Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP (Tidak Perlu Username)

GEMATOS.ID | Kamu ingin memantau akun TikTok teman secara diam-diam, tapi tidak tahu username-nya? Tidak perlu khawatir lagi. Coba temukan dengan cara mencari akun TikTok dengan nomor HP. Jadi, kamu bisa mendapatkan username TikTok kontak-kontak yang tersimpan di buku telepon. 

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer dan hampir semua orang menggunakannya. Jika ingin mutualan, maka hal pertama yang harus kamu ketahui adalah nama pengguna atau username-nya. Nama tersebut bersifat unik, jadi satu username hanya dimiliki oleh satu pengguna saja. 

Setelah mengetahui nama pengguna, kamu bisa mem-follow akun tersebut atau sekedar melihat postingannya. Tapi bagaimana jika kamu tidak tahu apa username-nya dan hanya punya nomor telepon dan pemilik akun? Meskipun hanya berbekal nomor HP, kamu tetap bisa mencarinya dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Kenali Fitur Pencarian Akun TikTok dengan Nomor HP

Menjadi platform sosmed yang populer, pastinya TikTok menghadirkan fitur-fitur terbaik dan memudahkan pengguna. Salah satunya yang memberikan manfaat besar adalah Find Contact. Yang mana dengan fitur tersebut kamu bisa menemukan akun TikTok seseorang hanya dengan bekal nomor HP. 

Tidak usah lagi bertanya kepada teman apa nama pengguna akun TikTok-nya. Tapi cukup aktifkan fitur Find Contact, maka semua akun yang terhubung akan ditemukan dengan mudah. Cara ini pun akan tetap bekerja meskipun orang tersebut tidak menyimpan nomormu di buku teleponnya. 

Related  Cara Menghapus Akun TikTok Sementara Itu Begini Lho!

Namun ada hal penting untuk diperhatikan agar dapat menggunakan fitur ini. Kamu hanya dapat menemukan akun-akun dengan nomor telepon yang sudah terhubung. Jika di akun tersebut tidak memakai nomor yang kamu simpan, otomatis juga tidak ditemukan.

Selain syarat tersebut, ada satu hal penting lain yang wajib kamu simak. Agar dapat menggunakan fitur Find Contact di TikTok, maka harus memberikan izin untuk mengakses kontak di buku teleponmu. Nantinya akan dilakukan sinkronisasi dan memunculkan semua akun TikTok dengan nomor HP yang telah dihubungkan sebelumnya. 

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP
Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

Sekarang akan diterangkan bagaimana cara mencari akun TikTok dengan nomor HP yang benar. Hanya bermodalkan buku telepon, kamu bisa tahu akun milik tempat. Jadi, tidak perlu lagi bertanya apa username-nya. Cukup lakukan sinkronisasi, lalu TikTok akan menampilkan hasilnya. 

Untuk fitur pencarian ini memang harus memberikan izin akses TikTok kepada buku telepon di perangkatmu. Tapi kamu dapat mengatur perizinan tersebut saat mencari akun. Untuk lebih jelasnya, langsung cek saja panduan yang diterangkan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Menu Profil di Aplikasi TikTok ✔️

Langkah yang pertama harus masuk dulu ke bagian Profil. Jadi, buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan dan sudah login ke akun milikmu. Setelah terbuka halaman Beranda, buka menu Profil yang ada di kanan bawah. Menu tersebut ditandai dengan ikon orang. 

Langkah 2. Buka Bagian Pengikut TikTok ✔️

Apa yang dilakukan setelah berada di menu Profil? Cara mencari akun TikTok dengan nomor HP selanjutnya yaitu masuk ke bagian Pengikut. Ketuk menu yang ada di bawah nama pengguna tersebut. 

Related  Cara Mengganti Kata Sandi TikTok yang Lupa Itu Begini

Langkah 3. Aktifkan Pencarian dengan Kontak ✔️

Inilah cara mencari akun TikTok dengan nomor HP yang utama. Dari halaman Pengikut ini, lakukan cara sebagai berikut:

  • Ketuk tanda tambah (+) yang ada di sebelah kanan atas. 

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

  • Setelah itu, kamu akan melihat akun-akun milik orang lain yang disarankan oleh TikTok. 
  • Jika ingin melakukan pencarian menggunakan nomor HP, lihat di bagian fitur Kontak
  • Selanjutnya, ketuk tombol Temukan yang ada di sebelah kanannya. 

Langkah 4. Berikan Izin Akses Kontak Kepada TikTok ✔️

Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, tidak akan langsung ditampilkan akun-akun yang pakai nomor HP di kontakmu. Tapi kamu harus memberikan izin kepada TikTok agar dapat mengakses buku telepon. Aktifkan lewat Pengaturan perangkat dengan cara seperti di bawah ini:

  • Nantinya akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah kamu ingin memberikan izin akses kepada TikTok, maka pilih opsi Buka Pengaturan. 

  • Setelah terbuka aplikasi TikTok, masuk ke bagian Perizinan apl. 

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

  • Di sini akan ada akses yang diberikan dan belum. 
  • Pada bagian Tidak Diizinkan, ketuk opsi Kontak

  • Setelah itu, ketuk pilihan Izinkan

  • Secara otomatis akan kembali lagi ke aplikasi TikTok yang telah kamu buka. 

Langkah 5. Cek dan Ikuti Akun TikTok yang Ditampilkan ✔️

Kalau kamu sudah mengaktifkan fitur Find Contact dan memberikan izin akses pada TikTok, bisa menemukan akun-akun yang terhubung.

  • TikTok akan menampilkan semua akun yang sudah ditautkan dengan nomor HP yang kamu simpan.

Cara Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

  • Untuk mengikutinya, tinggal tekan tombol Ikuti
  • Pada bagian saran akun, nanti akan muncul keterangan Dari Kontak Anda. Ini menandakan akun tersebut pakai nomor HP sama dengan yang ada di buku telepon. 
  • Kamu pun dapat memantau aktivitasnya di TikTok, selama akun tidak diprivasi. 
Related  Cara Menang Giveaway

Keuntungan Mencari Akun TikTok dengan Nomor HP

Siapa di antara kamu sekalian yang enggan bertanya kepada teman apa nama pengguna akun TikTok-nya? Daripada ribet bertanya, kamu dapat mencoba cara mencari akun TikTok dengan nomor HP yang telah dijelaskan. Apa saja, sih, keuntungan dari fitur satu ini? 

Jadi, keuntungannya yaitu bisa terus terhubung dengan teman-teman lewat TikTok dan melihat aktivitasnya. Kamu dapat mutualan dan saling mengikuti agar tidak hanya terhubung lewat nomor HP, tapi juga TikTok. Meskipun pada saat itu kamu tidak tahu username-nya. 

Biasanya untuk mencari akun seseorang itu dengan memasukkan nama pengguna pada kolom pencarian. Tapi bagaimana jika tidak mengetahuinya? Maka solusi yang tepat yaitu simpan nomornya pada buku telepon. Kemudian lakukan pencarian hanya dengan modal kontak tersebut. 

Menonaktifkan Sinkronisasi Kontak di TikTok

Apabila kamu mengaktifkan fitur Find Contact pada TikTok, secara otomatis akan dilakukan sinkronisasi. Jadi, semisal ada kontak baru yang kamu tambahkan dan nomor tersebut terdaftar di akun TikTok, secara otomatis akan ditambahkan. Sehingga tidak perlu menghubungkannya kembali dari awal. 

Bagi sebagian orang cara mencari akun TikTok dengan nomor HP dianggap cukup mengganggu privasi. Pasalnya, TikTok dapat melihat semua nomor yang kamu simpan sebagai kontak. Kalau misalkan sudah menemukan akun yang kamu maksud, bisa mematikan sinkronisasi kontak di aplikasi TikTok. Caranya seperti di bawah ini:

  • Buka menu Profil di aplikasi TikTok. 
  • Selanjutnya, ketuk tanda garis tiga yang ada di sebelah kanan atas halaman Profil. 
  • Setelah itu, pilih menu Pengaturan dan Privasi. 
  • Langkah berikutnya masuk ke bagian Privasi
  • Gulir layar ke bawah dan temukan menu Sinkronisasi kontak dan teman Facebook. 
  • Kalau sudah kamu buka, matikan fitur Sinkronisasi Kontak. Geser panel yang ada di sebelahnya ke kiri agar tidak aktif lagi. 
  • Berikutnya pilih menu Hapus kontak yang sebelumnya disinkronkan. 
  • Konfirmasi dengan pilih Hapus
  • Selesai. Akun-akun yang kamu temukan dengan nomor HP tadi tidak muncul lagi. 

Seperti itulah cara mencari akun TikTok dengan nomor HP. Syarat menggunakan fitur ini adalah nomor yang dimaksud memang sudah terhubung ke akun TikTok. Selain itu, kamu perlu memberikan izin akses, sehingga kontak disinkronkan secara otomatis. 

error:
Scroll to Top