat menggunakan aplikasi Tiktok dengan lancar.

Jika perlu, gunakan wifi supaya Kamu bisa beraktivitas di Tiktok tanpa hambatan termasuk bisa menggunakan fitur duet di aplikasi Tiktok.

Dengan memahami cara duet di Tiktok bersama teman atau orang lain, baik untuk karaoke maupun live streaming, maka Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

error:
Scroll to Top